Deretan 7 Palung Terdalam di Indonesia, Palung Jawa Capai 7.140 Meter

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam kepulauan. Wilayah lautnya sendiri lebih luas daripada daratannya. Kedalam laut paling dalam adalah palung. Palung sendiri memiliki bentuk yang mengerucut dan memiliki tepi yang terjal. Lantas, adakah palung terdalam di Indonesia?

Apa Itu Palung?

Palung laut merupakan lekukan panjang dan sempit yang berada di dasar lautan. Palung laut adalah jurang di dasar laut. Area ini merupakan bagian terdalam dari lautan di bumi. 

Meskipun memang permukaan lautan terlihat rata, namun kedalaman lautnya ternyata berbeda-beda. Titik terdalam lautan biasanya terletak pada palungnya. Palung sendiri merupakan cekungan topografi yang berada di dasar laut. Lebarnya sendiri relatif sempit, namun ujungnya sangat panjang dan dalam.

Palung memiliki kedalaman sekitar 7.300 meter hingga 11.000 meter. Kedalaman inilah yang membuat palung memiliki tekanan hidrostatis yang besar. Sebab, tekanan hidrostatis akan naik setiap kedalaman air bertambah.

Palung laut yang terdalam memiliki tekanan hidrostatis sekitar 1.100 lebih besar dari yang ada di permukaan laut. Hal inilah yang membuat cahaya matahari tidak bisa menembus kedalaman palung laut, sehingga membuatnya sangat gelap dan dingin.

Jadi, bisa dikatakan bahwa palung terdalam di Indonesia merupakan cekungan di dasar laut yang sangat curam karena diapit oleh tebing. Dengan kata lain, palung laut merupakan jurang yang ada di dasar laut. 

Titik terendah dari Bumi berada di salah satu palung yang terletak di Samudera Pasifik, yakni Palung Mariana. Palung Mariana memiliki kedalaman yang mencapai 10.923 meter. Hal inilah yang membuat Palung Mariana menjadi palung terdalam di dunia.

Palung Terdalam di Dunia

Sebelum mengetahui palung terdalam di Indonesia, Anda bisa mengetahui yang paling dalam d dunia. Sebab, selain Palung Mariana, masih ada beberapa palung terdalam di dunia. Berikut daftarnya:

  • Palung Tonga di kawasan Samudera Pasifik yang memiliki kedalaman mencapai 10.882 meter. Titik terdalamnya bahkan dinamakan dengan Deep Horison.
  • Di kawasan Filipina ada Palung Filipina atau Mindanao dengan kedalaman mencapai 10.540 meter. Panjangnya sendiri mencapai 1.320 kilometer. 
  • Palung Kuril – Kamchatka di kawasan Samudra Pasifik ini memiliki kedalaman mencapai 10.500 meter.
  • Palung Kermadec yang berada di kawasan Samudera Pasifik ini memiliki kedalaman 10.045 meter. 
  • Di kawasan Jepang ada Palung Jepang dengan kedalaman mencapai 9.000 meter.
  • Palung Puerto Rico berada di perbatasan Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Palung ini memiliki kedalaman mencapai 8.605 meter. Hal unik dari palung ini adalah jika ada gempa bumi di zona patahan ini, maka kemungkinan terjadinya tsunami sangatlah besar.

Ciri-Ciri Palung Laut

Palung merupakan jurang yang berada di bawah permukaan laut. Palung laut ini memiliki dinding yang curam dan sangat dalam. Agar lebih memahami bagaimana penampakan palung laut, berikut beberapa ciri-cirinya:

  • Memiliki kedalaman yang sangat dalam.
  • Berupa cekungan yang dibatasi dinding terjal dan curam.
  • Berada di dalam lautan.
  • Sangat gelap karena cahaya matahari tidak bisa menembusnya.

7 Palung Terdalam di Indonesia

Palung terdalam dunia saat ini dipegang oleh Palung Mariana. Namun, mana saja palung terdalam di Indonesia? Cari tahu di sini:

1. Palung Weber

Selain di luar negeri, ternyata Indonesia juga memiliki palung yang cukup dalam. Buktinya, Palung Weber menjadi palung terdalam di Indonesia pada urutan pertama. Letaknya sendiri berada di area Laut Banda, Kepulauan Maluku, Indonesia. 

Weber Deep merupakan cekungan bawah yang letaknya berada di area depan busur Banda rantai, Kepulauan Vulkanik. Lebih tepatnya, Palung Weber terletak antara busur luar dan busur dalam dari Banda. Palung dengan luas 150 km persegi ini memiliki kedalaman hingga mencapai 7.440 meter.

Lalu, untuk bagaimana palung ini terbentuk pun belum diketahui secara jelas. Namun, pernah ada seorang ilmuwan Australia yang mencari tahu mengenai asal usul terbentuknya Palung Weber ini. 

Bahkan, ilmuwan ini melakukan percobaan untuk menjelaskan tentang evolusi tektonik busur Banda. Sayangnya, hingga saat ini belum ada hipotesis yang bisa menjelaskan bagaimana proses terbentuknya Palung Weber. 

Namun, banyak yang mengatakan bahwa penyebab terbentuknya Palung Weber ini adalah karena tumbukan antara 2 lempeng dengan lempeng Samudera Pasifik dari arah Timur. Jadi, semakin ke Barat, maka palungnya akan semakin dangkal.

2. Palung Jawa

Palung terdalam di Indonesia selanjutnya adalah Palung Jawa yang terletak di sisi Timur dari Samudera Hindia. Dikenal sebagai Shunda Double Trench, palung ini berada tepat di kilometer 305 Barat Daya dari pantai Provinsi Sumatera dan Jawa.

Palung Jawa memiliki kedalaman mencapai 7.140 meter dengan jarak sejauh 2.600 meter. Selain itu, Palung Jawa ini menjadi lokasi dengan titik terdalam di Samudra Hindia. Di mana titik kedalamannya bisa mencapai 7.450 meter. 

3. Palung Buton

Palung Buton merupakan palung yang terletak di sekitaran wilayah Sulawesi Tenggara. Salah satu palung terdalam di Indonesia ini memiliki kedalaman yang mencapai 4.180 meter. Palung Buton sendiri ditemukan pada tahun 1920 hingga 1930 ketika ada kegiatan Ekspedisi Snellius I.

Nama dari kegiatan ini diambil dari nama seorang ahli Astronomi, Fisika, dan Matematika bernama Willebrord Snellius. Snellius hidup di tahun 1580 sampai 1626. Nama Snellius sendiri digunakan dalam Ekspedisi Snellius I karena ekspedisi tersebut dilakukan kembali pada tahun 1984 hingga 1985.

Acara Ekspedisi Snellius I ini dipimpin oleh seorang pensiunan dari angkatan laut Belanda yang bernama P. M van Riel. P. M van Riel ini ternyata juga merupakan kepala bagian oseanografi dan meteorologi maritim di KNMI. KNMI sendiri merupakan lembaga meteorologi kerajaan Belanda.

4. Palung Sangihe

Palung terdalam di Indonesia selanjutnya adalah Palung Sangihe yang terletak di Laut Maluku. Tepatnya ada di antara batas tiga lempeng, yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Indonesia – Australia, dan Lempeng Laut Filipina.

Penemuan dari Palung Sangihe ini sendiri terjadi karena adanya kegiatan Ekspedisi Snellius I, layaknya Palung Buton. Palung yang merupakan jurang dari dasar lautan ini memiliki kedalaman hingga 3.850 meter. 

5. Palung Talaud

Palung Talaud terletak di sebelah Utara dari Laut Timur Sulawesi Utara. Salah satu palung terdalam di Indonesia ini menjadi lokasi pertemuan arus. Sehingga akan ada banyak sekali ikan yang berkumpul. 

Palung Talaud sendiri memiliki kedalaman hingga mencapai 3.450 meter. Palung ini pun menjadi lokasi terbaik bagi para nelayan untuk mencari ikan.

6. Palung Ternate

Ternyata, perairan Maluku sangatlah kaya akan Palung. Hal tersebut terbukti dengan adanya Palung Ternate selain Palung Sangihe. Palung Ternate ini menempati posisi ke-6 palung terdalam di Indonesia. 

Palung berkedalaman 3.450 meter ini terletak di perairan sebelah Utara dari Maluku Utara. Sama halnya dengan palung-palung yang lain, palung Ternate juga ditemukan dari kegiatan Ekspedisi Snellius I. 

Karena merupakan bagian dari hasil temuan kegiatan Ekspedisi Snellius I. Maka, Palung Ternate pun masuk dalam serial buku yang berjudul “The Snellius Expedition” karya E. J Broll, Leiden, Belanda. Hasil temuan dari Ekspedisi Snellius I ini pun menjadi pengetahuan oseanografi Indonesia. 

7. Palung Timor

Palung Timor terletak di laut Timor, tepatnya berada di perbatasan antara Timor Leste dengan bagian Selatan dari Benua Australia. Salah satu Palung terdalam di Indonesia ini memiliki kedalaman yang mencapai 3.310 meter. 

Sudah Tahu Mana Palung Terdalam di Indonesia?

Itulah beberapa palung terdalam di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Meskipun tidak termasuk dalam salah satu daftar palung paling dalam di dunia, namun Indonesia tetap punya 7 palung dengan keunikannya masing-masing. 

Bahkan, Indonesia memiliki palung dengan area terbaik yang menjadi tempat favorit bagi para nelayan untuk mencari ikan. Sebenarnya, masih ada kemungkinan Indonesia memiliki palung yang lain. Sebab, Indonesia memiliki wilayah lautan yang sangat luas. Hanya saja, palung yang sudah tercatat adalah 7 palung di atas.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page