Menelusuri Fungsi Termos Serta Bagian-Bagian dan Cara Kerjanya

Siapa yang tidak mengenal termos? Alat satu ini sangat sering kita jumpai di hampir setiap rumah. Sebab, termos memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bentuk dan ukurannya pun sangat beragam, mulai dari yang kecil, besar, sampai sedang. 

Namun, seiring berjalannya waktu, termos juga tidak hanya berbentuk tabung. Sudah banyak kreativitas yang membuat alat satu ini tampak begitu menarik saat Anda gunakan. Bahkan, tak jarang ada pula orang-orang yang menjual botol minuman dengan menggunakan bentuk termos.

7 Fungsi Termos

Pada awalnya, termos memiliki fungsi utama untuk menyimpan air panas. Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya teknologi, alat satu ini memiliki peranan yang lebih beragam. Alasannya adalah karena setiap bagian dari termos memiliki kegunaan yang berbeda. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Fungsi Tutup Termos

Seperti halnya botol pada umumnya, termos memiliki tutup pelindung. Hanya saja, perbedaannya terletak pada desain tutup yang berfungsi sebagai penghalang uap air, memastikan bahwa suhu air di dalamnya tetap terjaga. Dengan kata lain, tutup termos bertindak sebagai penghalang perpindahan panas dalam termos.

2. Fungsi Bagian Dinding Kaca Dalam

Pada bagian dalam termos terdapat dinding kaca yang berfungsi menjaga perpindahan panas agar tidak bisa terserap oleh dinding dalam. Inilah bagian paling krusial yang membedakan antara termos dengan botol minum lainnya. Keberadaan fungsi inilah yang membuat air panas di dalam termos menjadi lebih tahan lama.

3. Fungsi Bagian Dinding Kaca Luar

Tidak hanya bagian dalam, bagian dinding luar termos umumnya juga dilapisi kaca yang mencegah perpindahan panas secara radiasi. Dengan begitu, suhu luar tidak akan mempengaruhi suhu yang ada di dalam termos. Alhasil, komponen ini semakin mendukung fungsi termos untuk menyimpan air hangat agar tetap awet.

4. Fungsi Bagian Karet Tempat Gelas

Pernah melihat adanya karet di bagian gelas termos? Jika pernah, maka ketahuilah bahwa adanya karet pada bagian gelas didesain bukan tanpa alasan. 

Karet tersebut merupakan karet termal yang berfungsi untuk menetapkan posisi botol atau kaca pada termos, sehingga tidak akan bergeser. Karet tersebut juga berfungsi sebagai pengerat antara gelas dengan botol.

5. Fungsi Hampa Udara atau Vakum

Sesuai dengan namanya, bagian hampa udara berfungsi untuk mencegah keluarnya uap panas yang ada di dalam termos ke bagian luar. Tidak adanya medium untuk udara yang masuk membuat suhu air di dalamnya tetap terjaga. Posisinya berada di bagian tengah termos yang mampu menghalangi udara panas dari luar.

6. Fungsi Dinding Kaca Pelindung

Fungsi termos selanjutnya yang membuat air panas tetap bertahan lama adalah karena adanya dinding kaca pelindung. Bagian ini terletak di bagian luar termos. Biasanya akan ada lapisan isolasi yang mencegah tangan Anda terkena suhu panas akibat menyentuh bagian termos.

7. Fungsi Bagian Luar Termos

Umumnya, bagian paling luar termos memiliki bentuk tabung yang mengikuti bentuk botolnya dan terbuat dari material plastik sampai stainless yang tahan karat. 

Desainnya yang kokoh membantu melindungi bagian dalam termos agar tidak mudah terkena guncangan dari luar. Selain itu, bagian ini juga berfungsi untuk menonjolkan kesan keindahan termos.

Cara Kerja Termos

Henry Prevost Babbage, seorang ahli mesin memiliki sebuah teori bahwa benda yang dingin selalu menyerap gelombang panas yang berasal dari luar sampai keduanya memiliki suhu yang sama. Teori inilah yang kemudian menjadi landasan dalam cara kerja termos.

Termos didesain untuk bisa mempertahankan suhu panas di dalamnya. Hal ini karena fungsi desain termos telah memblokir tiga jalur perpindahan panas, yakni radiasi, konveksi, dan konduksi. Ketiga jalur tersebut tidak akan membiarkan uap panas keluar begitu saja dari dalam termos.

Cara kerja termos inilah yang membuat botol penyimpanan air panas tetap bertahan selama beberapa hari. Apalagi semua fungsi bagian yang ada di dalam termos juga saling mendukung cara kerjanya. 

Untuk bisa mendapatkan kinerja termos yang maksimal, Anda tinggal membeli termos dengan kualitas yang bagus. Sekarang, terdapat banyak merek termos terkemuka yang dirancang untuk mempertahankan suhu selama berjam-jam atau bahkan beberapa hari.

Cara Memilih Termos

Berikut ini adalah beberapa cara memilih termos yang tepat agar Anda bisa merasakan fungsi maksimal dari termos: 

1. Cek Bahan

Termos yang memiliki kualitas tinggi biasanya terbuat dari bahan kaca. Bahan kaca akan sangat membantu dalam menghantarkan panas, sehingga air hangat di dalam termos akan bertahan lama. Tetapi, Anda juga bisa mempertimbangkan termos berbahan plastik, asalkan sebelumnya Anda sudah menguji coba ketahanannya.

2. Cek Bau

Mengecek bau termos memiliki fungsi penting untuk bisa mengetahui apakah bahan-bahan yang digunakan sebagai penyusun termos memang aman. Biasanya, termos yang berkualitas bagus tidak akan menguarkan bau apa pun. Sebaliknya, termos yang kurang bagus akan menimbulkan bau tak sedap. 

3. Periksa Berat Termos

Banyak orang tergoda membeli termos karena beratnya yang sangat ringan, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Asumsi ini tidak sepenuhnya benar karena termos yang terlalu ringan justru terbuat dari bahan yang kurang bagus. Anda perlu memilih termos yang memiliki berat standar. 

4. Uji Ketahanan

Termos yang berkualitas pasti mampu mempertahankan suhu panas di dalamnya sampai berjam-jam lamanya. Fungsi termos ini harus Anda perhatikan saat memilih termos. Menguji ketahanan termos bisa juga Anda lihat dari semua komponen bahan, seperti karet yang menempel dan dinding kaca yang melapisi termos.

5. Jangan Tertipu Bentuk

Setiap termos sudah didesain sedemikian rupa agar tidak menghilangkan fungsinya. Meskipun di luar sana sudah banyak termos dengan berbagai macam bentuk, terkadang ada penjual yang mengedarkan produk tanpa mengutamakan fungsinya. 

Oleh karena itu, jangan sampai Anda tertipu oleh bentuk lucu tetapi mengabaikan fungsi utamanya. Pada intinya, sebelum membeli termos, Anda perlu mempertimbangkan beberapa langkah di atas, sehingga termos yang dipilih dapat berfungsi secara maksimal. 

Apalagi di tengah banyaknya model termos yang begitu lucu dan menarik sehingga orang-orang menjadi fokus pada bentuknya dan mengesampingkan fungsinya. Terkadang tidak harus mahal karena banyak juga harga termos terjangkau tetapi fungsinya maksimal.

Sudah Tahu Seperti Apa Fungsi Termos?

Pada kesimpulannya, fungsi utama dari termos adalah untuk mempertahankan suhu dari cairan di dalamnya, baik itu panas atau dingin, dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini bisa tercapai melalui teknologi isolasi yang ada di dalam termos.

Memahami fungsi dari setiap bagian termos perlu Anda pahami dengan maksimal agar tidak salah dalam memilih ataupun menggunakan termos di kemudian hari. Penting untuk Anda ingat bahwa kualitas termos dapat bervariasi berdasarkan merek dan desain. 

Merek-merek ternama biasanya menawarkan kinerja isolasi yang lebih baik dan tahan lama. Dengan fungsi-fungsi tersebut, termos telah menjadi alat yang sangat berguna dalam menjaga minuman dan makanan tetap pada suhu yang diinginkan, menjadikannya pilihan populer di berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page