Contoh Surat Keputusan Direksi (Gratis Template)

Setiap perusahaan pasti memiliki jabatan direksi dengan salah satu tanggung jawabnya adalah untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan perusahaan melalui adanya surat keputusan direksi. Makanya, tak heran jika kini banyak contoh surat keputusan direksi yang bisa kamu temukan.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari contoh surat keputusan direksi dengan format yang benar, simak ulasan selengkapnya dalam artikel ini, ya!

Kekuatan Hukum Surat Keputusan Direksi

Sebelum masuk ke pembahasan tentang contoh surat keputusan direksi, kamu perlu memahami bahwa surat resmi ini ternyata juga memiliki kekuatan hukum yang sah. Ketetapan hukum ini terdapat dalam Undang-Undang tentang ketenagakerjaan dan juga Undang-Undang tentang Perseroan Terbatas.

Dalam Pasal 108 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, disebutkan bahwa setiap pengusaha yang mempekerjakan sedikitnya sepuluh orang, wajib untuk membuat peraturan perusahaan. Berlaku sejak disahkan oleh Menteri ataupun pejabat yang ditunjuk.

Kemudian, direksi juga memiliki kewenangan yang sah dalam menjalankan berbagai pengurusan perusahaan. Salah satunya adalah untuk membuat kebijakan yang dipandang tepat dalam batasan yang telah ditentukan pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Dalam undang-undang tersebut, tepatnya pada Pasal 97 ayat (2), disebutkan bahwa untuk mengatur jalannya perusahaan yang bersifat khusus, maka direksi pada umumnya akan mengeluarkan Surat Keputusan Direksi.

Adapun kebijakan yang terdapat dalam surat keputusan direksi ini tidak boleh keluar dari peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Sedangkan terkait dengan pengaturan yang harus diberikan teknis pelaksanaannya oleh direksi adalah tentang mekanisme pengambilan hak cuti, prosedur permohonan izin, pedoman waktu kerja dan istirahat, upah kerja lembur, dan sebagainya.

Contoh Surat Keputusan Direksi dengan Format yang Benar

Dari penjelasan di atas, tentunya kamu semakin paham bahwa surat resmi ini memiliki kekuatan hukum yang sah, bukan? Oleh karena itulah, dalam pembuatannya wajib mengikuti format dan struktur yang benar. Berikut ini adalah beberapa contoh surat keputusan direksi yang bisa kamu simak:

1. Surat Keputusan Direksi PT MAA KHUTARI INDONESIA

SURAT KEPUTUSAN DIREKSI

PT MAA KHUTARI INDONESIA

Nomor: SK.006/DIR/MKI/2014

TENTANG

Pelaksanaan Pemeriksaan Area Bar dan Cash Opname Kasir

Menimbang: Bahwa disinyalir adanya kecurigaan terhadap perilaku-perilaku yang dapat merugikan perusahaan, maka perlu pengawasan yang lebih, guna mencegah hal-hal yang dapat memberikan celah untuk melakukan perilaku yang dapat merugikan perusahaan.

Mengingat: Sudah cukup lama tidak adanya pengawasan pekerjaan di bidang-bidang tertentu, sehingga secara tidak langsung menurunkan kinerja karyawan yang bersangkutan.

MEMUTUSKAN

Menetapkan:

Memberikan wewenang sepenuhnya kepada Sdr Dian Prawendratama, Suryanto Nugroho, dan Rizky Arif Wibowo selaku Tim 9 yang sengaja dibentuk untuk memeriksa semua indikasi-indikasi kecurangan ataupun kelalaian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang mana telah disepakati antara perusahaan dan karyawan.

Yang mana ruang lingkup pemeriksaan meliputi kasir, bar, dan ruangan kerja di back office dan untuk semua karyawan di outlet harus bekerjasama dan memberikan informasi yang dibutuhkan Tim 9.

Surat keputusan ini berlaku terhitung mulai tanggal ditetapkan:

Jakarta, 12 April 2014

PT MAA KHUTARI INDONESIA

DIREKTUR UTAMA

PAULUS PONGKI PRADITYA

2. Surat Keputusan Direksi PT CITRA PUTRA REALTY Tbk.

SURAT KEPUTUSAN

NO. 001/DIR-CPR/VIII/2020

TENTANG

PENGANGKATAN SEKRETARIS PERUSAHAAN

DIREKSI PT CITRA PUTRA REALTY Tbk.

Menimbang:

  1. Bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan, keterbukaan, layanan, dan komunikasi kepada masyarakat para pemangku kepentingan sebagai penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik oleh Emiten atau Perusahaan Publik, maka setiap Perusahaan Publik wajib membentuk fungsi Sekretaris Perusahaan (Corporate Secretary)
  2. Bahwa perlu dilakukan perubahan Surat Keputusan No. 001/DIR-CPR/I/2019 tentang pembentukan sekretaris perusahaan direksi PT CItra Putra Realty Tbk.

Mengingat:

  1. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 35/PJOK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014 tentang Sekretaris Perusahaan Emiten atau Perusahaan Publik berikut segala perubahannya dari waktu ke waktu.
  2. Peraturan No.1-A, Lampiran I Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia No. Kep-00001/BEI/01-2014 tanggal 20 Januari 2014 tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat berikut segala perubahannya dari waktu ke waktu.

Menetapkan:

  1. Mengangkat saudara Beni Hendrawan sebagai Sekretaris Perusahaan PT Citra Putra Realty Tbk. dengan lingkup tugas sebagai berikut:
    a. Memberikan masukan kepada Dewan Direksi dan Dewan Komisaris senantiasa untuk menjalankan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal dalam kegiatan usaha PT Citra Putra Realty Tbk.

b. Membantu Dewan Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan yang meliputi:
– Keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk ketersediaan informasi pada Situs Web perusahaan.
– Penyampaian laporan kepada Otoritas Jasa Keuangan tepat waktu.
– Penyelenggaraan dan dokumentasi Rapat Umum Pemegang Saham.
– Penyelenggaraan dan dokumentasi rapat Dewan Direksi dan/atau Dewan Komisaris; dan pelaksanaan program orientasi terhadap perusahaan bagi Direksi dan/atau Dewan Komisaris.
– Sebagai penghubung perusahaan dengan pemegang saham perusahaan, Otoritas Jasa Keuangan, dan pemangku kepentingan lainnya.
c. Mengikuti perkembangan Pasar Modal, khususnya peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang Pasar Modal tersebut.

  1. Efektif menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan PT Citra Putra Realty Tbk. terhitung sejak tanggal dikeluarkannya surat keputusan ini.
  2. Bertanggung jawab sepenuhnya kepada Direktur Utama.

Surat keputusan ini akan dilakukan perubahan jika terdapat kekeliruan atau kesalahan.

Demikian Surat Keputusan ini dibuat, agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Ditetapkan di Jakarta

Pada tanggal 13 Agustus 2020

Firman M Silalahi

Direktur Utama

3. Surat Keputusan Direksi PT Harum Energy Tbk.

Surat Keputusan Direksi PT Harum Energy Tbk.
harumenergy.com

4. Surat Keputusan Direksi PT AirAsia Indonesia Tbk.

Surat Keputusan Direksi PT AirAsia Indonesia Tbk.
ir.aaid.co.id

5. Surat Keputusan Direksi PT PINDAD (PERSERO)

Surat Keputusan Direksi PT PINDAD PERSERO
pindad.com

6. Contoh Template Surat Keputusan Direksi

SURAT KEPUTUSAN DIREKSI

PT……………………………………

Nomor: SK.0../…/…./20..(tahun)

TENTANG

…………………………………………………………

Menimbang: ……………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

Mengingat: ……………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

MEMUTUSKAN

Menetapkan:

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

Surat keputusan ini berlaku terhitung mulai tanggal ditetapkan:

………..(kota), …………(tanggal)

PT ……………………………….

DIREKTUR UTAMA

……………………………. (Nama)

Sudah Tahu Contoh Surat Keputusan Direksi dengan Format yang Benar?

Nah, itu dia berbagai contoh surat keputusan direksi dengan format yang benar untuk kamu simak. Semoga ulasan tentang surat resmi perusahaan tersebut bermanfaat untuk kamu, ya.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page