10 Universitas yang Ada di Surabaya Terbaik Negeri dan Swasta

Dibanding 12 tahun masa pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, lolos seleksi universitas untuk masa pendidikan 4 tahun jauh lebih susah. Jangankan proses seleksi, memilih satu yang terbaik saja juga sama susahnya. Lantas, untuk membantu Anda, berikut referensi universitas yang ada di Surabaya. 

Apa Saja Universitas yang Ada di Surabaya?

Indonesia yang memiliki lebih dari 400 kabupaten dengan hampir 100 kota di seluruh penjuru negeri tentu memiliki banyak lembaga pendidikan. Salah satu kota tersebut adalah Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Menurut data terakhir, Surabaya berada di peringkat keenam pada daftar 10 kota pendidikan di Indonesia. 

Hal demikian tak heran membuat Surabaya menjadi salah satu tujuan utama para peserta didik dari seluruh penjuru Indonesia untuk menempuh pendidikan lebih lanjut, khususnya pendidikan sarjana. Universitas di Surabaya tentu tak terhitung jumlahnya, baik yang negeri maupun swasta, dan semuanya menjadi pilihan favorit. 

Selain itu, dengan didukung berbagai jurusan dan program studi yang sudah terakreditasi, maka apa saja universitas yang ada di Surabaya? 

10 Universitas yang Ada di Surabaya Swasta dan Negeri

Mempersiapkan kemampuan diri untuk mengikuti seleksi perguruan tinggi memang butuh waktu yang lama. Namun, jangan biarkan diri Anda dilema berkepanjangan dalam memilih kampus terbaik, mulai dari swasta hingga negeri. Maka dari itu, berikut referensi universitas yang ada di Surabaya untuk membantu Anda.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Siapa yang tidak mengenal kampus satu ini? Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi pilihan favorit banyak siswa karena keunggulannya di bidang sains dan teknologi. Selain itu, kampus yang berdiri sejak tahun 1957 tersebut sudah mengantongi banyak akreditasi dari nasional hingga internasional.

Bahkan, akreditasi nasional A kampus ini sudah resmi sejak 24 tahun lalu. Adapun pilihan jurusan yang menjadi favorit mayoritas siswa antara lain adalah Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil hingga Sistem Informasi. Dengan peminat yang banyak, tentu membuat peluang masuk semakin susah dan sangat ketat.

Meski begitu, ada juga beberapa pilihan program studi yang tidak memiliki banyak peminat, sehingga peluang masuk lebih besar. Beberapa di antaranya adalah Teknik Fisika, Teknik Transportasi Laut, dan Teknik Sistem Perkapalan.

  • Alamat: Jl. Teknik Kimia, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111
  • Telepon: (031) 5923465

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas yang ada di Surabaya kedua ini adalah Universitas Airlangga (UNAIR). Kampus yang berdiri di Hari Pahlawan ke-9 atau lebih tepatnya tahun 1954 ini memiliki banyak program studi yang sudah mengantongi akreditasi internasional. Tak heran jika UNAIR menjadi kampus terbaik di Surabaya. 

Sebenarnya, jika membicarakan UNAIR, pasti kita tidak bisa lepas dari fakta jika kampus ini memiliki bidang studi kedokteran terbaik. Benar saja, jurusan kedokteran menjadi salah satu yang paling banyak peminat, bersama dengan jurusan Psikologi, Farmasi, Ilmu Komunikasi hingga Ilmu Hukum. 

Sedangkan untuk Anda yang ingin mencari peluang lebih besar, bisa mencoba beberapa jurusan dengan peminat rendah seperti Kesehatan Masyarakat, Fisika, Matematika hingga Akuakultur.

  • Alamat: Jl. Airlangga No.4 – 6, Airlangga, Kec. Gubeng, Surabaya 60286
  • Telepon: (031) 5915551

3. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas yang ada di Surabaya nomor ketiga adalah Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jika kita berbicara tentang kampus pendidikan, pasti nama UNESA menjadi topik utamanya. Kampus UNESA sendiri berdiri pada tahun 1964, dengan nama awal Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). 

Pada tahun 1999, berubahlah kampus ini menjadi Universitas Negeri Surabaya seperti yang Anda kenal saat ini. Dengan mengantongi akreditasi nasional A, pilihan jurusan favorit di UNESA antara lain adalah Psikologi, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sampai Ilmu Komunikasi.

Sedangkan, beberapa jurusan dengan peluang masuk lebih besar contohnya seperti Seni Rupa Murni, Seni Musik, Bahasa dan Sastra Jerman hingga Ilmu Keolahragaan.

  • Alamat: Jl. Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur 60213
  • Telepon: (031) 8280009

4. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA)

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) menjadi pilihan keempat kampus terbaik di Surabaya. Mengantongi akreditasi nasional A, nama kampus ini berasal dari salah satu nama Wali Songo, yaitu Sunan Ampel. Selain itu, UINSA juga menjadi salah satu universitas yang ada di Surabaya dengan basis Islam. 

Sekedar informasi, kampus ini dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel dan berubah menjadi Universitas Islam Negeri pada tahun 2013.

Selain tiga kampus sebelumnya, UINSA juga menjadi salah satu yang terfavorit, khususnya di jurusan Psikologi, Manajemen, dan Akuntansi. Sedangkan untuk jurusan yang cukup rendah persaingannya ada Teknik Sipil, Ilmu Kelautan, Matematika sampai Ilmu Politik.

  • Alamat: Jl. Ahmad Yani No.117, Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur 60237
  • Telepon: (031) 8410298

5. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran

Kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur yang berada di Surabaya sudah mengantongi status perguruan tinggi negeri sejak tahun 2014. Usianya juga sudah cukup lama, karena telah berdiri sejak tahun 1959. Meski begitu, kampus ini baru mendapatkan akreditasi A pada tahun 2021 kemarin.

UPN Jatim mengokohkan namanya sebagai salah satu kampus dengan peminat tertinggi di bidang Sosial Humaniora. Hal ini bisa Anda lihat dari tingginya pendaftar untuk beberapa jurusan seperti Manajemen, Administrasi Publik, Hukum sampai Ilmu Komunikasi.

Sedangkan beberapa jurusan yang tidak memiliki persaingan ketat dalam proses seleksinya seperti Linguistik Indonesia, Fisika, dan Desain Interior. Sebagai informasi, ketiga jurusan ini memang belum berusia satu tahun sehingga peluang masuk cukup tinggi.

  • Alamat: Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya 60294
  • Telepon: (031) 8706369

6. Universitas Ciputra

Ciputra tidak hanya mengembangkan sayapnya pada bidang properti dan sebagainya, namun juga pendidikan. Universitas Ciputra berdiri sejak tahun 1990, dengan tujuan mendidik mahasiswa agar menjadi seorang pebisnis terbaik di masa depan, sesuai dengan slogannya Creating World Class Entrepreneurs”.

Dengan berada di kawasan elite Citraland, Universitas Ciputra terkenal sebagai kampus bisnis swasta terbaik, terbukti dari banyak lulusannya yang sukses. Adapun tiga jurusan favorit di kampus ini adalah International Business Management, Visual Communication Design, dan Ilmu Komunikasi. 

  • Alamat: CitraLand CBD Boulevard, Made, Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60219
  • Telepon: (031) 7451699

7. Universitas Kristen Petra Surabaya

Universitas yang ada di Surabaya nomor ketujuh adalah Universitas Kristen Petra Surabaya atau istilah umumnya adalah UK Petra. Berdiri sejak tahun 1961, UK Petra berhasil menjadi universitas swasta terfavorit di Surabaya dengan jumlah mahasiswa mencapai angka lebih dari 10.000.

Berbeda dengan Universitas Ciputra, UK Petra tidak secara khusus memfokuskan mahasiswanya untuk berkarir di bidang bisnis dan sebagainya. Hal ini bisa Anda lihat dari beberapa jurusan yang memiliki banyak peminat di universitas ini seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, Informatika hingga Manajemen.

  • Alamat: Jl. Siwalankerto 121 – 131. Kota Surabaya, Jawa Timur 60236
  • Telepon: (031) 8439040

8. Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah pilihan kampus swasta terbaik berikutnya di Kota Pahlawan. Berdiri sejak tahun 1968, UBAYA kini telah berkembang banyak dengan memiliki tiga kampus yaitu di daerah Ngagel, Rungkut, dan satu kampus bertema outdoor di Trawas. 

Dengan mengantongi akreditasi A sejak tahun 2015, UBAYA memiliki persaingan tinggi dalam beberapa jurusan tertentu. Mereka adalah jurusan Akuntansi, Psikologi hingga Ilmu Hukum. Menariknya, kampus ini juga masuk ke dalam daftar 50 Promising Indonesian Universities oleh Embassy of Indonesia

  • Alamat: Jl. Raya Kalirungkut, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur 60293
  • Telepon: (031) 2981100

9. Universitas Hang Tuah Surabaya

Masih seputar universitas yang ada di Surabaya, berikutnya ada Universitas Hang Tuah (UHT). Kampus swasta yang berdiri sejak 1987 tersebut berada di bawah naungan Yayasan Nala milik TNI Angkatan Laut. Meski begitu, UHT tidak hanya fokus pada ilmu kelautan, namun juga menawarkan ilmu di bidang lain. 

Hal ini terbukti dengan adanya pengadaan fakultas yang fokus di bidang sosial politik hingga psikologi. Selain itu, dengan mengantongi akreditasi B, jurusan favorit dengan jumlah peminat tinggi di UHT antara lain ada Ilmu Kedokteran, Teknik Elektro, Teknik Sistem Perkapalan, dan Teknik Kelautan. 

  • Alamat: Jl. Arief Rahman Hakim, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111
  • Telepon: (031) 5945864

10. Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO)

Universitas yang ada di Surabaya urutan terakhir adalah Universitas Dr. Soetomo (Unitomo). Salah satu kampus swasta terbaik di Kota Pahlawan ini berdiri sejak tahun 1981. Seiring berjalannya tahun, Unitomo semakin memantapkan reputasinya dengan masuk ke dalam jajaran 5 kampus swasta terbaik di Indonesia. 

Selain itu, Unitomo mendidik mahasiswanya dengan ajaran Dr. Soetomo, yaitu mandiri, modern, dan beretika. Jika Unitomo adalah pilihan Anda, ketahuilah program studi dengan peminat tertinggi di kampus ini antara lain ada Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis hingga Teknik Sipil.

  • Alamat: Jl. Semolowaru No.84, Menur Pumpungan, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60118
  • Telepon: (031) 5925970

Sudah Tahu Apa Saja Universitas yang Ada di Surabaya?

Setelah mengetahui daftar lengkap universitas yang ada di Surabaya baik negeri maupun swasta, lantas apakah Anda sudah menentukan pilihan? Persiapkan diri Anda dari sekarang untuk memasuki kampus impian. 

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page