10 Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Air

Bagi kamu yang bermukim di kota-kota besar, air bersih bukanlah barang yang bisa kita dapatkan secara gratis. Itulah alasan mengapa kita harus menghemat air secara bijak.

Masalah kelangkaan air bersih menjadi isu yang tidak ada habisnya lantaran semakin menurunnya kualitas air tanah yang berdampak pada kehidupan dan aktivitas masyarakat.

Lantas bagaimana upaya kita dalam menghadapi fenomena tersebut? Simak pembahasan selengkapnya!

Penyebab Kelangkaan Air

Penyebab kelangkaan air
Sumber: Unsplash.com

Tahukah kamu, Indonesia merupakan salah satu negara yang sejumlah daerahnya masih mengalami krisis air bersih. Itulah alasan mengapa kita harus menghemat air bersih.

Menurut penelitian oleh Kementerian Kesehatan (2020) terkait Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT), menyebutkan bahwa 7 dari 10 rumah tangga di Indonesia mengonsumsi air minum yang terkontaminasi oleh bakteri E-coli. 

Lebih lanjut, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa hanya ada 11,9 persen air yang aman dan layak diminum. 

Banyak rumah tangga cenderung mengonsumsi air isi ulang dengan persentase 31 persen, dari sumur gali terlindungi sebanyak 15,9 persen, dan 14,1 persen dari sumur pompa.

Data tersebut menunjukkan begitu minimnya jumlah air bersih yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga menyebabkan kelangkaan (scarcity).

Selain itu, dalam jurnal berjudul Problem Air Bersih di Perkotaan (2013), terdapat sejumlah faktor yang menjadi penyebab terjadinya krisis air bersih di Indonesia, seperti:

  • Laju urbanisasi yang cukup tinggi dan pemanfaatan lahan yang tidak memperhatikan aspek konservasi tanah dan air;
  • Pembangunan gedung yang tidak mematuhi perbandingan lahan terpakai dan terbuka sehingga mengganggu proses penyerapan air hujan ke tanah;
  • Pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi serta adanya aktivitas domestik; dan
  • Eksploitasi air tanah yang berlebihan.

Demi menjaga keberlangsungan hidup, tentunya kita perlu memulai dari hal kecil tapi dampaknya begitu besar bagi lingkungan sekitar kita. Salah satunya yaitu dengan memahami alasan mengapa kita harus menghemat air tawar dan menerapkannya

Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Air

Alasan mengapa harus menghemat air
Sumber: Unsplash.com

Kenapa sih harus menghemat air? Bukankah keberadaannya sangat melimpah? Eits..siapa bilang! Justru air yang melimpah di muka bumi ini kebanyakan dari air laut yang notabenenya air asin.

Menurut data, sekitar 97 persen air di bumi lokasinya berada di laut. Kandungan garam air laut sangatlah tinggi sehingga kamu tidak dapat meminumnya terlalu banyak karena memicu kematian.

Artinya air yang bisa kita pakai untuk komoditi adalah air tawar, yang merupakan air yang telah melewati proses penyaringan secara alami sehingga baik manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan air tawar untuk bertahan hidup.

Masalahnya ketersediaan air tawar hanya menyumbang sekitar 3 persen. Jadi, tidak mengherankan jika fakta itu menjadi alasan mengapa kita harus berhemat air selama ini.

Selain itu, ada juga beberapa alasan lainnya yang perlu kamu ketahui, seperti:

1. Aktivitas Sehari-Hari

Tidak bisa kita pungkiri penggunaan air bersih hampir setiap hari ada dalam semua aktivitas sehari-hari seperti untuk minum, mandi, memasak, hingga mencuci. Jadi, apabila kita ingin terus menjaga tubuh tetap sehat dan bersih, maka dianjurkan untuk senantiasa menghemat air.

2. Mencegah Risiko Penyakit

Air bersih begitu vital bagi kelangsungan hidup. Namun, maraknya pencemaran dan eksploitasi air yang berlebihan mengakibatkan persediaannya semakin terbatas. 

Langkah konservasi tidak hanya membantu menjaga ketersediaan air bersih di masa mendatang, namun juga dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan akibat kekurangan air bersih seperti penyakit diare dan kolera.

3. Menjaga Keseimbangan

Pemborosan kerap kali mengganggu ekosistem perairan yang dapat menyebabkan masalah bagi makhluk hidup lain. Oleh sebab itu, alasan mengapa kita harus menghemat air sangat penting dengan cara menghemat air bersih sehingga dapat mencegah masalah krisis air dan memastikan semua makhluk hidup mendapatkan air yang cukup.

Selain itu, kita juga perlu menjaga kebersihan lingkungan supaya air tidak tercemar dan dapat kita gunakan kembali. Dengan begitu, secara tidak langsung kita telah membantu menjaga keseimbangan ekosistem air dan memastikan semua makhluk hidup dapat hidup dengan baik.

4. Melindungi Makhluk Hidup Lain

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan air, tetapi hewan dan tumbuhan yang hidup di alam bebas juga butuh untuk bertahan hidup. Itulah salah satu alasan mengapa kita harus menghemat air.

Air merupakan pelarut universal yang dapat mendistribusikan berbagai zat dalam tubuh makhluk hidup. Misal, nutrisi, ion, hingga limbah yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi biologis dan fisiologis sehingga kita harus menggunakan air dengan bijak supaya makhluk hidup lain juga dapat memenuhi kebutuhan air mereka.

5. Menyuburkan dan Menumbuhkan

Ketersediaan air dapat membantu untuk menyuburkan lahan sehingga juga bisa menumbuhkan tanaman yang hidup di sekitaran lingkungan tersebut.

Adapun buah dan sayuran yang selama ini kita konsumsi membutuhkan air untuk tumbuh subur. Tetapi jika lahan tersebut mengalami kekeringan, sangat sulit bagi tanaman yang menghasilkan buah dan sayur itu untuk tumbuh.  

6. Mengurangi Limbah

Menggunakan air secara bijak artinya kita juga mengurangi limbah yang berasal dari rumah tangga. Seperti yang diketahui air limbah sangat sulit untuk diolah lantaran mengandung zat berbahaya dan dapat dengan mudah masuk ke lingkungan sekitar kita. Misalnya, penggunaan deterjen atau cairan pembersih yang berlebihan. 

7. Mencegah Turunnya Permukaan Tanah

Turunnya permukaan tanah disebabkan karena ekstraksi air tanah dalam jangka panjang dan dalam dalam jumlah besar.

Artinya, penggunaan air tanah secara besar-besaran dapat berakibat menurunnya permukaan tanah yang dapat merusak bangunan dan jalan, mengganggu suplai air, mengganggu drainase air limbah, serta membuat daerah tersebut lebih rentan terkena banjir. 

Di sinilah alasan mengapa kita harus menghemat air. Demi menghindari dampak buruk tersebut, penting bagi kita untuk menggunakan air secara bijak.

8. Mempunyai Cadangan Air

Dengan melakukan kebiasaan hemat akan membantu untuk memastikan kita memiliki cadangan air yang cukup. Meskipun sebagian besar permukaan bumi ditutupi oleh air, hanya sebagian kecil saja yang dapat diolah menjadi air bersih yang dapat kita konsumsi. 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghemat penggunaan air bersih setiap hari agar cadangan air yang kita punya tidak menipis.

9. Hemat Energi

Bagi kamu pengguna mesin pompa di rumah tentu pernah mengalami tagihan listrik yang membengkak ketika tiba waktunya untuk membayarnya. Hal itu karena mesin pompa membutuhkan energi dalam jumlah besar sehingga kamu perlu meminimalisir penggunaannya yang tentu juga menghemat tagihan listrik rumah kamu.

10. Hemat Biaya

Terakhir, alasan mengapa kita harus hemat air berkaitan dengan biaya yang harus kita tanggung selama penggunaan. Menghemat air sama dengan menghemat pengeluaran. Terutama tagihan air PDAM setiap bulannya. 

Cara Menghemat Air

Cara menghemat air
Sumber: istockphoto.com

Membangun kebiasaan menghemat air tidaklah sulit. Sebab, kuncinya ada pada gaya hidup yang tepat sehingga dapat mewujudkan penggunaan air secara bijak. 

Sejumlah cara berikut ini bisa kamu terapkan demi bisa menghemat air sebagai upaya mengurangi risiko terjadinya krisis air bersih:

  • Matikan keran jika tidak sedang digunakan. Kebiasaan ini dapat menghemat tiga atau empat galon air per hari;
  • Bijak dalam mencuci pakaian. Cobalah untuk memberi jeda dua sampai tiga hari sekali untuk tidak mencuci pakaian terlebih bagi yang menggunakan mesin cuci karena penggunaannya kerap menghasilkan banyak limbah air;
  • Menggunakan kembali air bekas cucian. Biasakan untuk menampung air bekas cucian (misal, bekas cuci buah atau sayur) untuk hal lain seperti untuk menyiram tanaman;
  • Mengganti bak dengan ember. Tidak sedikit rumah tangga yang menggunakan bak sebagai wadah untuk menampung air. Namun, terkadang mereka lupa mematikan keran tatkala sedang mengisi air sehingga penggunaan ember merupakan solusi agar air tidak terbuang sia-sia;
  • Mengecek pipa secara berkala demi menghindari kebocoran air yang mengakibatkan tagihan bulanan kamu;
  • Menampung air hujan yang berguna untuk keperluan di luar mandi cuci kakus (MCK) seperti menyiram tanaman atau mencuci kendaraan kesayangan kamu;
  • Jangan terlalu sering menyiram tanaman karena hal tersebut justru dapat berakibat buruk bagi tanaman itu sendiri. Terlalu banyak air dapat membuat akar menjadi busuk sehingga menimbulkan  jamur dan bakteri;
  • Membuat lubang biopori dapat membantu produksi air sumur jadi lebih baik sehingga kamu dapat menghemat penggunaan air PDAM; dan
  • Hindari mandi berlama-lama karena kebiasaan itu secara tidak sadar merupakan pemborosan air.

Siap Berhemat Air untuk Investasi Masa Depan?

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kita harus menghemat air beserta cara supaya kamu bisa membangun kebiasaan tersebut.

Ya, kita memang tidak bisa lepas dari air sebagai elemen dasar kehidupan. Namun terkadang, kebutuhan akan air bersih tidak selaras dengan persediaannya lantaran tidak semua persebaran air merata di setiap daerah. 

Oleh sebab itu, perlunya menggalakkan gerakan untuk menghemat air yang bisa kita awali dari hal-hal kecil di kehidupan kita. Sebab, hal itu penting demi menjaga keberlangsungan sumber daya alam yang sangat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page