Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia? Simak Penjelasannya!

Suatu bangsa perlu memiliki dasar negara sebagai penanda arah untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Nah, sejalan dengan Pembukaan UUD 1945, cita-cita kemerdekaan Indonesia adalah mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Dengan demikian, apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Tentang Pancasila

Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila | Sumber gambar: Youtube / GridKids

Dari segi bahasa, istilah Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yakni ‘panca’ yang berarti lima dan ‘sila’ yang artinya dasar, pondasi, landasan, atau prinsip. Jadi, secara istilah, Pancasila berarti lima dasar atau lima asas yang menjadi pedoman bagi rakyat Indonesia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kelima sila tersebut, antara lain:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa (simbol bintang).

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab (simbol rantai).

3. Persatuan Indonesia (simbol pohon beringin). 

4. Demokrasi yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan (simbol kepala banteng). 

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (simbol padi dan kapas).

Pancasila pertama kali disampaikan kepada publik dalam pidato Soekarno di hadapan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. 

Kemudian, Pancasila disahkan sebagai falsafah negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945, sehari setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan, dan menjadi bagian dari UUD 1945.

Pancasila memiliki arti dan makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena berfungsi mempersatukan semua agama, ras, suku, dan budaya melalui prinsip-prinsipnya yang menyeluruh. 

Jadi, Pancasila bukan hanya sekadar ideologi negara, melainkan lebih dari itu. Untuk lebih jelasnya, simak poin selanjutnya di bawah ini.

Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia?

Tangan-tangan memegang bendera Indonesia
Tangan-tangan memegang bendera Indonesia | Sumber gambar: Freepik

Arti Pancasila bagi kehidupan masyarakat Indonesia bukan cuma sebatas identitas kolektif kita, namun merupakan ideologi negara, pilar utama negara, serta keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan serta cita-cita bangsa. Berikut penjelasan arti penting Pancasila bagi bangsa Indonesia menurut Ronto, S.Pd.I., M.S.I:

1. Arti Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Ideologi merupakan hal paling mendasar yang akan menentukan arah dan tujuan suatu negara. Dan Pancasila disebut sebagai ideologi negara, sebab di dalamnya terdapat cita-cita dan tujuan bangsa, serta penyelenggaraan pemerintah berdasarkan kesadaran kebangsaan. Cita-cita ini kemudian menjadi satu kesatuan sistem dan diterima sebagai ideologi. 

Sebagai ideologi, Pancasila merupakan salah satu ideologi terbuka di dunia yang memiliki keunggulan dibandingkan ideologi lainnya. Artinya, Pancasila bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perkembangan dan dinamika zaman, tanpa harus mengubah esensi nilai-nilai baku yang terkandung di dalamnya. 

2. Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia Sebagai Dasar Negara?

Pancasila sebagai dasar negara mempunyai arti bahwa setiap butir nilai-nilai Pancasila merupakan landasan dalam bernegara sebagai warga negara Indonesia dan menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari, guna terciptanya keselarasan nilai dan norma sesuai ajaran Pancasila. 

Secara garis besar, yang dimaksud dengan Pancasila Dasar Negara adalah Pancasila dijadikan dasar negara dalam mengatur pemerintahan dan ketatanegaraan. Hal ini ditegaskan pula dalam Ketetapan MPR Nomor 18 Tahun 1998 tentang Penetapan dan Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara. 

Dinyatakan pula dalam Pembukaan UUD 1945, bahwa Pancasila merupakan Dasar Negara milik NKRI yang harus dilaksanakan secara konsekuen dan konsisten.

3. Pancasila Merupakan Jiwa Bangsa Indonesia

Sebagai jiwa bangsa, artinya Pancasila melekat erat dalam kehidupan bangsa Indonesia dan menentukan eksistensi bangsa Indonesia. Segala aktivitas bangsa Indonesia didorong oleh Pancasila.

Pancasila menjadi jiwa bangsa yang lahir bersamaan dengan keberadaan bangsa Indonesia, yaitu pada masa Sriwijaya dan Majapahit. Hal tersebut diperkuat oleh Prof. Mr. AG Pringgodigdo dalam tulisannya tentang Pancasila. Menurut beliau, Pancasila sendiri sudah ada dan menjadi ruh sejak keberadaan bangsa Indonesia.

4. Pancasila adalah Kepribadian Bangsa Indonesia

Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia selanjutnya? Tentu saja sebagai kepribadian bangsa. Artinya, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan pedoman dan prinsip dalam mengatur sikap serta perilaku warga Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sikap dan perilaku mental yang dimaksud adalah bangsa Indonesia mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan bangsa lain. Ciri khas inilah yang disebut sebagai kepribadian Pancasila.

5. Pancasila Merupakan Pandangan Hidup Bangsa

Ilustrasi setiap warga negara Indonesia memiliki nilai ketuhanan sesuai Pancasila
Ilustrasi setiap warga negara Indonesia memiliki nilai ketuhanan sesuai Pancasila | Sumber gambar: TribunGayo

Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila mengandung makna bahwa segala aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus diselaraskan dengan sila-sila Pancasila. 

Sebab, Pancasila merupakan kristalisasi yang berasal dari nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia sendiri. Nilai-nilai tersebut, antara lain nilai ketuhanan, kemanusiaan, nilai persatuan, demokrasi kerakyatan, dan keadilan sosial.

6. Pancasila Menjadi Sumber dari Segala Sumber Hukum

Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia berikutnya? Arti berikutnya adalah sebagai pedoman hidup dan jati diri bangsa, sehingga sudah sewajarnya jika segala urusan yang menyangkut kepentingan bangsa dan negara Indonesia berlandaskan Pancasila, tak terkecuali urusan hukum. 

Dalam sistem hukum, Pancasila menjadi landasan dari segala sumber hukum, sehingga setiap hukum yang diterapkan harus tunduk dan mengamalkan Pancasila. Oleh karena itu, meskipun hukum Indonesia dalam sistemnya bersifat pluralistik, namun Pancasila tetap menjadi dasar sahnya sistem hukum tersebut. 

Dengan begitu, apabila ada suatu sistem hukum yang dianggap bertentangan dengan Pancasila, maka tidak diperbolehkan untuk diterapkan. Hal ini telah ditegaskan dalam kedudukan Pancasila sebagai cita-cita hukum dan sumber dari segala sumber hukum yang merupakan tingkat tertinggi dalam teori tingkat norma hukum. 

Pancasila dalam sistem hukum selalu mendapat tempat atau kedudukan khusus, agar cita-cita hukum dan cita-cita negara dapat dicapai melalui hukum.

7. Pancasila adalah Perjanjian Luhur Bangsa

Artinya, Pancasila telah disepakati dan disetujui bangsa Indonesia melalui serangkaian debat dan tukar pikiran, baik dalam sidang BPUPKI maupun PPKI oleh para pendiri negara. Dari rangkaian proses yang cukup panjang tersebut, lahirlah Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945.

Sejak lahirnya dasar negara ini, seluruh masyarakat Indonesia pun berjanji untuk menjaga perjanjian luhur ini. Jadi, sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya kita semua turut berkontribusi dalam melaksanakan, menjaga, dan patuh pada nilai-nilai Pancasila.

8. Pancasila Sebagai Visi dan Cita-Cita Bangsa

Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia lainnya? Arti lain Pancasila, yaitu  juga sebagai visi dari penyelenggaraan pemerintahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di NKRI. 

Visi dan cita-cita bangsa ini secara paripurna terwujud dalam sila-sila Pancasila yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945, yaitu menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

9. Pancasila adalah Falsafah Hidup Bangsa

Filsafat berasal dari kata Yunani, yaitu philosophia. Philos atau philein artinya mencintai atau mencari, dan sophia artinya kebijaksanaan atau kebenaran. Jadi, secara harfiah, filsafat berarti mencintai kebenaran. 

Dengan demikian, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia mempunyai arti bahwa Pancasila oleh bangsa Indonesia diyakini mengandung kebenaran dan kebijaksanaan.

Baca juga : Patriotisme: Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Jenisnya

Lantas, Apa Inti dari Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia?

Secara keseluruhan, jawaban dari apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai alat pemersatu bangsa. Artinya, selama negara Indonesia masih ada, Pancasila wajib dijadikan dasar negara. 

Hal ini sekaligus menegaskan bahwa nilai-nilai Pancasila bukan hanya sekadar doktrin. Akan tetapi, juga merupakan semangat yang mendalam bagi seluruh warga negara Indonesia dalam menjaga persatuan, keadilan, dan kesejahteraan bangsa.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page