Ikan Ayam Ayam: Morfologi, Klasifikasi, Habitat, dan 7 Manfaatnya

Ikan ayam ayam merupakan ikan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain karena dagingnya yang memiliki tekstur seperti daging ayam, ikan ini juga memiliki kandungan gelatin. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun tidak banyak orang mengenal jenis ikan ini. 

Morfologi Ikan Ayam Ayam

Starry Triggerfish
Starry Triggerfish | Sumber Gambar: majalahikan.com

Ikan ayam ayam atau Starry triggerfish memiliki nama ilmiah Abalistes stellatus. Starry triggerfish adalah ikan laut yang termasuk dalam keluarga Balistidae

Ikan ini memiliki warna dasar yang dominan yaitu abu-abu atau cokelat.  Tubuh ikan Starry Triggerfish memiliki bintik-bintik kecil berwarna biru atau putih. 

Bintik bintik ini memberikan kesan seperti bintang, sehingga nama “starry” disematkan pada nama ikan ini. Selanjutnya, Starry Triggerfish memiliki sirip punggung dan sirip dubur yang besar. 

Duri punggung (total keseluruhan) dari ikan ini berjumlah 3. Sedangkan, duri punggung lunak (total keseluruhan) adalah berjumlah 25-27 jari-jari.

Selain itu, ikan ini memiliki sirip anal lunak berjumlah 24-26 jari-jari. Mereka juga memiliki duri kuat pada bagian atas kepala yang dapat bergerak naik dan turun. 

Duri ini dapat memiliki manfaat  sebagai bentuk perlindungan dan sebagai alat untuk membersihkan diri. Selain itu, Starry triggerfish memiliki mulut yang besar dan tajam dengan gigi-gigi kuat. Gigi-giginya berguna untuk memecahkan kerang dan struktur lain yang keras. 

Ukuran ikan ini juga bervariasi. Ukuran dari Starry triggerfish dapat mencapai panjang hingga sekitar 30 cm hingga 60 cm. 

Klasifikasi Ikan Ayam Ayam

Gambar Ikan Ayam-Ayam (Starryfish)
Gambar Ikan Ayam-Ayam (Starryfish) | Sumber Gambar: majalahikan.com

Untuk mengenal lebih jauh tentang ikan ayam ayam, tentu saja kamu juga harus tahu klasifikasi dari ikan ini. Berikut adalah klasifikasi Starry Triggerfish yang perlu kamu ketahui:

  • Kingdom: Animalia (Hewan)
  • Phylum (Filum): Chordata (Kordata)
  • Subphylum (Subfilum): Vertebrata (Vertebrata)
  • Class (Kelas): Actinopterygii (Ikan bertulang)
  • Order (Ordo): Tetraodontiformes (Ordo ikan terumbu karang dan ikan buntal)
  • Family (Famili): Balistidae (Famili ikan buntal)
  • Genus (Genus): Abalistes
  • Species (Spesies): Abalistes stellatus

Habitat Ikan Ayam Ayam

Ilustrasi Habitat Starryfish
Ilustrasi Habitat Starryfish | Sumber Gambar: Pexels.com

Ikan Starry triggerfish umumnya dapat manusia temukan di perairan tropis dan subtropis. Namun, ikan ini juga dapat hidup pada kedalaman yang bervariasi, mulai dari dangkal hingga lebih dalam.

Starry triggerfish pada umumnya akan memilih untuk tinggal di sekitar sponge atau alga, dasar pasir, atau terumbu karang. 

Pasca panen, ikan ini dapat nelayan manfaatkan dan jual, baik sebagai ikan segar atau sebagai ikan yang telah mereka keringkan atau mereka proses dengan pengasinan.

Ikan ayam ayam ini juga mudah untuk kamu jumpai di laut merah, di bagian timur Afrika hingga Asia Tenggara, dan di perairan Indo-Pasifik barat. 

Selain itu, Starry triggerfish juga dapat kamu temukan di wilayah timur Atlantik, terutama dari Saint Helena hingga pantai Afrika Selatan. Jepang bagian utara, dan Australia pada bagian utara hingga selatan juga menjadi habitatnya.

Meskipun erat dengan lingkungan terumbu karang, Starry triggerfish juga dapat kamu temukan di perairan terbuka dan lepas pantai, terutama selama fase pemijahan atau mencari makanan.

6 Proses Reproduksi Ikan Ayam Ayam

Ilustrasi Reproduksi Ikan
Ilustrasi Reproduksi Ikan | Sumber Gambar: Pexels.com

Proses reproduksi ikan ayam ayam juga seperti pada banyak spesies ikan lainnya yang melibatkan beberapa tahap. Berikut 6 gambaran umum tentang proses reproduksi Starry triggerfish, yaitu:

1. Pemilihan Pasangan

Sebelum pemijahan, Starry triggerfish biasanya mencari pasangan. Pemilihan pasangan ini dapat melibatkan perilaku khusus yaitu ikan jantan dan betina bersama-sama berenang dan berinteraksi. Pasangan ini kemungkinan akan tetap bersama selama periode reproduksi.

2. Pembuatan Sarang

Triggerfish memiliki kebiasaan untuk membuat sarang yang terletak di dasar laut atau pasir. Sarang ini biasanya mereka buat untuk pasangan reproduksinya. Hal tersebut mereka lakukan dengan membersihkan area tertentu dan membentuk alur di dasar laut.

3. Perilaku Pemijahan

Setelah sarang mereka buat, pasangan ikan ayam ayam akan melakukan perilaku pemijahan.

Ikan betina melepaskan telur dalam sarang, dan ikan jantan mengeluarkan sperma untuk membuahi telur tersebut. Pemijahan biasanya terjadi di sekitar sarang yang telah mereka buat.

4. Perlindungan Terhadap Sarang

Setelah telur mereka letakkan dalam sarang, ikan jantan (dan dalam beberapa spesies, juga ikan betina) dapat menjadi sangat melindungi terhadap sarang. 

Mereka akan menggunakan sirip punggung yang dapat mereka angkat dan juga menggunakan duri-duri kepala untuk menjaga sarang dari pemangsa.

5. Perkembangan Telur

Telur-telur yang telah ikan ini buahi bagaimanapun akan berkembang dalam sarang. Proses perkembangan ini dapat memakan waktu beberapa minggu, atau hanya dengan 1-2 hari tergantung pada suhu air dan kondisi lingkungan lainnya.

6. Larva dan Masa Pemeliharaan

Setelah telur menetas, larva-larva muda akan berkembang. Seperti spesies ikan lainnya, ikan ayam ayam juga memiliki fase larva yang umumnya lebih rentan terhadap serangan pemangsa. 

Beberapa spesies Starry triggerfish melibatkan pemeliharaan sarang oleh salah satu atau kedua induk selama periode awal kehidupan larva.

7 Manfaat dari Ikan Ayam Ayam

Starry triggerfish (Abalistes stellatus) memiliki beberapa manfaat. Selain untuk lauk yang penuh nutrisi, ikan ini juga memiliki manfaat dalam konteks ekosistem laut dan keberlanjutan. Berikut adalah 7 manfaat dari ikan ayam ayam yang perlu kamu ketahui.

1. Manfaat dalam Keberlangsungan Ekosistem Terumbu Karang

Starry triggerfish dapat berkontribusi pada keseimbangan ekosistem terumbu karang dengan memakan invertebrata kecil, seperti moluska dan krustasea

Dengan mengontrol populasi organisme ini, triggerfish membantu menjaga keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati di terumbu karang.

2. Pengendali Hama

Sebagian besar makanan Starry triggerfish terdiri dari invertebrata laut kecil dan moluska. Dengan memakan hewan-hewan ini, triggerfish berpotensi berfungsi sebagai pengendali hama alami dalam ekosistem dan biota laut.

3. Memiliki Nilai Jual  Ekonomis

Beberapa komunitas pesisir mengandalkan ikan sebagai sumber pangan dan sumber pendapatan.

Starry triggerfish, seperti ikan lainnya, dapat memiliki nilai ekonomis sebagai target perikanan, baik untuk konsumsi lokal maupun sebagai komoditas ekspor.

4. Keindahan dan Dukungan Pariwisata

Kehadiran Starry triggerfish dan ikan lainnya di terumbu karang juga dapat meningkatkan nilai estetika dan keindahan lingkungan bawah air.

Ekowisata menyediakan sumber pendapatan tambahan bagi komunitas pesisir dan dapat memberikan insentif untuk melindungi biota laut.

5. Sumber Penelitian karena Perilaku Uniknya

Triggerfish memiliki perilaku perlindungan yang unik, seperti membuat sarang dan menggunakan duri-duri kepala mereka untuk melindungi telur dan larva. 

Hal tersebut adalah aspek-aspek perilaku yang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang perilaku hewan dan dinamika populasi.

6. Sebagai Bahan Pangan yang Memiliki Nilai Gizi Tinggi

Ilustrasi Makanan dari Daging Ikan
Ilustrasi Makanan dari Daging Ikan | Sumber Gambar: Pexels.com

Ikan ini memiliki kelebihan dalam kemampuannya untuk mempertahankan suhu tubuhnya, yang membantu menjaga lemak tubuhnya dalam keadaan cair jika berada di air laut. Kemampuan ini menyebabkan kandungan omega 3 yang lebih tinggi dalam tubuhnya. 

Oleh karena itu, kandungan utama Starry Triggerfish terdiri dari protein tinggi, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik bagi tubuh manusia. 

Selain itu, sebagian orang membuang bagian kenyal dari tenggorokan ikan ini. Namun, organ kenyal ini bermanfaat untuk meningkatkan kejantanan pria.

7. Sebagai Bahan Pembuatan Gelatin

Dalam jurnal “Pengaruh Jenis Asam Terhadap Karakteristik Gelatin Kulit Ikan Ayam-Ayam” menyebutkan, kulit Starry triggerfish yang tebal dan keras akan sangat sayang jika kita buang begitu saja tanpa diolah. 

Bagaimanapun juga, kulit Starry triggerfish yang tebal mungkin merupakan sumber gelatin halal yang bagus.

Sudah Kenal Ikan Ayam Ayam Lebih Dalam?

Popularitas dari ikan ayam ayam sendiri belum setenar ikan-ikan laut lainnya. Padahal, ikan satu ini memiliki keunikan dan manfaat yang tidak kalah baik dari ikan-ikan laut lainnya. Selain itu, ikan yang memiliki nama lain ikan etong ini juga mulai menarik ilmuwan untuk menelitinya.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page