Ikan Betutu: Morfologi, Klasifikasi, Habitat, & Mitosnya

Ikan betutu (Oxyeleotris marmorata) merupakan ikan air tawar yang berkerabat dengan ikan gabus. Betutu juga dikenal dengan nama ikan marble goby dan ikan lamban karena bentuknya yang menyerupai batu karang di dasar laut dan sangat lambat bergeraknya.

Hal tersebut juga menjadi perbedaan antara betutu dan gabus. Sebab, ikan gabus sangat lincah dan reaktif terhadap pergerakan atau mangsa. Sedangkan betutu lebih suka berdiam diri dalam jangka waktu lama, menirukan benda mati. Yuk, mengenal ikan satu ini lebih dalam lewat artikel berikut!

Morfologi, Ciri, dan Klasifikasi Ikan Betutu

Budidaya Ikan Betutu
Budidaya Ikan Betutu | Sumber Gambar: Kompasiana.com

Kepala, badan, dan ekor betutu tersusun dengan perbandingan ukuran 1: 4: 1. Badannya besar di bagian kepala dan lambat laun mengecil ke arah ekor. Antara ukuran tubuh dan kepalanya, ukuran kepala hewan ini memang terlihat jauh lebih besar.

Betutu memiliki insang, mata, hidung, dan mulut. Matanya kecil berwarna coklat, lalu bagian tengahnya berwarna coklat muda dan pinggiran berwarna coklat tua membentuk cincin. 

Hidungnya juga kecil dan letaknya ada di bagian atas kepala. Sedangkan mulutnya terletak di bagian depan dan membelah sebagian besar kepala. Penutup insang ikan betutu merupakan suatu pelat yang dapat membuka dan menutup pada bagian belakang kepala.

Panjang betutu paling besar adalah 65 cm, kebanyakan memiliki tinggi badan antara 20 dan 40 cm. Ikan ini mempunyai sisik mikroskopis dengan lapisan sisik stenoid (berduri). Sedangkan bagian kepala, tengkuk, dan dada berlapis sisik sikloid (melingkar). Sepanjang gurat sisinya terdapat 80-90 sisik.

Warna tubuh betutu umumnya kecoklatan hingga gelap dengan titik-titik hitam yang tersebar. Tubuh bagian atasnya berwarna lebih gelap, sedangkan bagian bawah lebih pucat. Selain itu, ada tanda merah muda di bagian tengkoraknya.

Lalu, tiga garis melintang berwarna merah tidak rata menandai bagian belakang tubuh. Menariknya, pola warna pada tubuh betutu menunjukkan perbedaan gender. Di mana ikan betina memiliki warna tubuh yang lebih gelap daripada ikan jantan.

Sedangkan untuk klasifikasinya, ikan ini masuk dalam kingdom Animalia dan filum Chordata. Superkelasnya adalah Pisces dengan kelas Actinopterygii. Lalu, ordo betutu adalah Perciformes dan subordo Gobiodea. Family ikan ini adalah eleotridae dan masuk species Oxyeleotris marmorata.

Habitat dan Persebaran

Ikan Betutu
Ikan Betutu | Sumber Gambar: Agrozine

Ikan ini banyak berada di daerah tenang, seperti danau, rawa, waduk, dan perairan tenang lainnya. Khususnya di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Ikan betutu memang tidak menyukai perairan yang berarus deras. Mereka juga tinggal di tempat yang dangkal, bukan di tempat yang dalam.

Ikan ini ada di sejumlah negara tetangga, antara lain Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Jangkauannya memang tidak seluas ikan sidat dan hanya terdapat di wilayah Asia Tenggara.

Betutu lebih menyukai sungai yang memiliki banyak tempat persembunyian. Pertumbuhan hewan ini biasanya akan memengaruhi tempat tinggalnya. Anakan betutu menyukai laut yang dangkal, sedangkan yang dewasa lebih menyukai lokasi dengan arus tenang.

Meski bersifat karnivora, betutu lebih suka hidup di perairan yang terdapat tumbuhan air. Spesies O. marmorata memakan udang, ikan kecil, yuyu, dan siput air di alam liar. Mereka jarang terlihat bergerak di siang hari, namun sangat aktif di malam hari.

Fakta dan Mitos Ikan Betutu

Ikan Betutu
Ikan Betutu | Sumber Gambar: Panen News

Di balik ciri tubuhnya yang khas dan lambat, terdapat beragam fakta menarik tentang betutu. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mencari Makanan Malam Hari

Pada malam hari, ikan ini sangat sibuk mencari makan atau mangsa. Betutu akan bergerak dengan penuh semangat di dasar air dan lebih menyukai lubang-lubang. Seperti lubang batu, pipa paralon, dan lain sebagainya.

2. Pertumbuhannya Sangat Lambat

Ikan betutu tumbuh cukup lambat daripada ikan lainnya. Karena membutuhkan waktu antara 24 dan 30 bulan untuk mencapai ukuran yang pas untuk konsumsi. Oleh karena itu, budidaya ikan ini memerlukan perlakuan khusus atau paling tidak membutuhkan penyediaan kolam khusus.

3. Sistem Kekebalan Tubuh yang Kuat

Hewan lambat ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu daya tahan tubuh yang sangat kuat. Karena dapat mengumpulkan oksigen langsung dari udara, maka betutu terkenal dengan nama ikan labirin. Jenis ikan ini juga sangat kuat bahkan dalam kondisi air yang paling buruk sekalipun.

4. Juga Terkenal Sebagai Ikan Malas

Betutu terkenal juga dengan nama Marble Goby, Marble Sleeper, atau Sluggish Fish dalam Bahasa Inggris. Namanya berasal dari corak warna pada tubuhnya yang menyerupai marmer kemerahan pada bagian dasarnya.

Betutu juga tidak banyak bergerak, lebih bisa meniru benda mati dalam waktu cukup lama. Karena itu, banyak orang juga menyebutnya sebagai ikan malas.

5. Berenang ke Permukaan Saat Tidak Sehat

Berbeda dengan ikan lainnya, betutu jarang muncul ke permukaan kecuali dalam kondisi sedang tidak sehat. Jadi, jika kamu menemukan ikan betutu berenang di permukaan, kemungkinan besar kondisi tubuhnya sedang buruk.

6. Satu Keluarga dengan Ikan Gabus

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ikan air tawar ini merupakan anggota dari keluarga besar Eleotridae yang terhubung dengan keluarga Gobiodea (satu keluarga dengan ikan gabus). Namun, kandungan gizi yang ada pada betutu jauh lebih besar, setidaknya 4 kali lipat dari ikan gabus.

Penampilan betutu sendiri cukup sangar. Memiliki kepala seperti ular dengan mata melotot besar dan mulut lebar berisi gigi-gigi kecil yang tajam. Karena sifatnya yang mengancam, banyak orang akhirnya menyebutnya sebagai ikan hantu.

Manfaat Ikan Betutu

Ikan Betutu
Ikan Betutu | Sumber Gambar: Klik Hijau

Selain rasanya yang enak dan menggugah selera, mengonsumsi betutu memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Membuat Tampak Lebih Muda

Betutu sangat tinggi akan vitamin E dan bisa membantu kamu lebih awet muda. Sebab, vitamin E dapat merevitalisasi kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain itu, vitamin ini juga akan membantu menghilangkan kerutan di wajah dan menghaluskan kulit.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Vitalitas

Manfaat lain dari albumin dalam ikan ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh akan lebih sehat dan jarang terserang penyakit.

Selain itu, ikan betutu mempunyai manfaat tambahan lain, yaitu meningkatkan kekuatan pria. Ini karena betutu mengandung banyak enzim dan hormon yang bisa memicu peningkatan hormon libido.

3. Pengobatan Patah Tulang dan Nyeri

Konsumsi betutu untuk mengatasi patah tulang merupakan cara yang tepat. Sebab, ikan ini memiliki kandungan albumin yang sangat tinggi. Kadar albumin yang tinggi sendiri akan membantu perbaikan sel-sel tubuh yang terbelah dan rusak.

Kandungan albumin pada betutu juga terbukti dapat meringankan rasa tidak nyaman pasca operasi. Biasanya ini terjadi karena luka jahitan. Betutu juga akan membantu membuat luka jahitan lebih cepat kering dan meminimalisir infeksi.

4. Mengobati Hepatitis dan Autis

Betutu juga mampu mengobati penyakit hepatitis. Hepatitis sendiri umumnya terjadi karena hati tidak bisa memproduksi albumin. Sedangkan betutu sangat kaya akan kandungan albumin. Orang juga percaya bahwa ikan ini mampu membantu terapi anak autis agar lebih peka dan berkembang.

Baca Juga : Ikan Baung: Jenis, Ciri, Morfologi, Habitat, dan Persebaran

Sudah Pernah Konsumsi Ikan Betutu?

Ikan betutu adalah simbol keberagaman alam yang perlu kita hargai dan lestarikan. Apalagi setelah mengetahui berbagai manfaatnya yang bisa sangat membantu manusia. Jika ikan ini sampai punah, maka yang merugi adalah diri kita sendiri.Betutu memang sangat terkenal sebagai hidangan mewah dengan harga tinggi. Harganya bisa berkisar antara Rp200.000,00 hingga Rp300.000,00 di restoran mewah. Selain itu, budidayanya juga membutuhkan kesabaran yang tinggi, sehingga value ikan ini pun semakin mahal. Apa kamu sudah pernah makan ikan betutu?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page