11 Contoh Iklan Layanan Masyarakat yang Sering Muncul

Dalam memberitahukan berbagai informasi untuk tujuan promosi biasanya menggunakan media iklan. Iklan sendiri merupakan cara untuk menyampaikan informasi dengan isi pesan yang mempersuasi audiens agar mau membeli atau menggunakan produk jasa, salah satunya contoh iklan layanan masyarakat. 

Sekilas tentang Iklan

Saat menyampaikan iklan kepada audiens, terdapat beberapa media yang digunakan, yaitu online dan offline. Untuk media iklan online sendiri seperti website, media sosial, marketplace, dan lainnya. Sementara itu, contoh penggunaan media iklan offline yaitu banner, billboard, spanduk, media cetak, dan media elektronik. 

Kemudian terdapat beberapa jenis iklan yang ada untuk mempromosikan atau menyampaikan informasi produk. Jenis-jenis tersebut seperti iklan penawaran, permintaan, pemberitahuan, dan iklan layanan masyarakat. Nah, artikel ini akan menjelaskan mengenai iklan layanan masyarakat.

Apa Itu Iklan Layanan Masyarakat?

Iklan layanan masyarakat merupakan cara penyampaian informasi kepada khalayak yang bersifat memengaruhi perubahan sikap dan perilaku. Perubahan tersebut harapannya dapat mengatasi suatu permasalahan dan nantinya bisa mewujudkan tujuan tertentu yang berhubungan dengan masyarakat.

Manfaat Iklan Layanan Masyarakat

Sebelum masuk ke contoh iklan layanan masyarakat, terdapat beberapa manfaat dari pembuatan jenis iklan ini yang perlu orang-orang ketahui. Untuk manfaatnya yaitu:

1. Sebagai Informasi

Manfaat iklan layanan masyarakat yang pertama adalah sebagai media informasi. Informasi yang akan pembuat sampaikan ini bertujuan untuk mengatasi setiap masalah di masyarakat. 

Selain itu, jenis iklan ini juga sebagai media untuk menginformasikan program atau perencanaan dari pemerintah agar terealisasikan. Jadi, program yang terencana tersebut dapat terlihat oleh masyarakat dan bukan untuk berpolitik. 

2. Merubah Sikap dan Perilaku

Manfaat dari iklan layanan masyarakat berikutnya adalah dapat merubah sikap dan perilaku masyarakat menjadi lebih baik. Setiap iklan jenis ini bertujuan untuk membuat keadaan sosial semakin membaik. Dengan begitu, harapannya keadaan yang menyimpang di masyarakat bisa cepat hilang. 

Dalam memengaruhi audiens, agar sikap dan perilaku masyarakat bisa berubah menjadi lebih baik, maka iklannya perlu dibuat dengan menarik. 

Misalnya saja contoh iklan layanan masyarakat mengenai bahaya rokok. Nantinya pengiklan bisa membuatnya dalam bentuk video animasi yang berisi dampak rokok bagi kesehatan. Dengan begitu audiens lebih tertarik untuk memperhatikannya. 

3. Untuk Mengingatkan

Manfaat yang terakhir adalah sebagai upaya untuk mengingatkan masyarakat dengan keadaan di sekitarnya. Dengan begitu, masyarakat dapat lebih berhati-hati dan memikirkan akibat yang akan mereka dapatkan jika melakukan tindakan negatif tertentu. 

Jadi, masyarakat perlu mematuhi berbagai anjuran dan larangan yang ada dalam iklan tersebut. 

Misalnya seperti iklan layanan masyarakat mengenai anjuran menjaga diri selama pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Tentunya iklan tersebut bisa menjadi pengingat kepada masyarakat agar tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. 

Karakteristik Iklan Layanan Masyarakat

Terdapat beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang menandakan sebuah iklan layanan masyarakat. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

  • Tidak untuk komersil.
  • Bersifat umum.
  • Tidak berhubungan dengan keagamaan.
  • Tidak bersifat politik.
  • Iklan dibuat oleh lembaga atau organisasi tertentu.
  • Tujuannya untuk semua lapisan masyarakat.
  • Memiliki dampak yang cukup besar kepada masyarakat.
  • Penyampaiannya jelas dan padat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Agar lebih paham, terdapat beberapa contoh iklan layanan masyarakat sebagai gambaran agar kamu makin paham. Untuk contohnya antara lain:

1. Iklan Bahaya Narkoba

Untuk contoh yang pertama adalah iklan layanan masyarakat mengenai bahaya narkoba. Isi pesan yang ingin pembuat sampaikan kepada masyarakat adalah mengenai dampak dari narkoba, ciri-ciri pemakai, dan bahkan cara menjauhi narkoba. 

Cara penyampaiannya pun biasanya dalam bentuk video pendek ataupun poster.  Kemudian sasaran contoh iklan layanan masyarakat ini biasanya kalangan usia remaja hingga dewasa yang berpotensi. 

Lalu kalimat yang sering muncul pada iklan ini seperti “Jauhi Narkoba Sebelum Dunia Menjauhimu”, “Nikmati Masa Muda Tanpa Narkoba”, dan lainnya.

2. Iklan Bahaya Merokok

Contoh selanjutnya adalah iklan layanan masyarakat tentang bahaya merokok. Nantinya isi yang ingin disampaikan iklan ini yaitu kandungan berbahaya dalam rokok, akibat menjadi perokok aktif dan pasif, dan cara menghindarinya. 

Sasaran iklan ini umumnya untuk anak usia remaja dan dewasa yang belum atau sudah mengenal rokok. 

Kemudian dalam penggunaan kalimat persuasif pada jenis iklan ini, yaitu “Jauhi Rokok Sebelum Rokok Membunuhmu”, “Rokok Membunuhmu Perlahan-Lahan!”, dan lainnya. Metode penyampaian iklan ini bisa dalam bentuk video pendek atau poster.

3. Iklan Mengenai Lingkungan

Contoh iklan layanan masyarakat berikutnya adalah mengenai lingkungan. Iklan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mau menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya. Misalnya saja ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, tidak membuang limbah ke sungai, dan masih banyak lainnya.

Kemudian iklan tersebut memiliki sasaran dari segala umur baik itu anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Lalu kalimat ajakan yang sering muncul yaitu “Selamatkan Hutan, Selamatkan Dunia!”, “Jagalah Lingkungan Demi Kebaikan Anak Cucu Kita”, dan lainnya. 

4. Iklan Mengenai Pendidikan

Terdapat iklan layanan masyarakat lainnya yakni tentang pendidikan. Untuk pesan yang ingin pembuat sampaikan umumnya berupa ajakan untuk mengenyam pendidikan, pentingnya pendidikan bagi masa depan yang cerah, dan lainnya. 

Kemudian tujuan pembuatan iklan ini adalah ingin menyasar anak-anak usia sekolah hingga perguruan tinggi. Kalimat-kalimat yang sering muncul pada iklan tersebut adalah “Sekolahku, Masa Depanku”, “Ayo Bangun Masa Depan Melalui Pendidikan”, dan lainnya. 

Lalu bentuk iklan ini dalam penyampaiannya berupa video atau poster dan dengan media offline atau online.

5. Iklan tentang Bahaya Memakai Gadget Berlebihan

Untuk contoh iklan layanan masyarakat lainnya adalah mengenai bahaya memakai gadget secara berlebihan. Kemudian isi pesan iklan ini biasanya berupa dampak memakai gadget berlebihan, ciri-ciri anak kecanduan gadget, dan cara mengatasi kecanduan gadget

Lalu sasaran iklan ini biasanya untuk usia anak-anak, remaja, hingga kaum ibu yang punya anak kecil dan rawan kecanduan gadget. Adapun kalimat persuasif yang sering muncul seperti “Stop Memakai Gadget Berlebihan”, “Jauhkan Gadget dari Anak-Anak”, dan masih banyak lainnya.

6. Iklan tentang Menghemat Air

Contoh iklan layanan masyarakat lainnya adalah tentang menghemat air. Untuk isi pesan iklan ini seperti himbauan dalam menghemat air, cara menghemat air, akibat pemakaian air yang berlebihan, dan lainnya. Sasaran iklan ini biasanya untuk orang-orang yang sudah memiliki rumah atau masyarakat umum. 

Kemudian kalimat ajakannya seperti “Hemat Air Selamatkan Masa Depan Bangsa”, “Air Merupakan Bagian Hidup Kita, Harus Dihemat”, dan lainnya. Iklan ini pun biasanya bekerja sama dengan perusahaan air kota atau kabupaten seperti PDAM. Lalu output iklan ini bisa berupa video pendek, poster, baliho, dan lainnya. 

7. Iklan tentang Menghemat Energi

Iklan layanan masyarakat lainnya yang sering muncul adalah tentang menghemat energi. Umumnya, iklan ini lebih mengajak masyarakat untuk menghemat energi seperti listrik. Nantinya pesan iklan ini berupa himbauan menghemat listrik, mematikan lampu sesudah memakainya, dan lainnya.

Kemudian kalimat ajakan atau peringatan dalam iklan ini seperti “Gunakan Energi Secukupnya”, “Hemat Energi untuk Masa Depan Bumi”, dan lainnya. Untuk pembuatan iklan layanan masyarakat ini biasanya dalam bentuk video dan sering juga pada billboard

8. Iklan tentang Memakai Masker

Contoh iklan layanan masyarakat yang belum lama ini muncul adalah tentang memakai masker. Ketika pandemi terjadi di Indonesia, iklan layanan masyarakat ini mulai bermunculan untuk menghimbau masyarakat selalu memakai masker. 

Saat itu, iklan ini sering muncul di berbagai media seperti televisi, poster, radio, dan lainnya. Kemudian isi pesan iklan layanan masyarakat tersebut berupa anjuran memakai masker, penggunaan masker yang tepat, dan jenis standar masker. 

9. Iklan Layanan Masyarakat tentang 3S

Ada juga iklan layanan masyarakat yang masih terkait dengan situasi pandemi yaitu tentang gerakan 3S. Jika contoh iklan sebelumnya hanya mengenai anjuran memakai masker, iklan 3S (Selalu Jaga Jarak, Selalu Pakai Masker, Selalu Cuci Tangan Dengan Sabun) ini memiliki pesan lebih lengkap lagi. 

Iklan ini pun sering muncul di berbagai media offline atau online seperti televisi, koran, baliho, media sosial, dan website. Kemudian tampilan iklan tersebut seperti tata cara memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan batasan jarak dengan orang sekitar.

10. Iklan Layanan Masyarakat Kesehatan

Iklan layanan masyarakat yang sering muncul di area rumah sakit atau puskesmas adalah yang berhubungan dengan kesehatan. Nantinya isi iklan ini berupa penyebab penyakit tertentu, ciri-ciri tubuh yang kurang sehat, dan cara menjaga kesehatan tubuh. 

Sasaran iklan ini umumnya untuk semua kalangan dari remaja hingga dewasa. Kemudian terdapat kalimat-kalimat persuasif seperti “Makan Makanan Sehat Agar Tubuh Kuat”, “Jaga Kesehatan dari SekaranguUntuk Kehidupan Lebih Baik”, dan masih banyak lagi. 

Lalu, supaya bisa sampai kepada masyarakat, biasanya iklan ini akan berbentuk video animasi, poster, baliho, dan spanduk.

11. Iklan Mengenai Tertib Lalu Lintas

Contoh iklan layanan masyarakat yang terakhir adalah mengenai tertib berlalu lintas. Biasanya iklan layanan masyarakat ini dibuat oleh pihak kepolisian Indonesia sebagai peringatan untuk masyarakat. Namun tidak sedikit pihak lain yang membuatnya seperti penyedia asuransi, dinas perhubungan, dan institusi lainnya. 

Kemudian isi pesan pada iklan ini biasanya berupa larangan saat berkendara, perintah mentaati rambu-rambu lalu lintas, dan perlengkapan berkendara. Untuk kalimat persuasif iklan seperti “Patuhi Peraturan Lalu Lintas Demi Keselamatan Berkendara”, “Tertib Lalu Lintas Adalah Cerminan Budaya Bangsa”, dan lainnya. 

Sudah Tahu Mengenai Iklan Layanan Masyarakat?

Itulah beberapa informasi dan penjelasan mengenai iklan layanan masyarakat dari pengertian, manfaat, karakteristik, dan beberapa contohnya. Selain itu, iklan layanan masyarakat ternyata memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi dan merubah sikap serta perilaku masyarakat.

Share: