Pengertian Barang Substitusi: Ciri, Jenis, dan Contoh Lengkapnya

Zaman dahulu saat manusia tidak mengenal uang, jika ingin mendapatkan barang, maka harus melakukan sistem barter atau menukar barang dengan barang lain. Di era sekarang, sistem barter ini hampir mirip dengan konsep barang substitusi. Mari simak penjelasan mengenai pengertian, ciri, dan contohnya secara lengkap di sini!

Apa Itu Barang Substitusi? 

Substitusi memiliki arti penukar atau pengganti. Jadi, barang substitusi secara keseluruhan bisa Anda artikan sebagai barang atau jasa yang berperan sebagai pengganti barang atau jasa lain dengan jenis serupa. Meskipun hanya sebagai pengganti, namun barang atau jasa tersebut tidak hilang nilai kegunaannya. 

Barang pengganti juga bisa Anda sebut sebagai kompetitor yang menguntungkan masyarakat dari berbagai perusahaan penyedia yang selalu meningkatkan kualitas barang tersebut. 

Sekarang ini, masyarakat juga lebih leluasa untuk memilih produk sesuai preferensi dan mencari alternatif lain jika produk tersebut mengalami kenaikan harga. Dengan kata lain, hadirnya barang pengganti akan membantu harga pasaran tetap terjaga, tidak mengalami peningkatan harga yang tinggi, namun kualitas tetap baik. 

Anda sebagai pun konsumen memiliki kebebasan untuk memilih barang asli maupun pengganti yang lebih murah sekaligus kualitasnya lebih baik. 

Dalam teori ekonomi, produk pengganti bisa dikatakan sebagai substitusi jika memiliki fungsi yang sama dengan bentuk atau merek berbeda. Sehingga dalam rumus ekonomi akan menjadi seperti berikut : 

X pengganti Y jika terdapat permintaan yang meningkat untuk X dan harga Y mengalami peningkatan atau jika terjadi elastisitas silang positif dari permintaan. 

Alasan munculnya barang pengganti, yaitu saat harga naik, konsumen akan mencari produk yang lebih murah. Sama halnya saat terjadi kelangkaan barang, maka konsumen akan mencari barang pengganti sesuai kebutuhan. Ini karena konsumen menganggap barang tersebut mempunyai kesamaan sesuai barang yang diinginkan. 

Ciri-Ciri Barang Substitusi 

Setelah mengetahui pengertian barang substitusi, sekarang saatnya Anda memahami apa saja ciri-cirinya. Apakah semua yang bisa menggantikan produk lain sudah pasti disebut sebagai substitusi? Tentu tidak, berikut ciri-ciri barang pengganti yang perlu Anda ketahui : 

1. Barang Mengalami Kelangkaan 

Ciri-ciri pertama tentu jika terjadi kelangkaan barang yang dibutuhkan masyarakat. Keberadaan barang pengganti akan membuat masyarakat bisa mendapatkan alternatif lain untuk memenuhi keinginan atau kebutuhannya. 

2. Barang Pengganti Memiliki Fungsi yang Sama 

Ketika produk utama yang dibutuhkan tidak tersedia, maka barang pengganti akan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Hal tersebut terjadi karena barang tersebut akan memiliki manfaat dan fungsi yang sama, sehingga tidak perlu khawatir saat menggunakannya. 

3. Barang Pengganti Memiliki Kualitas yang Sama 

Barang substitusi memiliki kualitas sama atau lebih baik dari barang asli. Hal tersebut merupakan salah satu keberuntungan yang akan Anda dapatkan sebagai konsumen karena bisa mendapatkan barang yang lebih murah dengan kualitas lebih baik. 

4. Barang Pengganti Mudah Digantikan 

Ciri-ciri selanjutnya untuk barang bisa Anda sebut sebagai pengganti jika barang tersebut mudah Anda peroleh. Serta mudah untuk mendapatkan produk pengganti yang serupa dengan fungsi dan manfaat sama. 

Hal itulah yang menjadi faktor barang pengganti memiliki banyak peminat karena masyarakat akan memiliki kesempatan mencoba produk lain yang serupa sesuai keinginan. 

Jenis-Jenis Barang Substitusi 

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri lengkapnya, sekarang saatnya Anda memahami apa saja jenis barang substitusi. Mengapa perlu memahami jenis-jenisnya? Karena Anda perlu mengetahui bahwa barang yang memenuhi kebutuhan hidup manusia memiliki klasifikasi sebagai berikut: 

1. Substitusi Sempurna 

Jenis barang pengganti pertama ini sifatnya identik dengan barang asli, baik dari sisi manfaat, fungsi, dan bentuknya. Cara penggunaan jenis barang ini sudah pasti sama dengan barang aslinya, sehingga Anda tidak perlu menggunakan dan mencari cara lain. 

Contohnya adalah smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS. Keduanya memiliki kesamaan fungsi utama, yaitu untuk melakukan panggilan telepon maupun saling berkirim pesan. 

Contoh lain barang pengganti sempurna adalah produk tisu dari perusahaan yang berbeda, namun fungsi dan manfaatnya sama. 

2. Substitusi Tidak Sempurna 

Jenis barang substitusi kedua ini juga bisa Anda sebut sebagai close substitute atau substitusi dekat. Karena memiliki tingkat substitusi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis sempurna. 

Barang atau produk dalam jenis ini memberikan karakteristik yang mirip, namun tidak sepenuhnya sama namun target pasarnya tetap sama. Hal tersebut membuat Anda sebagai konsumen harus lebih teliti. 

Contoh produk jenis substitusi tidak sempurna, yaitu buku dalam versi digital maupun versi cetak. Keduanya memang sama, namun prinsip kerja dan fisiknya akan membuat konsumen cukup mempertimbangkan sebelum membelinya. 

Contoh lain adalah produk kipas angin dan AC. Keduanya memiliki fungsi untuk menyejukkan ruangan, tetapi terdapat perbedaan seperti daya listrik, fitur, dan dingin yang dihasilkan. Sehingga membuat konsumen bisa mempertimbangakan sesuai kebutuhan sebelum membeli. 

Contoh Barang Substitusi 

Supaya memahaminya lebih dalam, Anda perlu melihat beberapa contoh barang pengganti yang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut: 

1. Beras, Jagung, Singkong 

Contoh pertama yang mungkin sering Anda temukan dalam kebutuhan sehari-hari adalah makanan pokok. Barang pokok seperti beras bisa digantikan dengan makanan lain seperti jagung atau singkong. 

Beras menjadi nasi yang mengandung karbohidrat dan bisa mengenyangkan perut. Sedangkan jagung dan singkong juga termasuk makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, sehingga bisa menjadi pengganti beras atau nasi.

2. Buku Cetak dan Buku Digital 

Contoh selanjutnya sudah disinggung sebelumnya, yaitu perbedaan antara buku cetak dengan buku digital. Di era digital ini, sebagian besar orang masih berminat untuk membaca buku cetak dengan alasan tertentu. Seperti lebih mudah memahami isi buku dan mendapatkan kepuasan tersendiri. 

Namun, saat ini sudah banyak perusahaan yang tidak hanya mengeluarkan buku versi cetak saja, melainkan juga versi digital. Misalnya Kindle, produk keluaran dari Amazon untuk membaca buku digital atau elektronik. 

3. Bahan Bakar Minyak Pertalite dan Pertamax 

Pemerintah membuat kebijakan tentang penjualan bahan bakar premium yang dibatasi kemudian digantikan oleh bahan bakar pertalite. Ini termasuk dalam kategori barang substitusi yang tidak sama. Karena meskipun memiliki kesamaan fungsi sebagai bahan bakar kendaraan, tetapi kualitasnya berbeda. 

BBM berbahan pertamax berstandar internasional dengan RON minimal 92. Berbeda dengan pertalite yang memiliki RON senilai 90 saja. Jadi, pertamax lebih tinggi dan hasil pembakarannya menjadi lebih sempurna tanpa meninggalkan residu atau sisa. 

Selain itu, terdapat perbedaan warna antara bahan bakar pertamax dan pertalite. Pertamax berwarna biru kehijauan sedangkan pertalite hijau terang. Kendaraan yang Anda gunakan bisa saja hanya cocok menggunakan BBM pertamax, namun ada juga yang bisa menggunakan pertalite.

4. Nasi dan Mie 

Selain diganti dengan makanan seperti jagung, singkong, dan sagu, tidak jarang mie instan juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti nasi. Ini karena kandungan dalam mie instan hampir sama dengan kandungan pada nasi. 

Selain kandungan yang hampir sama, memasak nasi membutuhkan waktu yang lebih lama dan masih membutuhkan lauk pauk lain. Sedangkan mie instan cukup beberapa menit saja. Tentu saja, ini akan menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin cepat makan atau sedang dalam kondisi buru-buru. 

5. Kursi dan Tikar 

Contoh selanjutnya, yaitu alat duduk seperti tikar bisa Anda ganti dengan kursi maupun sebaliknya sesuai kebutuhan. Meskipun bentuknya berbeda, namun keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai alas duduk. 

Selain fungsinya, bahan dasarnya juga sama-sama terbuat dari plastik atau kayu. Jika Anda tidak memiliki kursi dalam jumlah banyak dan membutuhkan alas duduk untuk jumlah orang yang banyak, maka bisa menggunakan tikar.

Perbedaan Barang Substitusi dan Komplementer

Dua jenis barang ini biasanya sering disamakan, padahal mereka memiliki perbedaan. Barang pengganti cenderung membuat konsumen kesulitan melihat perbedaannya dengan barang asli. Karena memang produksinya sengaja dibuat mirip atau duplikat.

Sedangkan barang komplementer merupakan barang pelengkap. Di mana barang ini tidak bisa berdiri sendiri dan akan digunakan bersamaan dengan barang asli maupun pengganti. Contohnya adalah ponsel dan charger serta kendaraan dan BBM. 

Sudah Mengetahui Apa itu Barang Substitusi?

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi jika terdapat barang yang memiliki fungsi sama namun berbeda harga. Jika Anda merupakan seorang pebisnis dan tidak ingin produk milik Anda terkalahkan oleh barang pengganti dan menurun penjualannya. Maka, melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas adalah jalan keluar terbaiknya. 

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page