Mengenal Jurusan Manajemen Pariwisata: Info Kuliah & Prospek Kerjanya

Jurusan Manajemen Pariwisata adalah salah satu jurusan yang bergerak di sektor rekreasi dan wisata dengan tambahan ilmu manajemen yang dapat menambah kemampuan dalam bekerja di industri pariwisata. Jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang suka travelling.

Simak penjelasan lengkap mengenai jurusan ini beserta prospek kerja yang dijanjikan.  

Apa itu Jurusan Manajemen Pariwisata?

Sekilas melalui namanya, bisa terlihat kalau jurusan ini memiliki 2 fokus yang tergabung menjadi satu, yaitu jurusan Manajemen dan Pariwisata. Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui jika jurusan ini lebih membahas mengenai pengelolaan suatu organisasi atau instansi.

Pengelolaan tersebut termasuk perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan kegiatan dari organisasi atau instansi terkait. 

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari segala hal di bidang pariwisata. Beberapa yang mereka pelajari adalah dari ekonomi dan geografi suatu tempat wisata, pembelajaran mengenai manajemen destinasi wisata, serta cara mempromosikan tempat wisata tersebut.

Selain itu, dalam manajemen wisata mereka akan belajar untuk mengelola seluruh kegiatan pariwisata yang meliputi aspek ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pariwisata, meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, dan menjamin keberlangsungan destinasi tersebut.

Jurusan Manajemen Pariwisata berfokus untuk  mempersiapkan mahasiswa dengan ilmu manajemen yang relevan dan berguna dalam industri pariwisata. Hal ini berarti Manajemen Pariwisata akan lebih memperdalam mengenai hal pariwisata daripada mendalami pengetahuan tentang aspek manajemen umum.

Meskipun begitu, unsur manajemen membedakan jurusan ini dengan jurusan pariwisata pada umumnya.  Pasalnya, jurusan ini akan lebih menitikberatkan mengenai pelajaran unsur manajemen di dalam industri pariwisata. 

Bagi yang memiliki kecintaan pada perjalanan, berminat dalam bisnis pariwisata, dan ingin berkontribusi dalam bisnis pariwisata di Indonesia, prodi ini sangat cocok untuk Anda .

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Pariwisata

Seperti penjelasan di atas, dalam jurusan ini mahasiswa akan belajar mengenai pariwisata dan manajemen secara bersamaan. Namun, mungkin masih banyak orang yang masih tidak tahu tentang mata kuliah dalam jurusan ini yang nantinya bisa dijadikan pertimbangan saat akan berkuliah.

Mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang seimbang antara ilmu manajemen dan ilmu pariwisata. Mereka juga akan lebih berfokus untuk mempelajari unsur manajemen dalam industri pariwisata.

Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap universitas memiliki standar kurikulum mereka sendiri, sehingga apa yang akan disebutkan di bawah ini merupakan gambaran dasar. Mata kuliah yang akan dijelaskan tidak mencerminkan mata kuliah dari universitas manapun yang memiliki jurusan ini.

Adapun beberapa mata kuliah dari  jurusan Manajemen Pariwisata antara lain sebagai berikut:.

1. Perencanaan Objek Wisata

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan diajarkan berbagai aspek mengenai pengembangan dan perencanaan destinasi wisata di suatu wilayah. Beberapa topik yang akan dibahas termasuk lokasi destinasi, topografi, demografi masyarakat setempat, serta jenis-jenis objek wisata.

2. Teknologi Pembangunan Pariwisata

Mata kuliah ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah sebelumnya. Jika pada mata kuliah sebelumnya berfokus pada aspek-aspek terkait lokasi objek wisata, maka mata kuliah ini akan membahas mengenai kebutuhan dalam pengembangan sebuah objek atau destinasi pariwisata.

3. Perilaku Wisatawan

Selain fokus pada aspek-aspek pembangunan destinasi pariwisata, penting bagi mahasiswa untuk mengerti perilaku wisatawan saat berkunjung ke suatu tempat. Pemahaman ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, yang pada akhirnya dapat menghasilkan keuntungan.

4. Promosi Pariwisata

Mata kuliah ini merupakan salah satu yang paling penting bagi mahasiswa Jurusan Manajemen Pariwisata. Di dalamnya, mahasiswa akan diajarkan mengenai strategi promosi dan pemasaran untuk menarik perhatian wisatawan ke destinasi wisata tertentu.

5. Manajemen Transportasi

Perawatan transportasi memegang peran cukup penting dalam industri pariwisata. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan wisatawan akan transportasi, baik umum maupun pribadi, untuk sampai ke destinasi wisata. Oleh karena itu, pengelolaannya harus mendapat perhatian khusus.

6. Manajemen Objek Pariwisata

Selain sebagai nama jurusan, ada juga mata kuliah yang memiliki nama serupa yang nantinya harus dipelajari oleh mahasiswa, yaitu Manajemen Objek Wisata. Isi dari mata kuliah ini akan sejalan dengan apa yang telah kita diskusikan sebelumnya terkait deskripsi Jurusan Manajemen Pariwisata.

7. Entrepreneurship

Salah satu mata kuliah yang akan ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Manajemen Pariwisata adalah kewirausahaan. Dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa akan diajarkan tentang prinsip-prinsip dasar kewirausahaan, khususnya bagi yang berminat mendalami bidang ini.

Mereka juga bisa memanfaatkan mata kuliah ini sebagai batu loncatan untuk terjun di dunia bisnis yang bergerak di bidang pariwisata. Sehingga, mereka akan mendapatkan ilmu pariwisata, ilmu manajemen, dan ilmu kewirausahaan untuk bisa menjalankan sebuah bisnis pariwisata.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pariwisata

Dalam pertumbuhan industri pariwisata yang pesat, jurusan ini menawarkan berbagai peluang karir. Lulusan dari jurusan ini dapat meniti karir di sektor pariwisata, baik di dalam maupun luar negeri, dan dapat berkontribusi di instansi pemerintah, publik, atau sektor swasta. 

Mereka yang mengambil jurusan ini akan mendapatkan keunggulan lebih dibanding dengan Jurusan Pariwisata pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan Jurusan ini membahas secara detail mengenai kegiatan dan perencanaan di sektor pariwisata, yang dapat membantu mereka dalam dunia kerja nantinya.

Berikut adalah beberapa prospek kerja yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah.

1. Jurusan Manajemen Pariwisata menjadi Wirausahawan

Menjadi Wirausahawan
Menjadi Wirausahawan | Image Source: resources.workable

Mahasiswa yang memilih jurusan ini sudah terlebih dahulu belajar mengenai ilmu kewirausahaan, sehingga mereka bisa membuat dan menjalankan bisnis di sektor pariwisata dengan ilmu tersebut. 

Mereka bisa membuat usaha yang berkaitan dengan pariwisata seperti agen travel, agensi pemandu wisata, dan pemesanan tiket wisata. 

Terkait penghasilan, Anda bisa mendapatkan pendapatan yang fantastis jika banyak wisatawan menaruh kepercayaan di bisnis Anda. Dengan ilmu yang sudah didapat, Anda bisa mengatur berbagai macam kendala dan strategi untuk menjaga kepuasan pelanggan.

2. Pengelola Wisata

Pengelola Wisata
Pengelola Wisata | Image Source: bgsu

Dari ilmu perencanaan yang baik, Anda mungkin juga bisa memilih karir sebagai pengelola wisata baru atau tempat wisata yang belum dikelola dengan baik di daerah Anda. Jika Anda berhasil dalam mengembangkan tempat wisata tersebut, Anda akan mendapatkan penghasilan yang fantastis.

3. Pemandu Wisata

Pemandu Wisata
Pemandu Wisata | Image Source: yoexplore

Salah satu peluang karir yang sering terlintas di pikiran lulusan jurusan ini adalah menjadi pemandu wisata. Hal ini sering terjadi mengingat mahasiswanya telah memperoleh berbagai pengetahuan yang mempersiapkan mereka untuk menjadi pemandu wisata yang kompeten.

Sebagai pemandu wisata, tugas utama mereka adalah mengarahkan wisatawan yang berada di destinasi wisata. Mereka harus menguasai detail lokasi, termasuk topografinya, riwayat tempat tersebut, serta lokasi-lokasi menarik lainnya. Semua aspek ini sudah menjadi bagian dari kurikulum selama masa studi mereka.

Dalam sekali memandu, Anda bisa mendapat bayaran sekitar Rp500.000,00. Semakin banyak wisatawan, semakin tinggi pula penghasilan yang akan Anda dapat.

4. Biro Perjalanan Wisata

Biro Perjalanan Wisata
Biro Perjalanan Wisata | Image Source: travelprofessionalnews

Lulusan dari Jurusan Manajemen Pariwisata dapat berkarir di agensi perjalanan wisata. Anda akan menangani informasi terkait penerbangan, tujuan wisata, penginapan, dan sebagainya. Selain itu, kemampuan berbahasa asing juga dapat meningkatkan peluang mendapat penghasilan yang lebih baik.

Anda bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp3.000.000,00 per bulan. Semakin tinggi posisi Anda di biro perjalanan wisata tersebut semakin tinggi pula gaji yang akan Anda dapat.

5. Pemasaran Pariwisata

Bekerja di perusahaan pemasaran pariwisata bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para lulusan Jurusan Manajemen Pariwisata. Bidang ini sangat cocok karena mereka telah mempelajari aspek pemasaran dalam sektor pariwisata selama perkuliahan.

Seorang yang bergerak di bidang pemasaran akan bertanggung jawab untuk menghimpun informasi menarik tentang destinasi wisata yang mereka atur, termasuk informasi dasar, gambar-gambar menarik, serta perkiraan biaya kunjungan. Semua upaya ini bertujuan untuk menarik minat calon wisatawan.

6. Konsultan Pariwisata

Konsultan Pariwisata
Konsultan Pariwisata | Image Source: Pexels

Profesi ini sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki banyak pengalaman di sektor pariwisata. Lulusan Jurusan Manajemen Pariwisata bisa mempertimbangkan untuk memilih profesi ini.

Posisi ini membutuhkan wawasan yang luas dan pengalaman yang banyak di industri pariwisata. Mereka yang berada di posisi ini akan memberikan saran dan rekomendasi yang akan menjadi pertimbangan utama bagi perusahaan dalam merencanakan strategi pariwisata kedepannya.

Apakah Tertarik Masuk Jurusan Manajemen Pariwisata?

Jika Anda sangat menyukai travelling apalagi merencanakan perjalanan wisata, jurusan ini sangat cocok untuk Anda. Terlebih, mata kuliah yang ada tidak hanya berfokus pada sektor pariwisata saja, melainkan juga ada ilmu manajemen yang sangat berguna dalam perencanaan sesuatu.

Jadi, jika Anda tertarik dengan jurusan ini Anda bisa mendaftar ke universitas yang Anda inginkan.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page