14 Contoh Surat Kuasa Perwakilan beserta Fungsi dan Strukturnya

Pernah membuat contoh surat kuasa perwakilan? Ini merupakan surat yang digunakan untuk memberikan kuasa pada orang lain agar mengerjakan sesuatu atas nama pemberi kuasa. Surat tersebut memiliki beberapa jenis yang semuanya akan dibahas pada artikel ini.

Pengertian Surat Kuasa Perwakilan

Berdasarkan penjelasan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), surat kuasa mempunyai arti yaitu surat yang isinya mengenai pemberian kuasa pada orang lain. Pemberian kuasa tersebut berkenaan dengan pengurusan sesuatu.

Pengertian surat kuasa juga bisa kamu lihat pada KUHPer pasal 1792. Di situ terdapat penjelasan seputar surat kuasa yaitu perjanjian seseorang dengan orang lain di mana akan ada pemberian kuasa atau kewenangan atas namanya. Tujuannya untuk menyelesaikan urusan atau melakukan tindakan tertentu.

Sementara itu, di dalam bukunya Anti Bingung Berencana di Pengadilan dan Membuat Surat Kuasa, Lukman Santoso Az menjelaskan bahwa pemberian kuasa bisa dalam bentuk umum maupun khusus. 

Misalnya, saat seseorang memberikan kuasa khusus biasanya akan diberikan ke pihak advokat. Kuasa tersebut diberikan karena terdapat urusan atau tindakan yang penting untuk dilakukan.

Dalam pembuatan surat kuasa memang harus kamu perhatikan tentang kuasa apa yang kamu berikan. Hal tersebut untuk memperjelas agar tidak ada pertanyaan atau multitafsir dari orang yang membaca surat tersebut, khususnya orang yang kamu berikan kuasa.

Fungsi Contoh Surat Kuasa Perwakilan

Seperti penjelasan sebelumnya, surat kuasa perwakilan ini menunjukkan pemberian kuasa atau peralihan kuasa pada orang lain. Dengan begitu, orang yang mendapatkan kuasa tersebut bisa segera melakukan tindakan sesuai amanah yang diberikan.

Adapun beberapa fungsi penulisan contoh surat kuasa perwakilan antara lain

  • Memberikan kewenangan: surat tersebut berisi tentang pemberian kewenangan pada pihak lain agar melakukan tindakan atau urusan tertentu yang dilakukan dengan mengatasnamakan pemberi wewenang atau kuasa;
  • Meningkatkan efisiensi: fungsi kedua yaitu memungkinkan pemberi kuasa untuk memperoleh informasi, melakukan tanda tangan, atau menjalankan tindakan hukum tanpa perlu hadir secara langsung;
  • Menghindari masalah hukum: penulisan surat ini juga membantumu terhindar dari permasalahan umum yang bisa saja terjadi saat pemberi wewenang tidak bisa melaksanakan tindakan hukumnya sendiri;
  • Melindungi kepentingan: surat tersebut juga membantu dalam memberi perlindungan terhadap pemberi wewenang. Pihak pemberi kuasa akan mempercayakan wewenangnya ke penerima kuasa untuk menjalankan urusan atas kepentingan atau namanya; dan
  • Memudahkan urusan: surat tersebut juga memudahkan urusan pihak pemberi kuasa atau wewenang dalam menjalankan urusan dengan mengatasnamakan namanya.

Jenis Surat Kuasa Perwakilan

Mungkin kamu juga sudah menemukan beberapa contoh surat kuasa perwakilan yang tersebar di dunia maya. Akan tetapi, apakah kamu tahu bahwa surat-surat tersebut mempunyai kategorinya masing-masing? Berikut beberapa jenis surat kuasa beserta penjelasannya.

1. Surat Kuasa Khusus

Berdasarkan KUHPer pasal 1795, surat kuasa merupakan surat yang memberikan batasan wewenang maupun tugas pada satu maupun lebih orang sebagai penerima kuasa. Untuk itu, pemberian kuasa tersebut juga harus jelas di dalam menentukan tindakan apa yang diizinkan atau boleh dilakukan penerima kuasa.

2. Surat Kuasa Umum

Masih di pasal yang sama, surat kuasa umum berisi tugas apa saja yang berkaitan dengan pengurusan kepentingan dari pemberi kuasa, kecuali wewenang atau tugas yang berkenaan dengan kepemilikan.

3. Surat Kuasa Pribadi

Dokumen ini tidak mempunyai bentuk formal. Itu artinya, surat tersebut dikeluarkan individu maupun pribadi. Jadi, tujuan penulisan surat ini yaitu berkaitan dengan urusan atau kepentingan pribadi seperti pengambilan dokumen, barang, dan sebagainya.

4. Surat Kuasa Resmi

Jenis surat kuasa perwakilan berikutnya yaitu surat kuasa resmi. Surat yang termasuk dokumen formal ini umumnya dikeluarkan oleh organisasi, perusahaan, maupun lembaga pemerintahan. Tujuannya berkaitan dengan perjalanan dinas maupun menghadiri kegiatan tertentu atas nama organisasi, instansi, atau perusahaan.

5. Surat Kuasa Insidentil

Kata “insidentil” dapat kamu tafsirkan sebagai surat yang penulisannya berdasarkan peristiwa atau insiden tertentu. Umumnya, surat tersebut dibuat serta diberikan oleh pihak pemberi maupun pihak penerima yang masih mempunyai hubungan darah.

Sederhananya saat memberikan kuasa atau wewenang untuk berbicara di pengadilan pasca mendapatkan izin ketua pengadilan. Nanti pihak yang memperoleh kuasa bukan bertindak pengacara serta tidak memperoleh imbalan dari pihak pemberi wewenang. Contoh surat ini sebenarnya hampir sama dengan surat kuasa khusus.

Struktur dalam Contoh Surat Kuasa Perwakilan

Setelah mengetahui penjelasan tentang pengertian, jenis, serta fungsinya, lalu bagaimana cara membuat surat tersebut? Berikut beberapa bagian penting yang harus ada saat kamu menulis contoh surat kuasa perwakilan.

1. Judul

Seperti yang kamu tahu kebanyakan surat yang dibuat pasti mempunyai judul. Terkadang melalui judul kamu bisa tahu tujuan atau maksud dari surat kuasa tersebut.

Pada surat kuasa ini, umumnya di bagian judul akan tertulis “Surat Kuasa”. Akan tetapi, ada beberapa contoh surat kuasa perwakilan yang penulisan judulnya sedikit lebih panjang seperti “Surat Kuasa untuk Pengambilan STNK”. Jadi, saat kamu menulis surat kuasa maka pastikan kamu mencantumkan judulnya.

2. Kalimat Pembuka

Setelah kamu menulis judul, biasanya akan dilanjut dengan kalimat pembuka. Untuk penulisan kalimatnya bermacam-macam. Salah satunya “Saya yang bertanda tangan di bawah ini”.

Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan identitas, waktu, serta tempat surat tersebut kamu buat. Dengan begitu, akan semakin jelas mengenai surat kuasa yang kamu buat tersebut meskipun sebenarnya hal ini sifatnya opsional. Kuncinya harus ada kalimat pembuka.

3. Identitas Pemberi Kuasa

Ketika salam pembuka telah kamu tulis, maka selanjutnya yaitu penulisan identitas pemberi kuasa. Umumnya surat kuasa tersebut akan mencantumkan identitas dari pemberi kuasa seperti nama, alamat, NIK, dan lain-lain.

4. Identitas Penerima Kuasa

Informasi berikutnya yang juga harus kamu cantumkan yaitu identitas penerima kuasa. Sama pada penjelasan sebelumnya, di surat kuasa perwakilan juga mencantumkan informasi tentang nama, alamat, tanggal lahir, NIK, dan lain-lain dari penerima kuasa.

5. Pemberian Sifat Kuasa

Contoh surat kuasa perwakilan dapat kamu bedakan melalui sifat kuasa yang diberikan. Pada poin kelima inilah biasanya orang akan tahu jenis surat kuasa yang ditulis, apakah surat tersebut merupakan surat kuasa khusus atau umum.

6. Perbuatan yang Dikuasakan

Struktur lainnya pada surat kuasa yaitu harus ada informasi atau keterangan tentang perbuatan yang dikuasakan. Jadi, saat orang atau penerima kuasa membacanya maka terlihat jelas tindakan atau wewenang apa yang dibebankan oleh penerima kuasa. 

Berdasarkan ketentuan pada KUHPer, ada beberapa syarat sahnya surat kuasa yaitu kesepakatan, hal tertentu, kecakapan, dan sebab yang diperbolehkan.

7. Klausul Hak Retensi

Umumnya, klausul hak retensi ini dicantumkan untuk surat kuasa dengan keperluan penagihan utang. Pengertian hak retensi yaitu hak penerima kuasa untuk menahan benda atau barang dari pemberi kuasa.

Penahanan tersebut dilakukan karena pemberi kuasa tidak mampu melunasi utangnya. Kapan batas penahanan barang tersebut? Setidaknya sampai pemberi kuasa melunasi semua utang atau tanggungannya.

8. Pemberi Hak Substitusi

Struktur dalam contoh surat kuasa perwakilan yang kedelapan yaitu pemberian hak substitusi. Hak tersebut maksudnya yaitu pemberian kuasa dapat dilimpahkan atau dialihkan melalui surat kuasa substitusi maupun tidak.

Biasanya akan tertera informasi seperti “kuasa ini diberikan berdasarkan hak substitusi”. Klausul tersebut bisa kamu cantumkan atau tidak alias sifatnya opsional. Tinggal merujuk pada kesepakatan antara pemberi kuasa dengan penerima kuasa.

9. Penutup

Struktur yang terakhir pada penulisan surat kuasa perwakilan yaitu penutup. Untuk penulisan kalimat penutup bermacam-macam karena setiap orang mempunyai preferensi yang berbeda-beda.

Namun umumnya seperti “Demikian surat ini dibuat untuk dimanfaatkan dengan itikad baik serta digunakan sebagaimana mestinya”. Kamu juga bisa berkreasi dengan kalimat penutup sesuai seleramu asalkan menunjukkan bahwa bagian tersebut merupakan kalimat penutup.

Cara Membuat Surat Kuasa Perwakilan

Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan saat kamu ingin membuat contoh surat kuasa perwakilan.

  • Saat membuat surat kuasa perwakilan untuk perseorangan, kamu tidak harus menuliskan nomor surat kuasa.
  • Untuk surat kuasa pengambilan iuran dan gaji anggota tidak harus menggunakan materai.
  • Surat kuasa kedinasan atau instansi harus terdapat materai.
  • Yang memberi maupun menerima kuasa merupakan orang dewasa dengan kondisi sehat jasmani maupun rohani.
  • Surat kuasa diberikan ke orang yang bisa dipercaya.
  • Surat kuasa harus tertera tempat serta tanggal penerbitan surat kuasa.
  • Sementara itu, surat kuasa akan dianggap sah ketika sudah ada tanda tangan dari kedua pihak yaitu penerima serta pemberi kuasa.

Kumpulan Contoh Surat Kuasa Perwakilan Berbagai Keperluan

Setiap surat kuasa perwakilan memiliki tujuannya masing-masing. Berikut beberapa contohnya.

1. Contoh Surat Kuasa Perwakilan untuk Urusan Bank

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Mukhammad Akbar Tanjung Faisal
Tempat, tanggal lahir: Bangkalan, 30 April 1980
No. KTP: 3536383838383939
Pekerjaan: Guru
Alamat: Jl Raya Pahlawan Segalanya, No. 27, Kecamatan Maju Mundur, Kota Mundur Maju

Dengan ini telah memberikan kuasa secara penuh pada:

Nama: Nikolas Batu Bara
Tempat, tanggal lahir: Batam, 15 Desember 1989
No. KTP: 718193791
Alamat: Jl. Raya Pahlawan Segalanya, No. 20, Kecamatan Maju Mundur, Kota Mundur Maju

Untuk melakukan pengambilan uang pada rekening Bank Mandiri dengan nomor 1440191818919 dengan atas nama Mukhammad Akbar Tanjung Faisal, serta melakukan tanda tangan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Demikian surat kuasa perwakilan ini saya buat. Saya mengucapkan terima kasih.

Bangkalan, 20 April 2023

Pemberi Kuasa                                                      Penerima Kuasa

(Materai 10.000)

Mukhammad Akbar Tanjung Faisal                    Nikolas Batu Bara

2. Contoh Surat Kuasa Perwakilan untuk Tarik Uang

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Agung Faisal Prasetyo
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 30 Mei 1990
No. KTP: 6354191083
Pekerjaan: Karyawan swasta
Alamat: Jl Raya Bung Anggrek, No. 7, Kecamatan Budi Luhur, Kota Luhur Budi

Dengan ini telah memberikan kuasa secara penuh pada:

Nama: Rizka Maulidina Safitri
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 1 Desember 1994
No. KTP: 31830184910
Alamat: Jl Raya Bung Anggrek, No. 17, Kecamatan Budi Luhur, Kota Luhur Budi

Untuk melakukan pengambilan uang pada rekening Bank BRI dengan nomor 3616161871 dengan atas nama Agung Faisal Prasetyo, serta melakukan tanda tangan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Demikian surat kuasa perwakilan ini saya buat. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Bangkalan, 29 April 2023

Pemberi Kuasa                                                      Penerima Kuasa

(Materai 10.000)

Agung Faisal Prasetyo                                          Rizka Maulidina Safitri

3. Contoh Surat Kuasa Perwakilan untuk Ambil Tunai

SURAT KUASA

Denpasar, 19 April 2023

Saya yang bertanda tangan sebagai pihak I:

Nama: Michael Owen
Tempat, tanggal lahir: Denpasar, 16 Juni 1991
No. KTP: 617191719101
Alamat: Jalan Raya Tanaman Apel, No. 15, Kecamatan Suka, Kabupaten Sigi

telah memberikan kuasa pada pihak II yaitu:

Nama: Jamie Carragher
Tempat, tanggal lahir: Denpasar, 10 Januari 1992
No. KTP: 6178901648291
Alamat: Jalan Raya Tanaman Apel, No. 10, Kecamatan Suka, Kabupaten Sigi

Melalui surat ini, Pihak I telah memberikan kuasa atau kewenangan pada Pihak II untuk melakukan pengambilan uang tunai sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) di rekening Bank BNI dengan nomor rekening 988877 atas nama Michael Owen.

Segala risiko yang nanti terjadi merupakan tanggung pemberi kuasa (Pihak I). Demikian surat tersebut agar dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Terima kasih.

Bangkalan, 19 April 2023

Pemberi Kuasa                                                Penerima Kuasa

(Materai 10.000)

Michael Owen                                                 Jamie Carragher 

4. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Pengambilan Ijazah

SURAT KUASA UNTUK PENGAMBILAN IJAZAH

Yang bertanda tangan:

Nama: Iqbal Ramadhan
Tempat, tanggal lahir: Surabaya 1 Agustus 2005
Alamat: Jalan Sidomulyo No. 21, Kecamatan Anggrek Timur, Kota Surabaya
Nomor Induk Siswa: 202288

telah memberikan kuasa pada:

Nama: Andi Prasetya
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 10 Februari 2005
Alamat: Jalan Sidomulyo No. 17, Kecamatan Anggrek Timur, Kota Surabaya
Nomor Induk Siswa: 202299

Untuk melakukan pengambilan ijazah beserta transkrip nilai. Jika di kemudian hari terjadi kesalahan dan sejenisnya, maka ini merupakan tanggung jawab saya secara sepenuhnya.

Demikian surat kuasa perwakilan ini saya buat agar dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 20 Mei 2022

Pemberi Kuasa                                                      Penerima Kuasa

(Materai 10.000)

Iqbal Ramadhan                                                    Andi Prasetya

5. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Pengambilan STNK

SURAT KUASA UNTUK PENGAMBILAN STNK

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Andika Saputra
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 5 Februari 1991
Alamat: Jalan Raya Maju Jaya Nomor 21, Kecamatan Misu, Kota Surabaya
No. KTP: 6817636360001

Selanjutnya disebut pihak Pemberi Kuasa

Memberikan kuasa secara penuh pada:

Nama: Riski Mukmin
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 15 Maret 1992
Alamat: Jalan Raya Maju Jaya Nomor 21, Kecamatan Misu, Kota Surabaya
No. KTP: 68188999001

Selanjutnya disebut pihak Penerima Kuasa

Untuk serta atas nama dari Pemberi Kuasa agar melakukan pengambilan STNK dengan atas nama Mukhammad Andika Saputra.

Demikian surat kuasa perwakilan ini kami buat secara benar untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 30 Juni 2022

Pemberi Kuasa                                                    Penerima Kuasa

(Materai 10.000)                                                  
Andika Saputra                                                    Riski Mukmin

6. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Memperpanjang STNK Motor

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Dendi Setiawan Jaya Kusuma
Tempat/tanggal lahir: Bekasi, 22 April 1991
Alamat: Jalan Bunga Anggrek Semerbak No. 22, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan
Pekerjaan: Karyawan Bank
Kewarganegaraan: Indonesia
No. KTP: 981911736464
Tanggal KTP: 22 Januari 2017

Selaku pihak pemberi kuasa dan dengan ini telah memberikan kuasa pada:

Nama: Handoko Prasetya Ramadhan
Tempat/tanggal lahir: Pamekasan, 10 Januari 1993
Alamat: Jalan Bunga Mawar Merah No. 11, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan
Pekerjaan: Karyawan Bank
Kewarganegaraan Indonesia:
No. KTP: 61716181010
Tanggal KTP: 23 September 2017

KHUSUS

Secara khusus serta atas nama dari pihak Pemberi Kuasa untuk melakukan pengajuan perpanjangan STNK motor hingga selesai di instansi yang berwenang. Untuk spesifikasi kendaraannya sebagai berikut:

Merek/Tipe: LLAKCOLNU
Nomor Polisi: B 1100 KM
Alamat Pemilik: Jalan Bunga Anggrek Semerbak No. 22, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan
Mode Kendaraan: Honda Scoopy 110
Tahun Pembuatan: 2017
Isi Silinder: 118
Warna: Merah Metalik
Nomor Rangka: LLAXXXXXXXXXXXX
Nomor Mesin: KCOLNUXXXXXXXXXX

Dengan maksud, tujuan, serta menggunakan syarat dan ketentuan yang telah dianggap baik oleh pihak Penerima Kuasa.

Terkait hal ini, menghadap di mana pun serta di hadapan siapa pun, memberikan wewenang untuk menandatangani, membuat serta menyerahkan seluruh surat, formulir, permohonan, dan surat-surat lainnya, memberikan keterangan, membuat surat yang disyaratkan atau dibutuhkan instansi terkait agar mendapatkan pengesahan sesuai peraturan yang berlaku. Singkatnya, melakukan serta mengerjakan tindakan/perbuatan apa saja yang dibutuhkan maupun disyaratkan untuk mendapatkan pengesahan dari instansi terkait, serta untuk tujuan tersebut tidak ada pengecualian.

Bekasi, 22 April 2023

Pemberi Kuasa,                                                     Penerima Kuasa

(Materai 10.000)                                                  
Handoko Prasetya Ramadhan                              Dendi Setiawan Jaya Kusuma

7. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Memperpanjang STNK Mobil

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Mukhammad Andika Pratama S.
Tempat/tanggal lahir: Bangkalan, 2 Agustus 1985
Alamat: Jalan Bunga Anggrek Semerbak No. 22, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan
Pekerjaan: Karyawan Perusahaan
Kewarganegaraan: Indonesia
No. KTP: 6576919101010111
Tanggal KTP: 22 Januari 2017

Selaku pihak pemberi kuasa dan dengan ini telah memberikan kuasa pada:

Nama: Mukhammad Hamdan T
Tempat/tanggal lahir: Pamekasan, 10 Januari 1980
Alamat: Jalan Bunga Raflesia Merah No. 1, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan
Pekerjaan: Karyawan Bank
Kewarganegaraan Indonesia:
No. KTP: 716102830380182
Tanggal KTP: 1 Januari 2017

KHUSUS

Secara khusus serta atas nama dari pihak Pemberi Kuasa untuk melakukan pengajuan perpanjangan STNK motor hingga selesai di instansi yang berwenang. Untuk spesifikasi kendaraannya sebagai berikut:

Merek/Tipe: RAPIDFIRE
Nomor Polisi: M 1234KM
Alamat Pemilik: Jalan Bunga Melati Putih No. 22, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan
Mode Kendaraan: Honda Jazz
Tahun Pembuatan: 2017
Isi Silinder: 118
Warna: Putih
Nomor Rangka: RAPIDXXXXXXXXXXXX
Nomor Mesin: FIREXXXXXXXXXX

Dengan maksud, tujuan, serta menggunakan syarat dan ketentuan yang telah dianggap baik oleh pihak Penerima Kuasa.

Terkait hal ini, menghadap di mana pun serta di hadapan siapa pun, penerima kuasa memiliki wewenang untuk menandatangani, membuat serta menyerahkan seluruh surat, formulir, permohonan, dan surat-surat lainnya, memberikan keterangan, membuat surat yang disyaratkan atau dibutuhkan instansi terkait agar mendapatkan pengesahan sesuai peraturan yang berlaku. Singkatnya, melakukan serta mengerjakan tindakan/perbuatan apa saja yang dibutuhkan maupun disyaratkan untuk mendapatkan pengesahan dari instansi terkait, serta untuk tujuan tersebut tidak ada pengecualian.

Bekasi, 1 Juli 2023

Pemberi Kuasa,                                                    Penerima Kuasa

(Materai 10.000)                                                   
Mukhammad Andika Pratama S.                         Mukhammad Hamdan T

8. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Pengambilan BPKB

SURAT KUASA UNTUK PENGAMBILAN BPKB

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Wendi Saputra
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 5 Februari 1991
Alamat: Jalan Raya Muki Nomor 21, Kecamatan Maju, Kota Surabaya
No. KTP: 6817636360001

Selanjutnya disebut pihak Pemberi Kuasa

Memberikan kuasa secara penuh pada:

Nama: Riski Amir
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 15 Maret 1992
Alamat: Jalan Raya Muki Nomor 21, Kecamatan Maju, Kota Surabaya
No. KTP: 68188999001

Selanjutnya disebut pihak Penerima Kuasa

Untuk serta atas nama dari Pemberi Kuasa agar melakukan pengambilan BPKB atas nama Mukhammad Andika Saputra.

Demikian surat kuasa perwakilan ini kami buat secara benar untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 5 Mei 2022

Pemberi Kuasa                                                   Penerima Kuasa

(Materai 10.000)                                                  
Wendi Saputra                                                    Riski Amir

9. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Perpanjangan STNK 5 Tahun

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Ahmad Rizaul Ramadhan
Tempat/tanggal lahir: Jakarta Timur, 5 Mei 1991
Jenis Kelamin: Laki-laki
Alamat: Jl. Raya Bunga Mawar Merah Nomor. 1, Jakarta Timur
Pekerjaan: Kepala Cabang di PT. Indah Kusuma Jaya

(Selanjutnya disebut sebagai pihak “Pemberi Kuasa”)

Dengan ini telah memberikan kuasa pada:

Nama: Sintya Dewi
Tempat/tanggal lahir: Jakarta Timur, 1 Desember 1994
Jenis Kelamin: Perempuan
Alamat: Jl. Raya Bunga Melati Putih Nomor. 5, Jakarta Timur
Pekerjaan: Sekretaris Kepala Cabang di PT. Indah Kusuma Jaya

(Selanjutnya disebut sebagai pihak “Penerima Kuasa”)

KHUSUS

Untuk melakukan pengajuan permohonan serta pengurusan perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) hingga selesai pada instansi terkait. Adapun spesifikasinya sebagai berikut:

Nomor Polisi: B 9119 AB
Nama Pemilik: Ahmad Rizaul Ramadhan
Merek/Tipe: Daihatsu Xenia/Manual
Tahun Pembuatan: 2008
Nomor Rangka: ABCDXXXXXXXXXX
Nomor Mesin: DEFGXXXXXXXX

Demikian surat ini dibuat dan agar digunakan sebagaimana kuasa yang diberikan. Terima kasih.

Surabaya, 26 April 2023

Pemberi Kuasa,                                                     Penerima Kuasa

(Materai 10.000)                                                   
Ahmad Rizaul Ramadhan                                     Sintya Dewi

10. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Pengambilan Barang

SURAT KUASA UNTUK PENGAMBILAN BARANG

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Agung Wicaksono Ramadhan
Tempat, tanggal lahir: Jombang, 15 Maret 1989
Alamat: Jl. Raya Sido Dadi Nomor 13, Kecamatan Abadi Jaya, Kota Jombang
Pekerjaan: Manager Trainee

(selanjutnya merupakan Pihak I)

telah memberikan kuasa pada:

Nama: Mukhammad Abdul Rozak
Tempat tanggal lahir: Jombang 27 April 1992
Alamat: Jl. Raya Sido Dadi Nomor 13, Kecamatan Abadi Jaya, Kota Jombang
Pekerjaan: Pegawai Swasta

(selanjutnya merupakan pihak II)

Pihak I telah memberikan kuasa atau wewenangnya pada Pihak II untuk melakukan pengambilan barang di JNT Express yang berlokasi di Jl. Raya Sido Dadi Nomor 1, Kecamatan Abadi Jaya, Kota Jombang. Adapun barang tersebut berupa 2 buah smartphone Samsung A53.

Demikian surat kuasa perwakilan ini dan atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

Jombang, 29 April 2023

(tanda tangan dan materai 10.000)

Agung Wicaksono Ramadhan

11. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Kedinasan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang
Alamat: Jl. Raya Ir. H. Mukhammad Toyyib Nomor. 11, Kec. Mulyo

SURAT KUASA
Nomor: 81/SKPK/IV/2023

Yang bertanda tangan di bawah ini sekaligus menjadi Pihak Pertama:

Nama: Mukhammad Zainal Arifin
Instansi: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang
Jabatan: Kepala Dinas
Alamat: Jl. Pohon Kurma Arab No. 15, Kecamatan Sido Agung, Kabupaten Malang
Nomor HP: 08766171831

telah memberikan kuasanya kepada Pihak Kedua:

Nama: Ismed Sofiyan
Instansi: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang
Jabatan: Pegawai Fungsional
Alamat: Jalan Raya Maha Meru No. 44, Kabupaten Malang
Nomor HP: 089871819101

Pihak Pertama memberikan wewenang ke Pihak Kedua untuk aktivasi serta pencairan dana bantuan yang diperoleh dari pemerintah pusat. Pihak Kedua juga diberikan kewenangan untuk membagikan dana tersebut kepada instansi TK-SMP di wilayah Kabupaten Malang.

Demikian surat kuasa perwakilan ini agar dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Malang, 29 Mei 2022

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kepala Dinas

Mukhammad Zainal Arifin

12. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Pengambilan BPKB Mobil

SURAT KUASA UNTUK PENGAMBILAN BPKB

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Mukhammad Aqilah Alfarisi
Alamat: Jl. Ken Arok No. 55, Kecamatan Ken Dedes, Kabupaten Jepara
No. KTP: 765678101981
No. Telp: 081290028111
Selanjutnya ditetapkan sebagai pihak Pemberi Kuasa

Dengan ini telah memberikan kuasa pada:

Nama: Ahmad Anton Sugiyanto
Alamat: Jl. Ken Arok No. 20, Kecamatan Ken Dedes, Kabupaten Jepara
No. KTP: 6771818111
No. Telp: 08765555511111
Selanjutnya ditetapkan sebagai pihak Penerima Kuasa

Melalui surat ini, Pemberi Kuasa telah memberikan kuasa pada Penerima Kuasa untuk mengambil BPKB di Dealer Asia Surya Daihatsu Cabang Jepara dengan rincian sebagai berikut:

  • Nama BPKB: Mukhammad Aqilah Alfarisi
  • Nomor Polisi: K1781UC
  • Nomor Rangka: MHXXXXXXXXXXXXX
  • Nomor Mesin: KHXXXXXXXXXX
  • Tipe Unit: S71US-PIABFJK KA

Demikian surat kuasa perwakilan ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Surat tersebut juga harap dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Jepara, 20 April 2023

Pemberi Kuasa                                                       Penerima Kuasa

(Materai 10.000)                                                  
Mukhammad Aqilah Alfarisi                                    Ahmad Anton Sugiyanto

13. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Perusahaan

PT. Agung Laksono Agung
Jl. Putra Bangsa Indonesia Nomor. 10, Gading Rejo, Jawa Barat
Telp (0267) 817189 Fax (0267) 919718

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan:

Nama: Angga Dwi Cahyono
Jabatan: Plant General Manager
Nama Perusahaan: PT. Agung Laksono Agung
Alamat: Jalan Raya Putra Terbaik Indonesia RT 003 RW 002, Kec. Gading Rejo, Jawa Barat

Bertindak serta atas nama PT. Agung Laksono Agung yang berlokasi di Jl. Putra Bangsa Indonesia Nomor. 10, Gading Rejo, Jawa Barat.

Melalui surat ini telah memberikan kuasa secara penuh pada:

Nama: Slamet Puji Astuti
NIK: 45178919180001
Alamat Tinggal: Jalan Raya Bunga Mawar No. 10, Kec. Gading Rejo, Jawa Barat

Untuk melakukan pengambilan Surat Izin Pemanfaatan Air dengan atas nama PT. Agung Laksono Agung dengan nomor pendaftaran: 098882822627282

Demikian surat kuasa perwakilan ini saya buat agar dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

Dibuat di: Gading Rejo
Tanggal: 30 April 2023

Pemberi Kuasa                                                       Penerima Kuasa

(Materai 10.000)                                                  
Angga Dwi Cahyono                                             Slamet Puji Astuti

14. Contoh Surat Kuasa Perwakilan Ahli Waris

SURAT KUASA

Kami yang bertanda tangan sekaligus merupakan ahli waris almarhum H. Rosidi Dwi Angga.

1. Nama lengkap: Mukhammad Agung Laksono
Nomor KTP: 35167839890001
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 1 Mei 1990
Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil
Hubungan dengan almarhum: anak kandung
Alamat lengkap: Jalan Bunga Melati Nomor 15, Kec. Mangga Dua, Kota Surabaya

2. Nama lengkap: Siti Rizkiyah Dewi
Nomor KTP: 3514160808920001
Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 2 Juni 1989
Pekerjaan: Guru
Hubungan dengan almarhum: anak kandung
Alamat lengkap: Jalan Bunga Melati Nomor 15, Kec. Mangga Dua, Kota Surabaya

3. Nama lengkap: Angga Ardiansyah Putra
Nomor KTP: 3514160910940001
Pekerjaan: Manager Trainee
Hubungan dengan almarhum: anak kandung
Alamat lengkap: Jalan Bunga Melati Nomor 15, Kec. Mangga Dua, Kota Surabaya

(selanjutnya merupakan pihak Pemberi Kuasa)

Melalui surat ini, Pemberi Kuasa memberikan kuasa pada:

Nama lengkap: Nicolas Andrea Pirlo
Nomor KTP: 351416170887
Pekerjaan: Guru
Hubungan dengan almarhum: keponakan

Yang selanjutnya disebut Penerima Kuasa

Pemberi Kuasa menyatakan memberi wewenang ke Penerima Kuasa untuk pengurusan pembagian harta waris peninggalan Bapak H. Rosidi Dwi Angga yang meninggal pada 16 April 2023.

Untuk peninggalan almarhum yang dimaksud yaitu:

  • Sebidang tanah serta rumah di atasnya dengan SHM (Sertifikat Hak Milik) nomor 81811811010 atas nama H. Rosidi Dwi Angga.
  • Luas tanah adalah 1000 m² sementara rumahnya seluas 750 m². 
  • Tanah beserta rumah tersebut lokasinya di Jl. Veteran Pahlawan No. 17, Kec. Mangga Dua, Kota Surabaya.

Adapun batas-batas tanah serta rumah tersebut yaitu di sebelah barat adalah Rumah Bpk. Anton, sebelah timur Rumah Bpk. H. Deni, sebelah utara adalah Indomaret, dan di sebelah selatan adalah rumah Bpk. Yono.

Kami juga telah memberikan kuasa pada Penerima Kuasa untuk melakukan tanda tangan Akta Jual Beli Tanah, membuat bukti pembayaran (kuitansi), menerima uang pembayaran, melakukan tindakan hukum berkaitan dengan harta warisan, dan melakukan tindakan lain jika diperlukan.

Demikian surat kuasa perwakilan ini kami buat. Atas perhatiannya, kami menyampaikan terima kasih.

Dibuat di: Surabaya
Pada tanggal: 1 Mei 2023

Pemberi Kuasa I           Pemberi Kuasa II        Pemberi Kuasa III

Nama lengkap                Nama lengkap             Nama lengkap

Materai 10.000               Materai 10.000           Materai 10.000

Penerima Kuasa

Nama lengkap

Saksi I                                                                     Saksi II

Nama lengkap                                                        Nama lengkap

Lurah Desa                                                             Camat Kecamatan

Nama lengkap dan stempel                                   Nama lengkap dan stempel

Sudah Paham Contoh Surat Kuasa Perwakilan?

Sekian informasi tentang berbagai contoh surat kuasa perwakilan sesuai keperluan. Sebenarnya masing-masing surat mempunyai format yang hampir sama. Hal yang membedakannya adalah tujuan dari surat tersebut. Jadi, saat kamu membuat surat ini, pastikan tujuan yang kamu cantumkan jelas. Semoga bermanfaat.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page