4 Faktor yang Mempengaruhi Pasar Bebas Serta Manfaatnya

Pernahkah kalian mendengar tentang pasar bebas? Pasar ini merupakan pasar ideal yang memberikan kebebasan pada penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Karena sifatnya yang bebas, maka terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berikut adalah penjelasan tentang 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas.

Apa itu Pasar Bebas?

Sebelum kita belajar tentang 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas, kita perlu tahu apa itu pasar bebas. Pengertian dari pasar bebas adalah suatu sistem ekonomi pasar dimana terdapat kebebasan dalam menentukan permintaan dan penawaran tanpa atau dengan sedikitnya keterlibatan pemerintah. 

Sederhananya, pasar bebas merupakan pasar yang mana penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi ekonomi tanpa adanya kendali dari pemerintah. Produsen dapat secara bebas menentukan harga produk yang mereka jual, dan konsumen dapat membeli produk yang mereka inginkan.

Kebijakan ekonomi pasar bebas akan mempromosikan hal-hal berikut:

  • Perdagangan bebas tanpa hambatan
  • Akses pasar yang tanpa perlu perijinan
  • Persebaran mengenai informasi pasar yang bebas
  • Perdagangan barang dan jasa tanpa pajak yang memberatkan

Mengenal 4 Faktor yang Mempengaruhi Pasar Bebas

Meskipun terdengar bagus dan menjanjikan, pasar bebas tidak sepenuhnya stabil. Terdapat 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas. Faktor-faktor inilah yang mempengaruhi apakah seorang produsen bisa bertahan atau tidak di pasar bebas. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

1. Kualitas Sumber Daya yang Ada

Sumber Daya merupakan faktor penting yang mempengaruhi pasar. Baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM), hal-hal tersebut mempengaruhi bagaimana perusahaan dapat bertahan di pasar bebas atau tidak.

Jika perusahaan mampu mengelola SDA dan SDM dengan baik, maka mereka akan mampu membuat produk dengan kualitas baik dan menarik banyak konsumen.

2. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Teknologi dan pengetahuan merupakan salah satu dari 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas. Teknologi dan ilmu pengetahuan dapat menjadi modal penting untuk berinovasi dan mengembangkan produk. Dengan teknologi juga, produsen dapat mempercepat produksi dan pemasaran mereka dengan baik dan efisien.

3. Sarana dan Prasarana

Prasarana bisa dibilang salah satu modal dalam berusaha dalam pasar bebas. Produsen perlu menyiapkan apa saja yang diperlukan dalam melakukan bisnis dalam pasar bebas. 

4. Minat Konsumen

Konsumen juga merupakan salah satu dari 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas. Konsumen adalah pihak yang paling mempengaruhi keberhasilan suatu produsen dan membuat sebuah bisnis dapat berjalan dengan baik. 

Oleh karena itu, produsen harus bisa membuat produk yang menarik minat konsumen. Produsen juga harus bisa memperhitungkan kemungkinan permintaan di dalam pasar dengan harga produk yang hendak mereka jual.

Kenali 4 Faktor Penting dalam Pemasaran

Selain mengenal 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas, ada pula faktor keberhasilan dalam melakukan pemasaran. Dalam melakukan suatu pemasaran kita juga perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Kita mengenal ini faktor-faktor ini sebagai 4 Ps of marketing. Faktor tersebut terdiri dari product, price, place, promotion. Keempat faktor inilah yang akan membantu kita dalam melakukan usaha pemasaran. Supaya lebih paham, berikut ulasannya.

1. Product (Produk)

Faktor yang pertama adalah produk. Kita perlu memikirkan produk apa yang akan kita tawarkan. Tentu saja, produk harus memenuhi kebutuhan dan menarik minat pembeli. Oleh karena itu, pemilihan jenis produk dan inovasi yang ditawarkan menjadi pertimbangan yang penting dalam melakukan pemasaran.

Berkaitan 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas, pengembangan produk juga bisa memikirkan faktor-faktor tersebut untuk meningkat mutu dari produk yang ditawarkan.

2. Price (Harga)

Harga memiliki pengaruh yang kuat dalam penjualan. Konsumen juga punya kecenderungan memilih produk berdasarkan harga produknya. Oleh karena itu, produsen harus bisa menetapkan harga yang layak untuk produk mereka. Harga yang menguntungkan untuk mereka namun bisa diterima oleh konsumen.

3. Place (Lokasi)

Lokasi merujuk pada dua pertanyaan. Kemana produk akan dijual? Dan Bagaimana produk didistribusikan ke lokasi ke lokasi. Pemilihan lokasi yang strategis akan menguntungkan dalam pemasaran. Sedangkan, pengiriman yang baik dan efisien akan meningkatkan mutu usaha dan kepercayaan dari konsumen.

4. Promotion (Promosi)

Faktor terakhir adalah promosi atau pengiklanan. Mengiklankan produk adalah hal penting supaya konsumen bisa tahu dan tertarik dengan produk yang dijual. Sekarang ini, dengan internet, mengiklankan produk jadi lebih mudah dilakukan.

Karakteristik Pasar Bebas

Setelah mengetahui 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas, kita juga dapat menerka bila pasar bebas juga memiliki ciri-ciri tertentu. Pasar bebas memiliki beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang khas. Berikut adalah ciri-cirinya. 

1. Harga yang Tergantung Pada Penawaran dan Permintaan

Dalam pasar bebas, yang menentukan harga adalah produsen. Merekalah yang berhak menentukan harga pada produk mereka dengan memperhitungkan fungsi permintaan dan penawaran. 

2. Hak Properti Pribadi yang Mutlak

Dalam 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas, SDA dan SDM adalah hal yang krusial usaha dagang di pasar bebas. Namun, dalam mengumpulkan SDA dan SDM tersebut adalah tanggung jawab tiap produsen. Oleh karena itu, perusahaan perlu jaminan untuk properti dan modal yang mereka miliki. 

Pemerintah telah menjamin perihal hak properti pribadi. Tanggung Jawab atas semua barang dan properti tersebut adalah milik sang pemilik. Selama tidak melanggar hukum yang berlaku, pemilik bebas memakai barangnya sesukanya.

3. Kebebasan untuk Berpartisipasi

Salah satu ciri-ciri lain dari pasar bebas adalah banyaknya kompetitor. Ini karena partisipasi dalam pasar bebas relatif. Semua produsen bisa masuk dan berpartisipasi. Produsen-produsen tersebut bisa bebas masuk maupun keluar tanpa perlu melakukan perizinan dengan pemerintah. 

Dampak Positif Pasar Bebas

Selain 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas, terdapat pula dampak dari pasar bebas. Pasar bebas memiliki sejumlah dampak positif, berikut adalah dampak positif dari pasar bebas. 

1. Peluang Besar Bagi Produsen untuk Berinovasi

Pasar bebas memberikan peluang besar untuk produsen untuk berinovasi. Tanpa adanya keterlibatan pemerintah, mereka dapat dengan bebas menawarkan produk yang baik untuk konsumen. 

2. Pilihan Produk untuk Konsumen Semakin Banyak

Dengan banyaknya produsen yang masuk dan menawarkan berbagai produk, maka konsumen memiliki banyak variasi pilihan untuk produk yang hendak mereka beli. Mereka juga dapat melihat dan menilai sendiri kualitas dari produk. Dalam pasar bebas, konsumen lah yang menentukan berhasil tidaknya suatu usaha. 

3. Memperluas Lapangan Kerja

Produsen yang dapat dengan mudah keluar-masuk ke dalam pasar bebas, membuat kompetisi dalam perdagangan terbuka luas. Ini merupakan kesempatan bagus untuk ikut serta dan bersaing dalam pasar. Hal ini dapat membuka lapangan kerja yang luas untuk orang-orang.

4. Memberikan Peluang Investasi dari Luar Negeri

Kerjasama ekonomi umum terjadi di dalam pasar. Pelaku usaha yang tertarik untuk melakukan investasi juga dapat dengan mudah menanamkan modal pada perusahaan yang mereka kehendaki. Sehingga, jalinan kerjasama ekonomi yang saling menguntungan dapat terjadi termasuk dalam pasar bebas.

5. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Transaksi yang terjadi dalam pasar bebas juga berpotensi untuk terjadi pertukaran informasi dan teknologi. Sehingga, pelaku usaha bisa mengembangkan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka dapat.

Berkaitan juga dengan 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas, produsen bisa melakukan pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi, dan di saat yang bersamaan mereka dapat meningkatkan produk mereka dengan teknologi yang mereka dapat.

Dampak Negatif Pasar Bebas

Pasar bebas juga memiliki sejumlah masalah karena nya. Berikut ini adalah dampak negatif dari pasar bebas.

1. Terjadinya Monopoli

Karena kebebasannya yang mutlak, pasar bebas dapat berpotensi terjadinya monopoli oleh satu perusahaan yang berkuasa. Perusahaan besar bisa saja dengan mudah masuk dan menguasai pasar. Akibat dari monopoli ini bisa berefek pada daya beli konsumen, persaingan yang sulit, hingga harga pasar. 

2. Kegagalan Pasar

Salah satu akibat dari monopoli. Pasar yang gagal terjadi karena terdapat satu perusahaan yang menguasai seluruh aspek pasar. Akibatnya ekonomi dalam pasar ini menjadi sangat tidak seimbang. Perusahaan yang kaya akan semakin berkuasa, sedangkan yang miskin akan semakin terpinggirkan.

3. Pemborosan dan Produksi Produk yang Berlebihan

Berkaitan dengan ketidakterlibatan pemerintah dalam pasar bebas. Pasar bebas tidak ada regulasi resmi mengenai batas produk yang harus diproduksi. Sehingga, produsen berlomba-lomba membuat produk sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan permintaan. Akibatnya, harga output menjadi terlalu rendah.

4. Persaingan yang Tidak Sehat

Berhubungan dengan mudahnya akses masuk produsen. Produsen yang mudah masuk ke pasar bebas mengakibatkan persaingan antar perusahaan semakin sengit. Tidak jarang, perusahaan mulai bermain kotor untuk meraup keuntungan untuk diri sendiri.

Berkaitan dengan 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas, perusahaan yang tak mampu mengolah SDA dan SDM nya dengan baik, besar kemungkinan akan tersingkirkan.

5. Timbulnya Perilaku Konsumtif

Tidak hanya berdampak pada produsen, konsumen juga terkena dampak dari pasar bebas. Dengan kemudahan akses dan banyaknya pilihan produk, konsumen jadi dimanjakan oleh produk-produk. Akibatnya, konsumen jadi berperilaku konsumtif dan lebih banyak memboroskan uang.

6. Melemahnya Ekspor Dalam Negeri

Perilaku konsumtif warga membuat mereka lebih meminati produk luar negeri. Permintaan yang banyak dari luar negeri, membuat pemerintah banyak bergantung pada produk luar negeri. Akibatnya lebih banyak impor daripada ekspor. Hal ini bisa berdampak besar pada perekonomian dalam negeri.

Sudah Paham 4 Faktor yang Mempengaruhi Pasar Bebas?

Nah, kita telah belajar tentang 4 faktor yang mempengaruhi pasar bebas. Pasar bebas memang mempunyai faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut antara lain kualitas SDA dan SDM, ilmu pengetahuan dan teknologi, prasarana, dan minat konsumen. 

Selain faktor-faktor tersebut, produsen harus memikirkan strategi pemasaran yang baik untuk produk mereka. seperti memikirkan produk, harga, lokasi, dan iklan. Semua itu supaya produsen bisa mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page