Jenis-Jenis Senam Irama Beserta Manfaatnya, Lengkap!

Pernah mendengar istilah senam irama? Sesuai dengan namanya, senam ini membutuhkan iringan irama yang mengalun agar menghasilkan gerakan yang dinamis dan suasana menyenangkan. Ada banyak jenis-jenis senam irama yang bisa Anda coba dan pastinya menyehatkan badan.

Meskipun kerap mendapat label sebagai senam yang memerlukan unsur-unsur keluwesan, keseimbangan, dan ketepatan dengan irama sehingga dianggap rumit, pada prinsipnya senam ini juga bisa dilakukan sesuka hati. Selama ada musik atau irama yang mengalun, Anda bisa bergerak bebas mengikuti nada.

Jenis-Jenis Senam Irama yang Bisa Anda Coba

Seiring zaman yang semakin modern, senam irama sudah banyak menggunakan alat pendukung. Alat-alat inilah yang kemudian mengkategorikan jenis-jenis senam irama yang ada. Berikut ini adalah 5 jenis senam irama menggunakan berbagai alat pendukung yang bisa Anda coba sesuka hati, yaitu:

1. Senam Irama dengan Alat Bola

Keindahan Senam Irama Menggunakan Bola
Keindahan Senam Irama Menggunakan Bola | Sumber: Tirto.id

Alat pertama yang paling sering orang-orang pakai saat senam irama adalah bola. Tentu bukan bola voli atau basket yang ukurannya besar dan berat ya! 

Anda cukup menggunakan bola berukuran kecil atau sedang, yang terpenting tetap bisa Anda genggam.

Umumnya bola yang bisa Anda pilih adalah yang terbuat dari plastik dan berat maksimal 400 gram. Contoh gerakan yang bisa Anda coba adalah memantulkan bola ke dinding atau saling lempar tangkap bola ke arah peserta senam lainnya. 

2. Senam Irama dengan Alat Hulahop

2. Senam Irama dengan Alat Hulahop
Contoh Senam Irama Menggunakan Hulahop | Sumber gambar: Freepik.com

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hulahop. Jenis-jenis senam irama satu ini menggunakan alat yang bisa Anda temukan dengan mudah. 

Di samping itu, Anda bebas memilih hulahop bahan apa saja. Tetapi, agar lebih fleksibel sangat disarankan memilih yang terbuat dari plastik dan berat maksimal 300 gram.

Untuk gerakannya, Anda bisa mengalungkan hulahop sampai pinggang. Lalu membuat gerakan memutar sesuai dengan irama musiknya. 

Agar lebih enjoy saat proses senam, Anda bisa berlatih dulu menggunakan hulahop dengan lancar. Setelah itu, Anda bisa dengan nyaman membuat gerakan demi gerakan dengan alat satu ini.

3. Senam Irama dengan Alat Pita

Gambaran Senam Irama dengan Pita
Gambaran Senam Irama dengan Pita | Sumber gambar: Freepik

Senam irama juga bisa Anda lakukan dengan alat pita. Saat menggunakan alat satu ini, Anda secara otomatis akan membentuk sebuah gerakan meliuk yang tampak seperti menari. 

Hal ini karena aksesoris pita secara tidak langsung akan membuat gerakan lebih luwes dan penuh kelembutan. Anda bisa menautkan pita ke dalam tongkat bambu yang panjangnya sekitar 50-60 cm.

Tongkat tersebut berfungsi agar Anda lebih fleksibel dalam menciptakan gerakan dan keseluruhan pita akan tampak menghiasi gerakan. Ada banyak gaya yang bisa Anda coba, seperti mengayunkan pita, membentuk angka 8, sampai spiral.

4. Senam Irama dengan Alat Gada

Pernah mendengar alat gada? Gada merupakan salah satu peralatan olahraga tradisional dalam budaya Hindu.

Tetapi, saat ini sudah banyak diadaptasi untuk kepentingan olahraga lainnya, termasuk senam irama. Bentuknya hampir mirip seperti botol yang memiliki panjang kira-kira 40-50 cm dan beratnya 150 gram.

Jenis-jenis senam irama satu ini bisa Anda gunakan apabila ingin mendapatkan hasil tubuh yang lebih luwes dan lentur. Sebab, gerakan-gerakannya adalah mengayun, menangkap, melempar, memutar, dan memukul gada tersebut. 

5. Senam Irama dengan Alat Tali

Contoh Senam Irama Menggunakan Tali
Contoh Senam Irama Menggunakan Tali | Sumber gambar: Freepik.com

Jika menggunakan alat-alat sebelumnya masih kurang puas, Anda bisa juga mencoba menggunakan tali. Tali yang digunakan tentu yang sifatnya lentur dan elastis. Panjangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga Anda harus menentukan gerakan senam yang ingin Anda coba.

Biasanya orang-orang akan meletakkan tali pada suatu pengait di dinding lalu melakukan gerakan senam yang tujuannya melenturkan badan. Anda juga bisa memposisikan tali sesuai dengan tingkat kenyamanan, sehingga proses senam bisa berjalan dengan sangat enjoy.

7 Manfaat Senam Irama Bagi Tubuh Anda

Bukan rahasia umum, manfaat utama senam adalah tubuh menjadi lebih sehat. Sebab, senam juga termasuk dalam jenis olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan banyak survei membuktikan senam irama juga berpengaruh pada meningkatkan mood secara drastis. Berikut 7 manfaat senam irama, yaitu:

1. Melatih Kekuatan Otot dan Tulang

Manfaat pertama saat Anda melakukan senam irama adalah dapat melatih kekuatan otot dan tulang. Apapun jenis-jenis senam irama yang Anda lakukan, tubuh akan bergerak dalam intensitas yang tinggi. Hal ini tentunya akan sangat berdampak pada kekuatan otot dan tulang, sehingga kemampuan fleksibilitas pun meningkat.

2.  Melatih Keseimbanga Tubuh

Saat melakukan senam irama, Anda perlu menyesuaikan setiap gerakan dengan alunan musik yang bertalu. Secara tidak langsung pikiran Anda akan fokus dan tubuh lebih terlatih keseimbangannya.

Banyak juga pelatih senam yang membuktikan bahwa senam irama juga bisa mengoptimalkan kemampuan motorik tubuh.

3. Memperbaiki Bentuk Tubuh

Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal, sehingga banyak jenis olahraga akan mereka coba. Anda tidak boleh melewatkan olahraga jenis-jenis senam irama, apabila ingin memperbaiki bentuk tubuh.

Sebab, senam satu ini dapat mengencangkan otot yang secara perlahan membantu fisik tampak makin proporsional.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Senam irama yang menggunakan musik tentu akan menghasilkan gerakan yang sangat bervariasi. Kondisi ini juga akan berpengaruh terhadap kesehatan jantung karena gerakan senam bertempo cepat ataupun lambat melatih jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih stabil.

5. Melatih Kemampuan Otak

Semua jenis-jenis senam irama memberikan efek terhadap peningkatan kemampuan otak karena gerakan yang Anda lakukan membutuhkan konsentrasi tinggi.

Anda perlu menyelaraskan setiap gerakan sesuai dengan musik yang mengiringinya. Apalagi Anda juga perlu menghafal gerakannya, sehingga aktivitas ini bagus untuk otak.

6. Membantu Melepaskan Stres

Olahraga merupakan aktivitas yang mampu melepaskan hormon-hormon stres dan menggantinya dengan berbagai hormon kebahagiaan, seperti dopamin ataupun endorfin. Apabila mampu Anda jalankan rutin, pasti akan berpengaruh terhadap bagusnya mood setiap harinya.

7. Mengembangkan Karakter Diri

Siapa tahu dengan gerakan senam yang selalu Anda lakukan, dapat menimbulkan jiwa-jiwa optimis, sehingga karakter baik di dalam tubuh Anda bisa tumbuh dengan cepat. 

Dengan demikian, Anda tidak akan menjadi pribadi yang senang bermalas-malasan karena tubuh sudah terbiasa produktif melalui senam irama.

Baca Juga : 12 Jenis-Jenis Senam yang Populer dan Mudah Dilakukan

Siap Coba Jenis-Jenis Senam Irama untuk Tubuh Sehat?

Apabila Anda adalah tipe orang yang sulit berolahraga karena malas tetapi sangat ingin meraih manfaatnya, jenis-jenis senam irama ini dapat menjadi solusinya. Olahraga ringan nan menyenangkan ini akan menumbuhkan kecintaan Anda pada olahraga dan semangat untuk melakukannya.

Anda bisa memulainya dengan memutar musik yang Anda sukai, lalu memilih alat bantu yang tersedia di rumah. Lewat inisiatif sederhana tersebut, Anda lama-lama pasti akan menyukai kegiatan senam yang sangat seru dan menyehatkan.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page