15 Inspirasi Desain Kolam Koi Minimalis & Unik, Bisa Ditiru!

Salah satu hewan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya, yaitu ikan koi. Kamu bisa memelihara ikan koi di rumah kamu dengan membuat kolam ikan koi yang unik dan estetik. Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain kolam koi yang cocok untuk konsep hunian minimalis modern!

15 Inspirasi Desain Kolam Koi Minimalis dan Unik

Jika kamu tertarik untuk memelihara ikan koi dan sedang bingung mencari inspirasi konsep kolam yang cocok untuk rumah kamu. Berikut ini beberapa desain kolam ikan koi yang unik dan estetik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

1. Kolam Koi Konsep Air Terjun

Kolam Koi Konsep Air Terjun
Ruparupa

Apakah kamu ingin membuat desain kolam koi dengan tema natural? Jika ya, maka konsep kolam koi berikut ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk kolam ikan koi di rumah kamu. Kamu bisa membuat kolam koi dengan aksen air terjun mini yang natural.

Selain memberikan kesan kolam yang sejuk dan asri, suara gemericik air dari air terjun juga akan memberikanmu ketenangan. Kamu bisa menghabiskan waktu sambil bermeditasi atau membaca buku sambil memberi makan ikan koi peliharaan kamu.

2. Kolam Koi Ala Negeri Sakura

Kolam Koi Ala Negeri Sakura
Ruparupa

Memelihara ikan koi merupakan tradisi yang identik dengan Negeri Sakura. Di Jepang, kamu bisa menjumpai berbagai jenis ikan koi yang dipelihara di dalam selokan rumah, lho.

Tidak heran jika desain kolam koi ala Negeri Sakura ini menjadi inspirasi dari banyak orang. Tampilannya yang unik dan estetik ala Jepang akan membuat kamu serasa berada tinggal di Negara Jepang. 

Salah satu ciri khas dari tampilan kolam koi khas Jepang ini yaitu adanya batu-batuan di sekitar pinggiran kolam. Selain itu, dekorasi tambahan lain seperti lampu khas Jepang, jembatan kayu kecil, dan pohon bonsai juga merupakan atribut khas pada kolam koi khas Jepang.

3. Kolam Koi dengan Tema Kebun

Kolam Koi dengan Tema Kebun
RuparupaRuparupa

Konsep kolam koi dengan tema unik dan natural selanjutnya, yaitu konsep kolam koi dengan tema kebun. Model kolam koi yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya rumah dengan kebun atau halaman yang luas.

Kamu bisa menyulap kebun tersebut jadi kolam koi yang cukup besar dengan tambahan dekorasi aneka rumput dan bunga, seperti kebun berbunga. Agar suasana kolam lebih sejuk dan rindang, kamu bisa menambahkan aneka pohon dengan ukuran sedang di sekitar kolam.

Selain bisa jadi tempat melepas stres dengan memelihara ikan koi, kamu juga bisa melakukan piknik bersama dengan keluarga di halaman tersebut, menarik sekali bukan?

4. Kolam Transparan dari Material Kaca

Kolam Transparan dari Material Kaca
Ruparupa

Konsep kolam ikan koi yang satu ini terinspirasi dari bentuk akuarium model transparan yang biasanya terdapat di destinasi wahana air atau sea world. Selain bisa melihat kehidupan ikan koi secara lebih jelas, konsep kolam koi yang satu ini juga bisa membantumu untuk mengetahui kadar kekeruhan air dengan lebih mudah.

Model kolam yang satu ini juga termasuk model kolam yang minimalis, karena tidak membutuhkan dekorasi tambahan yang detail. Buat kamu yang punya konsep rumah modern, tapi tetap ingin punya nuansa alam yang natural, kamu bisa mencoba konsep kolam koi yang satu ini.

5. Konsep Kolam Koi Depan Teras

Konsep Kolam Koi Depan Teras
Ruparupa

Jika kamu punya halaman teras rumah yang tidak terpakai dan ingin membuatnya lebih menarik, maka kamu bisa mencoba untuk membuat konsep kolam koi yang satu ini. 

Penempatan kolam ikan koi di depan teras rumah ternyata tidak akan mengganggu aktivitas jika dilakukan dengan tepat. Selain itu, penempatan kolam ikan di depan teras juga akan menambah nuansa sejuk di bagian depan rumah kamu. 

Untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menambahkan beberapa dekorasi tambahan seperti air mancur, rumput hias, atau pohon-pohon berukuran sedang yang sejuk.

6. Kolam Koi dengan Konsep Gazebo

Kolam Koi dengan Konsep Gazebo
99.co

Buat kamu yang punya gazebo di rumah, tapi ingin konsep yang anti mainstream, kamu bisa coba desain kolam koi yang satu ini. Area bawah gazebo biasanya merupakan area kosong yang tidak terpakai. 

Kamu bisa memanfaatkan area bawah gazebo sebagai kolam koi yang minimalis untuk menambahkan kesan sejuk pada rumah kamu. Jadi, selain bisa bercengkrama bersama keluarga di gazebo, kamu juga bisa mengajak anak-anak bermain sambil memberi makan ikan koi, seru sekali bukan?

7. Desain Kolam Modern

Desain Kolam Modern
Ruparupa

Jika kamu ingin model kolam ikan koi yang lebih modern, kamu bisa menggunakan konsep yang satu ini. Kolam ikan modern biasanya tidak menggunakan berbagai ornamen yang mencolok. Kamu bisa menggunakan ornamen kayu dengan jembatan kayu minimalis seperti pada gambar tersebut.

Untuk membuatnya terlihat lebih sejuk, kamu bisa menambahkan beberapa pohon berukuran sedang dan rumput hias dengan ukuran yang minimalis.

8. Kolam Memanjang dengan Konsep Gazebo

Kolam Memanjang dengan Konsep Gazebo
Ruparupa

Desain kolam ikan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya gazebo namun tidak punya halaman yang luas. Kamu tetap bisa membuat kolam ikan dengan konsep aliran sungai yang masih terlihat estetik dan unik. Cara ini bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar rumah.

Daripada dibiarkan saja ditumbuhi rumput liar, kamu bisa menyulapnya jadi kolam ikan dengan konsep gazebo yang keren dan estetik.

9. Konsep Kolam Koi Indoor

Konsep Kolam Koi Indoor
Ruparupa

Jika kamu tidak memiliki area luar rumah yang luas, kamu masih bisa memanfaatkan area indoor atau dalam rumah untuk memelihara ikan koi, lho. Namun, perlu kamu perhatikan jika kolam ikan koi indoor ini membutuhkan perawatan yang lebih ekstra, agar kebersihannya tetap terjaga. 

Kamu bisa meletakkan kolam ikan tersebut di area tengah rumah yang memiliki akses sinar matahari yang cukup. Untuk menjaga keseimbangan kehidupan ikan di kolam tersebut, kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman di sekitar kolam, agar sirkulasi udara jadi lebih baik.

10. Desain Kolam Koi di Sudut Halaman

Desain Kolam Koi di Sudut Halaman
99.co

Jika kamu tidak mau sudut halaman rumah kamu kosong begitu saja, maka kamu bisa menggunakan konsep kolam ikan koi yang satu ini. Selain tidak membutuhkan area yang luas, konsep kolam koi di sudut halaman ini juga termasuk model kolam ikan yang unik dan anti mainstream.

Untuk mempercantik tampilan kolam koi di sudut halaman, kamu bisa menambahkan ornamen pancuran, batu-batuan sungai, tanaman hias, bunga, dan masih banyak lagi. 

11. Konsep Kolam Koi Ala Jepang

Konsep Kolam Koi Ala Jepang
Orami

Konsep arsitektur ala Jepang memang identik dengan konsep minimalis yang estetik. Jika kamu menyukai model arsitektur ala Jepang, maka kamu pasti akan menyukai konsep kolam ikan koi ala Jepang yang satu ini.

Model kolam ikan yang dipadukan dengan konsep taman yang minimalis ini akan membuat suasana halaman rumah kamu jadi lebih sejuk dan asri. Kamu juga bisa menambahkan aksen jembatan dengan konsep batu kerikil menyerupai jalan setapak kecil yang estetik.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bangku dan kursi kecil di bagan sudut halaman untuk bersantai sambil melihat ikan-ikan kecil dan menikmati kopi bersama pasangan.

12. Konsep Kolam Koi Ala Negara Timur Tengah

Konsep Kolam Koi Ala Negara Timur Tengah
Orami

Konsep kolam koi lainnya yang bisa kamu tiru untuk rumah impian kamu, yaitu model kolam koi ala Timur Tengah yang satu ini. Model kolam ikan yang satu ini mengusung konsep minimalis yang unik dengan perpaduan warna yang khas ala Timur Tengah.

Penggunaan batuan alam berwarna krem pucat sebagai material dasar kolam merupakan ciri khas dari bangunan ala Timur Tengah. Kemudian, pada bagian sekitar kolam koi tersebut kamu tidak perlu meletakkan ornamen yang terlalu banyak untuk meningkatkan kesan minimalisnya.

Kamu cukup menambahkan beberapa tanaman dan pohon berukuran sedang untuk membuatnya lebih sejuk dan asri. Selain itu, gunakan juga pohon hias jenis palem-paleman untuk menambahkan kesan ala Timur Tengah yang kental.

13. Kolam Koi dengan Kaca dan Batu Alam

Kolam Koi dengan Kaca dan Batu Alam
Orami

Jika kamu menyukai konsep kolam koi yang transparan, kamu bisa menggunakan konsep kolam koi yang satu ini. Perpaduan ornamen kaca yang transparan dan batu alam yang minimalis akan membuat halaman rumah kamu jadi lebih hidup dan estetik.

14. Konsep Kolam Koi Menyatu dengan Taman

Konsep Kolam Koi Menyatu dengan Taman
Orami

Jika kamu punya halaman yang sempit, namun ingin mempunyai kolam ikan dan taman sekaligus, maka kamu bisa menggunakan konsep kolam koi yang satu ini. Modelnya yang minimalis dan tidak membutuhkan lahan yang luas, sangat cocok untuk rumah-rumah kekinian yang bergaya minimalis modern.

Untuk menambahkan kesan estetik, kamu bisa menggunakan ornamen kaca di salah satu sisi kolam untuk memudahkan dalam memantau kondisi air kolam. Kemudian, di bagian sekitar kolam, kamu bisa menaruh beberapa tanaman hias berukuran kecil untuk membuat taman kamu lebih hidup lagi.

15. Desain Kolam Koi Kaca Minimalis

Desain Kolam Koi Kaca Minimalis
Orami

Desain kolam ikan koi yang satu ini juga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membuatnya. Kamu bisa membuatnya di bagian depan rumah kamu, tanpa harus mengurangi akses keluar masuk rumah.

Untuk membuatnya lebih estetik dan minimalis, kamu bisa menggunakan material kolam berupa kayu dengan menambahkan ornamen pancuran di bagian tengah atau samping kolam.

Jadi, Mana Desain Kolam Koi Favorit Kamu?

Itulah tadi beberapa desain kolam koi dengan konsep minimalis yang unik dan estetik. Selain bisa menambah keindahan pada rumah kamu, beberapa konsep kolam koi tersebut juga akan membuat suasana rumah kamu jadi lebih sejuk dan asri.

Namun, sebelum menentukan desain mana yang kamu pilih, analisis terlebih dahulu budget yang perlu siapkan dan desain seperti apa yang cocok untuk bangunan rumah kamu. Selain itu, apabila kamu mempunyai anak kecil di rumah, pastikan juga membuat desain kolam yang tidak membahayakan anak kamu nantinya.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page