Reklame: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan & Contoh

Sebagian orang sudah tidak asing dengan istilah papan reklame atau billboard. Banyak pengusaha yang memanfaatkan media promosi ini untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Pemasaran cara ini dianggap efektif karena memiliki gambar dan tulisan yang bagus, sehingga dapat memikat calon pembeli.

Artikel ini akan membahas mengenai reklame serta fungsi dan tujuan yang bisa Anda pertimbangkan.

Apa itu Reklame?

Ilustrasi Reklame
Ilustrasi Reklame | Image Source: Pexels

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reklame berarti sebuah aktivitas untuk mempublikasi suatu produk dengan gambar dan kata-kata yang menarik. Istilah ini juga bisa disebut dengan iklan atau billboard.

Maka dapat disimpulkan, istilah ini digunakan untuk menggambarkan sebuah teknik dalam mempromosikan barang dan jasa dengan dukungan tulisan dan gambar yang menarik.

Reklame merupakan sebuah sarana untuk mengkomunikasikan informasi secara ringkas dan berkelanjutan kepada masyarakat, melalui teks, suara, atau gambar. Umumnya, iklan ini menyertakan pesan spesifik beserta ilustrasi yang menarik perhatian terkait produk yang dipromosikan.

Selain itu, billboard juga bisa didefinisikan sebagai media visual yang menggabungkan gambar dan teks yang dirancang khusus untuk menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat. 

Biasanya, billboard dipasang di jalan atau luar ruangan yang berarti memiliki target audiens yang cukup luas.

Tujuan dari pembuatan dan penyebaran iklan ini untuk mendapatkan respons dari banyak orang dan memotivasi mereka agar bertindak sesuai dengan pesan yang dikomunikasikan. 

Contohnya, billboard yang menunjukan tentang produk dan kelebihannya. Maka pesan yang dimaksud adalah untuk membeli produk tersebut. Jika iklan tersebut berhasil membuat orang melakukan hal yang mereka inginkan, bisa dianggap iklan mereka berhasil.

Selain itu, iklan berisi informasi yang mendetail. Berbagai informasi dasar mengenai manfaat produk dan keunggulannya bisa kita jumpai dalam iklan. Iklan juga memanfaatkan media cetak dan pamflet untuk mempromosikan produk yang mereka tawarkan.

Berbeda dengan iklan, reklame memiliki font yang lebih terbatas. Font terbatas ini harus efektif dalam menyajikan informasi produk atau layanan yang diiklankan. Oleh karena itu, media ini memanfaatkan visual dan font yang menarik untuk menyajikan informasi produk atau layanan yang dipromosikan. 

Baca Juga: 7 Unsur-Unsur Iklan yang Dasar beserta Contohnya

4 Ciri-Ciri Reklame

Adapun 4 ciri-ciri yang bisa diperhatikan dari media promosi billboard adalah sebagai berikut.

1. Gambar yang Menarik

Keunggulan utama yang dimiliki oleh reklame adalah gambar yang besar, menarik, dan sangat eye catching. Gambar biasanya lebih besar daripada tulisannya untuk menarik perhatian publik. 

Pemilihan warna juga sangat eye catching dengan menggunakan gambar simbolis yang menggambarkan karakteristik produk.

Penempatan billboard berada di pinggir jalan, sehingga membuat media ini bisa dengan mudah untuk menarik perhatian orang. 

Dengan pengguna jalan yang mencapai puluhan ribu setiap harinya, diharapkan media promosi ini bisa menjangkau banyak audiens dengan ciri-ciri tersebut.

2. Kalimat Jelas, Singkat, dan Mudah

Dengan mempertimbangkan penempatannya yang berada di pinggir jalan, maka pesan yang Anda sampaikan harus jelas, singkat, dan mudah.

Jika teks terlalu panjang, audiens akan kesulitan untuk memahami dan mencerna tujuan iklan tersebut. 

Sedangkan, teks yang jelas akan sangat membantu orang lain untuk mengingat dan akan mencari tahu tentang barang dan jasa tersebut. 

3. Informasi yang Jujur

Informasi yang terkandung dalam media promosi ini harus berupa informasi yang jujur dan benar. Meskipun memiliki sifat untuk mempromosikan, segala kelebihan dan keuntungan tersebut harus berdasarkan kebenaran agar audiens bisa percaya dan membeli produk tersebut.

4. Dilakukan Berulang-ulang

Iklan semacam ini perlu muncul berkali-kali untuk menarik minat publik. Menampilkan reklame sekali saja bisa mengurangi efektivitas dalam menyebarkan informasi produk. 

Namun, jika orang berkeinginan memasang hanya sekali dan bisa menjangkau banyak audiens, pilihlah lokasi di tepi jalan yang strategis dengan banyak orang yang menggunakan jalan tersebut. 

Fungsi Reklame

Ilustrasi Reklame di Tengan Kota
Ilustrasi Reklame di Tengan Kota | Image Source: Pexels

Billboard menawarkan berbagai manfaat dan tujuan dengan berada di pinggir jalan. Iklan tersebut memperkenalkan audiens pada barang dan jasa mereka, sehingga orang yang melihat akan menjadi lebih familiar dengan barang dan jasa tersebut.

Fungsi reklame yang lain adalah memudahkan orang untuk mengetahui kapan barang dan jasa tersebut mereka butuhkan. 

Berkat informasi yang ada dalam media promosi ini, orang akan memiliki pemahaman tentang barang dan jasa, sehingga bisa menentukan waktu yang tepat untuk membelinya. 

Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari billboard dalam dunia bisnis dan gerakan sosial. Berikut adalah beberapa fungsi dalam dunia bisnis.

  • Sebagai alat komunikasi antara penjual dan pembeli.
  • Menyajikan informasi tentang barang atau jasa yang mereka tawarkan secara ringkas dan jelas.
  • Mendorong calon pembeli untuk membeli barang atau jasa.
  • Membangun image positif tentang barang atau jasa di mata calon konsumen.
  • Menyampaikan jaminan kepuasan terhadap barang atau jasa kepada calon pembeli. 

Berikut adalah beberapa fungsinya dalam gerakan sosial.

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi dan menghormati aturan atau himbauan.
  • Memperkuat kesadaran publik mengenai risiko, peringatan, kejadian, atau informasi penting lainnya. Contohnya adalah spanduk yang menghimbau agar tidak membuang sampah sembarangan atau menjaga ketertiban lingkungan.

2 Tujuan Reklame

Adapun tujuan utama papan billboard adalah membuat barang dan jasa yang mereka tawarkan menjadi lebih populer. Ada 2 jenis kategori reklame yang memiliki tujuan masing-masing. Berikut penjelasan selengkapnya, yaitu:

1. Komersial

Tujuan dari reklame komersial adalah untuk memasarkan barang dan jasa. Jenis billboard ini umumnya menyajikan informasi terkait barang dan jasa tersebut.

Informasi tersaji secara ringkas. Pemilihan kata yang padat dan jelas menjadi ciri khas dari billboard komersial.

Teks dalam media ini seringkali berbentuk ajakan. Penggunaan kata-kata kreatif akan memudahkan orang untuk mengenali dan mengingatnya. 

Tujuan utama dari dari media promosi komersial ini untuk meningkatkan permintaan produk atau layanan, sehingga pemilik bisnis dapat meraih keuntungan lebih besar.

2. Non Komersial 

Berbeda dengan komersial, media billboard nonkomersial bertujuan untuk menjelaskan kesadaran di masyarakat tanpa menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya. Bentuk yang satu ini biasa ada di sekolah dan berbagai macam instansi pemerintah.

Reklame seperti ini umumnya bertujuan mengajak masyarakat dalam program-program pemerintah. Media ini akan menyampaikan informasi tentang program pemerintah dengan teks yang persuasif dan ringkas agar masyarakat mudah memahami.

Selain program pemerintah, media ini juga bertujuan mengajak masyarakat untuk bergabung dalam suatu gerakan dalam kelompok masyarakat tertentu nonpemerintah. 

Contohnya seperti gerakan membuang sampah pada tempatnya atau menanam pohon.

4 Contoh Reklame

Contoh Reklame
Contoh Reklame | Image Source: Pexels

Ada beberapa contoh reklame yang bisa Anda temukan di lingkungan sekitar. Berikut 4 contoh-contohnya, yaitu:

1. Poster

Poster merupakan salah satu contoh media promosi yang berbentuk gambar dari barang atau jasa yang mereka promosikan secara menarik agar menarik minat para audiens yang melihat.

2. Spanduk

Berbeda dengan poster, spanduk menggunakan bahan kain yang akan ada di pinggir jalan dengan kombinasi gambar dan tulisan yang menarik.

3. Plakat

Plakat ini merupakan sebuah media promosi yang menggunakan kertas sebagai medium dengan gambar dan tulisan dari barang dan jasa yang mereka tawarkan. 

4. Baliho

Baliho memiliki ukuran yang lebih besar daripada yang lain dengan tambahan kombinasi gambar dan tulisan yang menarik. 

Ukuran yang sangat besar ini akan membantu orang lain untuk membaca jelas informasi mengenai barang dan jasa atau gerakan sosial.

Ingin Gunakan Media Promosi Reklame?

Jika Anda memiliki sebuah usaha, sudah pasti membutuhkan strategi pemasaran barang atau jasa yang dijual. Reklame adalah strategi pemasaran yang bisa Anda pertimbangkan untuk menggaet banyak pembeli karena jangkauannya yang luas.

Namun, dalam membuat iklan dengan media billboard, pastikan Anda menggunakan visual yang memikat serta teks yang sugestif. Selain itu, pilihlah lokasi penempatan yang strategis. Misalnya, jalan yang sering dilewati, dekat lampu lalu lintas, atau jalan yang rawan macet.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page