Ukuran Lapangan Tenis Meja Sesuai Nasional dan Internasional

Seperti apa ukuran lapangan tenis meja berdasarkan aturan nasional maupun internasional? Tenis meja atau table tennis merupakan olahraga dengan 2 pemain maupun lebih yang bertanding dengan memukul bola kecil menggunakan raket.

Raket tersebut bertujuan untuk membuat bola memantul ke arah lawan. Selain itu, pertandingan tersebut berlangsung di meja khusus yang berukuran kecil. Adapun meja khusus tersebut berwarna hijau, berbentuk persegi panjang, bergaris putih, serta memiliki ukuran tertentu.

Inilah Ukuran Lapangan Tenis Meja

Sama halnya dengan olahraga lain seperti voli, sepak bola, maupun basket, table tennis juga mempunyai ukuran lapangannya sendiri. Berikut pembahasan selengkapnya.

1. Ukuran Lapangan Tenis Meja Internasional

Ukuran lapangan tenis meja internasional
Ukuran lapangan tenis meja internasional | Sumber gambar: libertygames.co.uk

Lapangan table tennis harus dibuat berdasarkan standar internasional. Untuk bentuknya seperti penjelasan sebelumnya, yaitu berbentuk persegi panjang serta mempunyai permukaan datar. Lalu, lebar lapangan tenis meja tersebut menurut aturan internasional yaitu 152,5 cm.

Sementara itu, panjang lapangan tenis meja yaitu 274 cm dan memiliki tinggi 76 cm. Adapun permukaan lapangan table tennis umumnya memakai jenis bahan berupa rumput, aspal, karpet, acrylic, ubin kayu, beton, dan lain-lain.

Permukaan meja pun harus dari bahan kayu yang dapat memantulkan bola pingpong dengan ketinggian kira-kira lebih dari 23 cm saat pemain menjatuhkan bola pada ketinggian 30 cm. Pada bagian warna, lapangan table tennis tersebut wajib memakai warna gelap serta mempunyai garis pembatas dengan lebar 2 cm serta berwarna putih.

Bukan hanya itu, lapangan tenis meja juga harus mempunyai tebal 3 cm. Jadi jika menghitung keseluruhan luas meja, kurang lebih 4,1785 m².

2. Ukuran Lapangan Tenis Meja Nasional

Atlet Indonesia bermain tenis meja
Atlet Indonesia bermain tenis meja | Sumber gambar: kemenpora.go.id

Lalu bagaimana untuk ketentuan lapangan olahraga pingpong sesuai ketentuan nasional? Sebenarnya ukuran standarnya hampir sama dengan yang sudah menjadi ketentuan internasional.

Khusus ukuran lebar lapangan table tennis nasional yaitu harus mempunyai lebar 152,5 cm dengan panjang 274 cm. Kemudian lapangan tersebut juga harus mempunyai tinggi 75 cm. 

Sementara untuk luas lapangan table tennis yaitu 4,1785 m² dan mempunyai ketebalan 3 cm. Selanjutnya, panjang net juga harus Anda perhatikan yaitu 783 cm serta tingginya 15,25 cm.

Perlengkapan Olahraga Tenis Meja

Setelah memahami seperti apa ukuran lapangan tenis meja, pembahasan selanjutnya yakni tentang perlengkapan dalam permainan atau olahraga tersebut.

1. Bet

Bet
Bet | Sumber gambar: experttabletennis.com

Bet pada olahraga tenis meja merupakan raket atau alat pemukul. Bahan bet berupa kayu serta serat karbon yang digunakan memukul bola. Untuk memilih bet yang tepat, pastikan sesuai standar.

Lebih lanjut, untuk standarnya yaitu 85% bet harus dari bahan kayu dan sisanya merupakan serat karbon maupun kertas padat. Lalu pada bagian sisi bet biasanya untuk menerima bola. Sisi bet dilapisi karet licin yang mempunyai ketebalan 2 milimeter tanpa spons serta 4 millimeter dengan spons.

Campuran bahannya memungkinkan bet menjadi lebih kokoh. Pemilihan bet yang tepat juga bisa berpengaruh terhadap permainan Anda.

2. Bola

Bola pingpong
Bola pingpong | Sumber gambar: id.my-best.com

Selain bet, perlengkapan wajib dalam permainan table tennis yaitu bola. Sesuai standarnya, bola yang harus Anda gunakan untuk bermain yaitu berbentuk bulat serta berdiameter 40 mm. Selain itu, bola pingpong tersebut juga mempunyai berat sekitar 2,7 gram.

Bahan dasar bola tenis meja yaitu plastik maupun selulosa yang tak mengilap. Lalu warna bola pingpong ada dua opsi, yaitu oranye atau putih.

Bukan itu saja, bola pingpong juga harus Anda perhatikan pantulannya. Bola tersebut harus mempunyai pantulan 23 sampai 26 cm. Kemudian untuk kualitas bola table tennis ditandai simbol bintang.

3. Net

Net tenis meja
Net tenis meja | Sumber gambar: tabletenniscoach.me.uk

Selain memperhatikan ukuran lapangan tenis meja, Anda juga harus menyiapkan net dengan ketentuan yang sesuai. Sama halnya seperti tenis dan badminton, table tennis juga memakai ring atau jaring yang dipasang pada tengah meja,

Jaring tersebut berfungsi memisahkan area pemain. Adapun ukuran net dalam permainan tenis meja yang sesuai yaitu:

  • Jaring atau net dibentangkan menggunakan tali lalu memasangnya pada kedua sisi di tiang penyangga. Tinggi net tersebut yaitu 15,25 cm
  • Sisi batas net mempunyai jarak 15,25 berdasarkan sisi batas pada permukaan lapangan
  • Panjang jaring atau net dari sisi kiri ke kanan yaitu 1,83 m
  • Jadi, semua panjang net jika mengukurnya dari atas sampai ke permukaan meja yaitu 15,22 cm

Baca Juga : Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Terbaru 2023, Anda Wajib Tahu!

Peraturan Permainan Table Tennis

Setelah mengetahui ukuran lapangan tenis meja dan menyiapkannya, selanjutnya Anda perlu memahami aturan dalam permainan table tennis. Dengan memahami aturan tersebut, pertandingan dapat berjalan lancar dan adil.

  • Sama halnya pertandingan di olahraga tenis, pertandingan tenis meja dipimpin wasit. Kemudian ada juga wasit pembantu yang bertugas mencatat skor. Semua wasit tersebut wajib bersikap netral.
  • Wasit mempunyai keputusan mutlak serta tak dapat diganggu gugat.
  • Pemain wajib memakai pakaian olahraga.
  • Pemain juga harus dalam kondisi sehat baik jasmani maupun rohani.
  • Keterlambatan yang bisa ditoleransi tak lebih dari 10 menit sejak pertandingan sudah dimulai sesuai jadwal.
  • Jika pemain tak dapat memenuhi panggilan sebanyak 3 kali, wasit atau panitia bisa langsung mendiskualifikasinya.
  • Pemain juga harus mengenakan sepatu.
  • Biasanya, pemain tak harus menyiapkan perlengkapan terutama bet. Ini karena panitia yang biasanya menyiapkan perlengkapan table tennis bagi para peserta.

Poin Permainan Tenis Meja

Selain ukuran lapangan tenis meja yang harus Anda perhatikan, Anda juga perlu mengetahui nilai atau poin olahraga tersebut. Olahraga ini juga memperebutkan poin agar bisa menjadi pemenang. Para pemain akan memperoleh poin atau nilai jika pemain tersebut bisa melakukan seperti berikut:

  • Bola pingpong melayang melewati meja dan tanpa memantul terlebih dahulu.
  • Lawan telah lebih dulu menyentuh bola dan tanpa bisa mengembalikannya.
  • Lawan tak dapat mengembalikan bola secara benar atau tepat.
  • Pemain lawan memukul bola menggunakan sisi daun raket yang tidak terdapat pelapis karet.
  • Servis yang dilakukan lawan tak sempurna sehingga mengakibatkan bola tidak melewati net.
  • Lawan memukul bola pingpong lebih dari sekali sebelum bola tersebut melewati net.
  • Lawan melakukan gerakan yang menyentuh net.
  • Pemain lawan menyentuh meja menggunakan tangan yang tak memegang bola.
  • Lawan melakukan gerakan sehingga permukaan meja bergerak.
  • Lawan memukul bola tak secara berurutan (untuk nomor ganda).
  • Servis serta pengembalian bola.

Tips Melakukan Servis

Terdapat beberapa hal saat Anda hendak melakukan servis maupun pengembalian bola:

  • Dalam menentukan urutan servis akan diputuskan berdasarkan undian. Kemudian, pemenang bisa memilih atau menentukan servis dengan menerima bola/tempat terlebih dahulu.
  • Jika pemain sudah memilih salah satu dari opsi tersebut, maka pemain lain harus memilih opsi lainnya dan tak boleh sama.
  • Pemain yang memulai di sisi atau suatu tempat dalam satu pertandingan, lalu berpindah ke tempat pemain berikutnya. Lalu di pertandingan atau set penentuan, pemain maupun pasangan pemain wajib bertukar tempat ketika salah satunya berhasil memperoleh poin 5.
  • Ketika memperoleh 2 poin, pemain akan saling bergantian melakukan servis sampai permainan selesai. Pengecualian untuk kedua pemain maupun pasangan yang sama-sama memperoleh poin 10.
  • Ketika berlaku percepatan waktu, maka urutan servis maupun menerima servis tetaplah sama. Akan tetapi, masing-masing harus servis sekali dan secara bergantian.

Sudah Paham tentang Ukuran Lapangan Tenis Meja?

Sekian pembahasan terkait ukuran lapangan dalam permainan tenis meja, aturan, serta bagaimana cara mendapatkan poin pada olahraga tersebut. Anda harus memahami semua itu dan dibarengi latihan yang konsisten agar bisa menjadi pemain tenis meja andal dan profesional.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page