15 Universitas yang Ada di Jogja Terbaik Negeri & Swasta

Yogyakarta masih menjadi salah satu kota favorit untuk para pelajar melanjutkan studi di perguruan tinggi. Untuk ukuran kota besar, setidaknya ada 136 kampus yang tersebar sebagai universitas, institut, perguruan tinggi, politeknik dan akademi. Sebagian besar perantauan yang datang untuk kuliah di universitas yang ada di Jogja, datang dari berbagai provinsi bahkan luar pulau.

Top 15 Universitas yang Ada di Jogja Negeri & Swasta

Tak hanya perkara biaya hidupnya yang sangat terjangkau, kampus-kampus yang ada di Yogyakarta juga memiliki passing grade yang tinggi. Selain itu, jurusan yang ada juga beragam, sehingga calon mahasiswa bisa memilih kampus mana yang sesuai dengan passion mereka.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

istockphoto 1385743876 612x612 1
Istock

Universitas Gadjah Mada atau UGM menjadi universitas negeri terbaik yang ada di Jogja dengan menduduki rangking 2 di Indonesia dan 122 di Asia. Lokasinya berada di Depok, Sleman Yogyakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1949. Jika kamu ingin mencoba mendaftar di UGM, maka kamu bisa memilih berbagai prodi dari 18 fakultas yang ada disana.

Kampus ini juga menyediakan pembelajaran untuk program sarjana, magister, doktor, dan juga spesialis. Kebanyakan calon mahasiswa menaruh minat pada jurusan favorit di UGM yakni kedokteran, psikologi, hukum, farmasi, komunikasi, akuntansi, manajemen dan hubungan internasional.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

uny 1 0
uny.ac.id

Kampus UNY ini sudah berdiri sejak 21 Mei 1962 dengan nama Institut Pendidikan Guru Yogyakarta, yang kemudian berubah menjadi IKIP Yogyakarta. Kemudian dikenal hingga sekarang sebagai Universitas Negeri Yogyakarta. Mendengar nama UNY, fakultas yang paling banyak diminati adalah fakultas ilmu pendidikan dan psikologi.

Selain itu, fakultas lain yang tak pernah sepi peminatnya adalah fakultas matematika dan pengetahuan alam, bahasa dan seni budaya, ilmu sosial, hukum dan politik, teknik, keolahragaan, dan ekonomi bisnis. UNY juga menyediakan program studi untuk pascasarjana dan vokasi.

Baca Juga: 30 Universitas Terbaik di Indonesia Versi SIR, Referensi UTBK 2023

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

Beranda 2 1
UII.ac.id

Sebagai kampus swasta tertua di Indonesia UII, sudah berdiri sejak tahun 1945 dan menduduki peringkat 25 di Indonesia. Terdiri dari 9 fakultas favorit, kampus UII menyediakan pembelajaran untuk puluhan prodi. Program studi sarjana, dan magister tersedia untuk sebagian besar fakultas.

Jika kamu tertarik dengan UII, maka kamu bisa memilih jurusan favorit seperti kedokteran, teknik mesin, teknik informasi, psikologi, hukum, manajemen, dan akuntansi.

4. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Capture 12
uin-suka.ac.id

Seperti namanya UIN Sunan Kalijaga ini merupakan satu-satunya universitas islam negeri yang ada di Jogja. Kuliah di UIN kamu bisa memilih jurusan favorit yang tidak ditemukan di banyak kampus lain, yakni Pendidikan Agama Islam. Tapi, UIN juga menyediakan prodi lain dengan akreditasi A seperti perbankan syariah, ilmu komunikasi, teknik informatika, dan juga psikologi.

Yang menarik dari UIN, kamu juga bisa menemukan prodi lain yang berhubungan dengan Islam, seperti di fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Dakwah dan Komunikasi, Ushuluddin dan Pemikiran Islam.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

1 6
UMY.ac.id

Hampir sama dengan UII, UMY menjadi salah satu universitas swasta islam yang ada di Jogja. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini juga menjadi kampus swasta yang tinggi peminatnya. Tak hanya fokus pada ilmu keagamaan saja, UMY menyediakan program sarjana, pascasarjana, vokasi dan doktor untuk banyak fakultas disana.

Beberapa fakultas yang bisa kamu temukan di UMY adalah fakultas agama islam, ekonomi bisnis, hukum, ilmu sosial, kedokteran, pertanian, dan teknik.

Baca Juga: 11 Daftar Universitas yang Ada di Semarang, Terbaik dan Favorit!

6. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

2 2
UAD.ac.id

Kampus swasta berikutnya yang tidak kalah tinggi peminatnya adalah UAD. Kampus ini terbagi menjadi 6 kampus, yang letaknya di lokasi berbeda. Akan tetapi, setiap fakultas yang ada di UAD juga selalu penuh dengan calon mahasiswa.

Sebut saja beberapa fakultas yang tinggi peminatnya di UAD adalah keguruan dan ilmu pendidikan, agama islam, sains teknologi, psikologi, hukum, farmasi, dan teknologi industri. Di UAD juga menawarkan program pendidikan untuk sarjana, sarjana terapan, profesi, magister, dan doktor.

7. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Kampus UAJY adalah perguruan tinggi katolik swasta yang awalnya didirikan oleh yayasan Slamet Riyadi. Kini kampus ini masuk dalam daftar universitas swasta unggul yang ada di Yogyakarta. UAJY mendapat peringkat kampus nomor 49, dengan fakultas teknik dan teknologi industri, sebagai fakultas favorit.

8. Institut Seni Indonesia (ISI)

4 2
isi.ac.id

Khusus calon mahasiswa yang kreatif dan memiliki minat tinggi pada seni serta budaya, maka kamu bisa memilih ISI sebagai kampus seni terbaik yang ada di Yogyakarta. Sebagai kampus yang mengkhususkan diri dalam bidang seni, ISI menjadi kampus seni yang unggul.

Kendati begitu, ISI memiliki program mulai dari sarjana, hingga doktor. Fakultas yang bisa kamu temukan di ISI adalah fakultas seni pertunjukan, seni rupa, dan media rekam.

9. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran

Universitas Pembangunan Nasional UPN Veteran
UPNyk.ac.id

UPN menjadi salah satu universitas yang ada di Jogja terbaik untuk kamu yang berminat dengan jurusan teknik. Pasalnya UPN menawarkan pembelajaran teknik yang lengkap d banyak fakultasnya, dari teknik geologi, pertambangan, metalurgi, perminyakan, geofisika, dan lingkungan.

Fakultas lain yang ada di UPN juga tinggi peminat, misalnya fakultas teknik industri, pertanian, ekonomi bisnis, ilmu sosial dan ilmu politik. Kampus UPN juga memiliki program pendidikan mulai dari D3 hingga doktor.

Baca Juga: 8 Universitas yang Ada di Bandung, Baik Negeri Maupun Swasta

10. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma
USD.ac.id

Pada dasarnya Sanata Dharma merupakan kampus yang berfokus pada keguruan, namun kini USD menjadi salah satu kampus swasta yang ramai oleh calon mahasiswa di banyak jurusan. Sebagian besar calon mahasiswa yang datang ke Sanata Dharma berminat untuk kuliah di bidang pendidikan, sastra, farmasi dan ekonomi.

Jurusan yang paling tinggi peminat dan mendapatkan akreditasi A ialah apoteker, bimbingan konseling, sastra inggris, pendidikan bahasa inggris, PGSD, psikologi, pendidikan agama katolik dan S2 Bahasa Inggris.

11. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Universitas Kristen Duta Wacana UKDW
ukdw.ac.id

UKDW merupakan universitas kristen yang ada di Jogja. Kampus ini akan menjadi favorit bagi calon mahasiswa yang tertarik belajar ilmu teologi. Bahkan fakultas unggulan di UKDW ini termasuk fakultas theologia yang mengkaji banyak ilmu dan filsafat agama di setiap prodi mulai dari S1 hingga S3. Selain itu, UKDW juga memiliki fakultas unggulan lain seperti arsitektur, bisnis, kedokteran, bioteknologi, serta pendidikan dan humaniora.

12. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN
stieykpn.ac.id

Ingin fokus kuliah dengan jurusan manajemen saja? maka kamu bisa memilih kampus seperti STIE YKPN yang fokus dalam bidang ekonomi. Kampus ini bahkan menawarkan program studi hingga jenjang S3 untuk jurusan akuntansi dan manajemen. STIE YKPN termasuk salah satu perguruan tinggi swasta dengan jurusan akuntansi terbaik di Yogyakarta.

13. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

Universitas Teknologi Yogyakarta UTY
uty.ac.id

Sesuai namanya, kampus UTY ini merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin fokus kuliah dalam jurusan teknik. Terletak pada 3 lokasi kampus yang berbeda. Beberapa fakultas yang tinggi peminat di UTY yakni teknik elektro, sipil, informasi, komputer, industri, dan manajemen.

14. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
ustjogja.ac.id

Berdiri sejak tahun 1955, kampus ini sudah lama memberikan layanan pendidikan dalam bidang manajemen. Kebanyakan mahasiswa yang datang ke UST, memilih jurusan akuntansi dan manajemen. Tapi tak hanya itu saja, salah satu universitas swasta yang ada di Jogja ini juga menyediakan program studi dalam bidang pendidikan, ekonomi, pertanian, teknik dan psikologi.

15. Universitas Janabadra (UJB)

Universitas Janabadra UJB
janabadra.ac.id

Merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki tiga lokasi kampus terpisah. UJB memiliki 4 fakultas dengan program pendidikan sarjana dan magister. Fakultas ekonomi, hukum, pertanian, dan teknik di Janabadra cukup unggul dan sering menjadi opsi pilihan pertama oleh para calon mahasiswa.

Kampus Mana yang Sesuai dengan Minat Kamu?

Sebelum mendaftar kuliah, kamu memang harus mempertimbangkan kampus mana yang sekiranya bisa membuat kamu berkembang baik. Tapi jangan sampai salah strategi, karena alih-alih melihat nilai kampusnya, yang terpenting adalah mempertimbangkan jurusannya. Sebab setiap universitas yang ada di Jogja memiliki standar yang berbeda-beda untuk setiap prodinya.

Sehingga lebih baik jika kamu memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan lebih dulu, baru memilih kampus mana yang punya program terbaik untuk jurusanmu. Dengan begitu kemampuanmu akan berkembang di tempat yang tepat.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page