Berbagai Perlengkapan Housekeeping Trolley

Perlengkapan housekeeping trolley digunakan oleh Room Attendant dalam menjalankan tugas kerjanya sebagai bagian dari SOP manajemen departemen Housekeeping hotel.

Umumnya, trolley ini memiliki banyak ruang yang berisi berbagai barang kebutuhan tamu dan peralatan untuk menjaga kebersihan kamar hotel demi meningkatkan kenyamanan.

Housekeeping trolley dapat memuat banyak barang dalam rak susun, mulai dari dari gadget, amenities, stationeries, garbage, humper, linen humper, trolley rack dan wheel.

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai perlengkapan housekeeping trolley, simak penjelasan dalam artikel berikut ini.

Fungsi Housekeeping Trolley

Housekeeping trolley menjadi alat bantu utama yang digunakan untuk memuat berbagai perlengkapan housekeeping bagi Room Attendant.

Tentunya beragam perlengkapan yang dibawa harus efisien demi mendukung kinerja petugas housekeeping untuk mempersiapkan kamar yang bersih, rapi, dan nyaman bagi tamu.

Fungsi housekeeping trolley umumnya digunakan untuk mempermudah efisiensi tugas Room Attendant dalam mengangkut perlengkapan dan kebutuhan di kamar hotel.

Oleh karena itu, housekeeping trolley berperan penting dalam membawa dan menata perlengkapan secara rapi dan dalam kondisi bersih serta berfungsi dengan baik.

Ciri Housekeeping Trolley yang Baik

Demi mendukung kinerja Room Attendant dalam membawa perlengkapan housekeeping, penting bagi pengelola hotel untuk menyediakan trolley yang baik.

Berikut ini beberapa ciri trolley yang baik agar efisiensi dan efektivitas kerja petugas housekeeping bisa semakin maksimal.

  • Memiliki ruang yang cukup dalam bentuk rak-rak susun untuk menampung barang-barang dan perlengkapan housekeeping yang dibutuhkan.
  • Trolley sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat tetapi ringan.
  • Pilih trolley dengan kualitas yang baik agar awet dan tahan lama.
  • Trolley juga harus mudah dirawat, diperbaiki, dan memiliki suku cadang yang mudah didapat.
  • Pastikan trolley memiliki roda yang dapat mengikuti gerak secara fleksibel agar mudah didorong.
  • Trolley harus memiliki sisi-sisi yang bulat agar tidak mudah melukai petugas atau merusak barang-barang yang dibawa.
  • Pilih trolley yang tidak menimbulkan polusi dan suara berisik saat digunakan hingga memberikan kenyamanan kepada tamu.

Berbagai Perlengkapan Housekeeping Trolley

Dalam mempersiapkan seluruh perlengkapan housekeeping ke dalam trolley, biasanya petugas akan memasukkan perlengkapan berupa peralatan dan kebutuhan tamu.

Trolley tersebut menampung perlengkapan mulai dari linen supplies, cleaning equipment and supplies, guest supplies hingga perlengkapan tambahan lainnya.

Berikut ini berbagai perlengkapan housekeeping trolley yang harus dibawa Room Attendant untuk membersihkan dan merapikan kamar setelah tamu selesai menginap.

  1. Linen Supplies, terdiri dari sprei double sheet dan single sheet, pillow case, bath towel, hand towel, face towel, bath mat atau bath rug.
  2. Guest Supplies, merupakan perlengkapan tamu yang meliputi bath soap, hair shampoo, bath foam, tooth brush & paste, tissue, toilet paper, shower cap, sanitary napkin, sanitary bag/disposal bag, matches, candle hingga stationary kit berupa envelope, writing paper, postcard, cable gram, memo pad, guest comment slip, ballpoint brosur dan lain sebagainya.
  3. Cleaning equipment, seperti Wash cloth/rinse cloth/dry cloth, hand brush, bottle sprayer, glass cleaner, toilet bowl cleaner, glass sgueezee, hand glove, dry vacuum cleaner, dan sponge.
  4. Carry cady, merupakan kotak perlengkapan pembersih bahan-bahan pembersih, floor cleaner, toilet bowl cleaner, metal polis, wooden polish, glass cleaner, detergent, deodorizer, air freshener, dan lain sebagainya.
  5. Others supplies, berupa laundry bag, laundry cleaning list, room service menu, door knob menu, Do Not Disturb sign, telephone tend card, folder/hotel promotion, TV/video programme, sewing kit, danger notice/ wet caution, dan formulir room report.

Menata Perlengkapan Housekeeping Trolley

Bukan hanya mempersiapkan perlengkapan berupa peralatan dan kebutuhan tamu, penataan housekeeping trolley juga perlu diperhatikan untuk memudahkan kinerja.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh petugas Room Attendant saat menata perlengkapan housekeeping trolley.

  • Sebelum menempatkan perlengkapan ke dalam trolley, pastikan untuk membersihkan trolley agar kebersihan tiap rak susun terjaga.
  • Penempatan setiap perlengkapan, baik guest supplies hingga cleanning equipment ditata secara konsisten, sesuai urutan yang sudah diatur, dan terhindar dari risiko bercampur.
  • Pastikan trolley terisi persediaan yang cukup dan hindari pengisian yang melebihi kapasitas agar tidak menghalangi pandangan saat mendorong trolley.
  • Parkirkan trolley rapat pada dinding saat berada di koridor agar tidak menghalangi koridor atau menutupi pintu kamar.
  • Trolley harus di dorong, bukan ditarik.
  • Pastikan juga untuk merawat trolley secara berkala, terutama roda trolley yang harus diberi pelumas agar lancar pada saat didorong dan tidak menimbulkan suara yang mengganggu kenyamanan.
  • Kembalikan trolley ke floor station setelah selesai digunakan dan harus dibersihkan terlebih dahulu.

Perawatan dan Penyimpanan Perlengkapan Housekeeping Trolley

Bukan hanya menata, petugas Room Attendant juga wajib memperhatikan perawatan dan penyimpanan perlengkapan housekeeping yang tepat.

Hal ini penting dilakukan demi menjaga semua alat housekeeping dan trolley berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan dan penyimpanan perawatan dan penyimpanan perlengkapan housekeeping trolley.

  • Peralatan harus selalu bersih dan pastikan agar tidak berdebu.
  • Petugas harus selalu memeriksa dengan teliti kelengkapan alat kerjanya sebelum dan sesudah penggunaan.
  • Pastikan untuk menggunakan peralatan sesuai dengan fungsinya .
  • Tempat penyimpanan perlengkapan housekeeping harus kering, bersih, tidak lembab, serta ada sirkulasi udara.
  • Untuk peralatan jenis mesin, kabel harus digulung kembali setelah digunakan.
  • Rutin melakukan pengecekan kabel agar terhindar dari risiko electric shock karena ada yang terkelupas.
  • Segera matikan mesin setelah selesai digunakan, lalu simpan di tempat yang datar dan hindari menyandarkannya di dinding, pintu atau jendela.
  • Khusus vacuum cleaner dan floor machine, lepaskan semua selang, pipa, pad hingga aksesoris setelah selesai digunakan serta simpan dalam keadaan bersih dan kering.

Itulah tadi penjelasan mengenai berbagai perlengkapan housekeeping trolley hingga cara menatanya sesuai urutan dan SOP yang diberlakukan manajemen departemen housekeeping.

Dengan mengetahui apa saja perlengkapan housekeeping trolley, petugas Room Attendant akan semakin mudah mengenali peralatan kerjanya dan cara penataannya.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste