Jurusan Teknik Mekatronika: Info Kuliah, Prospek Kerja, dan Gajinya

Pernahkah Anda mendengar informasi jurusan Teknik Mekatronika di mana teknologi canggih dan inovasi bertemu dalam satu disiplin yang menarik? Sederhananya, jurusan ini menggabungkan elemen-elemen dari mekanik, elektronika, dan pemrograman untuk menciptakan solusi cerdas dan otomatisasi. 

Jika Anda tertarik menjelajahi bagaimana robot, perangkat pintar, dan sistem otomatis bekerja secara sinergi, maka Anda telah memilih tempat yang tepat. Sebab, artikel ini akan membagikan informasi prospek kuliah jurusan Mekatronika, peluang karir yang menarik, dan potensi gaji.

Defisini Jurusan Teknik Mekatronika

Jurusan Teknik Mekatronika yang masih relatif baru di Indonesia, telah meraih popularitas di luar negeri di mana lulusannya sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan. Secara khusus di Indonesia, jurusan ini dibuka dengan tujuan mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Kurikulum jurusan teknik ini mencakup aspek-aspek penting dari berbagai bidang keilmuan yang sangat membutuhkan dalam berbagai sektor. Fokusnya adalah menghasilkan individu yang mampu merancang dan mengembangkan produk otomasi cerdas dengan kinerja optimal dan efisiensi yang tinggi.

Teknik Mekatronika pada dasarnya menggabungkan prinsip-prinsip dari berbagai disiplin ilmu teknik. Termasuk teknik mesin, teknik elektro, serta ilmu komputasi yang melibatkan komputer, perangkat lunak, dan perangkat keras.

Dengan demikian, jurusan ini menawarkan landasan yang kuat untuk menghasilkan para profesional. Lulusan yang dapat menghadapi kompleksitas dunia industri modern.

Konsep mekatronika diperkenalkan oleh seorang insinyur dari Yaskawa Electric Corporation pada tahun 1969. Pada mulanya, ilmu Teknik Mekatronika tumbuh dari bidang teknik presisi, yang mana berfokus pada akurasi, terutama dalam peralatan optik.

Seiring berjalannya waktu, ilmu ini berkembang dan merambah ke dalam mesin-mesin yang lebih kompleks. Perkembangan ilmu teknik ini kemudian teraplikasikan dalam berbagai sistem otomasi. 

Bidang penerapannya seperti industri produksi, manufaktur, transportasi darat, laut, udara, eksplorasi laut, angkasa, serta dalam bidang medis dan kedokteran. Jadi, ilmu ini berperan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari manusia yang tak terhitung jumlahnya.

Informasi Perkuliahan Jurusan Teknik Mekatronika

Perkuliahan Jurusan Teknik Mekatronika
Perkuliahan Jurusan Teknik Mekatronika | Image Source: Freepik

Pada perguruan tinggi di Indonesia, Anda dapat mengejar ilmu Teknik Mekatronika. Jurusan ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi yang siap menghadapi perubahan industri dengan menggabungkan ilmu mekanik, elektronika, dan komputer.

Materi kuliah yang akan Anda pelajari tidak berbeda jauh dari jurusan teknik lainnya. Anda akan mendalami fisika, matematika teknik, dan kimia sebagai dasar teori. Selain itu, mata kuliah bisnis, komputer, 3D modelling, dan lainnya juga akan Anda pelajari untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Anda bisa menemukan jurusan ini di beberaoa perguruan tinggi ternama. Perguruan tinggi tersebut memberikan peluang dalam bidang teknik ini dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menguasai aspek mekanika, elektronika, dan komputasi melalui pendidikan yang berkualitas. Berikut ini daftarnya:

  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
  • Universitas Katolik Parahyangan.
  • International University Liaison Indonesia (IULI).
  • Universitas Negeri Makassar.
  • Universitas Trunojoyo Madura.
  • President University.
  • Politeknik Negeri Sriwijaya.
  • Politeknik Negeri Aceh.
  • Universitas Islam Indonesia (UII).
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).
  • Politeknik Mekatronika Sanata Dharma.
  • POLMAN Bandung atau Politeknik Manufaktur Bandung.
  • Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Mata Kuliah dalam Jurusan Teknik Mekatronika

Nah, pada hampir setiap perguruan tinggi tersebut, Anda akan mempelajari berbagai mata kuliah yang mencakup teori dasar Teknik Mekatronika berikut ini:

  • Ilmu Mekanika Teknik dan Ilmu Bahan.
  • Ilmu Mekanik Terapan.
  • Teknik Pneumatika dan Hidrolika.
  • Ilmu Teknik Listrik Dasar dan Terapan.
  • Ilmu Elektronika Analog dan Digital.
  • Sensorik dan Instrumentasi Industri.
  • Ilmu Komunikasi Elektronik.
  • Teknik Penggerak dan Mesin-mesin Listrik.
  • Ilmu Teknik Kendali.
  • Sistem Pengontrolan Terprogram.
  • Pengujian dan Alat Ukur.
  • Otomatisasi dan Sistem Kendali.
  • Mikrokontroler dan Sistem Tertanam (Microcontroller and Embedded System).
  • Pemrograman Komputer dan Jaringan.

Sebagai mahasiswa jurusan Teknik Mekatronika, Anda akan menguasai dasar-dasar ilmu seperti matematika teknik, kimia, dan fisika. Oleh karena itu, latar belakang dari jurusan IPA di SMA akan memudahkan Anda dalam mengikuti materi perkuliahan yang akan datang.

Selain fondasi tersebut, Anda akan mendapat keterampilan pendukung seperti ilmu komputer dalam aspek perangkat keras maupun perangkat lunak, 3D modelling, dan pengetahuan bisnis. Keterampilan tersebut akan membekali Anda untuk kemungkinan membuka usaha sendiri setelah lulus.

Selama masa kuliah, Anda akan mendalami topik seperti sistem kontrol, sensor dan aktuator, konsep mekanikal, hingga perangkat lunak dan akuisisi data. Materi lainnya meliputi desain robot, komputerisasi dan sistem logika, industri teknologi informasi dan elektronik, otomasi dan robotika, elemen mesin, teknik mesin, peralatan teknik.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Mekatronika dan Kisaran Gajinya

Prospek Kerja Lulusan Teknik Mekatronika
Prospek Kerja Lulusan Teknik Mekatronika | Image Source: Freepik

Berikut ini adalah beberapa prospek pekerjaan yang mungkin terbuka bagi lulusan Mekatronika beserta kisaran gajinya:

1. Industri Elektronik

Dalam jurusan ini, Anda akan banyak mempelajari aspek keelektronikan. Peluang besar ini hadir di perusahaan-perusahaan elektronik. 

Banyak perusahaan besar seperti LG dan Panasonic di Indonesia. Kemudian, gajinya pun bervariasi, tergantung peran di perusahaan, mulai dari Rp3.000.000,00 sampai belasan juta rupiah.

2. Pemeliharaan Mesin Pabrik

Selanjutnya, Anda bisa bekerja di bidang pemeliharaan mesin pabrik. Profesi ini berperan penting untuk menjaga mesin bekerja optimal di pabrik. Tugas Anda meliputi perbaikan dan perawatan mesin. Adapun kisaran gajinya mulai Rp3.000.000,00 hingga belasan juta rupiah, sesuai peran dan tanggung jawab.

3. Desain Mesin

Saat belajar di jurusan Teknik Mekatronika, Anda pastinya akan akrab dengan dunia mesin. Nah, ilmu dalam membuat beragam jenis mesin bisa Anda manfaatkan untuk karir sebagai desainer mesin. 

Profesi ini sangatlah langka dan sangat diperlukan. Anda akan merancang model mesin dengan fungsi berbeda. Sehingga dalam bidang ini, Anda berpeluang mendapat gaji yang besar, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

4. Industri Otomotif

Kuliah di jurusan teknik ini membuka berbagai peluang, termasuk di industri otomotif. Bidang ini memerlukan ilmu dan keterampilan Anda dalam merancang mesin produk otomotif. Jika Anda tertarik, profesi ini cocok dan gajinya lumayan yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.

5. Perusahaan Industri Mesin

Peluang lain setelah Anda lulus adalah bekerja di perusahaan industri mesin. Anda akan bertugas memproduksi berbagai jenis mesin yang mana ilmu mekatronika sangat berguna di bidang ini. 

Anda akan membuat mesin industri dengan spesifikasi bervariasi. Dengan banyaknya perusahaan semacam ini di Indonesia, peluang karir akan menjadi lebih luas dan bisa mendapat gaji besar yang berkisar mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah.

6. Industri Pertambangan

Kemudian, peluang lain setelah kuliah di jurusan ini adalah bekerja di perusahaan tambang. Ilmu Teknik Mekatronika cocok Anda aplikasikan di bidang industri ini. Banyak yang bercita-cita bekerja di perusahaan tambang karena potensi penghasilan yang tinggi hingga mencapai puluhan juta rupiah.

7. Perusahaan Alat Medis

Perusahaan Alat Medis
Perusahaan Alat Medis | Image Source: Freepik

Selain itu, Anda juga bisa bekerja di medis, lebih tepatnya bekerja di perusahaan alat medis. Anda akan membuat alat-alat medis yang sesuai dengan ilmu dan keterampilan Anda. Tenang saja, Anda berkesempatan mendapat gaji mulai dari Rp5.000.000,00 hingga belasan juta rupiah.

8. Industri Farmasi

Peluang berikutnya adalah di industri farmasi. Anda bisa menciptakan mesin industri farmasi. Ilmu Anda sangat berguna di sini, sehingga gaji yang bisa Anda peroleh mulai dari Rp5.000.000,00 hingga puluhan juta rupiah.

9. Dosen

Prospek kerja lulusan Teknik Mekatronika yang memilih untuk menjadi dosen tergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat pendidikan, pengalaman, dan kemampuan akademis Anda. 

Anda perlu setidaknya memiliki gelar sarjana (S1) dalam bidang Mekatronika atau bidang terkait, seperti Teknik Elektro atau Teknik Mesin. Namun, untuk posisi akademik yang lebih tinggi atau untuk mengajar di universitas terkemuka, Anda harus mendapat gelar magister (S2) atau doktor (S3) dalam bidang yang relevan.

Sudah Lebih Kenal dengan Jurusan Teknik Mekatronika?

Dalam dunia Teknik Mekatronika, Anda akan mengalami perpaduan antara ilmu mekanik, elektronika, dan komputer. Peluang kerja yang luas mencakup berbagai sektor, seperti industri pertambangan, mesin industri, otomotif, alat medis, dan farmasi. 

Dari profesi mendesain mesin hingga menjadi dosen, pilihan karir sangatlah banyak dan menjanjikan. Dengan pendekatan multidisiplin ini, Anda akan siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dan memberikan kontribusi pada kemajuan teknologi serta inovasi di masa depan.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page