10 Dampak Positif Modernisasi Terhadap Budaya Masyarakat

Modernisasi membawa banyak perubahan bagi kehidupan masyarakat yang sebelumnya masih tradisional menjadi modern seperti saat ini. Dampak positif modernisasi sendiri dapat Anda rasakan di berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang budaya di mana perilaku masyarakat cenderung mengalami perubahan. 

Perubahan tersebut terjadi karena manusia telah menggunakan pola pikir rasional dan meninggalkan pola pikir irasional yang dapat menghambat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut terkait pengertian dan dampak positif dari modernisasi yang bisa Anda simak baik-baik. 

Apa Itu Modernisasi?

Modernisasi merupakan berubahnya suatu hal yang bersifat tradisional atau belum maju ke arah lebih maju alias modern. Dengan kata lain, modernisasi adalah proses transformasi ke arah kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, modernisasi memiliki dampak positif sekaligus negatif di berbagai aspek. Meskipun begitu, tujuan utama dari modernisasi yaitu untuk mencapai kehidupan masyarakat yang berkualitas, maju, dan sejahtera. 

Untuk mewujudkan modernisasi, peran dari masyarakat sangatlah penting untuk menerima dan mencari hal baru. Karena bila masyarakat tidak mau terbuka dengan hal baru, maka modernisasi sulit terwujud.

Syarat terjadinya modernisasi antara lain memiliki cara pikir ilmiah, sistem administrasi negara yang baik, pengumpulan data yang teratur dan terpusat, tingkat organisasi yang tinggi, dan lain-lain. Masyarakat baru bisa melakukan modernisasi asalkan memenuhi syarat-syarat tersebut. 

Supaya Anda makin mengenal tentang modernisasi, ketahui beberapa cirinya berikut ini:

  • Terjadinya peningkatan mobilitas dalam masyarakat.
  • Memiliki sikap terbuka akan inovasi-inovasi baru. 
  • Pola pikir masyarakatnya cenderung ilmiah dan rasional. 
  • Tidak terikat dengan adat. 
  • Lebih sering menggunakan teknologi maju.

10 Dampak Positif Modernisasi di Kehidupan Sehari-Hari

Modernisasi membawa dampak yang tidak terelakkan bagi masyarakat. Berbagai bidang meliputi ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan lainnya terpengaruh dengan adanya modernisasi, baik dalam konteks positif maupun negatif. Berikut adalah contoh dampak positif modernisasi dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Perubahan Fashion

Modernisasi berdampak pada gaya berpakaian masyarakat. Masyarakat yang dulunya sering menggunakan kebaya, jarik, ataupun batik mulai beralih menggunakan pakaian kekinian mengikuti perkembangan zaman. 

Beberapa pakaian dengan desain modern terbukti memudahkan orang-orang untuk bergerak dan melakukan mobilitas. Misalnya, pakaian kekinian seperti celana training, baju renang, dan lain sebagainya memudahkan penggunanya untuk melakukan aktivitas tertentu. 

Namun demikian, membicarakan tentang perubahan mode pakaian pada masyarakat memang merujuk pada konteks negatif dan positif. Pada konteks negatif, perubahan gaya berpakaian masyarakat zaman sekarang, sebagian tidak sesuai dengan adat dan budaya bangsa Indonesia. 

Namun, pada konteks positif, perubahan gaya berpakaian masyarakat dapat memodifikasi pakaian tradisional menjadi lebih apik dan kekinian untuk dipakai berbagai kalangan.  

2. Dampak Positif Modernisasi dalam Perubahan Perilaku Masyarakat

Modernisasi menyebabkan perubahan perilaku masyarakat dalam arti yang baik. Masyarakat yang dulunya berpikiran serba kolot, tertutup, dan tidak mau menerima gagasan baru sekarang telah berubah. 

Perubahan tersebut tampak dari keterbukaan untuk menerima inovasi dan gagasan baru yang orang lain sampaikan. Sikap terbuka tersebut membantu masuknya pengetahuan-pengetahuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan. 

Transisi perubahan pola pikir secara irasional menjadi rasional membawa banyak pengaruh positif. Akibatnya, kehidupan manusia dapat meningkat dan berkembang ke arah yang progresif dengan pola pikir secara ilmiah. 

3. Berkembangnya IPTEK

Dampak positif modernisasi menyebabkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di tanah air bergerak maju, sehingga dapat mengadaptasi teknologi serta wawasan baru. 

Melalui perkembangan IPTEK itu, negara dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah, canggih, dan efisien. 

Contoh dampak positif dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah munculnya mesin-mesin canggih yang mempermudah beban pekerjaan manusia. Pekerjaan masyarakat yang dulunya masih dilakukan secara manual, kini dapat menggunakan bantuan mesin, misalnya mesin traktor untuk membajak sawah. 

Selain itu, dalam bidang ilmu pengetahuan, terdapat penemuan-penemuan ilmiah baru yang menjadi tambahan wawasan serta bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan. 

4. Masuknya Budaya Asing yang Bernilai Positif

Anda mungkin banyak mendengar desas-desus bahwa budaya asing yang masuk ke Indonesia membawa pengaruh negatif. Padahal, tidak semua budaya asing yang masuk membawa pengaruh negatif, tentunya ada sebagian budaya asing bernilai positif yang dapat Anda tiru. 

Perubahan pola pikir masyarakat dari tradisional ke modern menyebabkan munculnya sikap keterbukaan akan sesuatu hal yang baru. Namun, Anda perlu menyeleksi terlebih dahulu kebudayaan asing agar dapat mengambil sisi positifnya. 

Beberapa contoh budaya asing yang bernilai positif antara lain disiplin waktu, etos kerja tinggi, sportifitas, independen, pola pikir rasional ilmiah, dan lain sebagainya. Selain itu, masuknya budaya asing yang telah melalui proses seleksi dapat menciptakan akulturasi antarbudaya.  

5. Menguasai Bahasa Asing

Salah satu dampak positif modernisasi di bidang budaya adalah penguasaan bahasa asing. Kemampuan berbahasa Anda bisa bertambah dengan mempelajari bahasa dari negara lain. Misalnya seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, dan lain sebagainya.  

Faktor penyebabnya tidak lain karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Sehingga, dapat menyediakan berbagai fasilitas untuk Anda akses dengan mudah sebagai media pembelajaran bahasa asing. Menguasai bahasa asing berguna untuk melakukan interaksi dalam lingkup internasional.

6. Dampak Positif Modernisasi dalam Memperkenalkan Budaya ke Luar Negeri

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keanekaragaman budayanya. Dari Sabang sampai Merauke, hampir setiap penjuru wilayah Indonesia memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Berkat adanya modernisasi, Anda bisa memperkenalkan budaya-budaya lokal ke luar negeri dengan mudah. 

Melalui media sosial, budaya lokal di sekitar Anda dapat terekspos, sehingga siapa saja bisa melihatnya secara online di internet. Apalagi, memanfaatkan salah satu aplikasi streaming video seperti YouTube membuat Anda bisa membuat konten positif mengenai budaya lokal. 

Kondisi tersebut berdampak pada meningkatnya pengetahuan budaya lokal di Indonesia yang bisa Anda kenalkan secara global.  

7. Akses Komunikasi yang Mudah

Sesuai dengan pengertian modernisasi di atas, manusia yang sebelumnya melakukan sesuatu secara tradisional kini berubah menjadi modern. Begitupula yang terjadi pada sistem komunikasi. 

Jika sebelumnya alat komunikasi tradisional berupa surat, telegraf, telepon kaleng, dan lainnya. Maka kini alat-alat komunikasi berubah lebih canggih. Anda tidak perlu lagi menggunakan telepon kaleng dan sejenisnya. 

Produk teknologi yang memudahkan akses komunikasi modern yaitu smartphone yang dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan, melakukan panggilan suara, hingga panggilan video. Selain itu, Anda bisa menghubungi kapan saja tanpa terikat waktu dan tempat. 

8. Sistem Transportasi yang Memadai

Selain komunikasi, dampak positif modernisasi juga mempengaruhi alat transportasi yang makin memadai saat ini. Dulunya, alat transportasi masih menggunakan bantuan tenaga hewan maupun manusia. Namun, sekarang Anda bisa menikmati fasilitas transportasi yang nyaman dengan bantuan tenaga mesin. 

Perjalanan jauh yang tadinya harus melalui waktu tempuh berhari-hari, kini bisa Anda tempuh dalam waktu yang lebih singkat. Modernisasi menyebabkan inovasi di bidang transportasi dengan menciptakan kendaraan-kendaraan yang dapat menunjang dan mempermudah aktivitas manusia. 

Beberapa alat transportasi modern antara lain pesawat, kereta api, kapal laut, dan lain sebagainya. Alat-alat transportasi tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas yang canggih beserta desain modern sesuai dengan perkembangan zaman.  

9. Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat

Perubahan pola hidup dari tradisional ke modern berdampak pada meningkatnya taraf hidup masyarakatnya. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju membuat kehidupan manusia lebih efektif, efisien, dan sejahtera. 

Saat ini, masyarakat bisa mengakses informasi melalui berbagai media, baik itu media cetak maupun digital. Bukan hanya itu, dari segi komunikasi dan transportasi juga telah mengalami perkembangan pesat di mana masyarakat dapat mengakses kedua hal tersebut dengan mudah. 

10. Perubahan Gaya Hidup

Dampak positif modernisasi menyebabkan perubahan gaya hidup ke arah lebih baik. Pada umumnya, masyarakat zaman dahulu tidak terlalu memperdulikan soal busana dan makanan. 

Akan tetapi, setelah mengalami modernisasi, banyak orang mulai memperhatikan gaya berbusana serta pilihan menu makanan. Sebelumnya, mengonsumsi makanan dilakukan secara spontan tanpa memperhitungkan kalori dan kandungan gizinya. 

Berbeda dari sekarang, orang-orang cenderung menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna untuk mendapatkan nutrisi yang optimal. Perubahan ini berdampak positif untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Apakah Anda Merasakan Dampak Positif Modernisasi?

Modernisasi pastinya membawa dampak bagi kehidupan masyarakat. Anda mungkin telah merasakan dampak positif modernisasi dari berbagai aspek kehidupan, baik itu dalam hal komunikasi, transportasi, pendidikan, dan lain semacamnya. 

Tanpa adanya modernisasi, sulit bagi masyarakat tertentu untuk mengalami peningkatan taraf hidup. Apalagi, mengingat perkembangan zaman yang makin cepat dan pesat. Sehingga, jika tidak segera mengikutinya, maka akan tertinggal jauh di belakang. 

Namun, dengan adanya modernisasi tidak hanya dampak positif saja yang muncul. Melainkan dampak negatif juga dapat Anda rasakan, misalnya pengaruh negatif budaya asing, lunturnya budaya lokal, individualisme, dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu, Anda harus memperlakukan modernisasi sebijak mungkin. Ambil sisi positifnya dan tinggalkan bagian negatifnya. Kalau bisa, Anda mengupayakan untuk mencegah terjadinya dampak negatif modernisasi. Misalnya seperti menguatkan rasa cinta tanah air, selektif akan budaya asing, dan lain sebagainya. 

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page