Mengenal Pendiri KFC Pertama dan Kisah Inspiratifnya

KFC atau Kentucky Fried Chicken merupakan salah satu gerai makanan paling populer di dunia dengan ratusan gerai di hampir setiap negara. Kolonel Sanders merupakan sosok pengembang tempat makan cepat saji yang terkenal dengan ayam goreng renyah ini. Yuk, simak untuk mengenal pendiri KFC lebih dalam!

Biografi Pendiri KFC

Colonel Sanders
Colonel Sanders | Sumber Gambar: Snopes

Kolonel Sanders atau Harland Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Beliau merupakan anak tertua dari pasangan Wilbur David dan Margaret Ann Sanders.

Keluarga Sanders sebenarnya cukup kesulitan akan masalah ekonomi. Sang Ayah bekerja di salah satu perkebunan dan sesekali menambah penghasilan dengan bekerja di tukang daging. Sedangkan ibunya bekerja sebagai ibu rumah tangga, mengasuh dan merawat Sanders beserta kedua adiknya.

Namun, di usia enam tahun, sang Ibu harus mencari pekerjaan di luar rumah untuk membantu sang ayah memenuhi kebutuhan keluarganya. Ini terjadi karena di tahun 1895, sang Ayah meninggal dunia karena sakit. 

Hal tersebut juga menjadi masa sulit untuk sang pendiri KFC. Karena beliau harus bisa menggantikan posisi ibunya untuk menjaga kedua adiknya yang masih kecil.

Sanders sudah terbiasa memasak karena sudah melakukannya sejak kecil. Jadi, beliau merasa dirinya punya kemampuan memasak yang baik. Sanders bisa memasak berbagai macam masakan dan menggunakan pisau serta peralatan dapur lainnya dengan baik dan terampil untuk anak seusianya.

Ibunya pun menikah lagi ketika beliau berusia 12 tahun. Namun, Sanders tak akur dengan ayah tirinya dan membuat prestasi akademiknya mulai menurun. Sanders kemudian meninggalkan sekolah dan meninggalkan rumah pada usia 13 tahun, saat ia duduk di bangku kelas tujuh sekolah menengah. 

Agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, beliau melakukan pekerjaan serabutan. Pada usia 14 tahun, Sanders pindah ke Indiana Selatan dan bekerja di pertanian Sam Wilson. 

Setelah mendapat persetujuan dari ibunya, Sanders dan pamannya pun berangkat ke New Albany Indiana pada tahun 1906. Pamannya bekerja di perusahaan trem dan Sanders sebagai kondektur. Sejak saat itu pula Sanders mengalami beberapa kali pergantian pekerjaan dan teru berpindah-pindah tempat.

Awal Mula Pendiri KFC Pindah ke Kentucky

Sanders mengalami berbagai kegagalan saat bekerja dan sudah mencoba berbagai pekerjaan sepanjang hidupnya. Sanders pernah menjadi agen asuransi dan bahkan penjual ban. Positifnya, Kolonel Sanders tidak pernah menyerah meski mengalami kegagalan. 

Hingga pada akhirnya beliau mulai bekerja di sebuah pom bensin di Kentucky pada tahun 1930. Sanders juga mulai menawarkan berbagai makanan kepada pengunjung. Beliau memanfaatkan keahlian memasak yang sudah ada sejak kecil untuk usahanya tersebut.

Kemudian, Kolonel Sanders menciptakan hidangan ayam goreng yang luar biasa pada tahun 1939. Ayam bisa terasa lezat jika diolah dengan “11 bumbu rahasia” dan digoreng dalam panci bersuhu tinggi.

Harland Sanders sadar betul bahwa pelanggan restorannya sangat menyukai ayam gorengnya. Beliau kemudian berusaha mengembangkan kembali resep ayam goreng tersebut dan menjadikannya sebuah perusahaan.

Sanders menghabiskan waktu kurang lebih 1 tahun untuk melakukan berbagai jenis uji coba resep ayam goreng dengan modal yang beliau miliki saat itu. Akhirnya, beliau berhasil menyelesaikan resep rahasia menggoreng ayam agar lezat, enak, dan segar pada tahun 1940.

Karena menu Sanders yang begitu enak, Gubernur Kentucky saat itu bahkan menganugerahkan gelar Kolonel kepadanya. Ini merupakan gelar tertinggi dari pemerintah pada seseorang.

Colonel Sanders Mengalami Kebangrutan

Setelah beberapa tahun, tata letak Kota Kentucky mulai berubah. Akibatnya, restoran Sanders tidak lagi strategis dan kesulitan menarik perhatian orang. Inilah salah satu alasan dia merasa perlu menjual restoran tersebut dalam lelang terbuka dengan harga yang relatif rendah, yaitu 70.000 dolar. 

Jumlah uang tersebut bahkan tidak cukup untuk menutupi seluruh utangnya. Ketika Perang Dunia II pecah pada bulan Desember 1942 dan menimbulkan kekacauan, pendiri KFC inipun menutup restoran dan berganti pekerjaan di industri restoran beberapa kali.

Beliau sebenarnya mencoba menjual resep ayam goreng ala KFC ke restoran di wilayah Outta Amerika Serikat. Sanders berusaha memberikan resep atas penemuannya. Meski saat itu sudah lanjut usia dan menderita rematik, Sanders langsung turun ke pasar untuk mempromosikan jualan ayam KFC miliknya.

Bahkan Sanders sesekali tertidur di dalam mobil saat berkendara ke hotel. Sanders hanya mampu memuaskan lima restoran selama dua tahun ia menciptakan resepnya. Resep ayamnya kebanyakan kerap diejek dan tertolak.

Sanders menerima hampir 1.000 penolakan selama dua tahun perjalanannya. Namun, keyakinan bahkan dirinya akan berhasil jika terus mencoba tidak bisa tergoyahkan.

Mulai Mengembangkan Franchise KFC

Logo KFC
Logo KFC | Sumber Gambar: blog.logomyway

Kehidupan pendiri KFC berada di titik terendah ketika beilai harus menceraikan istrinya. Namun, Sanders belum menyerah dan kembali membangun restoran pada usia hampir 60 tahun, menawarkan resep rahasianya untuk menjadi franchise.

Kolonel Sanders menjual franchise Kentucky Fried Chicken pertama kepada Pete Harman dari South Lake Utah pada tahun 1952, setelah melalui perjalanan panjang dan banyak penolakan. Konsep waralaba KFC sukses dan terjual pada tahun 1964.

Pada usia 75 tahun, bisnis KFC telah berkembang menjadi restoran dengan perluasan cabang yang luas. Sanders mampu meraih kesuksesan KFC meski usianya sudah lanjut. Hal tersebut memaksanya untuk menyesuaikan diri dengan kondisi tubuhnya yang sudah tua dengan menjual bisnis waralabanya.

Namun, Sanders masih berupaya mempromosikan KFC di banyak negara pada usia 80 tahun. Padahal, kekayaannya saat itu sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Beliau tetap mengunjungi gerai KFC di berbagai daerah bahkan negara untuk memberikan motivasi, promosi, dan inspeksi.

Sayangnya, Sanders didiagnosis menderita leukemia pada tahun 1980. Beliau pun meninggal pada tanggal 6 Desember 1980, di usia ke 90 tahun. Sanders meninggal di sebuah rumah sakit Yahudi di Louisville, Kentucky, dan kemudian dimakamkan di Pemakaman Cave Hill. 

Setelah Sanders meninggal pada tahun 1982, bisnis waralaba KFC menjadi bagian perusahaan Reynolds. Lalu, pada tahun 1986, perusahaan Pepsi Cola membeli KFC seharga $850 juta.

Jumlah restoran ayam goreng ini kemudian mencapai 9.000 pada tahun 1995. Sementara itu, staf restoran mencapai tujuh ratus lima puluh ribu orang di 92 negara di seluruh dunia.

Kisah perjalanan karir Sanders tentu saja menginspirasi banyak orang. Bisa jadi orang-orang saat itu meremehkan Sanders karena usianya yang dianggap terlalu tua untuk bisa meraih kesuksesan. Namun lihatlah, pada akhirnya Sanders sukses dan menorehkan banyak prestasi di masa tuanya.

Baca Juga : Mengenal Sosok Pendiri Shopee, Pemilik E-Commerce Kaya

Sudah Tahu Bagaimana Perjalanan Pendiri KFC?

Kita sudah mengetahui dari pembahasan sebelumnya bahwa pendiri KFC mengalami lebih dari 1000 penolakan. Tak hanya itu, Sanders bahkan selalu gagal dalam setiap jalur karir yang dijalaninya sejak muda. Namun, apakah beliau menyerah dan berhenti berusaha? Tentu saja tidak.

Jika beliau menyerah, kita justru tidak akan bisa menikmati ayam lengendari dari KFC seperti sekarang. Lewat kisah Sanders, kamu bisa memahami bahwa untuk kegagalan adalah proses untuk mencapai kesuksesan. Tidak pernah ada kata terlambat berapapun usia kamu saat ini.

Kapanpun kamu ingin memulai usaha, maka usahakan semaksimal mungkin. Tidak perlu memikirkan omongan orang lain yang menyakiti hati. Justru jadikan hal tersebut sebagai cambuk penyemangatmu. Bagaimana, kamu masih memiliki keinginan untuk menyerah dalam usahamu?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page