9 Fungsi Air Bagi Hewan serta Manfaatnya, Lengkap!

Air adalah sumber kehidupan. Sebagai makhluk hidup hewan juga membutuhkan air demi kelangsungan hidupnya. Selain untuk minum, fungsi air bagi hewan masih banyak lagi. Mari kita pelajari berbagai macam fungsi dan manfaat air untuk hewan di sini!

9 Fungsi dan Manfaat Air Bagi Hewan

Berikut adalah 9 fungsi dan pemanfaatan air yang dilakukan oleh hewan, yaitu:

1. Melancarkan dan Membantu Pencernaan

Sama seperti manusia, salah satu fungsi air bagi hewan adalah untuk melancarkan pencernaan. Biasanya manusia meminum air saat sebelum dan sesudah makan. 

Mengonsumsi air berguna untuk melancarkan saluran pencernaan baik dari mulut, tenggorokan, hingga lambung, dan usus.

Hewan juga melakukan proses yang sama. Beberapa hewan memiliki interval tersendiri dalam minum air, tergantung dari berat badan hingga aktivitas yang dilakukan. Meski begitu, fungsinya tetap sama. 

2. Mengatur Suhu Tubuh

Air juga berperan penting dalam mengatur suhu tubuh hewan. Salah satu contoh pengaturan suhu tubuh dengan air adalah evaporasi.

Evaporasi dapat kita lihat pada anjing dan kucing yang menjilati tubuh. Air liur mereka akan menempel pada bulu. Lalu air tersebut akan berevaporasi dan mendinginkan tubuh. 

Beberapa hewan juga dapat berkeringat. Saat keringat menguap, panas tubuh juga akan ikut terbawa.  

Selain itu, ada juga hewan seperti amfibi dan reptil yang tidak bisa berkeringat. Kelompok hewan ini termasuk ektotermik atau hewan yang menyerap panas dari lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, suhu tubuh mereka bergantung pada lingkungan sekitar.

Beberapa contoh hewan eksotermik adalah buaya dan ular. Untuk meningkatkan suhu badannya, mereka akan berjemur. Sementara untuk mendinginkan suhu tubuh, mereka akan berendam.

3. Membantu Penyerapan Nutrisi

Mengonsumsi air bagi hewan tidak hanya sebatas untuk pencernaan. Air dalam tubuh juga dibutuhkan sebagai pelumas sendi. Hewan yang bergerak dengan lincah biasanya membutuhkan air yang lebih banyak.

Pada hewan domestik seperti kucing dan anjing, biasanya mereka akan minum banyak air setelah bermain atau jalan-jalan. Pada hewan liar seperti monyet, asupan air juga dapat diperoleh dari makanannya yang berupa buah-buahan. 

Selain itu, air juga berfungsi untuk membantu penyerapan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Air bertugas untuk menyalurkan nutrisi dari hasil metabolisme tubuh ke organ-organ vital tubuh hewan. 

Beberapa hewan memiliki sistem limfatik, yakni bagian dari sistem kekebalan tubuh. Limfa memiliki peran penting dalam mengangkut nutrisi, sel darah putih, hingga menjaga keseimbangan cairan tubuh dan melawan infeksi. 

Bersama dengan limfa, air bagi hewan memiliki bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan menyalurkan sel darah putih ke tempat yang membutuhkan perlindungan.

4. Produksi Susu

J0s2aPvnkl7V q5GMmf2O3p9ffBEtcvbg8aRUoDzmQh6uIdmN4DpzvHlLlPcw9lB4UbxhCk5K 5I2jDaFKjY3zrzcikEoBkNNZNCsuTpcWjyOU4mJS 2w

Unsplash

Fungsi air bagi hewan lainnya adalah untuk memproduksi susu. Susu hewan terdiri dari 89% air, sementara zat nutrisi lainnya meliputi lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Maka dari itu, susu hewan yang dihasilkan bertekstur cair.

Kualitas dan kuantitas produksi susu berhubungan erat dengan kualitas dan kuantitas air yang dikonsumsi hewan. Salah satu kriteria hewan yang sehat dapat terlihat dari kadar hidrasinya. 

Dengan begitu, hewan yang cukup minum akan termasuk hewan yang sehat dan dapat memproduksi susu yang berkualitas.

5. Sebagai Tempat Hidup

Selain untuk konsumsi, beberapa hewan juga mengandalkan air sebagai tempat hidupnya. Air adalah rumah atau habitat bagi hewan seperti ikan, udang, kerang, mamalia air, dan lain-lain.

Sebagai habitat, terdapat dua macam air yakni air tawar dan air asin. Air asin adalah air yang berada di laut, sementara air tawar adalah air yang berada di sungai maupun danau. Lalu, pertemuan antara kedua air tersebut biasa adalah air payau.

Sebagian besar ikan bisa hidup hanya dalam satu jenis air saja. Namun, terdapat beberapa ikan yang bisa hidup di berbagai jenis air. 

Contoh ikan ini adalah salmon. Awalnya salmon menetas di air tawar lalu bermigrasi ke laut, tumbuh besar, lalu kembali lagi ke air tawar untuk bertelur. Ikan yang memiliki kemampuan ini disebut euryhaline

6. Tempat Persembunyian

d406lBIvcFzjYfI XiunEyoKxXe4wj3EnydD 2PLE3ntmsUurJ1Wdomr7a8Zof5AmeJQYHXFpnCqq0 Bc2FKOadSKN

Pexels

Beberapa hewan juga memanfaatkan air sebagai tempat persembunyian dari serangan para predator. Salah satu hewan kecil yang sering menggunakan air untuk tempat persembunyiannnya adalah katak.

Tak hanya hewan kecil, air juga berfungsi sebagai persembunyian hewan besar seperti kuda nil. Kuda nil biasa berendam untuk bersembunyi dari teriknya matahari maupun hewan karnivora lainnya.

7. Membersihkan Tubuh

Sama seperti manusia, salah satu fungsi dan manfaat air bagi hewan adalah untuk mandi. Secara naluriah, hewan telah belajar untuk mandi menggunakan air. Baik dari hewan raksasa, seperti gajah, hingga burung. 

Meskipun ada hewan seperti chinchilla yang mandi menggunakan pasir atau debu khusus, sebagian besar hewan mandi menggunakan air. Bahkan, kucing peliharaan sebaiknya juga dimandikan meski si kucing akan berontak.

8. Berburu

pkrSZHC9JTRF1LJ4ZchHt6kUiOu66hTwu8A9fZvvzSYZ6USPeMcanBu86wXapRwusD ax9QUU2K6DdILxv8HnEsg8JIocZ7 zCPbxL7jZ5b59y o2DEfK7l5rwaVqXoB JXbGfagRnsEr0dw5zThszc

Unsplash

Salah satu jenis ikan air tawar menggunakan air untuk berburu. Archer Fish (ikan pemanah) atau ikan sumpit adalah ikan yang terkenal sebagai ikan penembak jitu.

Ikan jenis ini termasuk dalam golongan ikan omnivora. Pasalnya, mereka dapat memakan apa saja, baik tumbuhan air maupun hewan lain.

Sementara itu, ikan sumpit hidup di muara mangrove (bakau), meski terkadang berpindah ke hulu. Nah, ikan pemanah ini hidup dalam berkelompok.

Cara berburu archer fish sangat unik. Ikan ini akan menembakkan air dari mulutnya ke serangga buruannya yang berada di atas permukaan air (umumnya di ranting).

Setelah menembak serangga tersebut hingga jatuh ke air, ikan sumpit akan melahap mangsanya.

9. Reproduksi 

Fungsi dan manfaat air untuk hewan ovipar eksternal sangatlah penting bagi pelestarian spesiesnya. Hewan ovipar eksternal adalah kelompok hewan yang menggunakan air sebagai sarana reproduksi.

Biasanya ikan yang berkembang biak dengan cara ini akan memilih air yang tenang. Saat pejantan dan betina telah siap untuk berkembang biak, betina ovipar eksternal akan mengeluarkan sel telurnya ke lingkungan sekitar. 

Telur tersebut nantinya akan jatuh ke dasar air atau menempel ke tumbuhan air. Lalu pejantan juga mengeluarkan sel sperma ke air. 

Setelah kedua sel bertemu, selanjutnya adalah masa pembuahan. Ikan-ikan yang telah melalui masa pembuahan nantinya akan menetas dan hidup di sekitar lingkungan tersebut. 

Beberapa contoh hewan yang bereproduksi seperti ini adalah ikan karper dan ikan mas serta beberapa jenis katak.

Makin Paham Fungsi Air Bagi Hewan?

Setelah mengetahui fungsi air bagi hewan dan manfaatnya, semoga bisa menjadi pengingat kita tentang pentingnya air demi kelangsungan makhluk hidup lain, tidak hanya manusia. 

Namun, hewan yang minum terlalu banyak air (mungkin saat suhu panas), dapat terkena hiperhidrasi atau keracunan air. Bagi hewan peliharaan, sebaiknya berikan air minum yang layak dan secukupnya.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page