11 Contoh Surat Niaga untuk Berbagai Keperluan, Terlengkap!

Mencari contoh surat niaga? Secara umum, surat merupakan sarana komunikasi yang dimanfaatkan sebagai penyampai informasi berbentuk tulisan melalui kertas. Surat tersebut dikirimkan kepada pihak lainnya baik perorangan, kelompok, organisasi, atau mengatasnamakan perusahaan.

Secara garis besar, ada 2 jenis surat surat resmi dan surat pribadi. Di antara surat resmi, terdapat surat yang sering digunakan untuk keperluan bisnis. Surat tersebut bernama surat niaga yang akan dibahas pada artikel ini.

Pengertian Surat Niaga

Sebelum mengulas apa saja contoh surat niaga, Anda mesti memahami pengertiannya terlebih dahulu. Surat niaga termasuk surat resmi yang dikeluarkan badan usaha tertentu berkenaan dengan aktivitas bisnis atau perniagaan. Misalnya tentang penawaran, pemesanan, dan sebagainya.

Untuk pelaku usaha, kemungkinan surat ini bukan sesuatu yang asing lagi. Ini karena mereka akan selalu berhubungan dengan surat tersebut baik sebagai pengirim maupun penerima. Untuk itu, para pelaku usaha harus benar-benar paham bagaimana cara membuatnya secara benar.

Surat niaga dikeluarkan resmi oleh perusahaan atau badan usaha terkait. Jadi, penggunaan surat tersebut legal dan memiliki kekuatan di bidang hukum. Surat niaga juga sering dipakai untuk jual beli atau penawaran barang-jasa yang diberikan perusahaan.

Surat ini juga bisa bersifat internal bagi perusahaan sendiri serta dapat bersifat eksternal saat ingin melakukan kerja sama dengan klien maupun perusahaan yang lain.

Fungsi Surat Niaga

Berikut beberapa fungsi contoh surat niaga yang perlu Anda tahu:

  • Bukti sah perjanjian niaga yang berlangsung di antara kedua pihak,
  • Sebagai acuan atau pedoman di dalam menjalankan tugasnya masing-masing,
  • Sebagai bahan untuk melakukan pengambil keputusan,
  • Perwakilan pihak pembuat saat melakukan meeting dengan partner,
  • Bukti sejarah adanya perjanjian bisnis selama ini,
  • Sebagai pengingat karena Anda dapat mengarsipkan surat tersebut kemudian melihatnya kembali saat diperlukan,
  • Sebagai alat promosi.

Jenis Surat Niaga

Secara umum, terdapat 13 jenis surat niaga yang pernah atau bahkan sering digunakan.

1. Surat Perkenalan

Ini merupakan surat yang dikeluarkan perusahaan atau badan usaha dengan tujuan untuk memperkenalkan usahanya pada pihak lain. Umumnya, surat tersebut isinya seputar penjelasan tentang produk yang ditawarkan. Informasinya pun lengkap serta detail sehingga pembaca atau klien memperoleh informasi secara jelas tentang apa yang ditawarkan.

2. Surat Permintaan Penawaran

Surat ini dibuat oleh calon pembeli dan menunjukkannya pada perusahaan penjual. Surat ini merupakan permintaan agar perusahaan berkenan menawarkan produknya. Pada surat tersebut, biasanya berisi informasi seperti harga, katalog produk, promosi, dan sebagainya.

3. Surat Penawaran

Jenis contoh surat niaga berikutnya adalah surat penawaran yang digunakan untuk melakukan penawaran produk ke pihak yang lain. Produk yang tertera di surat penawaran ini bisa dalam bentuk barang atau jasa.

Umumnya surat tersebut dibuat karena permintaan. Bisa juga sebagai penjawab atas surat permintaan penawaran.

4. Surat Pesanan

Surat ini dibuat calon pembeli serta ditujukan pada perusahaan penjual. Surat tersebut isinya mengenai informasi produk maupun layanan yang mereka pesan/beli. Umumnya, pada surat ini akan tertera informasi tentang tanggal pembelian, jumlah, dan sebagainya.

5. Surat Konfirmasi Pesanan

Jenis yang kelima dari contoh surat niaga yaitu surat konfirmasi pesanan. Surat ini merupakan balasan pihak penjual pada calon pembeli. Tujuannya sudah tentu untuk memastikan produk yang pembeli pesan. Termasuk mengonfirmasi seputar total harga maupun keterangan-keterangan yang lain.

6. Surat Penolakan Pesanan

Surat ini dikeluarkan penjual saat mereka tak dapat menerima permintaan calon pembeli. Umumnya, kondisi ini terjadi dikarenakan beberapa alasan. Misalnya harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan keinginan penjual atau stok produk yang tak tersedia.

7. Surat Pengiriman Barang

Surat ini juga dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Isinya bahwa penjual setuju dengan ketentuan atau pesanan barang dari pembeli. Surat tersebut juga untuk menginformasikan bahwa pesanan sudah siap dikirim, termasuk informasi seputar asuransi dan kondisi produk.

8. Surat Penagihan

Surat penagihan hanya dibuat saat proses jual-beli yang bersifat utang-piutang. Melalui contoh surat niaga ini, penjual akan membuat surat penagihan untuk menginformasikan ke pembeli kapan kiranya melakukan pembayaran atau jatuh temponya.

9. Surat Pengiriman Pembayaran

Surat ini dikeluarkan pembeli pasca memperoleh produk yang sudah mereka pesan. Pada contoh surat niaga tersebut akan tertera informasi seputar total biaya yang harus dibayarkan, bukti pembayaran, serta metode pembayaran.

10. Surat Pengaduan (Komplain)

Jenis surat niaga berikutnya adalah surat pengaduan. Sesuai namanya, surat ini dikeluarkan pembeli saat produk yang dipesan mengalami masalah. Misalnya produk yang cacat, rusak, atau tidak sesuai deskripsi. Surat pengaduan ini juga sebagai penjelas mengenai kondisi barang yang telah dibeli.

11. Surat Jawaban atas Penangguhan Pembayaran

Surat ini dikeluarkan penjual sebagai respons atas surat tentang penangguhan pembayaran pembeli. Isinya biasanya tentang persyaratan pembayaran baru maupun penolakan penangguhan.

12. Surat Penangguhan Pembayaran

Surat ini dibuat pembeli sekaligus sebagai jawaban terkait surat tagihan yang dikirimkan penjual. Umumnya, contoh surat niaga tersebut dibuat karena pembeli masih belum mampu membayar secara tepat waktu. Bisa juga karena terdapat alasan lain sehingga mengakibatkan pembayaran telat.

13. Surat Jawaban Pengaduan

Jenis surat niaga yang terakhir yaitu surat jawaban pengaduan. Surat ini dibuat sebagai respons terhadap pengaduan sebelumnya dari pembelinya. Isinya seputar permintaan maaf dari penjual, tawaran untuk mengganti barang, maupun solusi lain terkait permasalahan yang terjadi.

Ciri Ciri Surat Niaga

Setiap surat pastinya mempunyai karakteristik masing-masing. Adapun beberapa ciri pada contoh surat niaga yaitu

  • Selalu berkaitan dengan urusan bisnis baik perdagangan maupun proses jual-beli,
  • Menggunakan bahasa baku resmi serta sesuai ketentuan Bahasa Indonesia (sesuai EYD),
  • Memakai pemilihan kalimat serta kata yang baik dan mengandung unsur persuasif sehingga mampu menarik perhatian pihak yang lain,
  • Pihak yang mengirimkan surat menginformasikan maksudnya secara jelas dan mudah dipahami,
  • Surat niaga juga terkadang langsung to the point,
  • Sering memakai bentuk formulir sehingga lebih hemat serta efisien,
  • Sama seperti surat resmi lainnya, pada surat niaga Anda akan menemukan kop surat, nomor, dan lampiran.

Struktur Surat Niaga

Seperti yang jelaskan, surat ini termasuk surat resmi. Setiap orang yang berkeinginan atau mendapatkan tugas untuk membuat surat niaga harus paham betul strukturnya.

Membuat contoh surat niaga sesuai struktur yang tepat berpotensi akan mempengaruhi seseorang yang membacanya. Hal ini juga sebagai tanda bahwa Anda memang serius membuat surat dan mengirimkannya ke tujuan. Adapun struktur surat niaga antara lain

  • Kop surat,
  • Nomor surat,
  • Tanggal surat,
  • Lampiran,
  • Perihal,
  • Tanggal,
  • Alamat para pihak,
  • Pendahuluan,
  • Isi surat,
  • Penutup,
  • Nama terang (terkadang ditambahkan jabatan pengirim),
  • Tanda tangan, dan
  • Stempel (jika perlu).

Itulah struktur contoh surat niaga yang mesti Anda perhatikan. Pastikan Anda tidak melewatkan bagian-bagian penting pada surat tersebut, kecuali yang sifatnya opsional seperti stempel atau gelar.

Tips Menulis Contoh Surat Niaga

Selain memahami berbagai informasi di atas, Anda juga mesti memperhatikan beberapa ketentuan saat membuat contoh surat niaga. Berikut informasi selengkapnya.

  • Tulis surat dengan bahasa yang jelas, terutama pada tujuan serta sebab Anda membuat surat tersebut.
  • Tulis vendor pengiriman barang maupun jasa yang Anda pesan.
  • Menyebutkan secara lengkap mengenai jenis maupun jumlah barang serta jasa yang dipesan. Termasuk durasi atau lamanya waktu berlangsungnya transaksi.
  • Jika diperlukan, Anda juga perlu menyertakan klaim garansi.
  • Tuliskan informasi tentang cara pembayarannya.
  • Sebutkan jenis atau cara pengepakan (jika diperlukan) untuk meyakinkan konsumen/klien.

Kumpulan Contoh Surat Niaga Berbagai Tujuan

Berikut beberapa contoh surat niaga:

1. Surat Niaga tentang Kerja Sama

PT. Jaya Sentosa Selalu
Jl. Panglima Polim No. 16
JAKARTA SELATAN


Nomor: 20/GP/IV/23

PT. Abadi Selalu Indah Tbk
Jl. Setapak Demi Setapak No. 22
JAKARTA TIMUR
Hal. Surat Balasan Kerja Sama
Lampiran: 1

Dengan hormat,

Sesuai surat permohonan kerja sama dengan nomor 212/PKS/4/23 pada 10 April 2023, dengan ini kami PT. Jaya Sentosa Selalu memutuskan untuk bekerja sama dengan PT. Abadi Selalu Indah Tbk terkait distributor bahan pangan.

Berikut kami juga mengirimkan berkas perjanjian yang isinya tentang kerja sama, surat kontrak perjanjian, dan sistem pembayaran yang harus disepakati serta ditandatangani.

Mohon Bapak/Ibu mempelajari dulu isi surat kerja sama yang kami lampirkan. Jika berminat, kami telah melampirkan informasi nomor kontak pada lampiran surat tersebut.

Demikian surat dari kami, semoga kita dapat menjalin kerja sama secara baik untuk jangka panjang.

Hormat kami,
PT. Cahaya Sentosa Selalu

Mukhammad Ali
Manajer Penjualan

2. Surat Penawaran Produk Pakaian

PT. Jaya Sentosa Selalu
Jl. Panglima Polim No. 16
JAKARTA SELATAN

Jakarta, 20 April 2023
Hal: Penawaran Merchandise
Lampiran: Brosur

Kepada Yth.
Kepala Personalia
PT. Indo Jaya Abadi
Jalan Raya Aku Selalu Bersamamu No. 15, Bekasi

Dengan hormat,

Memenuhi surat yang sudah dikirimkan terkait rincian harga produk pakaian yang perusahaan kami produksi, dengan ini kami hendak mengajukan penawaran seperti berikut:

  1. Kaos oblong
    Warna: putih dan hitam
    Harga: Rp20.000,00 per pcs
  2. Jaket Hoodie
    Warna: biru, putih, abu-abu
    Harga: Rp100.000,00 per pcs
  3. Kemeja
    Warna: hitam, putih, biru, ungu, abu-abu
    Harga: Rp70.000,00 per pcs
  4. Celana panjang (kain)
    Warna: hitam, putih, abu-abu
    Harga: Rp100.000,00 per pcs
  5. Celana (jeans)
    Warna: hitam, putih, abu-abu
    Harga: Rp100.000,00 per pcs
  6. Sepatu
    Warna: hitam, putih, abu-abu
    Harga: Rp100.000,00 per pcs

Keterangan:

  1. Harga sudah termasuk biaya pengiriman dengan minimal pembelian sebanyak 2 item.
  2. Proses pengiriman akan langsung dilakukan ketika pembayaran lunas.
  3. Pembelian lebih dari 3 item (pcs) akan memperoleh potongan harga 20%.

Untuk melengkapi pengajuan surat ini, kami juga mengirimkan brosur serta contoh produk pakaian untuk semua item. Jika harga produk kami cocok, silakan menghubungi nomor kontak kami.

Demikian surat penawaran kami ajukan. Kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. Jaya Sentosa Selalu

Mukhammad Abduh
General Manajer

3. Surat Perkenalan Perusahaan dan Produknya

PT. Teknologi Maju Selalu
Jl. Panglima Soedirman No. 10
JAKARTA TIMUR
Telp. (021) 163817 Faks (021) 163871

Jakarta, 20 April 2023
No: 100/SPP/IV/23
Hal: Perkenalan Perusahaan

Kepala Yth
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Mangga Dua Indonesia
Jl. Raden Sirojuddin No. 5
Tangerang

Dengan hormat,

Kami dari PT. Teknologi Maju Selalu, sebuah perusahaan di bidang penyedia perlengkapan serta peralatan komputer untuk berbagai merek. Dengan ini, kami ingin memperkenalkan diri pada perusahaan Bapak/Ibu sebagai mitra kerja.

Perusahaan kami telah berdiri sejak 1995. Pada rentang waktu tersebut, kami telah berpengalaman dalam menyediakan beragam perlengkapan maupun peralatan komputer. Beberapa perusahaan yang sudah menjadi mitra kami yaitu PT. Prima Sejahtera Abadi, PT. Maju Tak Gentar Tbk, dan PT.  Teknologi Cerdas Cepat.

Untuk pertimbangan Bapak/Ibu, pada surat ini terdapat lampiran profil tentang perusahaan serta katalog tentang produk kami. Jika perusahaan Bapak/Ibu berkenan untuk memanfaatkan jasa perusahaan kami, kami telah menyertakan nomor kontak dan alamat email pada lampiran surat tersebut. Kami akan dengan senang hati memberikan penawaran terbaik untuk perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat ini kami kiriman dan atas perhatiannya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Cipto Mangun Kusumo
General Manager Pemasaran

4. Contoh Surat Niaga tentang Penawaran Jasa

PT. Keramat Jati Luhur
Contractor – General Supplier – Cleaning Service
Jl. Penghujung Dunia Abadi No. 4
TANGERANG SELATAN
No. Telp (021) 556161 Fax (021) 556611


Nomor: 119/KJL/SPJ/IX/23
Lamp: 1 (satu) berkas
Hal: Penawaran Instalasi Grounding

Kepada Yth:
Ketua Tim Pengadaan Barang Non Mudik dan Gizi
RSU Pusat Panduwinata
Jl. KH. Ahmad Sodiqin Tangerang Selatan 121411

Dengan hormat,

Sehubungan rencana RSU Pusat Panduwinata yang ingin melakukan pasang baru Grounding pada High Care Kebidanan serta High Care Kids Lt. III Selatan,dengan ini kami bermaksud mengajukan penawaran harga untuk pengerjaan tersebut sebagai berikut:

Penawaran yang kami ajukan sebesar Rp18.400.000,00
Terbilang: Delapan Belas Juta Empat Ratus Ribu Rupiah (rincian terlampir)

Demikian surat ini kami dan atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Tangerang, 20 April 2023
PT. Keramat Jati Luhur

Ir. Luka Modric
Direktur

5. Surat Tenggat Waktu Pembayaran

PT. Teknologi Sinar Maju
Jl. Panglima Soedirman No. 21
JAKARTA TIMUR
Telp. (021) 163817 Faks (021) 163871

Jakarta, 20 April 2023
No: 120/STWP/IV/23
Hal: Waktu Pembayaran

Kepala Yth
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Mangga Dua Indonesia
Jl. Raden Sirojuddin No. 5
Tangerang

Dengan hormat,

Membalas surat yang saudara kirimkan dengan nomor: 95/ES/IV/23 tertanggal 15 April 2023 tentang penangguhan pembayaran, sudah kami terima.

Kami juga telah membaca surat tersebut dan dengan berbagai pertimbangan, maka kami memberitahukan bahwa kami memutuskan memberi waktu pembayaran terhadap faktur dengan nomor: 200/ES/IV/23 dengan nominal Rp30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah) terkait pembelian barang-barang elektronik.

Kami juga memberi kebijakan pelunasan barang-barang tersebut selama 2 minggu terhitung sejak surat ini diterbitkan.

Atas perhatiannya, kami menyampaikan terimakasih.

Hormat kami,
PT. Teknologi Sinar Maju

Ir. Jordan Henderson

6. Contoh Surat Niaga tentang Pesanan Barang

PT. Akasara Jaya Antik
Jl. Kembang Mawar No. 99
BANDA ACEH


Banda Aceh, 20 April 2023

Nomor: 11/SNPB/IV/23
Hal: Pemesanan Perlengkapan Barang

Kepada Yth,
Manager PT. Sido Jaya Sentausa
Jl. Kembang Anggrek No. 55
Banda Aceh

Dengan hormat,

Sebagai tindak lanjut surat penawaran pada 15 April 2023 terkait Alat Perlengkapan Belajar, maka kami bermaksud melakukan pemesanan pada

  1. Meja Belajar sebanyak 3 (tiga) buah, dan
  2. Lampu Belajar sebanyak 10 (sepuluh) buah.

Semua barang yang kami pesan mohon bisa kami terima paling lambat tanggal 30 April 2023.

Pembayaran terkait semua pesanan tersebut, akan dilaksanakan paling lambat 2 hari setelah seluruh barang kami terima. Untuk bukti, kami juga akan mengirimkan fotocopy bukti pembayaran.

Atas perhatian serta kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Akasara Jaya Antik

Ir. Xavi Hernandez

7. Contoh Surat Niaga tentang Permintaan Penawaran

TOKO ANTIK JAYA KUSUMA
PUSAT ELEKTRONIK DAN PERLENGKAPAN KANTOR
Jl. Widodo C Putro No. 11
Telp. (022) 818191 Fax (022) 819811
KOTA BANDUNG


Bandung, 20 April 2023

Nomor: 222/SPP/IV/23
Hal: Permintaan Penawaran TV LED
Lampiran: –

Kepada
Yth. Manager PT. Agung Laksono Jaya
Jl. Bunga Raflesia No. 55
Semarang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin menginformasikan bahwa toko kami sudah membuka cabang baru. Saat ini toko kami memerlukan barang elektronik untuk barang dagangan yang mengisi workshop kami nanti.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami berharap Saudara berkenan mengirimkan daftar barang di toko Saudara beserta harganya secara lengkap tentang TV LED berbagai merek, khususnya merek SONY yang saat ini peminatnya cukup tinggi di Semarang.

Berhubung toko kami baru pertama kali mengadakan kerja sama dengan perusahaan yang Saudara pimpin, kami berharap saudara berkenan memberikan informasi tentang

  1. Cara pembayaran serta metode penyerahan barang,
  2. Potongan atau diskon barang, dan
  3. Pelayanan purna jual.

Saat ini kami menunggu informasi dari Saudara dan berharap informasi tersebut bisa kami terima segera.

Demikian surat ini dan atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Toko Antik Jaya Kusuma

Mukhammad Abdul Manaf
Manager Pembelian

8. Contoh Surat Niaga tentang Pemesanan Barang Toko

SOLUSI ALL IN ONE
Mesin dan Peralatan Kantor
Jl. Ahmad Sanusi Sentausa No. 18
Jakarta Timur
Telp (021) 765191 Fax (021) 765119


Nomor: 090/SPJ/IX/23

Kepada Yth.
Direktur PT. Guna Serba Ada Grup
Bpk. Alexandre Pato
Jl. Suka Suka Saya No. 25

Hal: Surat Pemesanan Barang

Dengan hormat,

Berkenaan dengan stok barang di toko kami yang sudah mulai sedikit, kami dari Solusi All In One bermaksud ingin melakukan pemesanan barang-barang sebagai berikut.

  1. Buku Ekspredisi: 100 pcs
  2. Buku Folio: 100 pcs
  3. Buku Kwitansi: 100 pcs
  4. Filling Cabinet: 50 pcs
  5. Glue Stick: 100 pcs
  6. Money Sponge: 100 pcs
  7. Pen (merek Standar) 50 box
  8. Pen (merek Faber Castle) 50 box
  9. Spidol (hitam non permanen) 100 pcs
  10. Spido (hitam permanen) 50 pcs
  11. Clip file 50 box

Kami mengharapkan barang-barang yang kami pesan tersebut bisa kami terima paling lambat 4 hari setelah surat ini diterima.

Terkait proses pembayaran, kami akan mengirimkannya via transfer ke Bank BCA Jakarta Timur dengan nomor rekening 1267.191.109 atas nama Solusi All In One.

Demikian surat ini dan atas kesediaan Bapak untuk memenuhi pesanan kami tersebut, kami mengucapkan terima kasih.

Jakarta, 21 April 2023
Hormat saya,

Rio Ferdinand
Marketing Manager

9. Surat Niaga untuk Penawaran Mesin Kantor

PT. USAHA KELUARGA MANDIRI
Jl. Keluarga Jalan Satu Satunya No. 21
Kota Malang

Malang, 21 April 2023

No. 151/SPB/IX/23
PT. Usaha Sido Maju Jaya
Jl. Abadi Tuk Selamanya No. 10
Kota Surabaya

Perihal: Penawaran Barang (Mesin Kantor)

Dengan hormat,

Melalui surat penawaran barang ini, kami bermaksud ingin menawarkan mesin kantor yang toko kami miliki. Adapun barang-barang tersebut yaitu:

  1. Mesin fotocopy merek Canon: Rp8.000.000,00;
  2. Mesin fotocopy merek Xerox: Rp7.500.000,00;
  3. Mesin fotocopy merek Epson: Rp8.000.000,00;
  4. Scanner merek Canon: Rp950.000,00;
  5. Printer merek Canon G2020G Rp2.000.000,00;
  6. Printer merek Canon G2010 All in One Rp2.200.000;
  7. Printer merek Epson L3110 All in One Rp3.400.000,00; dan
  8. Printer merek Epson L3210 All in One Rp2.200.000,00.

Untuk produk selengkapnya sudah kami lampirkan dalam katalog produk kami. Kami juga menawarkan potongan harga untuk produk yang Bapak/Ibu pesan dengan minimal pembelian 2 produk. Adapun diskon yang kami tawarkan sebesar 30%.

Demikian surat ini kami sampaikan dan atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Konohamaru Sarutobi
Marketing Manager

10. Contoh Surat Niaga untuk Penawaran Jasa

PT. USAHA KELUARGA MANDIRI
Jl. Keluarga Jalan Satu Satunya No. 21
Kota Malang


Malang, 21 April 2023

No. 151/SPB/IX/23
PT. Usaha Sido Maju Jaya
Jl. Abadi Tuk Selamanya No. 10
Kota Surabaya

Perihal: Penawaran Jasa (Pembersihan Barang-barang Elektronik)

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami bermaksud menawarkan jasa pembersihan barang-barang elektronik seperti komputer, laptop, printer, dan lain-lain.

Pembersihan dilakukan oleh orang-orang profesional dan secara menyeluruh. Proses pembersihan dijamin maksimal untuk mengembalikan performa barang-barang tersebut.

Demikian surat dari kami dan jika Bapak/Ibu tertarik dengan penawaran kami, kami telah melampirkan nomor kontak untuk bisa dihubungi. Atas perhatiannya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Antonio Ahmad Subki
Marketing Manager

11. Contoh Surat Niaga tentang Penawaran dan Perkenalan Perusahaan

PT. BERHARAP SEJAHTERA SELALU
J. Cikampek Blok A No. 17 Jakarta Selatan 166111
Telp. (021) 776711 Fax (021) 776117


Jakarta, 21 April 2023

Nomor: 012/SNPP/IV/23
Hal: Perkenalan Perusahaan / Penawaran Barang
Lampiran: 1 (satu) berkas

Kepada Yth
PT. Angkasa Jaya Kusuma
Di Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memperkenalkan perusahaan kami yakni PT. Berharap Sejahtera Selalu yang beralamat di Jl. Cikampek Blok A No. 17 Jakarta Selatan. Perusahaan ini bergerak di bidang distributor produk kosmetik dan sudah bekerja sama dengan banyak toko serta perusahaan di bidang yang sama.

Karena itu, berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa PT. Angkasa Jaya Kusuma merupakan perusahaan yang menjual produk-produk kosmetik dan mengalami perkembangan cukup pesat. Kami juga mendapatkan informasi bahwa perusahaan tersebut memerlukan pasokan kosmetik.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami bermaksud ingin memperkenalkan produk perusahaan kami dan berharap agar dapat bekerja sama dengan PT. Angkasa Jaya Kusuma. Sebagai bahan pertimbangan serta evaluasi, melalui surat ini kami juga melampirkan informasi tentang produk beserta daftar harganya secara lengkap.

Kami juga menawarkan diskon yang cukup besar dengan minimal pembelian (Informasi terdapat di katalog harga).

Demikian surat ini, atas perhatiannya kami mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Asep Junaidi Wiraman
Marketing Manager

Sudah Paham tentang Contoh Surat Niaga?

Sekian pembahasan tentang pengertian dan contoh surat niaga. Jadi, surat ini memang dibuat serta dikirimkan demi kepentingan bisnis. Terdapat banyak jenis surat niaga dan masing-masing jenis tersebut mempunyai fungsinya sendiri-sendiri.

Selain itu, dalam membuat surat tersebut pastikan Anda memahami strukturnya. Semoga bermanfaat.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page