3 Contoh Proposal Berbagai Keperluan, Terlengkap!

Proposal merupakan salah satu dokumen yang diperlukan saat akan mengajukan rencana program, kegiatan, ataupun bantuan usaha kepada pihak lain. Meski mayoritas orang sudah familiar dengan dokumen tersebut, namun nyatanya masih banyak orang yang belum tahu struktur penulisan dokumen perencanaan yang tepat.

Nah, untuk kamu yang berencana mengadakan sebuah kegiatan, simak berbagai contoh dokumen perencanaan untuk berbagai keperluan dengan penulisan struktur yang benar dalam artikel di bawah ini, ya.

Pengertian Proposal

Sebelum masuk ke contoh penulisan dokumen perencanaan kegiatan, terlebih dahulu kamu harus mengetahui pengertiannya.

Secara umum, proposal merupakan sebuah dokumen yang digunakan dalam pengusulan proyek, baik itu proyek kegiatan suatu instansi dan perusahaan maupun proyek bisnis.

Adapun beberapa pengertian dokumen perencanaan yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut:

  • Rieefky: Suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat khusus dalam bentuk formal dan standar.
  • Hasnun Anwar: Sebuah rencana yang disusun untuk mengadakan kegiatan tertentu.
  • Jay: Suatu alat bantu manajemen standar yang bertujuan agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  • Hadi: Suatu usulan yang ditulis secara terstruktur untuk agenda kerjasama bisnis antar lembaga, perusahaan, usulan kegiatan, sampai dengan pada pemecahan masalah.
  • Kera: Sebuah saran atau permintaan khusus kepada seseorang atau suatu lembaga untuk mengerjakan sebuah pekerjaan.

Dari banyaknya pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa dokumen perencanaan merupakan suatu rancangan kegiatan atau kerja sama yang disusun secara sistematis dan juga terperinci. 

Sesuai dengan standar oleh seseorang atau sekelompok orang yang kemudian diajukan pada pihak yang dikehendaki, demi mendapatkan persetujuan maupun bantuan dari pihak tersebut.

Syarat Menyusun Proposal Kegiatan

Adapun berbagai syarat yang harus dipenuhi dalam proses penyusunan dokumen perencanaan kegiatan adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai struktur dan logika yang jelas serta mudah dimengerti oleh pihak yang dituju.
  • Hasil dari kegiatan yang dilakukan harus terstruktur.
  • Rumusan jenis kegiatan yang dilakukan ditulis secara mendetail dan harus benar-benar dikerjakan.
  • Apabila ada anggaran dana yang dibutuhkan, maka harus ditulis secara realistis dengan kegiatan tersebut.

Tujuan Pembuatan Proposal Kegiatan

Meskipun secara umum, penulisan dokumen perencanaan kegiatan bertujuan untuk meminta bantuan atau persetujuan dari pihak lain, namun ternyata ada berbagai tujuan lainnya yang perlu diketahui. Berikut ini adalah beberapa tujuan pembuatan dokumen perencanaan kegiatan tersebut:

  • Mendapatkan persetujuan dari pihak terkait, agar dapat melaksanakan kegiatan tertentu.
  • Apabila berkaitan dengan pengajuan dana, pembuatan dokumen perencanaan bertujuan untuk mendapatkan bantuan dana dari pihak sponsor.
  • Mendapat dukungan dari pihak yang berkaitan dengan kegiatan tersebut.
  • Apabila dokumen perencanaan berkaitan dengan proyek pemerintah, maka penulisannya bertujuan untuk melakukan tender atau lelang terhadap proyek tersebut.
  • Apabila berupa dokumen perencanaan bisnis, maka tujuan penulisannya adalah untuk mendapatkan penawaran kerja sama bisnis.

Contoh Proposal Kegiatan

Berikut ini adalah beberapa contoh dokumen perencanaan kegiatan untuk berbagai keperluan dengan struktur penulisan yang benar untuk diikuti:

1. Proposal Kegiatan HUT RI Ke-74 Kecamatan Denpasar Selatan

1. LATAR BELAKANG

Info Densel merupakan salah satu wadah atau media sosial (sosmed) bagi masyarakat Kota Denpasar khususnya Kecamatan Denpasar Selatan dalam memberikan informasi. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, penyampaian informasi yang berguna, baik, dan benar sangat diperlukan oleh masyarakat dalam mengembangkan wawasannya yang terarah. Dengan ditetapkannya Semarak Info Densel dan serangkaian HUT RI Ke-74 Tahun yang jatuh pada 17 Agustus 2019 ini, kami berkeinginan berpartisipasi ikut memeriahkan hari kemerdekaan dengan meningkatkan semangat generasi muda dalam beraktivitas dan berkreativitas membangun Negara dan karakter bangsa yang terarah dan positif, sehingga menjadi penerus cita-cita dan perjuangan bangsa serta generasi pembangun yang berjiwa berasaskan Pancasila.

Untuk memberikan wadah kegiatan dalam rangka HUT RI Ke-74 Tahun dan Semarak Info Densel, maka kami menyelenggarakan kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut, sehingga mampu membangkitkan dan meningkatkan semangat generasi muda dalam kemerdekaan dan menyambut HUT RI Ke-74 Tahun, mampu meningkatkan jalinan kerjasama, semangat generasi muda dalam beraktivitas dan berkreativitas, dan meningkatkan kekompakan antar warga di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Dengan berdasarkan pemikiran tersebut, kami mengajukan proposal permohonan bantuan kepada donatur/sponsor. Besar harapan kepada donatur/sponsor dapat ikut berpartisipasi dalam memberikan sumbangan bantuan demi sukses dan lancarnya kegiatan ini.

2. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini kami beri nama “Mai Melali” Bantaran Tukad Taman Pancing

3. MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN

a. MAKSUD

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjalin kekompakkan dan kerjasama antar lembaga di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan serta memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan global serangkaian HUT RI Ke – 74 dan semarak Info Densel.

b. TUJUAN

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan memperingati HUT RI Ke-74 Tahun dan Semarak Info Densel ini, yaitu :

1. Mempererat tali persaudaraan sesama warga di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan

2. Memeriahkan HUT RI Ke-74 Tahun dan memeriahkan Semarak Info Densel

3. Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba diantara anak-anak dan remaja

4. Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara anak-anak, remaja maupun orang tua

5. Memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan global

4. WAKTU DAN TEMPAT

– Waktu

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal: Sabtu, 10 dan Minggu, 11 Agustus 2019

Pukul: 07.00 Wita s/d selesai

– Tempat

Kegiatan ini dilaksanakan di Bantaran Tukad Taman Pancing Desa Pemogan

5. BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan dalam acara ini adalah:

1. Jalan Santai bersama dengan warga Kecamatan Denpasar Selatan.

2. Pasar Murah

3. Pelayanan Kesehatan.

4. Lomba Senam Germas

5. Lomba Mewarnai tingkat TK se-Kecamatan Denpasar Selatan

6. Lomba Menulis Aksara Bali Tingkat SD se-Kecamatan Denpasar Selatan

7. Lomba Ceki

8. Lomba Makan Kerupuk

9. Lomba Memasukan Paku Dalam Botol

10. Lomba Balap Karung

11. Lomba Tarik Tambang

12. Lomba Ngelawar Antar Sekaa Teruna se-Kecamatan Denpasar Selatan

13. Lomba Foto Instagram

14. Hiburan Musik dan Bondres

15. Stand Kuliner/Stand Kerajinan

6. SUSUNAN ACARA

(lampiran II)

7. ESTIMASI BIAYA

(lampiran III)

8. KRITERIA SPONSORSHIP

(lampiran IV)

9. PENUTUP

Demikian proposal mohon bantuan ini diajukan, sebagai bahan pertimbangan bagi pihak bapak/ibu pimpinan perusahaan/instansi/organisasi/donatur/sponsor ikut berpartisipasi dan berkenan memberikan bantuan berupa dana atau sumbangan lainnya yang kami butuhkan dalam kegiatan ini demi terwujudnya rencana tersebut.

Dengan segala kendala dan kerendahan hati, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang turut membantu dan berpartisipasi memberikan bantuan dalam terlaksananya kegiatan ini. 

2. Proposal Kegiatan Pembangunan Gedung Ruang Kelas

I. Latar Belakang

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Hidayah, Inayah, serta Rahman dan Rahim-NYA, sehingga kita senantiasa lancar dalam menunaikan kewajiban dan sukses dalam beraktifitas dan beribadah kepada-NYA. Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW sebagai Panutan terbaik umat yang membawa cahaya Islam.

Madrasah merupakan tempat dimana berkumpulnya orang-orang untuk menuntut dan mengembangkan ilmu pengetahuan, baik ilmu agama maupun ilmu umum yang dijadikan bekal dalam mengarungi kehidupan. Oleh sebab itu, kami selaku pengelola hendak menyempurnakan dan memberikan rasa aman terhadap setiap murid dan pengajar dengan rencana pembangunan gedung ruang kelas yang baru.

II. Maksud dan Tujuan

Manfaat dan tujuan pembangunan adalah:

1. Memperkokoh bangunan RA guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para siswa/siswi.

2. Untuk mengantisipasi perkembangan di masa mendatang, mengingat jumlah penduduk yang semakin bertambah dari tahun ke tahun.

3. Memberikan dorongan moril bagi siswa/i untuk lebih giat dalam belajar dan menuntut ilmu pengetahuan.

III. Rencana Anggaran Biaya

Adapun rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk membangun Raudhatul Athfal Darussalam sebesar Rp200.000.000,00 (Dua Ratus Juta Rupiah). Rencana anggaran biaya terlampir.

IV. Rencana Pelaksanaan Kegiatan

Pembangunan dilaksanakan dengan sistem langsung setelah mendapatkan bantuan dari Pemda Provinsi Banten, demi untuk memudahkan dalam efisiensi waktu dan untuk mencapai kualitas hasil yang prima dan maksimal sesuai prosedur juklak dan juknis yang ditentukan. Adapun waktu pelaksanaan kegiatan pembangunan selama 90 hari kerja .

3. Proposal Kegiatan EDU FAIR 2014 SMA Negeri 78 Jakarta

A. Latar Belakangan

Kegiatan Edu Fair adalah kegiatan pameran pendidikan yang menampilkan jenis-jenis pendidikan, baik yang berskala pendidikan menengah atau pendidikan tinggi. Edu fair itu berfungsi menarik minat siswa untuk nantinya terlibat di salah satu pendidikan yang ditawarkan. Begitu juga dengan Edu Fair yang akan diadakan oleh SMAN 78 Jakarta. Edu Fair ini menampilkan berbagai macam jenis pendidikan tinggi dan lembaga yang mendukungnya.

Dalam Edu Fair kali ini diharapkan siswa dan Orang Tua menjadi peserta aktif, sehingga banyak informasi dari Lembaga pendidikan tinggi yang bisa diserap demi kepentingan pendidikan anak-anaknya. Lembaga pendidikan tinggi yang berasal dari Pendidikan Tinggi Negeri dan Swasta yang dianggap favorit menjadi rujukan siswa dan orang tua yang mengharapkan pendidikan yang baik.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka SMAN 78 akan mengadakan Kegiatan Edu Fair 2014 yang intinya menarik minat siswa-siswa agar nantinya dapat menempuh pendidikan lanjutan di salah satu Perguruan Tinggi yang ikut dalam acara ini.

B. Tujuan

Tujuan umum Edu Fair ini adalah:

1. Meningkatkan hubungan silaturahmi SMAN 78 dengan Perguruan Tinggi

2. Memberikan fasilitas dan memperluas akses mendapatkan informasi perguruan tinggi

3. Mempromosikan program dan prestasi sekolah

4. Memperluas akses informasi siswa dan masyarakat tentang Perguruan Tinggi

C. Hasil Yang diharapkan

Siswa dan Orang Tua mendapatkan informasi seluas-luasnya tentang Lembaga Pendidikan Tinggi

D. Bentuk Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk:

1. Pameran Pendidikan

2. Seminar Pendidikan

E. Waktu dan Tempat

Waktu Kegiatan: Tanggal 18 dan 19 Desember 2014

Tempat: SMAN 78 Jakarta Jalan Bhakti IV/1 komplek Pajak, Kemanggisan, Jakarta Barat

F. Strategi Kegiatan

1. Rapat pembentukan Panitia Edu Fair

2. Pendaftaran dan Pendataan Peserta Edu Fair

3. Pelaksanaan Kegiatan Edu Fair

G. Stand

Harga Stand sebesar Rp2.000.000,00 (Dua Juta Rupiah) untuk 2 hari.

H. Pembiayaan

1. Pemasukan

a. Iuran Peserta Edu Fair (30 stand): Rp50.000.000,00

b. Dana Sponsor: Rp12.800.000,00

Jumlah Rp62.800.000,00

2. Pengeluaran

a. Biaya Administrasi: Rp2.000.000,00

b. Pembuatan Spanduk 4 buah:Rp2.000.000,00

c. Pembuatan Stand Pameran: Rp6.000.000,00

d. Konsumsi Peserta Edu Fair 30 x 2 x Rp50.000,00 x 2 hari:Rp6.000.000,00

e. Panggung dan Tenda: Rp12.000.000,00

f. Konsumsi Panitia 22 orang x 2 hari x Rp100.000,00: Rp4.400.000,00

g. Konsumsi Pembimbing Akademik 34 orang x 2 hari x Rp50.000,00: Rp3.400.000,00

h. Dokumentasi Foto dan Film: Rp2.000.000,00

i. Pembicara Seminar Pendidikan 4 orang pakar PT x Rp. 3 juta: Rp12.000.000,00

j. Biaya keamanan dan Kebersihan: Rp2.000.000,00

k. Humas dan Publikasi: Rp11.000.000,00

Jumlah Rp62.800.000,00

Sudah Paham Cara Penulisan Proposal yang Benar?

Itu dia ulasan singkat tentang dokumen perencanaan beserta contohnya untuk berbagai kegiatan dengan penulisan struktur yang benar.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page