Hermafrodit: Pengertian, Jenis, dan Contohnya pada Hewan

Kamu tentu sudah mengerti, jika ada banyak sekali jenis hewan di seluruh dunia. Namun, apakah kamu sudah mengetahui bahwa ada beberapa hewan yang mempunyai alat kelamin ganda yang aktif? Hewan yang mempunyai dua alat kelamin ini dikenal sebagai hewan hermafrodit.

Ternyata, tidak hanya hewan, manusia juga mempunyai alat kelamin ganda yang disebut interseks. Meski begitu, hanya ada satu alat kelamin yang aktif. 

Bedanya, hewan yang berkelamin ganda memiliki kemampuan untuk melakukan perkembangbiakan sendiri. Baca terus artikel ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap!

Pengertian Hermafrodit

Hermafrodit merupakan individu yang mempunyai dua alat kelamin atau organ reproduksi jantan dan betina yang aktif dan berfungsi penuh. Individu yang mempunyai alat kelamin ganda ini terdapat pada hewan dan tumbuhan. 

Kondisi ini biasanya terjadi pada kelompok hewan gastropoda seperti siput. Sedangkan tumbuhan berkelamin ganda adalah tumbuhan yang mampu melakukan penyerbukan sendiri (self pollination). Spesies tumbuhan ini biasanya memiliki bunga sempurna. 

Bunga sempurna mempunyai organ kelamin jantan berupa benang sari dan alat kelamin betina berupa putik dalam satu tumbuhan. Meski begitu, beberapa spesies tumbuhan mempunyai mekanisme tertentu untuk mencegah pembuahan sendiri.

Jenis Hermafrodit

Alat kelamin ganda ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Protandri

Protandri adalah hewan yang terlahir dengan alat kelamin jantan, kemudian alat kelamin tersebut berubah menjadi alat kelamin betina. Individu protandri mampu menghasilkan sperma, kemudian mengubah alat kelaminnya agar dapat memproduksi telur. Alat kelamin betina dan jantan pada protandri ini dapat aktif secara bersamaan.

2. Protogini

Protogini adalah hewan yang terlahir dengan alat kelamin betina, kemudian alat kelamin tersebut berubah menjadi alat kelamin jantan. 

Kedua alat kelamin pada hewan hermafrodit jenis ini dapat aktif secara bersamaan. Individu protogini akan menghasilkan telur. Kemudian, individu ini mengubah alat kelaminnya agar bisa memproduksi sperma.

Contoh Hewan Hermafrodit

Berikut ini beberapa contoh hewan berkelamin ganda, baik hewan yang hidup di air maupun di darat:

1. Siput Pisang (Ariolimax)

Siput Pisang
Sumber: Sains-SINDOnews

Siput Pisang terlahir mempunyai dua alat kelamin, yaitu jantan dan betina, sehingga termasuk kelompok hewan hermafrodit. Meski demikian, Siput Pisang biasanya melakukan perkembangbiakan secara berpasangan dengan siput lainnya. Siput Pisang bisa saling membuahi dengan siput lain yang memiliki ukuran sama.

2. Kadal Cambuk (Cnemidophorus)

Kadal Cambuk Cnemidophorus
Sumber: Pexels

Kadal Cambuk terlahir dengan alat kelamin betina. Namun, Kadal Cambuk juga bisa membuahi dirinya sendiri, tanpa bantuan Kadal Cambuk jantan. Caranya, Kadal Cambuk betina akan saling merangsang ovulasi dengan kadal lainnya. Kadal yang berada di atas akan bertelur dengan ukuran kecil. 

Sedangkan kadal di bawah bertelur dengan ukuran yang lebih besar. Keduanya kemudian akan menggabungkan kode DNA yang berbeda dan memastikan setiap pasangan kromosom mempunyai berbagai jenis bentuk gen. Tidak heran, jika Kadal Cambuk mempunyai keanekaragaman genetis.

3. Kadal Naga Berjanggut (Pogona Vitticeps)

Kadal Naga Berjanggut
Sumber: National Geographic Indonesia-Grid.ID

Jenis kadal lain yang termasuk hermafrodit adalah kadal naga berjanggut. Hewan ini mempunyai kemampuan untuk mengubah jenis kelaminnya dari jantan menjadi betina. Kemampuan ini dimiliki kadal naga berjanggut sejak dalam fase telur. Fenomena perubahan alat kelamin bisa terjadi karena pengaruh perubahan suhu, cuaca, dan iklim.

4. Ikan Badut (Amphiprioninae)

Ikan Badut
Sumber: Greeners.co

Ikan Badut juga terlahir memiliki jenis kelamin jantan. Sama dengan Kadal Naga Berjanggut, Ikan Badut juga bisa mengubah alat kelamin jantan menjadi betina. Proses ini disebut hermaproditisme berurutan. Apabila Ikan Badut betina meninggal, Ikan Badut jantan dominan akan mengubah alat kelaminnya sebagai pengganti.

5. Ikan Wrasse (Labridae)

Ikan Wrasse
Sumber: Naviri Magazine

Sebaliknya, Ikan Wrasse adalah spesies ikan yang mampu mengubah alat kelamin betina menjadi jantan. Peristiwa ini dapat terjadi ketika ikan jantan dominan dalam kawanan mati. Ikan Wrasse yang paling besar secara alami akan mengganti jenis kelaminnya menjadi jantan untuk memimpin kawanannya.

Ikan Wrasse yang betina yang berubah menjadi jantan biasanya juga berubah sifat menjadi lebih agresif. Sifat ini bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup kawanannya. Proses perubahan alat kelamin betina menjadi jantan terjadi sekitar 14 hari.

6. Cumi-Cumi (Loligo)

Cumi Cumi Loligo
Sumber: Wikipedia

Contoh hewan hermafrodit selanjutnya adalah Cumi-Cumi. Cumi-Cumi mempunyai kemampuan untuk mengubah salah satu sisi tubuhnya, agar terlihat seperti Cumi-Cumi betina. Cara ini bertujuan untuk mengurangi adanya persaingan di antara Cumi-Cumi jantan lainnya.

Sebaliknya, Cumi-Cumi jantan akan menunjukkan sisi betinanya, agar dapat dilihat oleh Cumi-Cumi jantan lainnya, saat berada di kawanan Cumi-Cumi jantan dan betina. Perubahan sisi tubuh yang terlihat jantan atau betina ini berguna untuk menarik perhatian Cumi-Cumi betina lebih cepat dari pesaingnya.

7. Bintang Laut (Asteroidea)

Bintang Laut Asteroidea
Sumber: Pexels

Bintang Laut ternyata termasuk hewan hermafrodit. Bintang Laut mampu mengembangkan alat kelamin jantan pada fase remaja dan mengubahnya menjadi alat kelamin betina menjelang fase dewasa. Menariknya, Bintang Laut juga memiliki organ reproduksi aseksual.

Apabila salah satu bagian lengan Bintang Laut patah, patahan ini bisa meregenerasi menjadi individu baru. Syaratnya, lengan tersebut masih membawa bagian dari pusat tubuh Bintang Laut induknya.

8. Ikan Kakatua (Scaridae)

Ikan Kakatua
Sumber: Mediatani.co

Ikan Kakatua adalah spesies ikan hermafrodit dengan jenis protogini. Hewan ini terlahir dengan jenis kelamin betina dan mampu mengubah alat kelaminnya menjadi jantan selama fase hidupnya. Dua alat kelamin di tubuh Ikan Kakatua berfungsi sebagai mekanisme untuk menjaga keseimbangan gender dalam kawanan Ikan Kakatua.

9. Ikan Gobi Sirip Hitam (Acanthogobius Flavimanus)

Ikan Gobi Sirip Hitam Acanthogobius Flavimanus
Sumber: Wikipedia

Ikan Gobi bersirip hitam berasal dari spesies Gobiodon Histrio. Jenis ikan ini mempunyai kemampuan untuk mengubah alat jelaminnya secara dua arah, sesuai kebutuhan. Perubahan alat kelamin dapat dilakukan kapan saja. 

Misalnya, ketika dalam suatu kawanan Ikan Gobi terdapat dua Ikan Gobi betina yang terlahir dengan alat kelamin jantan, maka salah satu ikan dominan akan mengubah dirinya menjadi jantan. 

Begitu pula ketika ada Ikan Gobi jantan yang mati. Ikan Gobi yang berjenis kelamin betina bisa mengubah alat kelaminnya menjadi jantan.

10. Cacing Pita (Taenia)

Cacing Pita
Sumber: RadarMetro

Salah satu jenis parasit dari kelompok Cacing adalah Cacing Pita. Cacing Pita berada di dalam tubuh hewan lain, sehingga sulit melakukan perkembangbiakan dengan Cacing lainnya. Jadi, Cacing Pita melakukan pembuahan secara sendiri. Cacing Pita menggunakan kedua alat kelaminnya untuk berkembangbiak di tubuh hewan inangnya.

11. Ular Garter (Thamnophis)

Ular Garter
Sumber: Okezone

Kamu juga bisa mengetahui contoh hermafrodit pada spesies ular. Salah satu spesies ular yang memiliki kemampuan mengubah bentuk tubuh dan alat kelaminnya adalah Ular Garter. Ular Garter jantan dapat mengubah bentuk tubuhnya menjadi seperti Ular Garter betina. Cara ini bertujuan agar Ular Garter bisa menarik ular jantan di sekitarnya. 

Sekumpulan Ular Garter jantan bisa melindungi Ular Garter betina dari berbagai macam predator alami di habitatnya dengan kondisi ini.

12. Katak (Anura)

Katak Anura
Sumber: Greeners

Katak termasuk hewan amfibi yang memiliki kemampuan untuk mengubah alat kelaminnya. Karena, herbisida atrazine atau racun mampu mempengaruhi kadar hormon pada Katak, sehingga terjadi perubahan alat kelamin. 

Setidaknya, terdapat 10 persen spesies Katak jantan yang bisa berubah menjadi betina, apabila terpapar racun tersebut. Katak jantan bisa kehilangan hormon testosteron dan sperma akibat racun tersebut. Kemudian, ketika racun ini dalam dosis yang besar, ternyata mampu membunuh Katak tersebut.

Sudah Lebih Mengenal Apa Itu Hermafrodit dan Contohnya?

Jadi, hermafrodit merupakan suatu makhluk hidup yang memiliki 2 alat kelamin aktif atau mampu mengubah alat kelaminnya yang terdiri atas 2 jenis, yakni Protandri dan Protogini. Beberapa hewan berkelamin ganda adalah Siput Pisang, Kadal Naga Berjanggut, Ikan Wrasse, Bintang Laut, Ikan Gobi Sirip Hitam, hingga Katak.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page