Pengertian Tindakan Ekonomi: Tujuan, Motif, dan Contohnya

Tindakan ekonomi termasuk salah satu istilah yang terdengar asing di telinga banyak orang, namun sebenarnya praktiknya telah dilakukan di kehidupan. Istilah ini sendiri berkaitan dengan pilihan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. 

Pada ulasan kali ini, kami akan mengajak Anda untuk lebih mendalami tentang tindakan ekonomi ini, mulai dari pengertian, tujuan hingga contohnya. Penasaran? Langsung saja, simak pembahasan lengkapnya yang telah kami sajikan di bawah!

Apa Itu Tindakan Ekonomi?

Tindakan ekonomi adalah usaha yang manusia lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tindakan pemenuhan kebutuhan ini umumnya akan seorang manusia ambil berdasarkan pilihan ekonomi yang dinilai lebih menguntungkan.

Adapun beberapa contoh aktivitas ini adalah seperti tawar menawar harga. Tindakan ini adalah bentuk aksi atau usaha untuk memenuhi kebutuhan tertentu dengan mengusahakan pilihan yang paling menguntungkan.

Misalnya, jika harga yang pembeli dapatkan dari proses tawar menawar sebelumnya tidak sesuai, maka pembeli dapat mengambil pilihan ekonomi terbaik. Contohnya dengan menunda untuk membeli atau mencari opsi dengan berbelanja di toko lain yang menawarkan harga sesuai dengan keinginan pembeli.

Tujuan Tindakan Ekonomi

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, bertindak secara ekonomis berasaskan pada pilihan yang paling menguntungkan secara ekonomi. Namun, jika Anda membedahnya lebih dalam, terdapat beberapa tujuan dari tindakan ini. Adapun beberapa tujuan tersebut meliputi:

  • Membedakan dengan jelas mana pilihan yang menguntungkan dan mana yang merugikan.
  • Membedakan kualitas suatu barang dan jasa.
  • Agar dapat memilah hal yang dibutuhkan dan yang tidak.
  • Membantu memahami skala prioritas dalam penentuan kebutuhan hidup.

Singkatnya, tindakan ekonomi adalah membantu manusia untuk dapat membuat pilihan yang paling menguntungkan dari sisi ekonomi.

Jenis Tindakan Ekonomi dan Contohnya

Dalam teori ekonomi, tindakan ekonomi secara umum terbagi ke dalam dua jenis yang berbeda, yaitu tindakan rasional dan irasional. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan untuk masing masing jenis tindakan beserta dengan contohnya:

1. Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan rasional adalah suatu aktivitas yang individu atau kelompok lakukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Bentuk tindakan ini berdasarkan pemikiran rasional atau logis. Umumnya, pertimbangan dalam jenis tindakan ini adalah biaya, kebutuhan dan juga tenaga.

Adapun beberapa contoh tindakan ekonomi rasional ini adalah sebagai berikut:

  • Seseorang ingin membeli baju dengan model tertentu, kemudian ia mendapatkan harga Rp100.000,00 untuk baju tersebut. Selanjutnya, ia melakukan cross check di marketplace dan mendapati harga jual yang lebih murah, yaitu Rp50.000,00 dan memutuskan untuk membelinya.
  • Seseorang ingin memulai bisnis tertentu. Dalam rangka mengetahui jenis produk apa yang paling potensial untuk dijual, ia melakukan riset pasar sebelum melakukan stock produk jualan. Ia juga melakukan riset marketing channel terbaik untuk digunakan pada proses pemasaran produk.

Berdasarkan contoh kasus di atas, pelaku ekonomi telah melakukan aktivitas yang termasuk tindakan rasional di mana memberikan keuntungan ekonomis bagi dirinya.

2. Tindakan Ekonomi Irasional

Sedangkan tindakan irasional adalah tindakan yang berlawanan dengan jenis tindakan sebelumnya, di mana individu atau kelompok terkait justru memilih pilihan yang kurang menguntungkan (ekonomis).

Jenis tindakan ini jelas memberikan pengaruh ekonomi berupa kerugian pada sisi finansial pelakunya. Adapun contoh dari jenis tindakan ini sendiri adalah seperti contoh kasus berikut:

  • Misalnya, seseorang ingin membeli laptop tertentu di suatu toko laptop. Setelah mengetahui harga, selanjutnya orang tersebut langsung membeli laptop tersebut, tanpa melakukan cross check harga di toko laptop lainnya atau marketplace.
  • Seorang pebisnis berencana merilis produk baru. Namun di lain sisi, pebisnis tersebut tidak melakukan riset pasar yang matang, yang dapat menjadi penyebab gagalnya produk di pasaran.

Secara konsep, tindakan pada sejumlah kasus di atas adalah contoh tindakan irasional. Hal tersebut lantaran aktivitas yang dilakukan termasuk pilihan yang merugikan pelaku dari sisi ekonomi.

Motif Tindakan Ekonomi 

Setiap orang atau kelompok bertindak secara ekonomis pastinya dilatarbelakangi motif tertentu. Motif ini dikenal dengan istilah motif ekonomi yang mana terbagi atas dua jenis berbeda, yaitu:

1. Motif Intrinsik

Motif intrinsik adalah jenis dorongan untuk bertindak secara ekonomis yang berasal dari diri atau kelompok sendiri, tanpa ada pengaruh dari pihak luar. Sebagai contoh, perusahaan yang mengambil keputusan bisnis tertentu yang mengacu pada pendapat dewan dan karyawan perusahaan.

Jika menelaah contoh di atas, maka perusahaan tersebut telah melakukan tindakan yang didasarkan pada motif intrinsik. Karena mereka tidak terpengaruh oleh pendapat dari luar perusahaan.

2. Motif Ekstrinsik

Motif dalam bertindak ekonomis selanjutnya disebut motif ekstrinsik. Bentuk motif ini adalah kebalikan dari motif intrinsik sebelumnya, di mana terdapat faktor luar yang mempengaruhi seseorang atau kelompok bertindak secara ekonomis.

Sebagai contoh, seseorang memiliki keinginan untuk membeli suatu barang karena melihat iklan tertentu di media sosial. Berdasarkan contoh tersebut, dapat Anda lihat bahwa keinginan untuk bertindak secara ekonomis disebabkan oleh faktor luar, yakni penawaran di media sosial.

Hubungan antara Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Tindakan, motif dan prinsip ekonomi adalah ketiga hal yang tidak dapat terpisahkan. Adanya motif ekonomi menjadi pendorong seseorang atau kelompok untuk bertindak ekonomis guna mendapatkan hasil terbaik. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, motif ekonomi ini dapat berupa motif intrinsik atau ekstrinsik. 

Sedangkan prinsip ekonomi memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap aktivitas ekonomi yang individu atau organisasi lakukan guna mencapai hasil terbaik atau keuntungan tertentu.

Bagaimana Cara Membuat Tindakan Ekonomi Rasional?

Mengacu pada penjabaran di atas, dapat disebutkan bahwa perilaku ekonomi rasional adalah jenis perilaku yang sebaiknya Anda terapkan dalam kehidupan Anda. Dalam hal ini, terdapat beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membantu melakukan tindakan ekonomi. Adapun beberapa tips tersebut meliputi:

1. Mengidentifikasi Tujuan

Sebelum membuat suatu keputusan ekonomi, pastikan untuk menentukan tujuan yang ingin Anda capai. Hal ini akan membantu menentukan langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Mempertimbangkan Harga

Pertimbangan biaya juga menjadi bagian penting yang harus Anda lakukan untuk dapat bertindak secara ekonomis. Dalam hal ini, sebaiknya Anda menghitung atau memperkirakan biaya yang akan Anda keluarkan dan memastikan apakah biaya tersebut sepadan dengan manfaat yang Anda peroleh.

3. Pertimbangan Waktu

Selain biaya, pertimbangan waktu juga menjadi hal lain yang perlu Anda pertimbangkan untuk bertindak secara ekonomis. Dalam hal ini, pastikan apakah waktu yang Anda gunakan akan sepadan dengan manfaat dari pilihan Anda.

4. Pertimbangkan Resiko

Resiko juga menjadi hal yang Anda jadikan pertimbangan ketika ingin melakukan kegiatan ekonomi. Pertimbangkan resiko yang mungkin Anda dapatkan dari pilihan yang Anda dapatkan.

5. Pertimbangkan Alternatif

Langkah terakhir adalah mempertimbangkan alternatif yang tersedia. Sebelum memilih pilihan tertentu dalam kegiatan ekonomi, pertimbangkan apakah terdapat alternatif lain yang tersedia yang dapat menjadi pilihan lebih baik. 

Untuk memperjelas gambaran dari penerapan tips melakukan tindakan ekonomi rasional di atas, berikut contoh kasus yang dapat Anda jadikan referensi:

Misalnya, Anda ingin membeli sebuah mobil baru dengan merek X. Sebelum memutuskan membeli mobil baru ini, Anda harus mengidentifikasi tujuan dari pembelian mobil tersebut, apakah memang benar-benar Anda butuhkan atau tidak.

Jika mobil baru ini memang termasuk urgensi dari sisi kebutuhan, maka Anda harus mempertimbangkan biaya pembelian yang akan Anda keluarkan. Kemudian, Anda juga harus mempertimbangkan resiko dari pilihan Anda membeli mobil, seperti tambahan biaya bulanan.

Setelah itu, pertimbangkan juga opsi lain selain merek X yang memberikan manfaat yang sama, namun keuntungan yang lebih, misalnya dari segi harga atau kualitas.

Sudah Paham dengan Bentuk Tindakan Ekonomi?

Kesimpulannya, tindakan ekonomi adalah sebuah usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam penerapannya, manusia harus mengacu pada jenis tindakan yang rasional, demi mendapatkan pilihan ekonomi yang menguntungkan. 

Meskipun begitu, sebagian manusia lainnya juga ada yang melakukan kegiatan ekonomi tertentu karena dorongan untuk memperoleh pengakuan dan penghargaan dari orang di sekitarnya. Jadi, kegiatan ini tidak selalu bertujuan untuk kehidupan dasar manusia.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page