Bagaimana Cara Hewan Tidur yang Tidak Biasa? Cari Tahu di Sini!

Dibandingkan manusia, cara hewan tidur memiliki keunikan tersendiri. Terkadang hewan juga mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi maupun waktu yang nyaman. Akhirnya, hewan tersebut harus beradaptasi agar bisa menentukan posisi tidur paling nyaman dan aman dari gangguan predator.

Lalu, apa saja hewan yang memiliki cara tidur unik tersebut? Berikut pembahasan selengkapnya.

Begini Cara Hewan Tidur yang Unik

Berikut beberapa nama hewan yang terkenal memiliki cara tidur yang unik, nyaman, serta aman dari predator.

1. Kucing

1. Kucing
pexels

Siapa yang tak mengenal kucing? Salah satu hewan yang sangat favorit ini sudah lama menjadi teman manusia. Namun, apakah Anda tahu bahwa ternyata kucing juga memiliki cara tidur yang sama dengan manusia?

Posisi tidur dari hewan tersebut yaitu dengan tubuh terlentang dan tengkurap. Uniknya lagi, meskipun dalam posisi tidur ternyata kucing juga lebih peka terhadap suara atau gerakan. Terlihat dari telinga yang terkadang bergerak meskipun hewan tersebut memejamkan mata.

2. Jerapah

2. Jerapah
thomsonsafaris

Berikutnya cara hewan tidur yang memiliki leher paling panjang yaitu jerapah. Hewan tersebut ternyata hanya tidur dalam waktu 30 menit sehari. Sangat berbeda jika membandingkannya dengan manusia yang sehari tidurnya sekitar 8 jam.

Tidur di alam liar memang menjadi hal yang berisiko. Banyak hewan pemangsa yang siap menyerang mangsanya ketika tidak waspada.

Maka dari itu, jerapah tidur dengan posisi kepala serta leher bertumpu di badan bagian belakang. Jika Anda perhatikan, posisi seperti ini membuat jerapah sigap untuk langsung berlari ketika ada ancaman yang datang.

3. Burung Unta

Cara hewan tidur berikutnya yang sangat unik adalah burung unta. Jika umumnya hewan atau manusia tidur dengan memejamkan mata, berbeda dengan apa yang dilakukan burung unta. Ketika tidur, ternyata mata burung unta tidak terpejam melainkan tetap terbuka.

Burung yang juga tidak bisa terbang tersebut, posisi kepalanya agak terangkat ketika tidur. Hebatnya lagi, meskipun mata burung unta terbuka, ternyata otaknya tertidur.

4. Ikan

Cara hewan tidur berikutnya yakni dari ikan. Selain burung unta, ternyata ikan juga merupakan hewan yang tidur dengan mata terbuka. Hanya saja, terdapat perbedaan antara cara tidur ikan dengan burung unta. 

Jika burung unta tidak memejamkan seluruh matanya, sementara ikan hanya membuka salah satu matanya, lalu untuk mata satunya akan menutup.

Ketika dirasa cukup, maka mata yang terpejam pun akan terbuka. Selanjutnya, mata yang sebelumnya terbuka akan terpejam agar bisa beristirahat.

5. Berang-berang Laut

Cara hewan tidur berang-berang laut juga tak kalah unik. Ternyata, hewan ini tidur dengan mengambang pada permukaan air. Tujuannya agar berang-berang laut tersebut terhindar dari pemangsa yang siap mengincarnya ketika tidur.

Mungkin Anda juga bertanya, apakah berang-berang laut tersebut tak terseret arus air? Untuk menghindari hal ini, mereka akan saling bergandengan. Cara tidur yang sangat unik, apalagi ketika Anda melihatnya secara langsung.

6. Lumba-lumba

Cara hewan tidur tidak biasa berikutnya ada dari lumba-lumba. Lumba-lumba memiliki cara tidur berbeda dengan hewan-hewan lainnya. Ketika terlelap, salah satu mamalia tercerdas ini akan membiarkan setengah otaknya tertidur. Separuh lainnya akan tetap waspada agar lumba-lumba bisa terus bernapas.

Kemudian, salah satu matanya pun juga tetap terbuka, sedangkan mata yang lain tertutup. Mamalia tersebut juga harus terus sadar meskipun dalam kondisi tertidur. Dengan begitu, lumba-lumba tidak sampai tenggelam. Selain itu, posisi seperti ini juga membantu lumba-lumba agar terhindar dari predator maupun bahaya yang lain.

7. Burung Great Frigatebirds

Mungkin terdengar sangat mustahil jika ada burung yang tidur namun tetap dalam kondisi terbang. Akan tetapi, itulah cara hewan tidur pada burung bernama Great Frigatebirds tersebut. Burung ini akan tetap terbang meskipun kondisinya sedang tidur.

Burung tersebut juga termasuk burung yang sangat kuat. Alasannya karena Great Frigatebirds mampu terbang dalam waktu 10 hari tanpa berhenti. Lalu berapa lama burung ini tidur dalam sehari?

Menurut informasi, burung Great Frigatebirds tidur selama 40 menit hingga 1 jam sekali terbang. Sangat unik, bukan?

8. Kelelawar

8. Kelelawar
aish

Berbicara tentang cara hewan tidur yang unik, terasa kurang jika belum membahas kelelawar. Mungkin Anda sudah tahu bahwa hewan yang satu ini memiliki cara tidur yang sangat unik. Jika pada hewan-hewan lain cara tidurnya ada yang telentang, tengkurap, namun kelelawar tidur dengan cara menggantung.

Lalu, muncul pertanyaan, apakah kelelawar tersebut tak takut jatuh? Tentu saja tidak. Ini karena cakar hewan tersebut akan mencengkram dan menahan secara kuat. Selain itu, posisi tidur seperti ini juga membuat kelelawar bisa langsung terbang ketika ada bahaya mengancam.

9. Bekicot atau Siput

Siput adalah hewan yang tergolong invertebrata atau tak punya tulang belakang. Hewan ini juga mempunyai struktur kulit yang lembut serta lengket. Anda bisa menemukan siput tidur di balik batu maupun benda lain.

Sementara itu, bekicot biasanya tidur di cangkangnya. Kedua hewan tersebut cenderung pemalu. Jadi, ketika ada gerakan, tak jarang siput maupun bekicot akan langsung bersembunyi.

10. Walrus

Apakah Anda tahu apa itu walrus? Walrus merupakan mamalia air yang bisa tidur di mana pun. Mungkin Anda pernah menemukan walrus tidur berbaring di daratan. 

Namun ada juga yang menemukan hewan ini tidur sambil bersandar, berdiri, mengapung dalam air, dan bahkan bergelantungan di es dengan gadingnya. Meskipun begitu, walrus juga bisa tak tidur dalam waktu 84 jam. Ini dilakukan ketika hewan tersebut sedang mencari makanan. Unik sekali cara hewan tidur, bukan?

11. Bebek

Satu yang mungkin jarang terpikirkan oleh kebanyakan orang yaitu bagaimana cara tidur bebek. Ternyata, ada juga hewan yang tidurnya secara berkelompok agar memastikan kawanannya bisa tetap aman. Hewan tersebut adalah bebek.

Unggas ini biasanya Anda temukan tidur dengan posisi berjajar serta berdampingan. Bebek yang posisinya paling luar tidur dengan salah satu matanya tetap terbuka. Tujuannya untuk mengawasi kondisi sekitar. Sementara untuk bebek di berada di tengah, mereka tidur dengan menutup kedua matanya.

12. Simpanse

Salah satu bukti bahwa simpanse merupakan salah satu hewan paling cerdas yaitu bagaimana hewan tersebut membangun sarangnya. Simpanse akan membangun sarang di atas pohon dengan terdapat ranjang yang terbuat dari tumpukan dahan serta daun.

Sarang tersebut akan melindungi simpanse dari adanya ancaman pemangsa. Hewan ini juga akan memilih pohon paling kokoh sebagai tempat membuat sarangnya. Lalu bagaimana cara tidurnya?

Uniknya, simpanse tidur hampir sama seperti manusia. Hewan ini sudah memiliki ranjang tersendiri sebagai tempat tidurnya.

13. Kuda

Cara hewan tidur berikutnya yang juga terbilang unik karena posisi yang tak biasa adalah kuda. Kuda merupakan hewan herbivora yang jika tidur, ia akan memejamkan matanya dengan posisi tetap berdiri. 

Tujuannya agar hewan tersebut bisa langsung berlari ketika ada ancaman yang menghampirinya. Meskipun begitu, ada juga yang menemukan bahwa kuda tidur sambil duduk. Namun, untuk kuda di alam liar, lebih sering Anda jumpai tidur dengan posisi berdiri.

Kuda tak akan terjatuh meskipun kondisinya sedang tidur. Ini karena hewan tersebut mengunci badannya di tempat. Kebiasaan ini umumnya dilakukan kuda yang habitatnya di alam liar.

14. Meerkat

Kawanan meerkat dipimpin alpha-female serta alpha-male. Adapun cara tidurnya hampir sama seperti bebek. Cara hewan ini tidur yaitu di dalam kawanan dan saling menjaga satu dengan yang lainnya dari ancaman yang bisa datang kapan saja.

Selain itu, meerkat yang menjadi leader akan tidur di posisi tengah. Tujuannya agar pemimpin tersebut bisa menghindarkan meerkat yang lain sejauh mungkin dari adanya ancaman.

Sudah Paham tentang Cara Hewan Tidur?

Sekian informasi seputar mengenai cara hewan tidur yang tidak biasa. Seperti yang Anda perhatikan, setiap hewan memiliki cara tidurnya masing-masing. Di antara semua hewan tersebut, kira-kira mana yang cara tidurnya menurut Anda paling unik?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page