11 Daftar Universitas yang Ada di Semarang, Terbaik & Favorit

Semarang adalah salah satu kota favorit untuk berkuliah. Sebab, ada cukup banyak universitas yang ada di Semarang. Selain tersedianya cukup banyak pilihan perguruan tinggi, berbagai jurusan juga ada untuk menjadi bahan pertimbangan.

Artikel ini akan membahas beberapa universitas yang favorit serta memiliki banyak jurusan up to date di kota Semarang. Kota ini memang tak hanya berperan sebagai ibukota provinsi, tetapi juga pusat kehidupan belajar untuk provinsi Jawa Tengah.

11 Daftar Universitas yang Ada di Semarang, Terbaik & Favorit

Berikut ini adalah daftar 11 universitas terbaik yang menjadi incaran para calon mahasiswa. Setiap perguruan tinggi memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing.

1. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro UNDIP
Zenius Education

Pertama adalah universitas negeri, yaitu Universitas Diponegoro atau UNDIP. Perguruan tinggi ini memiliki 2 kampus, yaitu kampus Pleburan yang lokasinya tak jauh dari pusat kota Simpang Lima. 

Kampus ini saat ini menjadi lokasi kuliah untuk program pascasarjana. Masyarakat Semarang biasanya menyebutnya dengan UNDIP Semarang Bawah. Sebab, memang lokasinya berada pada dataran rendah Kota Semarang.

Sedang lokasi yang kedua adalah kampus Tembalang yang berlokasi di Semarang Selatan. Kampus ini mendapat julukan UNDIP Semarang Atas, sebab lokasinya memang berada pada perbukitan yang sejuk. Kuliah program sarjana dipusatkan pada kampus kedua ini.

Beberapa fakultas atau jurusan favorit dari perguruan tinggi negeri ini adalah kedokteran, teknik, kesehatan masyarakat, perikanan, dan ilmu kelautan. Selain itu, masih ada jurusan peternakan dan pertanian, hukum, sosial politik, dan sebagainya.

Total fakultas pada universitas yang ada di Semarang ini adalah 11. Jumlah ini belum termasuk jurusan spesialisasi dan pascasarjana.

2. UNIKA Soegijapranata

UNIKA Soegijapranata
UNIKA

Selanjutnya adalah perguruan tinggi swasta yang juga berlokasi pada dataran tinggi Kota Semarang, yaitu UNIKA Soegijapranata. Lokasinya bersebelahan dengan pintu tol Gombel, sehingga sangat memudahkan akses transportasi.

Berlokasi pada Jalan Pawiyatan Luhur, universitas yang ada di Semarang ini memiliki 10 fakultas untuk program sarjana, antara lain psikologi, hukum, desain, ekonomi dan bisnis, teknik elektro, kedokteran, teknologi pertanian, dan sastra.

Setiap fakultas memiliki beberapa spesialisasi jurusan yang dapat menjadi pilihan. Selain itu, UNIKA Soegijapranata juga menyediakan program pasca sarjana dan pendidikan khusus.

3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas Negeri Semarang
Arkan Bintang

Daftar ketiga adalah Universitas Negeri Semarang atau UNNES. Lokasinya juga berada pada Semarang dataran tinggi, yaitu Gunung Pati. Sebagai salah satu universitas terbesar, UNNES memiliki jumlah mahasiswa lebih dari 34.000.

Mengenai pilihan fakultas dan jurusan juga tak kalah dari yang lain. Kampus ini memiliki 9 fakultas, yaitu ilmu pendidikan dan psikologi, bahasa dan seni, ilmu sosial dan politik, matematika dan ilmu pengetahuan alam, dan sebagainya.

Banyaknya mahasiswa dari luar kota yang berkuliah pada universitas yang ada di Semarang ini, membuat daerah Gunung Pati semakin menggeliat. Mahasiswa tidak akan kesulitan untuk menemukan akses untuk kos maupun kebutuhan sehari-hari, walaupun berkolasi jauh dari pusat kota.

4. Universitas Sultan Agung (UNISSULA)

Universitas Sultan Agung UNISSULA
Universitas Islam Sultan Agung

Berikutnya adalah Universitas Sultan Agung atau UNISSULA. Perguruan tinggi ini juga memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu pada Jalan Kaligawe dekat dengan Terminal Besar Terboyo.

Terminal besar ini adalah muara bus antar kota. Sehingga, akan sangat memudahkan bagi para mahasiswa yang berasal dari berbagai kota. Sedangkan mengenai kualitas pendidikan juga benar-benar bersaing.

Salah satu fakultas terbaiknya adalah kedokteran. Sedangkan jurusan lain yang dapat menjadi pilihan, antara lain teknik, hukum, agama Islam, teknologi industri, psikologi, keperawatan, dan lain sebagainya.

Total fakultas untuk program sarjana adalah 11 fakultas. Sedangkan untuk program pasca sarjana adalah 7 program magister dan 3 program doktoral.

5. Universitas Semarang (USM)

Universitas Semarang USM
adjar.ID

Selanjutnya, kembali pada salah satu perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Semarang (USM). Masyarakat seringkali terbalik mengenali universitas yang ada di Semarang yang satu ini dengan UNNES.

Walaupun namanya mirip, tapi lokasinya sangat berjauhan. USM terletak pada Jalan Arteri Soekarno-Hatta yang adalah satu jalan utama Kota Semarang. Kampus ini memiliki 6 fakultas untuk program sarjana.

Mulai dari psikologi, teknologi pertanian, hukum, teknik, ekonomi, serta teknologi informasi dan komunikasi. Sedangkan program pascasarjana magister terdiri dari jurusan manajemen, hukum, dan psikologi.

6. Politeknik Negeri Semarang (Polines)

Politeknik Negeri Semarang Polines 1
bimbel Indonesia college

Tak kalah favorit dengan beberapa universitas yang ada di Semarang sebelumnya, selanjutnya adalah Politeknik Negeri Semarang atau Polines. Lokasi kampus Polines berada pada area kampus UNDIP Semarang Atas.

Polines menyediakan beberapa jurusan untuk program pendidikan Diploma 3 atau D3, yaitu administrasi bisnis, teknik elektro, teknik mesin, dan akuntansi. Profil lulusan kampus ini terkenal dengan ciri khas siap kerja.

7. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Universitas Dian Nuswantoro Udinus
Antaranews

Berikutnya adalah universitas swasta yang letaknya benar-benar dekat dengan pusat kota, yaitu Universitas Dian Nuswantoro atau Udinus. Udinus berlokasi pada Jalan Imam Bonjol dan hanya sejauh berjalan kaki dari Tugu Muda dan bangunan bersejarah, Lawang Sewu.

Selain lokasi yang menjadi nilai tambah, kualitas pendidikan kampus ini juga sangat mumpuni. Udinus terkenal dengan fakultas ilmu komputer yang didukung dengan fasilitas lengkap. Beberapa jurusan lain adalah fakultas ekonomi dan bisnis, ilmu budaya, kesehatan, dan teknik.

8. Universitas 17 Agustus 1945 (Untag)

Universitas 17 Agustus 1945 Untag
Mamikos

Daftar universitas yang ada di Semarang berikutnya adalah Universitas 17 Agustus 1945 atau Untag. Kampus swasta ini lokasinya sangat dekat, bahkan bertetangga dengan UNIKA Soegijapranata.

Jurusan unggulan dari kampus ini adalah fakultas hukum yang tersedia untuk program sarjana, magister, hingga doktor. Namun, kampus ini juga masih memiliki beberapa jurusan lain yang tak kalah baik kualitasnya, antara lain ekonomika bisnis, teknik, ilmu sosial dan ilmu politik, teknologi pertanian, serta bahasa dan budaya.

9. IKIP Veteran Semarang

IKIP Veteran Semarang
wikipedia.org

IKIP Veteran Semarang memiliki nama lain, yaitu Universitas Ivet. Nama inilah yang kini menjadi nama resmi, walau masyarakat luas masih mengenalnya dengan nama IKIP. Ini adalah universitas yang ada di Semarang yang jadi favorit bagi mereka yang ingin menjadi guru.

IKIP sendiri adalah kepanjangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.  Sehingga, tak heran, semua jurusan yang tersedia juga mengarah ilmu keguruan. Setidaknya, kampus ini menyediakan 23 jurusan.

Semua itu terdiri dari pendidikan informatika, pendidikan vokasional teknik mesin dan otomotif, serta pendidikan ekonomi. Selain itu, masih ada pendidikan geografi, guru PAUD, matematika, dan sebagainya.

Saat ini, sudah sangat banyak lulusan Universitas Ivet yang menjadi guru dan bertugas di berbagai daerah. Baik sebagai guru sekolah negeri maupun swasta.

10. UIN Walisongo

UIN Walisongo
LPP RRI

Universitas yang ada di Semarang berikutnya adalah UIN Walisongo. Lokasi kampus ini berada pada sisi barat kota Semarang. Tepatnya adalah daerah Tambakaji, Ngaliyan.

Kampus ini cocok bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami dan berkarir pada bidang yang berkaitan dengan agama Islam. Sebab, kampus ini benar-benar menyediakan jurusan yang sangat lengkap.

Beberapa diantaranya adalah fakultas dakwah dan komunikasi, syariah dan hukum, ilmu tarbiyah dan keguruan, serta ekonomi dan bisnis Islam. Selain itu, masih ada fakultas psikologi dan kesehatan serta sains dan teknologi.

11. Poltekkes Kemenkes Semarang

Poltekkes Kemenkes Semarang
Poltekkes

Sedangkan bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan bidang kesehatan, kota Semarang juga punya Poltekkes. Poltekkes adalah singkatan dari Politeknik Kesehatan. Universitas yang ada di Semarang adalah milik Kementerian Kesehatan.

Sehingga, semua ilmu yang diberikan pasti up to date, sesuai dengan kondisi masyarakat. Beberapa jurusan yang ada adalah keperawatan, kebidanan, gizi, TRR, keperawatan gigi, dan kesehatan lingkungan. Selain itu, ada juga jurusan analis kesehatan dan RMIK.

Keunggulan kampus ini tidak hanya pada spesialisasi jurusan yang membuat para lulusan akan lebih mudah masuk ke dunia kerja. Namun, juga bahwa lokasinya yang juga sangat strategis. Kampus ini berlokasi pada salah satu jalan utama, yaitu Jalan Wolter Monginsidi. Tempat ini tak terlalu jauh dari Terminal Besar Terboyo.

Yuk, Memilih Universitas Terbaik!

Adanya berbagai pertimbangan, penting untuk memilih mana universitas yang terbaik. Tak hanya populer, universitas yang baik juga harus memiliki kualitas pendidikan, fasilitas pendukung, hingga lokasi yang strategis.Daftar dan informasi tentang kesebelas universitas yang ada di Semarang di atas semoga dapat menjadi rujukan tambahan. Kota Semarang memang menyediakan cukup banyak kampus terbaik yang dapat menjadi pilihan.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page