10 Karakteristik Benua Australia serta Letak Geografisnya

Seperti apa karakteristik Benua Australia? Sebagai salah satu negara destinasi pariwisata dan pendidikan dengan jumlah peminat tinggi dari seluruh dunia, Australia memiliki banyak keunikan dan keunggulan. Ingin tahu lebih dalam tentang benua yang juga mendapat julukan Benua Hijau ini?

Sejarah Benua Australia Ditemukan

Sebelum mempelajari tentang karakteristik Benua Australia, penting untuk mengetahui lebih jauh dulu tentang kisah penemuannya. Selama berabad-abad, dunia meyakini klaim James Cook, seorang pelaut asal Inggris, bahwa ia yang pertama kali menemukan Australia pada tahun 1770. 

Hingga kemudian, fakta sejarah lain muncul dan mematahkan klaim tersebut. James Cook memang orang pertama yang memberi nama benua itu sebagai Australia. Namun, sebelum dirinya datang, justru pelaut pesisir Makassar yang lebih dulu sampai di sana.

Tercatat, sejak tahun 1700 atau 70 tahun sebelum James Cook tiba, pelaut pesisir Makassar yang pertama kali berlabuh kemudian melakukan perdagangan di Australia. Mereka bertransaksi langsung dengan suku asli Australia, yaitu Aborigin.

10 Karakteristik Benua Australia yang Mudah Dikenali

Sebagai salah satu negara yang paling dekat dengan Negeri Kangguru tersebut, tidak mengherankan jika pelaut Makassar asal Indonesia yang menemukannya lebih dulu. Selain segi lokasi, karakteristik Benua Australia juga khas sehingga membuatnya mudah dikenali. Berikut penjabarannya:

1. Benua Terkecil di Dunia

Dibandingkan dengan benua-benua lain di bumi, luas wilayah Australia menjadi yang paling kecil. Benua Hijau ini hanya memiliki total luas wilayah sekitar 7.688.000 km2. Angka tersebut hanya seperenam dari luas Benua Asia dengan total mencapai 44.580.000 km2.

2. Satu-Satunya Benua Sekaligus Negara di Dunia

Australia menjadi satu-satunya benua yang sekaligus merangkap sebagai negara. Jika di Eropa terdiri dari banyak negara seperti Belanda, Inggris, Jerman dan lain sebagainya. Maka, tidak berlaku dengan Australia. Tidak ada negara lain di benua tersebut kecuali Australia.

3. The Great Barrier Reef

Karakteristik Benua Australia yang tidak akan ditemukan di benua lain adalah keberadaan The Great Barrier Reef alias terumbu karang terbesar di dunia. Membentang sepanjang pesisir timur Australia, wilayah ini menjadi salah satu ekosistem laut terkaya. 

4. Suku Aborigin

Penduduk asli dari Benua Australia adalah suku Aborigin yang memiliki senjata khas, yaitu bumerang. Suku ini sebetulnya merupakan penduduk Asia yang berpindah secara berkelompok hingga menemukan Benua Australia dan mendiaminya.

5. Kanguru dan Koala sebagai Hewan Endemik

Australia mendapatkan julukan Negeri Kanguru karena memang binatang yang memiliki kecepatan lari luar biasa itu merupakan hewan endemik asli. Selain kanguru, populasi koala juga sangat tinggi. Keduanya memiliki kesamaan, yaitu memiliki kantung yang menggantung di bagian perutnya.

7. Memiliki Iklim Beraneka Ragam

Salah satu karakteristik Benua Australia yang paling unik adalah iklimnya beraneka ragam. Mulai dari tropis, subtropis, hingga fasis. Hal tersebut disebabkan oleh wilayah daratan, lautan, dan gurun yang dimiliki oleh Australia dan menyebar tidak merata.

7. Ayers Rock

Tidak hanya The Great Barrier Reef, di Australia juga terdapat Ayers Rock, meteorit alias batu pasir terbesar di dunia. Memiliki nama lain Uluru, Ayers Rock bisa berubah warna tergantung cahaya yang memantul ke arahnya Di mana Ayers Rock akan menjadi keperakan saat hujan turun dan merah ketika matahari terbenam.

8. Benua Paling Kering Kedua di Dunia

Dampak dari iklim yang tidak merata di Australia, benua ini menjadi yang terkering kedua di seluruh dunia. Khususnya di daerah gurun yang memiliki luas 35% dari total luas wilayahnya.

9. Sumber Daya Alam Melimpah

Karakteristik Benua Australia yang lainnya, yaitu sumber daya alamnya melimpah ruah. Meskipun menjadi benua paling kecil, Australia kaya akan cadangan mineral seperti gas bumi dan batu bara. Tidak mengherankan jika kesejahteraan ekonomi penduduknya sangat baik.

10. Didominasi Kulit Putih

Meskipun suku Aborigin merupakan penduduk asli Australia, namun mereka justru bukan penduduk mayoritas. Hal itu disebabkan kebiasaan suku tersebut yang hidup tidak menetap (nomaden), sehingga populasinya lebih sedikit daripada ras kulit putih yang merupakan pendatang.

Letak Geografis Benua Australia

Setelah mengetahui tentang karakteristik Benua Australia yang unik, saatnya mengetahui tentang letak geografisnya. Berikut penjabarannya:

1. Utara

Bagian utara dari Benua Australia berbatasan langsung dengan Indonesia. Lebih tepatnya, batas sebelah utaranya ada dua laut, yaitu Timor dan Arafuru.

2. Selatan

Di sebelah selatan, benua yang merangkap sebagai negara ini berbatasan langsung dengan Benua Antartika.

3. Barat

Batas wilayah Australia sebelah barat tidak lain adalah Samudera Hindia. Sebenarnya, karena samudera ini sangat luas, wilayah selatan Australia juga masih dilingkupi olehnya meskipun tidak seluas bagian barat.

4. Timur

Terakhir, untuk sisi timur dari Benua Australia, diapit langsung oleh tiga perairan berbeda. Samudera Pasifik, Laut Tasmania, dan Laut Coral. Ketiganya menjadi batas laut Australia tersebut.

Keunggulan Australia Berdasarkan Ciri dan Letak Geografisnya

Berdasarkan karakteristik Benua Australia dan posisi geografis wilayahnya, Australia memiliki banyak keunggulan dibandingkan benua-benua lainnya, seperti:

1. Kekayaan SDA dan Stabilitas Perekonomian

Cakupan wilayah yang relatif kecil, namun mempunyai cadangan SDA melimpah menjadikan Australia sebagai salah satu negara dengan stabilitas perekonomian terbaik di dunia. Pengolahan hasil bumi tersebut menjadi sumber devisa terbesar bagi pemerintah.

Dana yang didapatkan melalui pemanfaatan SDA dialokasikan untuk berbagai sektor infrastruktur. Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga transportasi. Berkat hal tersebut, Australia mencatatkan 10 juta tenaga kerja produktif yang terlatih.

2. Memiliki Kebudayaan yang Majemuk

Masyarakat Australia dikenal memiliki tingkat toleransi tinggi terhadap suku, agama, ras dan budaya bangsa lain. Selain menerima, mereka juga beradaptasi dengan cepat terhadap hal-hal sensitif tersebut. Sehingga warga pendatang sangat nyaman berkunjung maupun menetap di Australia.

3. Beragam Destinasi Wisata

Sebagaimana telah disinggung sedikit tentang karakteristik Benua Australia, keindahan alamnya tidak perlu diragukan. Banyak sekali destinasi pariwisata yang bisa dikunjungi di benua negara yang satu ini. The Great Barrier Reef dan Ayers Rock baru contoh kecil saja.

4. Menawarkan Kualitas Pendidikan Unggulan

Tingginya kepedulian pemerintah Australia terhadap sektor pendidikan membuahkan kualitas yang bagus. Banyak perguruan tinggi atau universitas di Australia yang menjadi tujuan utama bagi para pelajar dari berbagai belahan dunia.

Universitas-universitas unggulan dan tersohor di Australia antara lain:

  • University of Melbourne.
  • Australian National University.
  • University of Sydney.
  • University of Queensland.
  • University of New South Wales.

Lembaga pendidikan tinggi di Australia juga sering menawarkan beasiswa penuh untuk pelajar dari luar negeri dan didukung perizinan tinggal dari pemerintah cukup mudah.

5. Keanekaragaman Hayati yang Langka

Flora dan fauna di Australia sangatlah beragam, berkat kekayaan iklim dan jenis wilayahnya. Bahkan, sebagian besar kekayaan hayati di Benua Hijau ini termasuk dalam kategori langka, di mana tidak akan ditemukan di benua maupun negara lain.

Destinasi Pariwisata Terkenal di Australia

Selain The Great Barrier Reef dan Ayers Rock yang menjadi bagian dari karakteristik Benua Australia, ada banyak destinasi pariwisata lain yang wajib dikunjungi saat melancong ke Negeri Kanguru ini. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Opera House

Opera House
pexels

Sebagai negara yang menjunjung tinggi kebudayaan dan seni, Australia mempunyai gedung pertunjukan terkenal yang dinamai Opera House. Bangunan ini difungsikan sebagai panggung teater hingga musik dengan skala internasional.

Opera House mempunyai ciri khas arsitektur yang unik dengan atap-atap runcing sehingga mudah dikenali. Selain itu, pemandangan laut yang mengelilinginya juga sangat indah. Gedung pertunjukan yang berlokasi di pusat kota Sydney ini buka setiap Senin – Jumat.

2. Harbour Bridge

Harbour Bridge
expedia

Jembatan Harbour menjadi destinasi wisata wajib berikutnya dari Australia. Menghubungkan antara pelabuhan dan pusat kota Sydney, jembatan ini juga menyuguhkan pemandangan yang cantik. Terlebih jika dikunjungi saat matahari terbit atau terbenam. 

3. Darling Harbour

Darling Harbour
cocklebaywharf

Jantung kota Sydney yang menjadi pusat aktivitas hiburan dan kuliner di Australia. Wisatawan yang ingin mencicipi berbagai kuliner khas Australia atau sekadar bersantai dengan hiburan live music wajib mengunjungi kawasan ini.

4. Royal Botanic Garden

Royal Botanic Garden
cntraveler

Meskipun tidak termasuk dalam daftar karakteristik Benua Australia, namun Royal Botanic Garden merupakan tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Taman buatan ini berlokasi di Sydney, tepatnya Mrs Macquaries Road.

Destinasi ini buka setiap hari Senin – Minggu untuk dikunjungi para wisatawan. Tidak ada pungutan biaya yang dibebankan pada pengunjung. Selain itu, lokasinya juga mudah diakses menggunakan transportasi umum.

5. Bondi Beach 

Bondi Beach
travelandleisureasia

Bagi yang menyukai pantai, saat ke Australia harus mengunjungi Pantai Bondi yang ada di Sidney. Area wisata bahari ini sangat bersih dengan pasir putih. Selain difungsikan sebagai lokasi liburan, Bondi Beach juga kerap menjadi lokasi festival lokal hingga internasional.

Pantai Bondi bisa dikunjungi setiap hari, gratis. Tetapi jika tidak terlalu suka keramaian, jangan mengunjungi pada momentum liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru. Pada momentum-momentum tersebut, pantai pasti sangat penuh wisatawan lokal maupun asing.

6. Great Ocean Road

Great Ocean Road
lonelyplanet

Jalanan menuju pantai yang memukau, itulah deskripsi tepat untuk Great Ocean Road. Rute perjalanannya adalah dari Melbourne ke Warrnambool dengan jarak total 243 kilometer. Pemandangan yang disuguhkan sesuai karakteristik Benua Australia, unik dan tiada banding.

Ada bukit kapur yang indah, bentangan pantai bersih nan cantik, tentu tidak ketinggalan aneka flora dan fauna khas Australia. Menggunakan jasa travel akan dikenakan biaya Rp800.000,00 atau sekitar 78 dolar Australia. Jika ingin gratis, memakai mobil pribadi solusinya.

7. Pulau Fraser

15b060e6 d406 4a0c 8fa2 34f6a719bfe1
detik.net

Bagi wisatawan dengan jiwa petualang tinggi, Pulau Fraser menjadi destinasi terbaik. Pulau berpasir ini dapat dijangkau menggunakan penerbangan skala kecil dari Sidney. Qantas Link dan Virgin Australia merupakan dua maskapai yang menyediakan rute ke Pulau Fraser.

Di sini, terdapat habitat Anjing Dingo dan Paus Bungkuk yang masuk dalam kategori binatang langka. Belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang pulau ini, padahal bisa menjadi lokasi eksplorasi alam yang seru di balik keindahan pemandangan yang ditampilkan.

Sudah Tahu Bagaimana Karakteristik Benua Australia?

Benua Australia merupakan benua negara yang merupakan persemakmuran dari Kerajaan Inggris. Sebab itu, bahasa utama dari benua ini adalah Bahasa Inggris. Meskipun demikian, masyarakat Australia sangat terbuka dan cepat mempelajari bahasa serta kebudayaan bangsa lain.

Berdasarkan karakteristik Benua Australia, wilayah ini memiliki kekuatan di sektor industri, perekonomian, pendidikan, dan kesehatan. Sebab itulah, Australia menjadi benua dengan tingkat kunjungan pariwisata, pendidikan, hingga perpindahan residen tinggi dari benua-benua lain dunia, khususnya Asia.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page