8 Gunung Tertinggi di Sulawesi yang Cocok Didaki, Kamu Wajib Tahu!

Terdapat banyak sekali gunung di Sulawesi yang cocok untuk pendakian, mulai dari ukuran yang rendah, tinggi, sampai gunung dengan medan sulit. Bagi kamu yang punya hobi mendaki, jangan lewatkan untuk mendaki gunung tertinggi di Sulawesi yang punya pemandangan indah dan menawan. Yuk, cari tahu ada gunung apa saja!

8 Gunung Tertinggi di Sulawesi

Berikut adalah gunung-gunung di Sulawesi yang paling tinggi dan cocok menjadi tujuan pendakian, antara lain:

1. Gunung Mekongga

Gunung Mekongga
wisato

Mekongga adalah salah satu gunung tertinggi di Sulawesi Tenggara yang letaknya ada di Kabupaten Kolaka Utara. Gunung Mekongga terdiri dari batuan karst dengan ketinggian mencapai 2.790 mdpl. Puncak tertinggi di Gunung Mekongga bernama Mosero-sero.

Keunikan Gunung Mekongga adalah keragaman flora dan faunanya. Habitat flora dan fauna di Gunung Mekongga terbentuk dari tumpuan atol yang terangkat sedikit demi sedikit sejak ratusan tahun yang lalu.

Awal pembukaan jalur pendakian Gunung Mekongga diinisiasi oleh PT. HBI (Hasil Bumi Indonesia) pada tahun 1994. Perusahaan tersebut memiliki komunitas penggiat alam terbuka yang berkontribusi atas ide pembukaan jalur pendakian.

2. Gunung Gandang Dewata

Gunung Gandang Dewata
mounture

Gunung Gandang Dewata memiliki ketinggian mencapai 3.307 mdpl yang menjadikannya gunung tertinggi kedua di Sulawesi setelah Gunung Latimojong. Selain itu, gunung ini terletak di bagian barat Pulau Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Gandang Dewata memiliki legenda yang tumbuh dari kepercayaan masyarakat setempat. Mereka percaya bahwa di dalam Gunung Gandang Dewata terdapat dewa yang menyembunyikan sebuah gendang. Gendang ini merupakan tanda informasi dan petunjuk bagi warga yang melakukan kegiatan di sekitar hutan.

Legenda terkait dengan gendang yang disembunyikan dewa tersebut terus dilestarikan masyarakat sebagai cerita turun-temurun. Selain itu, alam di sekitar Gunung Gandang Dewata masih terawat dengan baik. Kekayaan flora dan fauna bisa menjadi teman perjalanan bagi para pendaki. 

Lebih lanjut, terdapat keunikan dari jalur pendakian Gunung Gandang Dewata. Keunikan ini berupa masyarakat Dusun Rante Pongkok yang bertahan hidup dengan  cara bertani. Kehidupan mereka bisa kamu temukan dalam perjalanan menuju puncak.

3. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong 1
ari.blog.uma.ac.id

Latimojong adalah gunung tertinggi di Sulawesi dengan ketinggiannya mencapai 3.478 mdpl. Letaknya ada di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Gunung ini masuk ke dalam salah satu Seven Summit Indonesia, yaitu konsep 7 puncak paling tinggi yang ada di 7 pulau terbesar di Indonesia.

Rantemario merupakan nama puncak tertinggi yang ada di Gunung Latimojong. Titik keberangkatan pendakian Gunung Latimojong ada di Desa Karangan. Aksesnya bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Selain itu, Desa Karangan menjadi pos pendaftaran sebelum pendaki memulai perjalanannya menuju puncak.

Untuk mencapai puncak Rantemario, pendaki akan melewati 8 pos yang bisa mereka singgahi untuk istirahat dan mendirikan tenda. Khusus sumber air,  pendaki hanya bisa menemukannya di pos 2, 5, dan 7.

Pemandangan selama kamu mendaki gunung tertinggi di Sulawesi ini sangatlah indah. Namun, kamu butuh waktu sekitar 15 jam untuk bisa mencapai puncak.  Maka dari itu, sebelum mendaki, sebaiknya kamu menyiapkan ketahanan tubuh yang baik agar kuat sampai ke puncak.

Meski butuh banyak waktu dan tenaga, semua akan terbayar setelah melihat pemandangan dari puncak yang memanjakan mata. Selain menyuguhkan pengalaman mendaki, area sekitar Gunung Latimojong juga menawarkan berbagai wisata menarik. 

Beberapa wisata yang bisa kamu nikmati antara lain Wisata Turta River Tubing, Camping Ground, Agrowisata Kopi Arabica, dan Wisata Air Terjun.

4. Gunung Simbolong

Gunung Simbolong
amberasima

Gunung Simbolong memiliki nama lain, yaitu Buntu Simbolong. Simbolong merupakan salah satu gunung tertinggi di Sulawesi Selatan. Dengan ketinggian mencapai 3.054 mdpl, Gunung Simbolong menjadi gunung tertinggi ketiga di Sulawesi setelah Gunung Latimojong dan Gandang Dewata. Letaknya ada di Kec. Masalle, Kab. Enrekang.

Simbolong menjadi salah satu gunung favorit wisatawan karena pemandangannya yang indah. Pengalaman seperti berada di atas awan bisa pendaki/wisatawan rasakan ketika berada di puncaknya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dan matahari terbenam dari puncak Gunung Simbolong.

5. Gunung Tolangi Balease

Gunung Tolangi Balease
pendakiindonesia

Berbicara soal gunung tertinggi di Sulawesi tidak akan ada habisnya. Salah satu gunung tersebut adalah Gunung Tolangi Balease yang berada di Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu, tepatnya di Desa Bantimurung. Tolangi Balease memiliki ketinggian mencapai 3.016 mdpl. 

Keunikan Gunung Tolangi Balease adalah jalur pendakian yang sangat panjang dengan medan tanjakan sulit. Keunikan lainnya, ada 7 pos yang akan pendaki lewati selama perjalanan. Di setiap perjalanan, pendaki akan mendapatkan suguhan pemandangan berupa hutan lumut.

Namun, sepanjang jalur pendakian, kamu akan kesulitan menemukan sumber air bersih. Sehingga, kamu butuh persiapan air yang cukup sebelum mendaki gunung ini.

Gunung Tolangi Balease termasuk salah satu gunung yang wilayahnya cukup luas. Wilayahnya ada di 6 kabupaten di dalam perbatasan Sulawesi Tengah. Lebih lanjut, Gunung Tolangi Balease merupakan salah satu gunung api tidak aktif di Sulawesi. 

Ia terbentuk dari batuan magmatis yang berasal dari gunung berapi yang membeku sejak 10 juta tahun yang lalu. Selain itu, Gunung Tolangi Balease juga terdiri dari batuan granitik yang mendatangkan pasir ketika banjir terjadi di Mamasa pada tahun 2021.

6. Gunung Kambuno

Gunung Kambuno
facebook

Salah satu gunung tertinggi di Sulawesi yang jadi favorit pendaki adalah Gunung Kambuno. Kambuno memiliki ketinggian mencapai 2.950 mdpl. Untuk mencapai titik keberangkatan pendakian, kamu harus menempuh jarak sekitar 5 km dari Kota Makassar menuju Pongo. 

Selanjutnya, kamu masih harus menempuh perjalanan sepanjang 25 km melewati Dusun Mangkaluku. Agar dapat mencapai titik keberangkatan pendakian, butuh waktu berjalan kaki sekitar 2-3 hari dari titik terakhir yang bisa dilalui kendaraan bermotor. 

Gunung Kambuno memiliki medan yang sangat menantang, termasuk bagi para pendaki yang sudah berpengalaman. Keunikan pendakian Gunung Kambuno adalah hiburan berupa Anoa, fauna khas Sulawesi. Selain itu, masyarakat sekitar sering melakukan kegiatan berburu di sekitar Gunung Kambuno.

Ada 9 pos yang harus pendaki lewati sebelum mencapai puncak. Jalur dari pos 9 menuju puncak adalah medan yang sulit yang harus pendaki lalui. Sebab, suhunya sangat dingin, jalurnya pun miring dan berbatu licin. Jika tidak hati-hati dan berpegangan pada pohon, pendaki akan mudah tergelincir.

7. Gunung Soputan

Gunung Soputan
inanews

Gunung Soputan merupakan salah satu gunung tertinggi di Sulawesi dengan ketinggian 1.785 mdpl. Selain itu, Gunung Soputan masih berstatus aktif sampai sekarang. Ada sejumlah kawah aktif yang meletus beberapa tahun terakhir. Letak Gunung Soputan ada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara.

Mendaki Gunung Soputan bisa kamu lakukan dengan 2 cara, yaitu pendakian selama 3 jam lamanya dan menggunakan sepeda motor khusus dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Khusus perjalanan menggunakan motor trail, kamu bisa menaikinya dari Desa Tumaratas, Kecamatan Langowan Barat, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Sebagai salah satu gunung tertinggi di Sulawesi yang masih aktif, Gunung Soputan terakhir erupsi pada tahun 2018. Meski jadi favorit karena tidak terlalu tinggi, kegiatan pendakian di Gunung Soputan sangat dibatasi karena aktivitas vulkanik gunung tersebut.

8. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng
lifestyle.sindonews

Gunung Bawakaraeng berada di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kampung Lembanna. Bawakaraeng memiliki arti mulut raja atau mulut Tuhan. Raja yang dimaksud adalah penguasa manusia. Masyarakat setempat percaya bahwa Gunung Bawakaraeng adalah Batara yang merupakan penentu kehidupan manusia.

Untuk mencapai titik keberangkatan pendakian, kamu perlu menempuh perjalanan sejauh 3 km dari Kota Makassar. Bawakaraeng memiliki peranan penting karena ia merupakan sumber penyimpanan air untuk wilayah Kabupaten Gowa, Kabupaten Sinjai, dan Kabupaten Bulukumba.

Ada 10 pos yang harus pendaki lewati untuk mencapai puncak. Pada pos 1 terdapat tugu sebagai penunjuk jalan. Setelah melewati pos 1, jalur akan semakin jelas terlihat.

Sebagai salah satu gunung tertinggi di Sulawesi, Gunung Bawakaraeng tidak lepas dari mitos dan kepercayaan masyarakat. Ada beberapa mitos yang muncul di sekitar jalur pendakian yang cukup terkenal.

Salah satu mitos yang terkenal adalah adanya Pasar Anjaya yang ada di antara Gunung Bawakaraeng dan Lompobattang. Pasar ini mendapat julukan pasar hantu. Selain itu, pada kawasan tersebut, pendaki tidak boleh mendirikan tenda meski ada kawasan kosong.

Sudah Tahu 8 Gunung Tertinggi di Sulawesi?

Pulau Sulawesi terkenal dengan banyaknya gunung yang menjulang tinggi dan bisa didaki. Mulai dari yang masih aktif sampai yang sudah tidak aktif, semua memiliki keunikannya masing-masing. Jika kamu ingin mencoba mendaki gunung di Sulawesi, cobalah gunung yang rendah dan medannya mudah terlebih dahulu.

Namun, apabila kamu sudah berpengalaman, sesuaikan rencana pendakian dengan keinginan. Sebab, mendaki gunung tertinggi di Sulawesi tidak bisa kamu lakukan begitu saja. Butuh persiapan mental dan fisik, terutama mendaki gunung yang punya medan menantang dan cenderung sulit.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page