Perbedaan Strategi dan Taktik, Lengkap dengan Ciri & Contohnya

Dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, Anda pasti pernah melakukan beberapa kegiatan yang membutuhkan strategi dan taktik. Ternyata, baik strategi atau taktik memiliki perbedaan dari beberapa sisi. Yuk, simak penjelasan mengenai perbedaan strategi dan taktik berikut ini!

Apa Itu Strategi?

Strategi sendiri merupakan sebuah kata dari bahasa Yunani, yaitu strategia yang memiliki arti mengarahkan pasukan, memberi komando, jabatan maupun jenderal. Sesuai dengan artinya, strategi sendiri merupakan serangkaian rencana untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam waktu tertentu. 

Dengan adanya strategi ini, Anda dapat memiliki gambaran keseluruhan rencana dalam jangka panjang yang ingin Anda lakukan. Merencanakan dan membuat strategi akan mempermudah Anda untuk melakukan berbagai rencana guna mencapai suatu tujuan tertentu. 

Strategi sendiri ada karena seringkali terjadi permasalahan keterbatasan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. 

Jadi, dalam menjalankan strategi ini, Anda memerlukan proses penetapan tujuan, penetapan prioritas, melakukan identifikasi berbagai tindakan, dan pengadaan sumber daya untuk mencapai sebuah tindakan.

Apa Itu Taktik?

Setelah mengetahui penjelasan mengenai strategi, selanjutnya Anda akan mengetahui pengertian taktik. Sehingga Anda dapat melihat gambaran perbedaan strategi dan taktik.

Taktik sendiri adalah suatu hal yang sangat spesifik yang Anda kembangkan dan buat untuk mencapai sebuah tujuan tertentu yang telah tertulis dalam strategi. Karena itu, taktik memiliki waktu atau jangka yang lebih pendek daripada strategi. 

Singkatnya, dalam sebuah strategi, di dalamnya pasti ada beberapa taktik untuk mencapai beberapa tujuan atau titik tertentu. Kata taktik sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari daerah Yunani Kuno, yaitu taktiktos. Kata ini memiliki arti sebagai seni untuk menjalankan organisasi atau mengatur sesuatu dengan baik. 

Pelaksanaan taktik umumnya sangat berfokus pada penggunaan sumber daya seefisien mungkin, meliputi manusia, dana, bahan baku, dan sebagainya.

Perbedaan Strategi dan Taktik

Setelah mengetahui pengertian dari strategi dan taktik dengan baik. Kini saatnya Anda mengenal apa sebenarnya perbedaan keduanya secara lebih lengkap. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya yang perlu Anda perhatikan: 

  • Strategi merupakan serangkaian rencana jangka panjang. Sedangkan taktik merupakan serangkaian rencana jangka pendek. 
  • Sebuah strategi terdiri atas gambaran plan secara besar. Sedangkan taktik lebih menggambarkan plan secara terperinci.
  • Strategi membutuhkan berbagai rencana cadangan apabila rencana utama tidak dapat dilakukan. Sedangkan taktik tidak membutuhkannya.
  • Penyusunan strategi berdasar pada berbagai sumber data yang valid. Sementara penyusunan taktik adalah berdasarkan ide kreatif dari para penyusunnya.
  • Taktik selalu berkaitan dengan strategi yang ada. Jika tidak ada strategi, maka tidak akan ada taktik. Namun, untuk membuat strategi, Anda tidak perlu memikirkan taktik terlebih dahulu.
  • Strategi tidak dapat dieksekusi secara langsung. Sedangkan taktik dapat Anda eksekusi secara langsung.

Ciri Strategi yang Baik

Setelah mengetahui beberapa perbedaan strategi dan taktik, selanjutnya Anda akan mengetahui beberapa ciri dari strategi yang baik. Nah, berikut ini adalah ciri dari strategi yang dapat Anda coba terapkan:

1. Menggunakan Data sebagai Dasar

Setiap strategi pasti membutuhkan suatu hal yang menjadi dasar dibuatnya strategi tersebut. Salah satunya adalah penggunaan data. Data digunakan untuk menjadi dasar dalam membuat berbagai strategi yang ada. Dengan adanya data, maka strategi yang Anda buat akan lebih akurat dan terarah.

Data yang digunakan ini bisa Anda dapatkan dari sumber data primer maupun sekunder. Sumber data primer berasal dari data yang Anda dapatkan sendiri melalui wawancara, maupun beberapa data terdahulu misalnya data penjualan. 

Sedangkan, sumber data sekunder bisa Anda dapatkan dari internet, buku, jurnal atau sumber lainnya yang mendukung.

2. Memiliki Rencana Cadangan

Ciri strategi yang baik lainnya adalah memiliki rencana cadangan. Rencana cadangan dalam dunia bisnis ini dikenal dengan nama plan b, c,d. 

Dalam mengatur sebuah bisnis atau organisasi, tidak dapat dipungkiri bahwa akan banyak sekali hal yang berada diluar kendali Anda. Padahal, Anda sudah membuat strategi sedemikian rupa yang siap dilakukan. 

Oleh karena itu, Anda membutuhkan rencana cadangan sebagai upaya untuk mengatasi rintangan dan hambatan yang tidak bisa diprediksi itu tadi. 

Nah, dengan adanya rencana cadangan, Anda dapat memiliki jalan pintas atau jalan lain untuk mencapai sebuah tujuan. Sehingga, kemungkinan gagal dapat ditekan dan dikurangi dengan baik.

3. Memiliki Tujuan dan Gol yang Jelas

Ciri strategi yang baik terakhir adalah memiliki tujuan dan gol yang jelas. Adanya strategi sejatinya adalah untuk mencapai suatu tujuan. Oleh karena itu, tujuan yang Anda buat harus jelas dan terperinci. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk menyusun strategi itu sendiri. 

Tujuan yang jelas akan optimal dengan adanya capaian berupa angka atau persentase atau apapun yang dapat terukur dengan baik. Apabila tujuan tidak tercapai, maka dapat dilakukan evaluasi menggunakan acuan data yang sudah ada tersebut.

Ciri Taktik yang Baik

Setelah mengetahui perbedaan strategi dan taktik dan beberapa ciri strategi yang baik. Selanjutnya Anda akan mengetahui beberapa ciri dari taktik. Berikut ini adalah beberapa ciri dari taktik yang baik:

1. Bersifat Jangka Pendek dan Terperinci

Pada taktik, jangan membuat rencana jangka panjang karena hal itu merupakan sesuatu yang seharusnya dimiliki oleh strategi. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, taktik merupakan rencana yang memiliki jangka pendek. 

Jadi, taktik yang Anda lakukan harus terperinci agar tujuan jangka pendek tersebut dapat tercapai dengan baik. Dalam membuat taktik yang terperinci, Anda perlu memperhatikan subjek yang melakukan taktik tersebut. 

Anda juga perlu memperhatikan waktu pelaksanaanya, usahakan bisa terlaksana dalam waktu singkat, namun tidak terlalu terburu-buru. Selain itu, usahakan untuk mempertimbangkan sarana dan prasarana sebagai media pendukung.

2. Harus Berkaitan dengan Strategi

Taktik merupakan suatu hal yang tidak dapat berdiri sendiri. Seperti penjelasan pada perbedaan strategi dan taktik, adanya taktik akan selalu berkaitan dengan strategi. Karena itu, dalam membuat sebuah taktik, Anda harus berpegangan pada strategi itu sendiri. Strategi menjadi acuan utama dalam membuat taktik. 

Untuk membuat taktik yang berkaitan dengan strategi, pertama-tama Anda harus menelaah strategi tersebut dengan baik. Pertimbangkan lingkungan dan keadaan sekitar yang mendukung taktik terlaksana. Jadikan hal tersebut sebagai cara untuk membuat taktik.

3. Tidak Dapat Diatur Waktunya

Taktik merupakan rencana jangka pendek yang terperinci, sehingga pelaksanaannya tidak dapat diulur atau memiliki batas waktu. Taktik harus dilaksanakan sesegera mungkin dan tidak dapat diundur. Karena, jika pelaksanaan taktik diundur, maka bisa dipastikan tujuan tidak akan tercapai dengan baik.

Oleh sebab itu, Anda harus membuat reminder kapan taktik tersebut harus dilaksanakan. Saling mengingatkan antar rekan kerja merupakan salah satu caranya. Namun, Anda juga bisa membuat reminder elektronik melalui aplikasi Google Calendar dan sebagainya.

Contoh Strategi dan Taktik

Tak lengkap rasanya jika telah mengetahui pengertian hingga perbedaan strategi dan taktik, namun tidak mengetahui contohnya secara langsung. Agar dapat menambah pemahaman Anda, simak contoh kasus berikut:

Sebuah perusahaan makanan ringan akan menargetkan peningkatan penjualan produk baru sebesar 80% dalam kurun waktu 2 bulan. Maka, strategi yang perusahaan butuh lakukan, yaitu: 

  • Memasang iklan secara online maupun offline. 
  • Membuat berbagai promosi menarik.
  • Menyebar sales ke seluruh penjuru lokasi yang potensial.

Sedangkan, taktik yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut: 

  • Memilih platform promosi yang sesuai.
  • Memilih talent endorsement untuk promosi online. 
  • Menentukan jenis promosi yang dilakukan, misalnya beli 2 gratis 1 dan sebagainya.
  • Menentukan titik penyebaran sales untuk mengenalkan produk.

Sudah Memahami Apa Perbedaan Strategi dan Taktik? 

Sekian ulasan mengenai perbedaan strategi dan taktik yang ada di kehidupan sehari-hari maupun pada dunia bisnis. Menggunakan strategi dan taktik merupakan salah satu langkah menuju kesuksesan. Yuk, susun strategi dan taktik yang baik mulai sekarang!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page