Jurusan Kelautan: Ruang Lingkup, Info Kuliah, dan Prospek Kerja

Indonesia merupakan salah satu negara maritim dengan banyak pula dan sumber daya laut yang melimpah. Untuk itulah, jurusan Kelautan menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang cukup menjanjikan. Pada artikel berikut, kami akan menguraikan prospek kerja hingga informasi perkuliahannya dengan lengkap.

Ruang Lingkup Kelautan

Jurusan Kelautan adalah jurusan yang secara umum mempelajari organisme yang ada di dalam lautan hingga berkaitan dengan gelombang dan geofisika lautan. Jurusan ini juga membahas berbagai isu terkait perubahan iklim hingga pemanasan global. 

Pada dasarnya, ruang lingkup dari jurusan Kelautan melibatkan studi tentang berbagai aspek lingkungan laut. Mulai dari biologi laut, meteorologi kelautan, ekologi, ilmu oseanografi, hingga manajemen sumber daya laut. 

Mahasiswa jurusan ini akan memahami keanekaragaman hayati laut, dinamika ekosistem, peran oseanografi dalam perubahan iklim, serta praktik berkelanjutan dalam pemanfaatan sumber daya laut. Jurusan ini juga membahas bagaimana analisis dampak lingkungan dan cara memberdayakan masyarakat pesisir. 

Bidang Keilmuan Jurusan Kelautan

Berikut ini beberapa bidang keilmuan yang bisa Anda pilih jika kuliah jurusan Kelautan:

1. Oseanografi

Jika Anda mengambil keilmuan oseanografi, maka Anda akan fokus mempelajari berbagai fenomena fisika, kimia, dan geologi dari berbagai ekosistem lautan. Bahkan, Anda juga akan mempelajari bagaimana dinamika dari ekosistem tersebut. Mulai dari gelombang laut, arus laut, hingga geologi dasar laut.

2. Manajemen Sumber Daya Perairan

Untuk manajemen sumber daya perairan, Anda akan mempelajari bagaimana proses perencanaan, pemanfaatan, pengorganisasian, hingga pengelolaan sumber daya perairan. Baik itu dari segi pemetaan hingga pemasaran sumber daya perairan tersebut. 

Tidak hanya itu, di jurusan Kelautan, Anda juga akan mempelajari tentang fisiologi hewan air, penyakit dari berbagai jenis hewan air, hingga cara menangkap hewan tersebut dengan baik dan benar. Maksud dari baik dan benar di sini adalah bagaimana cara menangkap ikan tanpa merusak lingkungan. 

3. Teknik Kelautan

Teknik Kelautan
Teknik Kelautan | Image Source: Freepik

Bidang keilmuan teknik ini biasanya akan mempelajari tentang bagaimana rekayasa teknologi untuk mendirikan struktur dan bangunan di lepas pantai atau daerah pesisir. Dengan kata lain, jurusan ini akan fokus pada teknik rekayasa bidang industri untuk wilayah laut. 

Beberapa contoh pekerjaan yang didalami oleh bidang ini antara lain membangun pemecah ombak, dermaga, bangunan pembangkit listrik tenaga gelombang laut, hingga anjungan lepas pantai. 

4. Teknologi Hasil Perikanan

Bidang keilmuan jurusan Kelautan berikutnya adalah mempelajari bagaimana cara mengolah produk makanan hingga siap dijual di pasaran. Baik itu dari proses persiapan hingga sterilisasi bahan makanan tersebut. 

Tidak hanya itu, bidang ini juga akan mempelajari tentang bagaimana proses penanganan pasca panen setelah proses penangkapan ikan, distribusi produk olahannya, hingga bisa ke tangan konsumen. Adapun proses lengkapnya meliputi pengolahan, penjaminan mutu, pengujian keamanan, hingga pemasarannya. 

5. Nautika

Bidang keilmuan terkait dengan jurusan Kelautan berikutnya ini mempelajari tentang bagaimana pengoperasian kapal, terutama tentang dek kapal, olah gerak kapal atau navigasinya. Tidak hanya itu, pada jurusan ini, Anda juga  akan mempelajari tentang bagaimana hukum kemaritiman dan komunikasi kemaritiman.

Prospek Kerja Jurusan Kelautan

Jurusan Kelautan menawarkan beragam prospek kerja yang menarik di berbagai sektor yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya laut, pelestarian lingkungan, riset ilmiah, dan pemanfaatan berkelanjutan. Berikut adalah beberapa prospek kerja yang dapat Anda capai:

1. Teknisi Kapal

Dari namanya saja, Anda sudah bisa menebak apa saja tugas dari teknisi kapal. Teknisi kapal bertugas dalam pengoperasian mesin dan kapal, baik itu dari segi mesin penggeraknya hingga sistem sumber daya listriknya. Gaji seorang teknisi kapal pun tidak main-main, bahkan bisa mencapai puluhan juta. 

2. Spesialis Konservasi Alam

Spesialis Konservasi Alam
Spesialis Konservasi Alam | Image Source: Freepik

Jika Anda seorang lulusan jurusan Kelautan, maka Anda juga memiliki peluang sebagai spesialisasi konservasi alam, terutama di laut. Adapun tugas utama dari seorang spesialis konservasi adalah mencari solusi terkait berbagai jenis permasalah habitat dan lingkungan perairan alami.

Tujuan utama dari pekerjaan ini adalah untuk menciptakan lingkungan perairan yang baik dan bisa terus lestari untuk masa depan. Tidak hanya itu, Anda juga akan bertugas menjaga hubungan baik antara pemerintah dengan otoritas setempat terkait dalam menjaga lingkungan.

3. Instansi Pemerintahan atau PNS

Jika Anda seorang lulusan jurusan Kelautan, maka Anda juga bisa bekerja di instansi pemerintahan sebagai seorang PNS. Peluang bekerja sebagai seorang PNS pun cukup tinggi.

Adapun untuk pekerjaannya tergantung dari bidang pekerjaan yang Anda lamar. Sebagai contoh, jika Anda melamar di bidang penangkapan, maka Anda pastinya akan mengurus bagaimana cara penangkapan ikan oleh nelayan, hasil tangkapan, hingga mencari tahu metode penangkapan yang baik dan benar untuk nelayan. 

Selain itu, untuk bidang pekerjaannya juga cukup banyak, contohnya melamar pekerjaan di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hingga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

4. Wirausaha (Entrepreneur)

Wirausaha menjadi salah satu peluang kerja yang menjanjikan untuk lulusan Kelautan. Dalam hal ini, Anda bisa menjadi pengusaha pengumpul ikan untuk kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi. 

Selain itu, Anda juga bisa mengolah ikan hasil tangkapan nelayan untuk kemudian Anda jual dengan harga yang menguntungkan. Adapun beberapa contoh usaha bidang ini yang bisa Anda coba yaitu kerupuk ikan, dodol rumput laut, dan sebagainya. 

5. Pengajar dan Akademisi

Apabila Anda memiliki bakat sebagai seorang pengajar dan akademisi, maka pekerjaan ini cocok untuk Anda. Seorang guru atau dosen di bidang ini pun cukup banyak dicari sehingga pekerjaan ini memiliki peluang yang tinggi untuk Anda. 

Walau begitu, jika Anda ingin menjadi seorang dosen, Anda perlu melanjutkan studi ke jenjang magister, bisa perlu sampai doktor. Hal ini tujuannya agar Anda bisa lebih fokus dan mendalami jurusan yang Anda ambil tersebut dan memiliki peluang yang semakin besar untuk menjadi seorang dosen. 

6. Menjadi Pegawai di BPOM

Menjadi Pegawai di BPOM
Menjadi Pegawai di BPOM | Image Source: Freepik

Jika Anda seorang lulusan Ilmu Kelautan, maka Anda juga bisa bekerja di BPOM atau lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan. Hal ini memungkinkan karena di jurusan ini, Anda akan mempelajari tentang manajemen sumber daya perairan dan pengelolaan hasil perikanan. 

Nah, melalui bidang ilmu inilah nantinya Anda bisa menjadi seorang pengawas makanan yang baik. Ha ini karena Anda mengetahui dengan baik bagaimana bentuk makan terutama ikan yang baik untuk dikonsumsi. 

Tidak hanya itu, pekerjaan ini juga memiliki gaji yang cukup tinggi yang bahkan bisa sampai puluhan juta per bulannya. Anda hanya perlu memiliki kualifikasi yang baik dalam bidang ini karena tentunya semakin tinggi gajinya maka peluang diterimanya juga akan semakin suit. 

7. Konsultan Ilmu Kelautan

Prospek kerja bidang maritim berikutnya yaitu menjadi seorang konsultan. Ini memungkinkan bagi Anda yanng memiliki ilmu yang cukup tinggi dan ahli dalam ilmu kelautan. 

Hal ini karena menjadi konsultan Anda akan membantu bagaimana mengatasi berbagai masalah terkait laut. Jadi, tanpa ilmu yang mumpuni, Anda tentunya akan mengalami kesulitan sebagai seorang konsultan. 

Hampir sama seperti sebelumnya, gaji seorang konsultan juga sangat tinggi. Walau begitu, konsultan bidang maritim sangat jarang karena memang sulit untuk mendapatkan pekerjaan ini. Namun, dengan tekad yang kuat dan mau belajar, tidak ada yang tidak mungkin untuk menjadi seorang konsultan.

Sudah Tahu Prospek Kerja Jurusan Kelautan?

Kelautan memiliki prospek kerja yang cukup tinggi, mengingat wilayah laut Indonesia yang cukup besar dengan sumber daya alam yang besar juga. Namun, sampai saat ini, jurusan ini tidaklah banyak peminatnya, mungkin karena pekerjaannya yang berhubungan dengan laut. 

Untuk itulah, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang cukup besar di masa depan. Bagi Anda yang ingin kuliah di jurusan ini, saat ini sudah ada cukup banyak universitas yang memiliki jurusan ini dengan akreditasi yang bagus. Jadi, Anda tinggal cari tahu sendiri dengan mengecek beberapa kampus terbaik Indonesia.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page