Sales Associate Adalah: Pengertian, Tugas, Syarat, Skill, dan Gaji

Salah satu profesi yang cukup banyak perusahaan butuhkan yaitu sales associate. Jenis jabatan yang berkaitan erat di bidang marketing ini seringkali menarik perhatian kaum muda yang masih menyandang status sebagai fresh graduate. Sehingga, sales associate adalah profesi yang bisa menjadi opsi karirmu.

Takut terjun dalam dunia marketing dan bingung dengan apa saja skill yang harus jabatan ini miliki? Tenang saja. Kamu bisa mengetahui seluk-beluk mengenai sales associate, mulai dari pengertian, tugas, cara kerja, hingga gaji yang bisa kamu dapatkan dari bidang pekerjaan ini. Simak selengkapnya berikut ini.

Definisi Sales Associate

Sales Associate
Sales Associate | Image Source: Freepik

Bagi kamu, mungkin istilah sales hanya merujuk pada satu profesi saja. Akan tetapi, kenyataannya sales merupakan salah satu bagian dari aktivitas penjualan suatu barang atau jasa. Kemudian, saat melakukan aktivitas inilah sebuah perusahaan memerlukan tim yang mampu mengerjakan dan memantaunya.

Oleh karena itu, dapat kamu simpulkan bahwa salah satu peran yang ada pada tim tersebut adalah sales associate. Mereka memiliki peran yang bertugas memandu pelanggan serta memahami kebutuhan pelanggan tersebut. Dengan demikian, peran ini sangat berguna dalam proses penjualan produk atau jasa.

Tugas Sales Associate

Tugas Sales Associate
Tugas Sales Associate | Image Source: Freepik

Dari pengertian sales associate tersebut, apakah kamu sudah bisa menyimpulkan berbagai tugas yang wajib dilakukan mereka? Setidaknya, ada 13 tugas yang wajib mereka lakukan sebagai berikut.

  1. Memberi sambutan kepada pelanggan yang baru datang ke toko.
  2. Berkomunikasi dengan pelanggan guna mencari tahu kebutuhan mereka.
  3. Mampu merekomendasikan beberapa produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  4. Berusaha menjelaskan kegunaan serta manfaat produk kepada pelanggan.
  5. Mampu menjawab pertanyaan yang pelanggan lontarkan seputar produk.
  6. Menjelaskan dengan rinci keunggulan produk yang pelanggan pilih agar mereka tertarik untuk membelinya.
  7. Memberi tahu pelanggan, apabila terdapat promosi pada produk yang mereka pilih.
  8. Mencoba menawarkan produk tambahan lain kepada pelanggan yang sekiranya cocok dengan kebutuhan pelanggan tersebut atau memang ada produk berkaitan dengan barang yang dibeli oleh pelanggan.
  9. Memberi informasi lengkap mengenai diskon (apabila ada) beserta syarat, ketentuan pembelian, dan juga pengembalian barang.
  10. Melayani proses pembayaran pelanggan.
  11. Mendapatkan loyalitas pelanggan dengan mencoba menawarkan program keanggotaan (membership).
  12. Mencatat hasil penjualan beserta inventaris.
  13. Membantu dalam mengatur display toko dan juga stok barang.

Tugas dari seorang sales associate memanglah banyak dan terkesan berat. Akan tetapi, peran ini juga amat perusahaan hargai. Sebab, peran inilah yang mampu memajukan penjualan produk atau jasa perusahaan. Oleh karena itu, seorang sales associate wajib memiliki dedikasi tinggi dan kepiawaian dalam bidang marketing.

Syarat yang Wajib Dipenuhi

Syarat Sales
Syarat Sales | Image Source: Freepik

Tugas yang perlu dilakukan oleh mereka yang menduduki peran ini cukup banyak, maka terdapat sejumlah syarat yang wajib dipenuhi. Dua syarat yang wajib dimiliki oleh sales associate adalah sebagai berikut.

1. Pendidikan

Syarat pertama yang wajib dimiliki oleh sales associate adalah pendidikan. Setidaknya, kamu wajib memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas atau diploma untuk mampu mengemban peran ini.

Akan tetapi, syarat ini bisa berubah, tergantung kebijakan perusahaan. Umumnya, perusahaan besar akan mewajibkan orang yang bekerja untuknya memiliki gelar sarjana marketing atau bisnis.

2. Pelatihan atau Training

Memiliki ijazah yang sesuai dengan syarat dari perusahaan tidaklah cukup. Kamu wajib menjalani pelatihan atau training yang perusahaan berikan supaya bisa menjalani tugas dengan baik kedepannya. 

Pelatihan ini bertujuan agar kamu bisa memahami lebih dalam mengenai produk yang akan kamu tawarkan nantinya.

Kamu juga akan mengetahui sejumlah kebijakan yang berlaku di perusahaan saat melakukan pelatihan tersebut. Harapannya, kamu dapat bertindak sesuai standar operasional yang perusahaan terapkan ketika berinteraksi dengan para pelanggan.

Sementara itu, rentang waktu pelatihan yang harus dilakukan oleh sales associate adalah sekitar tiga bulan. Kamu juga tidak perlu khawatir, dalam masa training, kamu akan berhak menerima gaji, meskipun belum dalam jumlah yang seharusnya.

6 Skill Wajib yang Harus Dimiliki Sales Associate

Skill Wajib Sales Associate
Skill Wajib Sales Associate | Image Source: Freepik

Meskipun kamu telah memenuhi persyaratan yang perusahaan ajukan terhadapmu, kamu tetap harus memiliki atau setidaknya mempelajari beberapa skill penting. Sejumlah skill atau kemampuan yang penting untuk kamu asah, ketika menjadi sales associate adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan Mengorganisir

Kemampuan mengorganisir pada konteks ini cukup banyak macamnya. Tidak hanya kemampuan dalam mengorganisir inventaris, namun juga membuat sejumlah surat penting berkenaan dengan penjualan dan mengingat preferensi pelanggan. Untuk memudahkan tugas, kamu bisa membuat jadwal dan sistem secara mandiri.

Apabila kamu baru ingin mencoba melamar pekerjaan ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu telah menguasai kemampuan ini. 

Caranya adalah dengan membagikan pengalaman dalam membagi waktu saat kuliah atau memberikan informasi bahwa kamu berpengalaman dalam berorganisasi.

2. Keahlian dalam Berkomunikasi

Sesungguhnya keahlian dalam berkomunikasi dapat dipelajari dimanapun kamu berada. Keahlian ini juga dapat untuk terus berkembang, terlebih apabila kamu berperan sebagai sales associate

Sebab, salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh sales associate adalah kepiawaian dalam berkomunikasi.

Menjalankan profesi ini berarti kamu harus terampil dalam menyambut pelanggan, mencoba akrab dengan mereka dengan menginisiasi obrolan. Mendengarkan pelanggan beserta kebutuhannya juga merupakan kemampuan yang wajib kamu miliki.

Namun tidak hanya terhadap pelanggan, profesi ini juga mewajibkan untuk mampu berkomunikasi secara efektif dengan manajer serta rekan kerja. Sebab kemampuan ini dapat sangat membantu ketika kamu harus menghadapi situasi tertentu.

3. Kemampuan Memecahkan Masalah

Kemampuan berikutnya yang wajib dimiliki oleh sales associate adalah keahlian dalam memecahkan masalah. Memang, setiap orang memiliki caranya sendiri untuk memecahkan masalah. 

Namun, seorang sales associate wajib paham cara memecahkan masalah dalam waktu yang singkat dan efektif. Dengan demikian, kepercayaan yang pelanggan miliki terhadap perusahaan akan meningkat.

Apabila sales associate yang bertugas mampu menyelesaikan masalah dengan cepat, tentu akan sangat menguntungkan perusahaan.

4. Keahlian Mengatur Waktu

Keahlian yang wajib kamu miliki untuk bisa bekerja dengan baik di posisi ini berikutnya adalah keahlian mengatur waktu. Jumlah pelanggan banyak dan beragam, sehingga peran ini harus mampu mengatur waktu dengan efektif.

Dengan begitu, kamu akan mampu mengerjakan berbagai tugas secara tepat waktu tanpa merasa terbebani. Selain itu, kemampuan ini dapat meningkatkan kepercayaan dari atasan. 

Pekerjaan kamu menjadi mudah untuk kamu lakukan, kamu juga mampu untuk terus fokus, dan kamu juga bisa mendapatkan kepercayaan tinggi dari pihak atasan maupun kolega.

5. Kemampuan Mengenali Produk

Salah satu kemampuan penting dari sales associate adalah mengenali karakteristik produk yang perusahaan jual dengan lengkap dan mendalam. Dengan mengetahui karakteristik produk secara lengkap, kamu bisa menjawab pertanyaan pelanggan dengan mudah dan percaya diri.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan informasi akurat mengenai produk yang perusahaan jual. 

Misalnya, informasi mengenai after-sale service (pelayanan pasca pembelian), atau pemberitahuan mengenai diskon yang mungkin membuat pelanggan semakin tertarik untuk membeli produk.

6. Piawai dalam Penggunaan Software Retail

Siapa bilang hanya ahli IT yang wajib menguasai berbagai jenis teknologi? Untuk mendalami posisi ini, setidaknya kamu harus mampu menjalankan perangkat lunak yang perusahaanmu miliki. 

Umumnya, perangkat lunak yang perusahaan miliki akan kamu ketahui saat wawancara kerja berlangsung. Kemampuan tersebut juga wajib kamu imbangi dengan kepiawaian dalam penggunaan berbagai platform pendukung.

Misalnya, produk Microsoft Office, seperti Word dan Excel. Beberapa perusahaan juga mungkin akan memintamu untuk mampu memakai mesin kartu kredit atau komputer yang khusus untuk keperluan kasir.

Kisaran Gaji Social Associate

Gaji Social Associate
Gaji Social Associate | Image Source: Freepik

Sebagai referensi, rata-rata gaji per tahun dari profesi ini adalah Rp38.250.000,00 per tahun. Apabila kamu bagi dengan 12 atau jumlah bulan selama setahun, per bulannya pekerjaan ini bisa menghasilkan Rp3.187.500,00.

Gaji ini merupakan besaran yang umumnya pemula dapatkan. Jika kamu berpengalaman di bidang marketing, kamu bisa mendapatkan Rp51.750.000,00 per tahunnya. Dengan kata lain, kamu bisa menghasilkan Rp4.312.500,00 per bulannya.

Baca Juga: Apa Itu Direct Sales: Pengertian, Tugas, Cara Kerja, dan Contoh

Tertarik untuk Jadi Sales Associate?

Menjalankan peran sebagai sales associate adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak skil. Namun, kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Salah satu keahlian penting yang dapat kamu latih adalah kemampuan berkomunikasi dengan efektif.

Cobalah untuk terus melatih public speaking dan melihat segala sesuatu dari perspektif orang lain. Selain itu, kamu juga bisa mulai disiplin waktu dan hidup dengan terorganisir. Dengan begitu, kamu sudah mencicil berbagai skill yang harus dimiliki untuk pekerjaan ini.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page