30 Contoh Kata Sapaan Semua Jenis, Bisa Dijadikan Referensi

Tanpa sadar, kita sering menggunakan kata sapaan atau panggilan dalam kegiatan sehari-hari. Kamu bisa menggunakan kata sapaan untuk menghargai orang yang kamu sapa atau membuat percakapan lebih santun. Lantas, sudahkah kamu tahu contoh kata sapaan?

Sebelum mengetahui apa saja contohnya, kamu perlu mengetahui pengertian, ciri-ciri, jenis, dan cara penulisannya terlebih dahulu. Yuk, cek di bawah ini!

Pengertian Kata Sapaan

Pengertian Kata Sapaan
Suara.com

Kamu juga bisa menyebut kata sapaan sebagai kata ganti. Kata ganti ini lebih sering digunakan untuk mengacu pada orang kedua atau orang yang kamu sapa. Pengertian sederhananya yaitu kata ganti untuk menyapa atau menegur orang lain.

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan kata sapaan ketika membicarakan orang lain yang sedang tidak kamu ajak bicara. Selain itu, penggunaan kata sapaan juga bisa dipengaruhi oleh budaya, jabatan, atau status sosial.

Kata panggilan tidak hanya untuk mengganti orang kedua atau orang ketiga tunggal. Melainkan kamu juga bisa menggunakan kata panggilan untuk orang kedua atau ketiga jamak.

Jenis-jenis Kata Sapaan

Jenis jenis Kata Sapaan
Saintif.com

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kata sapaan, kamu perlu mengetahui jenis-jenisnya. Di bawah ini merupakan jenis-jenis kata sapaan:

1. Nama Diri

Kata sapaan nama diri ini bisa kamu gunakan untuk menyapa atau menegur orang sesuai dengan nama mereka masing-masing. Contoh kata sapaan nama diri yaitu Fika, Reza, Nina, Yani, Budi, dan nama diri lainnya.

2. Kata Ganti Persona

Kata Ganti Persona
Mamikos.com

Jenis kata ganti persona ini untuk mengganti nama benda atau nama orang sebelumnya yang telah disebutkan. Terdapat tiga jenis kata ganti persona, yakni sebagai berikut:

  • Tunggal

Kata ganti persona tunggal biasanya menggantikan nama dari orang pertama atau orang yang berbicara. Contoh kata ganti persona pertama antara lain aku, saya, daku, beta, ambo, awak, aye, dan kata ganti persona tunggal lainnya.

  • Kedua

Kata ganti persona kedua ini menggantikan nama orang atau benda yang sedang bicara atau dibicarakan. Selain itu, kata ganti persona kedua juga umum digunakan kata ganti orang yang jumlahnya tunggal. Adapun contoh kata ganti persona kedua yaitu kamu, engkau, dikau, Anda, dan saudara.

  • Jamak

Kata ganti persona jamak ini untuk menyebutkan nama orang ketiga yang jumlahnya lebih dari satu atau jamak. Contoh kata sapaan persona jamak antara lain ia, dia, dan beliau.

3. Gelar dan Pangkat

Jenis kata sapaan berikutnya yaitu gelar dan pangkat. Kamu bisa menyapa seseorang berdasarkan gelar atau pangkat yang mereka punya. Contoh sapaan gelar atau pangkat antara lain komandan, kapten, profesor, dokter, suster, Yang Mulia, Kiai, pangeran, serta contoh sapaan gelar dan pangkat lainnya.

4. Istilah Kekerabatan

Dalam anggota keluarga ada banyak kata sapaan. Namun, kata sapaan keluarga ini juga bisa kamu gunakan untuk menyapa orang lain. Contoh sapaan kekerabatan yaitu bapak, ibu, kakek, nenek, adik, kakak, mas, mbak, dan istilah kekerabatan lainnya.

Kata panggilan bapak bisa kamu gunakan untuk menyapa orang lain yang usianya lebih tua daripada kamu. Menggunakan kata sapaan bapak tersebut akan membuat orang yang kamu sapa merasa dihargai. Namun demikian, sesuaikan kata sapaan dengan kondisi orang yang kamu sapa.

5. Bentuk Nominal

Jenis kata panggilan lainnya yaitu bentuk nominal. Untuk menggunakan kata panggilan ini kamu perlu menambahkan -ku setelah kata benda. Contoh kata sapaan nominal yaitu sayangku, Tuhanku, kekasihku, dan contoh lainnya.

6. Kata Pelaku

Memanggil orang lain juga bisa menggunakan jenis kata panggilan pelaku. Kata pelaku ini menandakan bahwa orang yang kamu panggil atau sapa sedang melakukan kegiatan. Cara menggunakan kata pelaku yaitu dengan memberikan imbuhan pe- di awal kata. 

Contoh kata pelaku yang bisa kamu gunakan antara lain pembaca, pendengar, penonton, pemirsa, pejalan, pedagang, dan contoh lainnya.

7. Nomina Lain

Berikutnya ada jenis kata panggilan nomina lain. Contoh nominal lain yang paling banyak digunakan yaitu tua, nyonya, dan nona.

8. Ciri Nol

Jenis kata sapaan ciri nol yang juga disebut zero sapaan, ia merupakan cara menyapa yang tidak menggunakan sapaan. Biasanya, orang yang menyapa menggunakan kalimat tanya langsung. Contoh kata sapaan ciri nol antara lain mau kemana?, dari mana?, sudah mau pulang?, dan contoh lainnya.

Ciri Kata Sapaan

Ciri paling menonjol dari kata sapaan ini tidak mempunyai perbendaharaan kosakata tersendiri. Kamu bisa menggunakan kata panggilan sesuai dengan kondisi percakapan berlangsung. Selain itu, kamu bisa mengaitkannya dengan nilai kesopanan dan kesantunan setempat.

Supaya lebih sopan dan menghormati orang yang kamu sapa, sesuaikan pula dengan adat dan budaya setempat. Misalkan kamu tinggal di lingkungan suku Jawa, maka bisa menggunakan sapaan “Mas” untuk menyapa laki-laki dewasa. 

Fungsi Kata Sapaan

Sebelum mencari tahu lebih banyak contoh kata sapaan, sebaiknya ketahui fungsinya terlebih dahulu. Berikut merupakan fungsi kata panggilan:

1. Penegasan

Kata panggilan bisa kamu gunakan untuk penegasan ketika sedang berkomunikasi dengan lawan bicara. Menyebut nama mitra tutur juga berfungsi untuk menegaskan informasi yang ingin kamu sampaikan. Selain itu, mitra tutur juga akan lebih fokus dan memerhatikan pembicaraan.

2. Menghormati Lawan Bicara

Fungsi berikutnya dari kata panggilan ini untuk menghormati orang yang kamu sapa. Menyapa orang yang lebih tua dengan sebutan kamu tentu tidak sopan bahkan dapat membuat orang lain tersinggung.

Oleh sebab itu, kamu bisa memilih jenis kata panggilan yang tepat sesuai dengan usia atau jabatan orang yang kamu sapa. Jika kamu tidak mengetahui jabatan seseorang, maka bisa menggunakan alternatif sapaan “Bapak atau ibu.”

3. Penanda Hubungan Sosial

Fungsi terakhir kata panggilan yaitu sebagai penanda hubungan sosial. Selain untuk menghormati, kata panggilan ini juga dapat menciptakan interaksi yang lebih nyaman. Contoh panggilan yang menandakan hubungan sosial dalam lingkungan kantor yaitu bos.

Biasanya, para bawahan akan memanggil pimpinan tertinggi mereka dengan sebutan bos. Contoh lainnya yaitu adik kelas yang memanggil kakak kepada seniornya.

Contoh Kata Sapaan

Di bawah ini merupakan contoh kata panggilan dari berbagai jenis yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Kata Sapaan pada Kalimat Tak Langsung

Penggunakan kata panggilan bisa untuk kalimat tidak langsung atau kalimat yang menceritakan kembali penuturan orang lain. Kalimat tidak langsung lebih umum untuk penulisan cerita. Silakan simak contohnya berikut:

  1. Andin menyapa Dito di bioskop kemarin malam.
  2. Ratih mencubit pipi adik kecil yang menggemaskan.
  3. Santi melihat ayah mencuci mobil di depan rumah.
  4. Alrez membantu nenek menyebrang jalan di dekat sekolah.
  5. Tito melihat ibu menggendong bayi.
  6. Aldo menyisir rambut adik kecil di panti asuhan.
  7. Rafi membonceng kakek menggunakan motor.
  8. Virzha membawakan buku kakak yang ketinggalan di rumah.
  9. Brian menelpon kakek di kampung karena rindu.
  10. Cindy membelikan bibi buah semangka.
  11. Ryan mengajari Tina cara bermain piano.
  12. Varo memecahkan gelas ibu yang baru dibeli.
  13. Karina memakan kue Moly.
  14. Dudung melihat ayah mencuci mobil di halaman rumah.
  15. Dani membantu paman memetik cabai di kebun.
  16. Lita membersihkan rumah bibi yang sangat kotor.
  17.  Zain membuatkan Harry es jeruk.
  18.  Izza membelikan Reno hadiah ulang tahun sepasang sepatu bola.
  19.  Aira meminjam komputer kakak.
  20.  Dewi melukis wajah bibi untuk tugas sekolah.
  21.  Kevin menelpon Rosa kemarin.
  22. Nico menggandeng tangan Arni ketika sedang menyeberang jalan.
  23.  Ibu menyetrika baju kakak tadi pagi.
  24.  Nesya membuatkan secangkir kopi untuk Dega.
  25.  Tania membantu Sacha mengerjakan tugas sekolah.
  26.  Helsa menyiapkan makan malam untuk ayah.
  27.  Amanda memberikan Vania kejutan ulang tahun.
  28.  Sayla menepuk-nepuk pundak Martha agar tidak sedih.
  29.  Keyra menyanyikan lagu spesial untuk mama.
  30.  Dainty membereskan mainan adik.

2. Kata Sapaan dalam Kalimat Langsung

Di bawah ini merupakan referensi contoh kalimat sapaan yang terdapat dalam kalimat langsung.

  1. “Kapan kamu akan menjemputku?” tanya Anisa kepada adiknya.
  2. Bu, bolehkah aku pergi main bola?” Miko bertanya pada ibunya.
  3. “Jangan menangis, kamu sangat tangguh untuk menghadapi masalah ini.”
  4. “Minggu depan kami akan mampir ke rumahmu. Jangan lupa untuk menyiapkan masakan yang lezat”, ujar kakek dan nenek di telepon.
  5. Kak, kamu janji akan membelikan aku es krim?”, kata adik menagih janji sambil merengek.
  6. Kamu taruh dimana kunci mobilku?” tanya Hergo kepada adiknya.
  7. “Sabtu lalu mama menelponmu, kenapa tidak diangkat?”, papa bertanya dengan jengkel.
  8. Bu, permisi. Saya izin ke toilet.” ujar Daniel sambil mengangkat tangan kanannya.
  9. Fergie, kenapa baju bisa kotor begitu?” dengan penuh keheranan  ibu bertanya.
  10.  “Jangan menangis, Maysha. Sebentar lagi keretanya tiba.” Kata ibu sambil menenangkan Maysha.
  11. “Perutku lapar. Ma, bisa minta tolong buatkan nasi goreng?” ujar Andi ke mamanya sambil memegang perut.
  12. “Sudah lima hari tidak pulang, ke mana saja kamu?” tanya ayah geram.
  13.  “Kak, pinjam sepatumu dulu buat main bola, ya!” seru Bima sambil berlari.
  14. “Apakah bapak membawa KTP?” tanya petugas bank dengan santun.
  15. “Keren sekali bajumu, kamu beli di mana?” tanya Malik penasaran.
  16. Keysha, tugas sekolahnya sudah selesai?” tanya ibu memastikan.
  17.  “Hanya Laila yang tahu apa kata sandi komputer ini.” katanya. 

3. Contoh Kata Sapaan Persona

Di bawah ini merupakan sejumlah referensi kata panggilan persona yang menarik untuk kamu pelajari.

  1. Dia sangat kasar dalam bertutur kata. Aku tidak mau berteman dengannya.
  2. Silakan mengambil makanan yang disediakan untuk Anda.
  3. Kamu memang egois dan tidak pernah mau mendengarkan orang lain!
  4. Aku tidak akan pernah takut untuk mencoba hal baru.
  5. Jangan sampai ia tahu rahasia ini!
  6. Ketika hujan turun, kamu justru asik bermain daripada membantuku mengangkat jemuran.
  7. Kalau tidak diajak, dia pasti mengadu ke mama.
  8. Ia berusaha menarik perhatianmu. Tak perlu kau hiraukan tingkah lakunya!
  9. Sebaiknya kamu segera berangkat sebelum kehujanan.
  10.  Aku terperanjat ketika mengetahui ada ular di dapur.
  11.  Jangan percaya dengan apa yang dia katakan. Semua orang tahu kalau dia pembohong ulung.
  12.  Semangat! Kamu pasti bisa memenangkan pertandingan ini.
  13.  Aku kesal karena tidak ada yang ingat hari ulang tahunku.
  14.  Sepertinya ia tidak akan datang karena hari sudah sangat larut.
  15.  Kamu pasti bisa menyakinkan orang tuamu untuk menjadi anak berprestasi.
  16.  Dia pasti juara kelas karena memang pintar dan rajin belajar.
  17.  Aku lupa mengerjakan tugas kesenian.

4. Sapaan Menggunakan Nama

Contoh kata sapaan di bawah ini menggunakan nama orang. Silakan simak supaya kamu bisa membuatnya sendiri.

  1. Mimi anak paling pendiam di kelas karena tidak pernah mengobrol dengan teman-temannya.
  2. Vena, apakah kamu melihat pensilku?” Lita bertanya sambil mencari pensil.
  3. Kevin adalah siswa yang paling keren di sekolah ini.
  4. Kemarin Wahyu bolos sekolah karena hujan lebat.
  5. Tidak mungkin Aldo mencuri uangmu. Dia anak orang kaya!
  6. Melisa akan menyanyikan lagu Mandarin untuk acara pentas seni lusa.
  7. Jangan cari masalah dengan Andika! Dia pemarah dan mudah tersinggung.
  8. Reza Rahadian dikabarkan akan membintangi film bertajuk kolosal.
  9. Penampilan Malika semalam memukau semua penonton.
  10.  Siska mendapatkan juara satu olimpiade matematika.
  11. “Lama tidak bertemu. Bagaimana kabarmu, Ali?” sapa Nischa dengan ramah.
  12.  Shizuka senang belajar balet dan musik klasik.
  13.  “Buku ini bagus sekali, Suzy. Kamu beli di mana?” tanya Fika penasaran.
  14. Ferdy, bolehkan aku meminjam mainanmu sebentar?” ujar Jefrey meminta izin.
  15. Jangan ceritakan masalah ini kepada Kamila!
  16. “Apa yang ada di dalam tasmu, Reyfan?” seorang bertanya curiga.
  17.  Dudung selalu semangat menghibur anak-anak.

5. Kata Sapaan Kekerabatan

Di bawah ini merupakan contoh kata sapaan kekerabatan yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat kalimat sendiri:

  1. “Hati-hati di jalan, nak!” teriak ibu.
  2. Minggu lalu Tante Lala mengantarkan kue pesanan mama.
  3. Pak pos mengirimkan surat setiap hari.
  4. Bu, bisa minta tolong kasih tahu alamat ini?tanya seorang yang sedang kebingungan.
  5. Bu Martha kemarin sudah transfer uang untuk pembelian tas.
  6. Ketika menonton film sedih, ibu Ani tidak kuasa membendung air matanya.
  7. Pak Doel terlihat bugar karena rajin olahraga.
  8. Hampir setiap hari Mbak Nur jualan nasi pecel.
  9. Mas Arif sudah lama menjadi sopir di keluarga kami.
  10.  “Tolong antarkan surat ini ke kepala sekolah ya, nak Arinta.Salah satu guru meminta tolong.
  11.  “Jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur, anak-anak!” Ujar guru mengingatkan murid-muridnya.
  12. Kak Rico adalah ketua OSIS di sekolah ini.
  13.  “Mau diantar ke mana, kak?” tanya sopir taksi.
  14.  Bu Mina sudah mengajar bahasa Inggris selama 20 tahun.
  15. Presiden pertama Indonesia adalah Pak Soekarno.
  16. Dik, jangan main di jalan raya! Bahaya!” Ujar lelaki paruh baya mengingatkan anak itu.
  17.  Kak Ronald adalah pembina pramuka di sekolah kami.

Sudah Bisa Membuat Contoh Kata Sapaan Sendiri?

Itulah penjelasan kata sapaan beserta dengan contohnya. Ada banyak jenis kata panggilan yang bisa kamu gunakan dalam komunikasi sehari-sehari. Menggunakan kata panggilan ketika berbicara dengan orang lain dapat digunakan untuk menunjukkan rasa hormat, kesopanan, menghargai, atau bahkan agar lebih akrab.

Kamu bisa meniru contoh kata sapaan di atas agar lebih tepat guna. Perhatikan pula adat atau budaya setempat dalam menggunakan kata panggilan supaya tidak dianggap kurang sopan.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page