Copywriting: Pengertian, Tugas, Jenis, Gaji & Contohnya

Era digital seperti sekarang menawarkan berbagai keragaman pekerjaan baru, yang bersangkutan dengan teknologi. Salah satunya pekerjaan yang berkaitan dengan kemampuan copywriting yang muncul setelah banyaknya bisnis yang memilih jalur pemasaran digital. 

Melalui kemampuan menulis, kamu bisa raih jutaan rupiah dengan bekerja secara remote. Memang apa saja yang bisa kamu kerjakan dengan kemampuan tersebut? Tugas apa saja yang akan kamu kerjakan? Apakah jenjang karirnya bagus secara gaji? Dari pada penasaran, mending baca dan simak artikel satu ini!

Apa Itu Copywriting?

Pada dasarnya, teknik penulisan ini adalah cabang keilmuan penulisan artikel, yang cocok kamu terapkan pada berbagai penyajian internet. Umumnya penggunaannya bertujuan untuk kebutuhan komersial, baik artikel berita, caption naskah iklan, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Namun, semenjak pengembangan teknologi digital marketing, penulisan ini kini lebih merujuk pada penulisan materi pemasaran atau promosi persuasif yang cukup efektif. Uniknya, walaupun copywriting terkesan mengambil sumber yang sudah ada untuk dikembangkan, namun cara penulisan ini masih terbilang lazim dan diperbolehkan.

Karena memang cara kerja teknik ini adalah dengan mengcopy beberapa materi yang sudah ada, untuk dikembangkan dalam sudut pandang yang berbeda. Sebenarnya, jika kamu teliti, hampir sama saat kamu membuat skripsi, yang sumbernya kamu ambil dari penelitian atau buku yang orang lain ciptakan.

Bedanya, dalam teknik ini, kamu lebih bebas mengekspresikan karya tulis, untuk kamu kembangkan pada materi promosi yang lebih menarik. Selain itu, teknik penulisan ini cukup efektif, jika ingin kamu kombinasikan dengan konsep penulisan SEO (Search Engine Optimization), yang lebih disukai mesin penyaranan Google.

Jadi, secara singkat, teknik ini termasuk sebuah konsep atau keilmuan penulisan, yang kini banyak pebisnis gunakan dalam memasarkan produknya. Sedangkan copywriter adalah orang yang fokus mengerjakan dan mendalami keilmuan ini dalam pekerjaannya.

Apa Saja Tugas dalam Pembuatan Copywriting?

Jika kamu seorang copywriter, biasanya kamu akan memiliki beberapa tugas yang akan memanfaatkan pemahaman kamu terhadap konsep penulisan copy kreatif, seperti:

1. Brainstorming dengan Klien atau Atasan

Pada dasarnya, untuk menjadi copywriter yang baik dan benar, kamu harus meluruskan niat dan tujuan yang sama terlebih dahulu dengan pemesan karya tulis. Tujuannya adalah memahami apa yang ingin disajikan pada karya tulis yang akan kamu buat. 

Biasanya, dalam sebuah perusahaan akan ada kegiatan brainstorming bersama beberapa redaksi yang bersangkutan. Sehingga, konsep dan implementasinya bisa selaras, terutama dengan tim kreatif dan grafik desainer. Sehingga, karya yang kamu buat bisa menegaskan atau menguatkan aksi yang pemesan inginkan dari pembaca.

2. Melakukan Riset Produk atau Layanan

Hal berikutnya yang akan menjadi tugas kamu dalam membuat copywriting, adalah memahami produk atau layanan yang akan kamu buatkan copy kreatifnya. Oleh karena itu, riset produk dan layanan sudah pasti harus kamu lakukan. Kamu harus mengulik keunggulan, nilai, dan pemecahan masalah dari berbagai sudut pandang.

Tak cukup hanya riset produk dan layanan saja, kamu juga harus memahami siapa target audiens dari produk atau layanan yang akan kamu promosikan. Sehingga, kamu bisa menyesuaikan sudut pandang, memahami masalah, serta menempatkan value proposition dengan baik dan tepat sasaran.

3. Proses Pembuatan 

Langkah selanjutnya adalah titik dimana kemampuan copywriting kamu akan diuji, karena dengan pemahaman, kemampuan, dan hasil riset, kamu akan mulai membuat karya tulis yang sesuai. Setiap copywriter memiliki cara dan konsepnya sendiri dalam pembuatan artikel promosi.

Namun, biasanya untuk mempermudah proses, semua riset akan dirangkum dalam beberapa poin terlebih dahulu. Lalu, dari tiap poin akan di kembangkan dalam naskah tertulis, yang akan mengkomunikasikan dan mengajak pembaca atau pendengar untuk melakukan aksi yang pemesan inginkan.

4. Presentasi atau Penyerahan Artikel

Walaupun jenisnya berbeda-beda, namun tugas ini pastinya akan dilakukan setiap copywriter. Dimana kamu akan melakukan presentasi atau penyerahan artikel yang sudah kamu buat untuk masuk ke tahapan pemeriksaan dan editing (ada juga yang merangkap sebagai editor).

Dari artikel atau presentasi tersebut, nantinya akan ada penyesuaian atau mungkin penilaian terhadap karya, apakah sudah sesuai dengan keinginan awal. Jika sudah tak ada revisi, biasanya tugas pada pembuatan artikel selesai. Namun, jika ada koreksi, maka kamu harus bekerja ekstra!

Jenis Copywriting yang Punya Potensi Karir

Sebenarnya ada beberapa jenis teknik penulisan yang bisa kamu perdalam, karena beberapa jenis ini memiliki jenjang karir yang menjanjikan, seperti:

1. Penulisan Iklan

Jenis pertama Ini adalah teknik yang paling umum, yakni copywriter akan bertanggung jawab untuk menciptakan teks yang menarik dan persuasif untuk iklan. Cakupan spesialis penulisan iklan juga cukup luas, mulai dari iklan cetak, televisi, radio, dan promosi digital. 

Tujuannya utama penerapan teknik ini adalah untuk menarik perhatian audiens dan mendorong untuk mengambil tindakan atau aksi tertentu, seperti membeli produk, menggunakan layanan, atau mengisi kuesioner.

2. Penulisan SEO

Berikutnya ada copywriting SEO yang melibatkan penulisan teks dengan tujuan untuk pengoptimalan mesin pencari, agar tertarik dengan artikel pada platform yang kamu kembangkan. Seorang copywriter SEO menggunakan kata kunci yang relevan dalam kontennya untuk membantu situs web atau halaman muncul pada pencarian pertama.

Penggunaan teknik penulisan ini akan dipadukan dengan standarisasi penulisan SEO. Dengan artikel yang memenuhi standar SEO, pastinya mesin pencari akan lebih memilih merekomendasikan artikel kamu daripada artikel kompetitor yang tak memenuhi standarnya.

3. Penulisan untuk Media Sosial

Sebenarnya, teknik ini bisa diadopsi dari teknik penulisan SEO, namun beberapa algoritma media sosial ada yang berbeda dengan search engine. Sehingga, kamu harus memfokuskan pemahaman dan pendalaman terkait sosial media yang kamu tangani.  Kamu harus mampu membuat teks yang menarik sesuai kebutuhan platform.

Dalam hal ini, penguasaan gaya penulisan yang cocok untuk setiap platform,  akan membantu menjadikan artikel atau konten lebih menarik. Tak hanya teks pada caption, biasanya pembuatan teks untuk desain, tagline, kata promosi, CTA dan naskah video juga bisa jadi tugas tambahan yang harus kamu tanggung.

4. Penulisan Informasi Teknis

Copywriting teknis melibatkan penulisan teks yang berfokus pada informasi teknis atau industri tertentu. Biasanya, muncul pada produk atau layanan yang kompleks dan memerlukan penjelasan yang rinci. Copywriter teknis harus mampu menyederhanakan informasi yang kompleks, agar dapat dimengerti oleh audiens yang lebih luas.

5. Penulisan Penawaran

Selanjutnya ada teknik penulisan yang berfokus pada penawaran, baik untuk produk, layanan, atau jasa. Dalam hal ini, fokus copywriter bisa terpecah menjadi dua cabang, yakni penawaran B2B (penawaran pada bisnis) dan B2C (penawaran pada konsumen).

Memang Berapa Besaran Gaji Seorang Copywriter?

Sebenarnya, gaji seorang copywriter bisa sangat bervariasi, tergantung kemampuan, pengalaman, daerah, model kerja (office atau remote), fokus kerja, dan pengalaman. Namun, untuk pemula, kamu bisa meraup besaran gaji mulai dari Rp2.000.000,00 hingga lebih dari Rp10.000.000,00 per bulan. 

Tetapi, jika kompetensi kamu sudah mumpuni dan bekerja di perusahaan yang tepat, besaran gaji kamu dari membuat copywriting bisa meningkat. Umumnya, kamu bisa mendapatkan gaji mencapai Rp4.180.000,00 hingga lebih dari Rp13.000.000,00. 

Beda lagi jika kamu bekerja secara remote untuk perusahaan asing atau mengambil job freelance. Gaji yang kamu dapatkan bisa mencapai dua digit, karena bayaran minimal adalah $100 per project. Belum lagi upah adsense yang bisa kamu, dapatkan jika kamu mengembangkan blog atau website sendiri.

Contoh Copywriting

Sebenarnya hampir semua artikel yang kamu jumpai di halaman teratas pada pencarian internet, kemungkinan besar sudah menggunakan teknik penulisan ini. Bahkan, artikel yang kamu baca sekarang ini sudah termasuk contoh yang bisa kamu pelajari. Untuk lebih mudah, kamu bisa melihat beberapa contoh lain berikut ini:

unnamed 4 3
Makinrajin
unnamed 5 3
Stickearn
unnamed 6 2
Bitlabs

Kini Kamu Tahu Apa Itu Copywriting!

Nah, itulah beberapa penjelasan terkait teknik penulisan copy kreatif. Dari penjelasan tersebut, apakah menurut kamu pekerjaan dengan basis penulisan ini cukup menjanjikan untuk kamu coba?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page