Kebun Teh Wonosari (Malang), Tiket Masuk dan Rute Perjalanan

Ingin sejenak meninggalkan hiruk pikuk kota Malang? Wisata alam solusinya. Salah satu rekomendasi wisata agro yang cukup trending saat ini adalah Kebun Teh Wonosari. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kota Malang adalah poin plus untuk menarik minat wisatawan.

Meski wisata kebun teh yang hits dan kekinian saat ini mayoritas berada bandung selatan, namun rasanya pemandangan wisata kebun teh yang ada di Malang Jawa Timur ini tidak kalah menarik untuk di kunjungi.

Lokasi: Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153
Google Maps: Lihat disini
Tiket masuk: Rp 8.000,00 weekday & Rp 12.000,00 weekend
Jam Buka: Senin – Minggu 07:00 – 17:00 WIB

Sekilas & Sejarah Kebun Teh Wonosari

Mahasiswa kunjungan ke pabrik teh wonosari
@opanglawu

Wisata agro yang satu ini terletak di ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itulah temperatur udara di sini sangat sejuk meski siang hari sedang terik.

Kebun yang terbentang di atas lahan seluas 1.144 hektar ini, terhampar di lereng Gunung Arjuna Malang.

Kebun Teh Wonosari merupakan kebun teh pertama yang berdiri di Jawa Timur. Bernaung di bawah perusahaan Belanda yang bernama NV. Cultul Maathappy.

Sayangnya, daerah ini pernah beralih fungsi menjadi lahan singkong semenjak kedatangan Jepang pada tahun 1943.

Barulah setelah kemerdekaan Indonesia, diambil alih kembali oleh PT. PN XII (PT Perkebunan Nusantara XII) dan dikembalikan fungsinye seperti sedia kala menjadi kebun teh dan kopi.

Hasil perkebunan yang sudah di olah dapat kita temu dengan merek dagang Teh Rolas.

Sarana, Fasilitas, dan Daya Tarik

daya tarik kebun teh wonosari
@savirapr

Setelah ditetapkan sebagai kawasan wisata agro, tentu kebun teh wonogiri tidak hanya menyajikan pemandangan alam saja. Namun dibangun dan disediakan berbagai sarana dan fasilitas penunjang.

Mulai dari Penginapan ( Villa, Hotel, dan Wisma). Untuk fasilitas umum yang tersedia seperti tempat parkir yang super luas, restoran, fasilitas olah raga, taman bermain, spot foto, dan masjid untuk beribadah.

Untuk lebih detailnya mari simak daftarnya di bawah ini.

1. Kesejukan Lereng Gunung Arjuno

Menikmati sejuknya pagi di kebun teh wonosari
@517tyawati

Karena lokasinya yang berada di ketinggian 1250 Mdpl, temperatur di daerah ini berada di kisaran 19-26 derajat celcius.

Hal ini akan membuat kamu merasa sejuk meski sang hari sedang terik. Dengan begitu, kamu jadi akan rugi kalau tidak menikmati semua sudut tempat wisata kebun teh ini.

2. Menikmati Aroma Daun Teh

Bagi kamu yang belum pernah mencium aroma teh segar, maka kegiatan yang satu ini wajib menjadi prioritas di pagi hari.

Sambil menikmati embun pagi yang sejuk, ditemani dengan aroma khas teh segar.

3. Petani Teh

Sebagian besar mata pencarian penduduk di kecamatan singosari Malang ini adalah petani Teh. Jika kamu bermalam di sini, maka pemandangan pagimu akan di temani para petani yang sedang memamen daun teh.

Meski para pemetik daun teh ini punya penghasilan tak menentu, namun mereka tak henti untuk terus bersyukur. Satu hal yang jarang ditemua saat ini.

4. Bukit Kuneer

Bukit Kuneer Wonosari
@rokhmaanggi

Tak jauh dari lokasi, ada spot foto yang ciamik untuk kamu yang ingin membagikannya di sosial media. Bukit sengaja dibuat untuk menarik kaum milenial.

Kamu yang datang kesini mesti mencoba berfoto di Jembatan yang berada di atas kebun teh ini.

Di jembatan ini kamu dapat melihat keindahan kebun teh wonosari lebih jauh. Lereng Gunung Arjuno juga terlihat jelas dari sini.

5. Berkunjung Ke Pabrik Teh Wonosari

Tak cukup hanya dengan kebuh teh saja, kamu bisa langsung berkunjung dan melihat langsung pengolahan teh di pabrik teh wonosari.

Mulai dari penerimaan daun teh hasil panen, proses pengeringan, proses fermentasi hingga proses pengepakan.

Selesai berkunjung, membeli Teh Rolas dari pabrik langsung sebagai oleh-oleh tidak ada salahnya.

6. Flying Fox

Bagi kamu yang menyukai tantangan, bermain outbond seperti Flying fox adalah pilihan tepat. Sembari menunggu sore, kamu bisa bermain wahana ini.

7. Kolam Air Hangat

Kabar baiknya, setelah seharian bekeliling dan bermain, melepaskan penat di kolam air hangat adalah pilihan cerdas.

Di daerah ini ada kolam air hangat yang bisa dinikmati.

8. Paint Ball

datang bersama rombongan teman atau keluarga besar? Nah, wahani ini masuk dalam rekomendasi wahana yang mesti dicoba ketika berada di kebun teh ini.

Permainan ala perang dengan pain ball ini sangat seru dimainkan bersama keluarga dan sahabat.

Terlepas dari daftar fasilitas yang disebutkan di atas, masih banyak lagi wahana bermain yang bisa dijelajahi. Seperti Berkuda, Motor ATV, dan kabar baiknya, di kebun teh wonosari kamu bisa camping dan mengadakan meeting.

Sehingga tak sedikit yang menjadikan kebun teh wonosari sebagai wisata edukasi.

Kuliner dan Oleh-Oleh

Sebuah wisata tentu tidak luput dengan yang namanya kuliner. Di sekitar lokasi, kamu bisa menemu berbagai jenis makanan. Mulai dari lesehan, bakso, sate, jagung bakar, dan masih banyak lagi.

Untuk oleh-oleh kamu tidak hanya menemukan Teh sebagai oleh-oleh. Di sekitar kebun teh terdapat beberpa toko kerajinan yang menjajakan dagangannya di sana.

Penginapan  Terdekat Kebun Teh Wonosari

ROLLAAS Hotel kebun teh Wonosari
ROLLAAS Hotel Wonosari

Tidak lengkap rasanya kalau tidak menikmati suasana malam yang sejuk di daerah Wonosari. Agar lebih puas meinikmati liburan di sana, sebaiknya kamu bermalam disana.

Namun sebelum memutuskan, ada baiknya jika kamu bersama rombongan keluarga menyewa villa saja. Karena akan jauh lebih murah ketimbang menyewa hotel.

Ada beberapa rekomendasi hotel dan penginapan terdekat yang bisa dipilih. Berikut adalah beberapa diataranya:

1. Hotel Niagara Lawang – 20 Menit ke lokasi.

Jl. Dr. Sutomo No.63, Krajan, Turirejo, Kec. Lawang, Malang, Jawa Timur 65215•(0341) 426612. Harga di kisaran Rp.144.000 per malam

2. Rollaas Hotel and Resort – 5 Menit dari lokasi.

PT Perkebunan Nusantara XII, Wisata Kebun Wonosari, Jalan Joyo Marto, Toyomarto, Singosari, Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65208•0811-3637-198 (Bisa dipesan lewat website PTPN XII atau melalui traveloka). Harga di kisaran Rp.280.000 per malam.

3. ROLLAAS Cottage Wonosari – 5 Menit dari lokasi

Lokasinya sama dengan Rollas Hotel, yang membedakan disini adalah kamu dapat menentukan besarnya cottage yang akan di sewa.

Mulai dari yang berkapasitas 4 orang hingga 8 orang. Harga dikisaran Rp.650.000 hingga Rp.1.750.000 tergantung jumlah tamu.

Informasi dan Reservasi

Nah untuk yang berasal dari luar Malang, ada baiknya melakukan checking dan reservasi apabila hendak menginap. Sebagai langkah antisipasi jikalau kamar penuh.

Untuk informasi yang akurant kamu dapat mengaksesnya secara online ke webisite pengelola. Yaitu PTPN XII silahkan klink link berikut ini Rolas Wisata Agro – PTPN XII.

Jalan Menuju lokasi Kebun Teh Wonosari

Sunrise di jembatan
@isaura_ns87

Mau ke Kebun Teh dan Bukit Kuneed Wonosari? Mudah saja. Destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Malang, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja.

Rute ini mudah untuk dilalui oleh kendaraan pribadi roda empat, roda dua, dan bahkan kendaraan umum.

Apabila kamu menggunakan kereta api kamu, kamu gunakan kereta api tujuan Malang dan turun di Stasiun Malang.

Jika menggunakan bus, kamu harus menggunakan bus jurusan Malang dan turun di Terminal Malang.

Setelah itu baik dengan bus atau kerata api, kamu masih harus melanjutkan naik angkutan umum  arah Malang – Surabaya dan turun di terminal Lawang, selanjutnya kamu naik angkutan umum dengan kode SLKW yang khusus menuju Kebun Teh Wonosari.

Apabila kamu menggunakan Kendaraan umum dari arah Malang, lokasinya hanya berjarak 30Km saja dari kota, cukup berjalan ke arah utara dan akan ada banyak marka jalan yang menunjukkan arah ke kebun teh Wonosari.

Tiket Masuk Kebun Teh Wonosari

Jalan Setapak Menuju Kebun teh wonosari

HIngga saat ini harga tiket masuk ke destinasi wisata agro ini sangatlah ramah kantong. Berikut ini adalah harga tiket masuk per orang.

Hari Senin – Jumat Rp. 8000,00 / orang

Sabtu – Minggu Rp. 12.000,00 / orang

hari libur nasional Rp. 12.000,00 / orang

Kolam renang Rp. 10.000 / orang

Untuk menimati wahana dan fasilitas lain seperti berkuda, ATV, Flying Fox, dan Paint ball, tentu ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Mulai dari Rp.25.000 hingga ratusan ribu.

Jam Buka Wisata Agro Kebun teh Wonosari ini Mulai dari pukul 07:00 WIb hingga pukul 17:00 WIB.

Meski waktu buka terlihat panjang, ada baiknya kamu datang lebih pagi, karena dapat menikmati embun pagi dan petani sedang memanen daun teh.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar