Syarat Masuk Akmil Terbaru & Tips Mempersiapkannya

Akademi militer adalah salah satu tahapan pendidikan yang harus dilalui oleh masing-masing kabinet calon pasukan baru. Oleh karena itu, jika tertarik menjadi seorang tentara, setidaknya Anda harus tahu syarat masuk akmil dan mempersiapkannya dengan matang.

Tak hanya modal dan fisik yang harus Anda siapkan, mental juga jadi kondisi utama yang harus Anda penuhi. Lalu, apa saja syarat yang harus Anda persiapkan? Penasaran? Kalau begitu, jangan lewatkan satu poin pun dari penjelasan dalam artikel ini!

Sarat Masuk Akmil Secara Umum

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa persyaratan umum yang harus Anda penuhi jika ingin mendaftarkan diri menjadi murid di akademi militer. Adapun persyaratan yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:

1. Seorang WNI

Syarat pertama sudah pasti harus terbukti sebagai seorang warga negara Indonesia. Hal tersebut harus terbukti secara administratif, yakni memiliki kartu tanda penduduk maupun akte kelahiran yang sesuai dengan Kartu Keluarga.

2. Beriman Kepada Tuhan YME

Syarat masuk akmil kedua adalah calon peserta akmil harus beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME atau dengan kata lain memeluk sebuah agama. Tentunya untuk agama tidak ada batasan selagi agama diakui oleh negara Indonesia. Baik itu Islam, Kristen, Katolik. Hindu, Budha, maupun Konghucu.

3. Setia pada NKRI dan UUD 45

Syarat berikutnya adalah memiliki sikap setia pada Pancasila dan UUD 45, dengan kata lain mematuhi peraturan yang ada. Serta tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan oleh Polri. Adapun SKCK harus aktif atau masih dalam masa penggunaannya.

4. Minimal Umur 17 Tahun 9 Bulan

Peserta didik yang ingin mendaftarkan diri, setidaknya harus berumur 17 tahun 9 bulan pada masa pendataran. Hal tersebut dapat didukung oleh KTP, akte kelahiran, dan juga KK yang sesuai.

5. Sehat Jasmani dan Rohani

Adapun syarat masuk akmil berikutnya adalah dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Ini akan terbukti dengan surat keterangan dokter yang masih berlaku setidaknya 2 hari sebelum pendaftaran. Aspek kesehatan mencakup tidak terdapat kecacatan, kesehatan gigi, mata (tidak berkaca mata), dan kulit.

6. Bukan Warga yang Kehilangan Hak Menjadi Prajurit

Peraturan satu ini kembali kepada kelakuan baik, karena dalam beberapa kasus ada hukuman yang menghilangkan hak seorang warga menjadi seorang prajurit. Dalam hal ini, kesalahan atau kriminalitas sekecil apapun tidak akan bisa ditolerir.

Persyaratan Khusus Masuk Akmil 

Selain syarat umum yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menjadi peserta didik militer ada beberapa syarat khusus masuk akmil lainya. Adapun syarat tersebut mencakup:

1.  Pria/Wanita yang Bukan PNS atau Polri

Sebagai seorang prajurit militer, Anda yang mendaftar haruslah orang luar pemerintahan. Maksudnya, Anda bukanlah seorang mantan PNS, TNI, dan juga Polri. Jangan sampai Anda masih kedapatan menduduki salah satu jabatan tersebut.

2. Minimal Ijazah SMA atau Sederajat

Anda yang ingin mendaftar akmil, haruslah sudah mengantongi ijazah SMA atau sederajat dengan ketentuan nilai yang cukup ketat, seperti:

  • Lulusan 2018: Untuk Anda yang lulus pada tahun tersebut, haruslah memiliki nilai UN dengan rata-rata minimal di angka 4,00. 
  • Lulusan 2019: Sedangkan untuk lulusan 2019 ada sedikit peningkatan, karena nilai rata-rata UN harus menyentuh 47.50
  • Lulusan 2020: Karena pada tahun ini sudah tidak ada UN, maka persyaratan berubah menjadi rata-rata nilai akademis dari seluruh rapor minimal di angka 70. Selain itu, tidak boleh ada nilai di bawah 60.
  • Lulusan 2021: Fokusnya masih sama seperti tahun sebelumnya, namun nilai rata-rata meningkat menjadi 75 dan tidak ada nilai rapor di bawah 65.
  • Lulusan 2022: Peraturan persyaratan akademis masih sama dengan tahun terakhir.

Adapun mata pelajaran yang jadi fokus uji berbeda setiap program studinya, biasanya untuk SMA terfokus pada:

  • IPA: Matematika, Biologi, Fisika dan juga Kimia.
  • IPS: Matematika, Bahasa pokok (Indonesia dan Inggris), Geografi, Sosiologi dan Ekonomi.
  • Adapun jurusan lain, akan ada pemeriksaan lebih lanjut.

3. Status Pernikahan Belum Menikah

Bagi seorang calon peserta didik akademi militer, status pernikahan jadi poin pertimbangan yang cukup penting. Karena dalam syarat masuk akmil yang harus Anda penuhi, status pernikahan haruslah belum pernah menikah sama sekali. 

Tambahan lain, seorang calon peserta didik harus menyanggupi untuk tidak menikah selama paling lambat satu tahun masa pendidikan pertama. Setelah tahun tersebut, kesanggupan tersebut akan hangus dan peserta didik boleh menikah.

4. Tinggi Badan Minimal dan Berat Badan Proporsional

Persyaratan berikutnya berkaitan dengan postur tubuh, yakni pada tinggi badan. Karena seorang peserta akmi setidaknya untuk laki-laki minimal adalah 165 cm, sedangkan untuk perempuan setidaknya 157 cm. Adapun untuk berat badan setidaknya mengikuti ukuran ideal dari tinggi badan yang Anda miliki.

5. Bersedia Menjalin Ikatan Dinas Pertama

Sebagai seorang peserta akademi militer yang lulus, nantinya Anda akan terikat kedinasan atau IDP (Ikatan Dinas Pertama) selama sekurang-kurangnya adalah 10 tahun. Jadi, secara teori Anda akan terikat dengan militer sekurang-kurangnya 10 tahun masa pengabdian.

6. Bersedia ditempatkan di Seluruh Indonesia

Syarat masuk akmil berikutnya adalah bersedia untuk mendapatkan penempatan di mana saja di seluruh wilayah NKRI. Adapun masa tugas dan penempatan akan ditentukan oleh pihak yang berwenang.

7. Terdaftar dan Memiliki BPJS

Sebagai anggota militer, Anda akan ditempatkan pada bagian tertentu yang berisiko terhadap kecelakaan dan kematian. Oleh karena itu, peserta harus terdaftar dan memiliki asuransi berupa BPJS yang masih aktif.

Tips Persiapan Masuk Akmil

Ada beberapa tips yang setidaknya harus Anda persiapkan sebelum masuk atau mendaftar akademi militer. Beberapa tips tersebut mencakup beberapa hal, seperti berikut ini:

1. Kesiapan Persyaratan Administrasi

Seperti yang Anda tahu sebelumnya, bahwa dalam mendaftar ada beberapa syarat masuk akademi militer berupa administratif. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menyiapkan kebutuhan administrasi jauh-jauh hari. Mulai dari kartu identitas, ijazah, SKCK, bukti tes kesehatan, dan kebutuhan administrasi lainnya.

2. Lakukan Latihan Tubuh 

Salah satu syarat masuk akmil adalah memiliki tubuh yang sehat, namun selain sehat ada postur tubuh ideal dan minimal yang harus Anda capai. Oleh sebab itu, baik pria atau wanita, melakukan latihan tubuh adalah hal wajib. Terutama untuk mengejar angka persyaratan yang belum terpenuhi.

3. Menyiapkan Mental

Tak hanya jasmani yang harus sehat, rohani juga harus terjaga. Oleh karena itu, penting untuk mencari kegiatan yang positif, serta terus mendekatkan diri dengan Tuhan YME. Bahkan Anda juga bisa melakukan tes dan terapi ke psikolog untuk memantapkan mental Anda menjadi peserta akmil.

4. Latihan Mengerjakan Soal

Seperti halnya masuk PNS, ada tes yang harus Anda jalani. Karena hal inilah, penting untuk Anda terus mengasah kemampuan akademik dengan latihan mengerjakan soal tes akmil dan mempelajari pembahasan pengerjaannya. Latihan ini termasuk soal tes psikologi yang mungkin juga akan Anda kerjakan.

Sudah Tahu Apa Saja Syarat Masuk Akmil?

Nah, itulah beberapa persyaratan masuk akademi militer yang harus Anda siapkan dengan matang jauh-jauh hari. Adapun beberapa persyaratan yang bersifat durasi jangka pendek, bisa Anda siapkan sedekat mungkin dengan hari pendaftaran!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page