Apa Itu Gacha? Arti, Latar Belakang & Penerapannya dalam Sistem Game

Gacha adalah salah satu sistem yang telah banyak diadaptasi ke dalam game online modern hari ini. Sistem ini disebut menerapkan trik psikologi tertentu yang dapat memikat pemain yang mencobanya. Namun, pertanyaan mendasarnya, apa itu gacha sebenarnya?

Untuk kamu yang belum terlalu familiar dengan sistem game ini. Pada ulasan kali ini, kami akan menjelaskan secara detail, mulai dari latar belakang hingga penerapannya dalam game online hari ini. Penasaran? Langsung saja, simak ulasan lengkapnya yang telah kami siapkan di bawah!

Apa Itu Gacha?

Pertama, mari bahas mengenai definisi gacha. Di sini, pengertian dari istilah ini terbagi atas 2, yakni:

1. Pengertian Gacha Permainan

Sebagai permainan, di masa lalu, gacha adalah sebutan untuk sebuah mainan otomatis dari Jepang yang memiliki bentuk seperti capsule box. Mesin game otomatis ini biasanya tersedia di sejumlah pusat perbelanjaan.

Mesin gacha ini memiliki gameplay yang cukup sederhana, dimana pemain hanya perlu memasukkan koin ke dalam mesin dan memutarnya. Selanjutnya, mesin gacha akan mengeluarkan hadiah secara acak.

Jika memperhatikan gameplay nya, sistem ini sendiri memiliki kemiripan dengan game berbasis keberuntungan lainnya, seperti lucky draw yang mana menawarkan peluang kemenangan kecil.

2. Pengertian Gacha Game Online

Istilah ini juga dikenal sebagai salah satu sistem dalam game online. Sama dengan konsep gacha itu sendiri, sistem gacha memungkinkan pemain untuk mendapatkan hadiah secara acak, yang dapat berupa item atau karakter. 

Namun, untuk menggunakan sistem ini, pemain harus membayar menggunakan in game resource atau mata uang di dalam game. Sebagai contoh, di dalam game Genshin Impact, kamu dapat melakukan gacha dengan membayar menggunakan Primogems.

Mekanisme Gacha pada Game

Gacha memiliki gameplay yang mirip dengan CCG (Collectible Card Game). Keduanya menantang pemain untuk mendapatkan item langkah tertentu dengan mengorbankan uang pemain.

Perbedaannya, pada gacha, pemain akan mendapatkan item 100% secara acak dan tidak dapat melakukan pembelian individu terhadap item yang mereka incar. Sedangkan pada CCG, pemain masih dapat melakukan pembelian individu dari item yang mereka inginkan melalui kolektor.

Terkait dengan mekanismenya di dalam game online, mekanisme yang berlaku terbilang variatif. Pasalnya, sistem monetisasi dalam game ini dapat diterapkan ke semua jenis game, mulai dari game puzzle hingga game RPG (Role Playing Game).

1. Penerapan Pada Game Online

Seperti yang kami telah singgung di point mengenai apa itu gacha, untuk mengaktifkan sistem ini, pemain harus mengorbankan in-game resource atau uang digital yang mereka miliki di akun game mereka.

Adapun contoh konsep in game currency dan in-game resource ini dapat kamu lihat langsung di sejumlah game ternama, seperti Mobile Legends, Genshin Impacts, PUBG, dan masih banyak lagi.

Dalam game berjenis RPG, barang yang ditawarkan sebagai hadiah dari sistem gacha umumnya berupa karakter, skin, dan juga item tertentu. Hadiah tersebut memiliki tingkatan berbeda-beda, yang terbagi atas 4 kategori berikut:

  • N = Normal atau biasa
  • R = Rare atau langka
  • SR = Super rare (sangat langka)
  • SSR = Super super rare (paling langka/limited)

2. Trik Psikologi

Setelah membahas mengenai apa itu gacha dan juga mekanismenya di dalam game, kami juga akan membahas sisi lain dari sistem game online ini, yang termasuk jarang dibahas, yakni mengenai trik psikologi. Tidak banyak yang mengetahui bahwa gacha sebenarnya menerapkan trik psikologi tertentu.

Trik psikologi inilah yang mendorong pemain untuk terus bermain menggunakan sistem gacha ini, dengan harapan mendapatkan item atau karakter langkah.

Salah satu trik psikologi tersebut adalah penggunaan konsep in-game currency dan in-game resource. Jika kami jelaskan secara singkat, keduanya adalah sebutan untuk harta yang pemain miliki di dalam game.

In-game currency dan in-game resource  ini umumnya dapat diperoleh dengan melakukan top up ke akun pemain atau menyelesaikan quest tertentu di dalam game

Adanya uang dan resource ini berpotensi besar mendorong pemain untuk menggunakannya, belum lagi jika game tersebut menawarkan penawaran menarik tertentu. 

Hal ini sama dengan saat kamu memiliki saldo di akun OVO atau Gojek kamu. Saat kamu memiliki saldo di salah satu dompet digital tersebut, maka besar kemungkinan bahwa saldo tersebut akan terpakai untuk keperluan yang sebenarnya tidak terlalu urgent.

3. Daya Tarik

Masih terkait dengan trik psikologi sebelumnya. Meskipun bukan hal baru, sistem ini masih menjadi sistem game yang selalu berhasil membuat banyak pemain mencobanya.

Hal tersebut ternyata terkait dengan reaksi hormon di dalam tubuh yang bernama bernama Dopamin. Saat memainkan game dengan sistem gacha dan mendapatkan hadiah, maka otak merangsang produksi hormon Dopamin yang memberikan sensasi bahagia dan juga penasaran secara bersamaan.

Hormon yang juga dikenal dengan istilah hormon kebahagian ini bahkan juga diproduksi saat pemain mengantisipasi item atau hadiah yang akan mereka dapatkan. 

Efek dari hormon Dopamin inilah yang membuat sistem gacha memiliki sistem addictive, meskipun peluang mendapatkan item bagus dari sistem ini terbilang sangat kecil.

Dampak Buruk Sistem Gacha di Game Online

Sistem ini dalam game online pada dasarnya memang dirancang untuk membuat pemain menghabiskan uang yang mereka miliki, baik itu uang asli maupun uang digital di akun mereka.

Namun di lain sisi, sistem ini juga dapat menimbulkan kecanduan, layaknya permainan judi. Bahkan, tidak sedikit industri yang menyebut sistem dalam game online ini adalah bentuk perjudian tanpa membayar uang.

Dengan potensi kecanduan tersebut, tidak mengherankan jika mulai bermunculan regulasi yang mengatur mengenai sistem ini. Misalnya, sebagian besar game online yang memiliki sistem ini hanya diperuntukan untuk pemain berusia 13 tahun ke atas.

Contoh Game Online dengan Sistem Gacha

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, telah terdapat banyak game online yang mengadaptasi sistem gacha sebagai bagian dari gameplay mereka. Adapun beberapa contoh game online dengan sistem gacha yang hari ini cukup populer di kalangan gamers Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Genshin Impact

Gacha di Genshin Impact
therealkaywi

Salah satu game online populer yang menggunakan sistem gacha di dalamnya adalah Genshin Impact. Dirilis di tahun 2020, tepatnya di bulan September 2020 silam, game ini termasuk game bertema RPG yang berhasil mencuri perhatian para gamers dengan gameplay serunya.

Genshin Impact menyediakan sistem gacha di dalamnya yang memungkinkan para pemain untuk melakukan draw untuk mendapatkan item atau karakter langka tertentu (jika beruntung).

Pemain dapat menggunakan sistem gacha ini dengan membayar menggunakan mata uang premium yang bernama Primogems. Untuk sekali mengaktifkan gacha, pemain umumnya membutuhkan 160 Primogems,

2. Mobile Legends

Gacha di Mobile Legends
Codashop Blog

Mobile Legends juga termasuk satu dari deretan game online yang menyediakan sistem gacha di dalamnya. Game ini rilis untuk perangkat mobile pada tahun 2018 lalu dan langsung menjadi salah satu game bertema battle royal paling populer hingga hari ini.

Game rilisan PUBG Studio dan Krafton ini menyediakan sistem gacha yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan skin dan item tertentu (jika beruntung). Untuk melakukan gacha di PUBG sendiri, pemain harus mengorbankan sejumlah diamond yang tidak lain game currency di game ini.

3. Fate/Grand Order

Gacha di Fate or Grand Order
Samurai Gamers

Rilis di tahun tahun 2015 lalu, Fate/Grand Order adalah game RPG pertarungan mobile berbasis kartu perintah. Game ini adalah bentuk adaptasi dari seri anime dengan judul yang sama, yang notabene nya cukup terkenal.

Game Fate/Grand Order ini juga mengadaptasi sistem gacha ke dalam gameplay nya. Di dalam game ini, pemain dapat melakukan pemanggilan karakter spirit secara acak dengan mengorbankan Saint Quartz atau menggunakan tiket summon. Saint Quartz di sini adalah in-game resource yang digunakan dalam game Fate/Grand Order.

Cara Agar Tidak Kecanduan Sistem Gacha

Mengingat sistem ini dalam game online berpotensi besar menyebabkan kecanduan kepada pemain. Selain menjelaskan apa itu gacha dan mekanismenya, kami juga memberikan sedikit tips untuk menghindarkan diri dari terlena dengan sistem gacha ini. Adapun beberapa tips tersebut meliputi:

  • Batasi waktu bermain: Batasi waktu bermain kamu sebaik mungkin. Hal ini perlu untuk tetap menjaga keseimbangan antara kehidupan nyata dan waktu bermain kamu. Sehingga, kamu tidak melakukan hal berlebihan terkait dunia gaming kamu, termasuk berjudi dengan sistem bernama gacha ini.
  • Matikan Fitur Pembelian: Matikan fitur pembelian di dalam game (in-game purchase), guna mencegah kamu tergoda untuk melakukan pembelian apapun di dalam game. Selain itu, hindari untuk melakukan top up  ke akun game kamu.

Sudah Paham Apa Itu Gacha?

Gacha saat ini bukan hanya sekedar nama dari mesin mainan otomatis dari Jepang, namun telah menjelma menjadi sistem game yang diadaptasi oleh banyak game online, seperti Genshin Impact dan PUBG. 

Sistem gacha ini memungkinkan pemain untuk menguji peruntungannya demi mendapatkan item atau karakter favorit dari game online yang mereka mainkan. Namun tentunya, untuk menggunakan sistem ini, pemain harus mengorbankan uang digital yang mereka miliki di dalam akun game mereka.

Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak terjebak dalam skema tersebut hingga menguras uang untuk kebutuhan sehari-hari maupun dana darurat. Sebaiknya, bangun kesadaran Anda dan fokus pada prioritas hidup yang lebih penting daripada kesenangan sementara.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page