Strategi Bauran Pemasaran untuk Bisnis Lekas Besar & Contoh Penerapan

Istilah strategi bauran pemasaran atau marketing mix mungkin tidak asing bagi Anda yang sudah memiliki bisnis. Strategi ini bisa dikatakan menjadi kunci keberhasilan bisnis. Secara sederhana, bauran pemasaran memiliki makna sebagai proses untuk mendapatkan produk, tempat, waktu, dan harga yang tepat.

Dalam pelaksanaannya Anda dapat menggunakan beberapa perangkat untuk membuat rencana hingga melakukan semua kegiatan pemasaran. Nah, artikel ini akan membahas konsep strategi pemasaran ini serta contoh penerapannya.

Mengenal Konsep Marketing 7P

Pada awalnya strategi bauran pemasaran terdiri dari 4 elemen saja. Namun, seiring berjalannya waktu strategi ini bertambah 3. Jadi, totalnya mencapai 7 aspek. Berikut adalah 7 konsep marketing mix yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Produk (Product)

Sebagai produsen Anda harus bisa menciptakan atau memproduksi produk yang dapat diterima oleh konsumen. Produk ini tidak hanya dalam bentuk fisik saja melainkan juga jasa.

Ketika konsumen bisa puas dengan produk Anda maka kedepannya mereka akan membeli kembali. Kepuasan ini merupakan akumulasi dari tingkat pelayanan, kepuasan fisik, hingga psikologis. 

Di era sekarang mengharuskan Anda pintar mengelola strategi. Sebab, persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, Anda tidak bisa hanya mengandalkan produk lawas tanpa melakukan usaha untuk mengembangkannya lagi.

Produk (product) termasuk konsep pertama dalam strategi bauran pemasaran. Strategi ini sangat penting karena dapat mempengaruhi aspek yang lain. Ada beberapa acuan yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membuat produk, yakni:

  • Brand atau merek dagang
  • Packaging atau pengemasan produk
  • Kualitas produk
  • Pelayanan

Contoh penerapannya, produk McDonald’s yang menggunakan lini bahan pokok utama seperti hamburger, salad, ayam goreng, makanan ringan, minuman, dan lain sebagainya

2. Harga (Price)

Selain produk, strategi bauran pemasaran yang kedua adalah harga (price). Setelah Anda berhasil menciptakan satu produk berkualitas dengan segala atributnya, selanjutnya menentukan harga dari produk tersebut.

Harga merupakan suatu nominal atau nilai yang konsumen bayar untuk menikmati produk Anda. Dalam ilmu ekonomi, konsumen akan menjadikan harga sebagai salah satu pertimbangan pembelian. 

Dengan begitu, penting bagi Anda agar menyesuaikan kisaran harga untuk produk karena akan mempengaruhi penjualan.

Sebenarnya, dalam menentukan harga itu gampang-gampang susah. Caranya, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasar. Kemudian bandingkan dengan jumlah HPP serta modal yang Anda keluarkan.

Contoh penerapannya, misalnya pada brand McDonald’s yang menjual harga paket dengan nominal Rp49.900,00 agar konsumen mau membeli produknya.

3. Tempat (Place)

Place atau tempat merupakan lokasi bisnis Anda berjalan. Pernahkah Anda melihat ada satu pabrik yang aktif di tempat terpencil? Jika pernah, jangan salah paham terlebih dahulu. 

Mereka bukan tidak memiliki tempat di lokasi yang ramai, namun menganggap lokasi tersebut yang paling strategis. Mungkin karena lebih dekat dengan sumber daya untuk bahan produksi, akses ke distributor lebih dekat, dan lain sebagainya.

Tempat yang strategis bisa menunjang perkembangan bisnis. Jadi, jangan sampai salah pilih dan tafsir. Saat menentukan strategi bauran pemasaran place, biasanya bergantung pada jenis bisnis itu sendiri.

Umumnya, untuk lokasi industri akan memilih tempat dengan pendekatan minimisasi biaya. Sementara untuk bisnis jasa, akan fokus pada akses ke target pasar.

Sebagai contoh, Anda bisa memperhatikan brand Grab yang menggunakan aplikasi sebagai tempat untuk menjual produk layanannya.

4. Promosi (Promotion)

Promosi
Promosi | Image Source: Pexels

Bisnis tanpa promosi itu ibarat sayur tanpa isinya. Tidak lengkap dan tidak akan menarik perhatian. Maka dari itu, strategi bauran pemasaran yang keempat adalah promosi (promotion). 

Promosi merupakan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk memberikan pengaruh pada target pasar agar mau membeli produknya. Menjadi bagian dari produsen memang bukan perkara yang ringan dan mudah.

Anda harus melakukan banyak cara agar bisnis tersebut tetap berjalan. Salah satunya dengan memperkuat aspek promosi. 

Seperti yang kita tahu, media sosial dan internet saat ini bisa membantu para pebisnis untuk mengenalkan produk ke khalayak umum.

Tidak hanya sekedar Anda menawarkan produk saja. Namun, menjadi cara untuk berkomunikasi dengan target pasar dengan tujuan meningkatkan penjualan produk. Anda dapat memanfaatkan sosial media, TV, radio, billboard, dan lain sebagainya.

Contoh penerapannya, perusahaan Coca Cola yang menggunakan Piala Dunia 2010 dengan lagu tema K’naan. Sehingga, membuat produknya identik dengan sepak bola.

5. Orang (People)

Strategi bauran pemasaran yang kelima adalah aspek orang (people). Sumber daya manusia (SDM) akan menentukan hasil akhir dari 4 strategi yang sudah Anda tentukan. Elemen ini juga mengacu pada pemilik, karyawan, serta konsumen atau pelanggan.

Berbicara tentang pemilik, tentu itu adalah Anda sendiri. Sedangkan, konsumen ialah orang-orang yang membeli dan karyawan adalah mereka yang bekerja di perusahaan Anda.

Mencari orang yang kompeten tidak semudah membalikkan telapak tangan. Inilah yang membuat perusahaan saling bersaing agar mendapatkan karyawan terbaik melalui jalur seleksi ketat.

Dalam bisnis, ada satu fakta penting yang harus Anda ketahui. Semakin loyal dan berintegritas karyawan Anda maka bisnis akan sulit tersaingi.

Contoh penerapannya, misalnya pada Bank BRI yang menempatkan karyawan-karyawan terampil dan sangat ramah dalam melayani nasabah.

6. Proses (Process)

Proses
Proses | Image Source: Pexels

Proses dan sistem memegang peranan penting dalam menciptakan pelayanan berkualitas kepada semua konsumen dan pelanggan.

Proses ini meliputi beberapa poin seperti cara perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen hingga memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka.

Tak jarang karena beratnya persaingan membuat para pebisnis harus memutar otak untuk melakukan strategi bauran pemasaran bagian proses dengan cara yang paling unik. Mereka akan bekerja keras agar konsumen dan target pasar bisa diraih.

Contoh sederhananya adalah penampilan memasak langsung di restoran atau istilah kerennya show kitchen

Cara penyajian ini membuat orang-orang penasaran dengan apa yang para koki kerjakan, sehingga mendorong mereka untuk membicarakan nama brand kepada orang lain.

7. Tampilan Fisik (Physical Evidence)

Tampilan Fisik
Tampilan Fisik | Image Source: Pexels

Aspek strategi bauran pemasaran yang terakhir adalah tampilan fisik atau physical evidence. Tampilan fisik merupakan unsur yang sangat penting karena pada dasarnya orang akan setuju untuk membeli, apabila kemasannya menarik.

Sebaik apapun kualitas isinya, namun jika pengemasannya membosankan konsumen akan kabur. Jika dilihat lebih jauh, tampilan fisik tidak hanya terletak pada kemasan produk saja. 

Namun, juga penampakkan tentang lokasi bisnis yang menarik. Penampakkan lokasi bisnis akan mempengaruhi mood  para pengunjung. Desain interior yang terlihat berantakan pasti tidak akan membuat pengunjung nyaman dengan situasi tersebut.

Agar bisnis viral Anda harus bisa mengontrol strategi yang menyenangkan dan nyaman, sehingga memberikan pengalaman tersendiri untuk pengunjung.

Jadi, jangan hanya fokus pada pengemasan produk saja. Melainkan juga toko-toko atau tempat berjualan Anda. Munculkan sebanyak mungkin daya tarik pengunjung, maka mereka akan memberikan impact yang baik untuk bisnis.

Contoh penerapannya pada brand Starbucks yang menggunakan kemasan efisien dan kreatif, sehingga menarik perhatian pengunjung.

Baca Juga: 6 Konsep Pemasaran: Definisi, Kelebihan, Kekurangan & Contoh

Siap Terapkan Strategi Bauran Pemasaran untuk Bisnis?

Sudah saatnya Anda mencoba menerapkan 7 strategi bauran pemasaran untuk bisnis. Seluruh aspek berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, Anda harus memperluas wawasan agar tujuan tercapai. Dalam praktiknya, strategi ini akan memperluas target marketing Anda.

Dengan pengelolaan yang akurat, strategi tersebut akan menjadikan bisnis Anda semakin maju dan berkembang. Kesuksesan bisnis ada di depan mata, jika Anda mau mengusahakannya. Terapkan konsep 7P dalam bisnis sekarang dan dapatkan keuntungannya!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page