Tips Meningkatkan Penjualan Kamar Melalui Website Hotel

Cukup banyak cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan kamar hotel, salah satunya melalui website hotel.

Saat memiliki website resmi, hotel akan mampu menampilkan berbagai fasilitas dan sarana prasarana sebagai sumber informasi akurat untuk pelanggannya.

Peran direct website sendiri dapat semakin dimaksimalkan dalam penerapan strategi promosi digital dalam bisnis perhotelan untuk meningkatkan okupansi melalui cara tertentu.

Untuk itu, pembahasan dalam artikel berikut akan menjelaskan lebih detail tentang beberapa tips meningkatkan penjualan kamar melalui website.

Tips Meningkatkan Penjualan Kamar Melalui Website Hotel

Okupansi kamar selalu diupayakan demi memaksimalkan pendapatan hotel dengan berbagai cara promosi maupun branding online di website resmi hotel.

Berikut ini beberapa tips meningkatkan penjualan kamar melalui website hotel yang semakin masif diterapkan para pelaku industri perhotelan.

1. Reservasi Online Via Website

Kemajuan teknologi memang semakin memudahkan sistem booking hotel secara online, terutama lewat Online Travel Agent atau OTA.

Persaingan di beberapa OTA bahkan semakin mampu meningkatkan okupansi hotel dan memaksimalkan pendapatan.

Namun, sebenarnya hotel akan semakin banyak mendapatkan keuntungan jika tamu melakukan reservasi langsung.

Selama ini pertimbangan tamu lebih memilik OTA karena penawaran harga yang diberikan cenderung lebih rendah dibanding memesan langsung di hotel.

Kondisi inilah yang seharusnya dimanfaatkan pihak hotel untuk membuka ‘pintu’ reservasi online yang mampu bersaing dengan OTA.

Manfaatkan website resmi hotel untuk mengarahkan calon tamu hotel agar melakukan reservasi via website sebagai langkah meningkatkan penjualan kamar.

Calon tamu yang sedang mencari informasi tentang hotel akan semakin dimudahkan dengan fitur reservasi online via website tanpa harus mencari hotel yang dimaksud melalui OTA.

2. Tawarkan Promosi di Website Hotel

Tidak ada konsumen yang tidak menyukai promosi seperti voucher khusus atau diskon spesial saat membutuhkan penginapan dan mencari hotel untuk menginap.

Oleh karena itu, pengelola hotel harus peka terhadap harapan ini dan menawarkan promo menarik melalui berbagi media, termasuk website resmi hotel.

Sangat umum bagi hotel menyediakan paket menginap spesial di momen liburan, seperti lebaran, natal, atau tahun baru.

Bahkan cukup banyak tamu yang sengaja melakukan perjalanan wisata dan menginap di hotel di momen-momen tersebut.

Jika pengelola hotel memanfaatkan peluang ini untuk memberikan promo khusus via website hotel dengan harga yang bersaing dengan OTA, bisa dipastikan reservasi akan meningkat.

Perbedaan harga hingga layanan dan fasilitas yang didapat akan menjadi pertimbangan utama pelanggan untuk memutuskan booking kamar via website.

3. Permudah Fitur-Fitur Booking di Website

Tidak dimungkiri jika kemudahan dalam melakukan reservasi online juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan pemesanan kamar via website resmi hotel.

Jadi, pastikan untuk mempermudah fitur-fitur booking di website hotel dengan menyediakan fungsi kalender pemesanan kamar hotel.

Umumnya, reservasi melalui website maupun OTA membutuhkan langkah untuk menginput waktu pemesanan atau tanggal booking.

Sediakan fitur untuk mengisi tanggal check in dan check out secara otomatis yang mudah dan terkorelasi dengan informasi ketersediaan kamar di waktu tersebut.

Misalnya, jika pengunjung membuka website pada tanggal hari ini, maka tanggal check ini juga dibuat otomatis hari yang sama dan tanggal check out di hari selanjutnya pada kalender pemesanan.

Fitur ini juga dapat membantu dan mencegah pengguna tidak melakukan kesalahan dalam memasukkan data booking.

4. Optimalkan Peran Media Sosial

Memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi hotel juga bisa menjadi cara efektif penjualan kamar selanjutnya.

Akun media sosial resmi hotel akan menjadi sumber informasi paling akurat bagi pelanggan untuk mencari tahu tentang fasilitas hingga promo menarik tertentu yang ditawarkan.

Dengan menyebarluaskan informasi promo melalui berbagai media, seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp hingga email, jangkauan pelanggan pun akan semakin luas.

Keunggulan media sosial ini dapat membuat berita promosi menjadi viral dan akan mempengaruhi minat pelanggan.  

Namun, pastikan untuk mengunggah foto dan video fasilitas serta layanan hotel untuk semakin meyakinkan pelanggan agar segera melakukan reservasi.

Pastikan juga untuk menuliskan dan membuat tautan link yang mengarah ke website resmi hotel agar memudahkan calon tamu untuk memesan kamar dengan promo tersebut.

5. Memanfaatkan Layanan Google Ads

Istilah Google Ads memang sudah tidak asing lagi dalam dunia periklanan yang banyak digunakan pengelola bisnis, termasuk di industri perhotelan.

Platform beriklan yang satu ini bahkan bisa dikatakan cukup efektif dalam menargetkan pengguna spesifik yang membutuhkan rekomendasi hotel untuk menginap.

Google Ads mampu membantu pelanggan yang ingin mencari hotel sesuai kriterianya dengan harga yang bersaing.

Jika hotel memanfaatkan Google Ads, untuk menjangkau konsumen spesifik ini pun akan semakin mudah.

Bahkan cara ini dapat meningkatkan okupansi kamar melalui website dengan menautkan link menuju website resmi hotel.

Menariknya, langkah ini jauh lebih murah dibanding memasang iklan di media konvensional hingga mampu menurunkan anggaran promosi tetapi tetap mendapatkan hasil maksimal.

6. Menggunakan Jasa Optimasi SEO

Meski hotel memiliki website, tetapi semua ini akan sia-sia tanpa memaksimalkan eksistensinya agar mudah ditemukan di Google.

Google sendiri memiliki search engine yang membutuhkan input keyword atau kata kunci yang nantinya akan ditampilkan di halaman utama.

Di sinilah peran jasa optimasi SEO atau Search Engine Optimization untuk membuat website resmi hotel bisa terbaca mesin pencari Google dan masuk ‘page one’.

Penggunaan jasa optimasi SEO dengan mengoptimalkan keyword yang ramah akan efektif untuk menampilkan promosi-promosi hotel yang tercantum di website.

Konten promosi yang ditampilkan dalam website resmi hotel akan semakin mudah terbaca oleh Google search engine dan memudahkan pelanggan saat melakukan pencarian.

Umumnya, penyedia jasa optimasi SEO akan memanfaatkan Search Engine Marketing demi meningkatkan traffic kunjungan ke website hotel.

Konten-konten dalam website yang kaya akan keyword yang ramah SEO secara otomatis meningkatkan kemungkinan pengguna online menemukan hotel tersebut.

Strategi yang meningkatkan peringkat posisi website official hotel di mesin pencari Google pun akan semakin meningkatkan peluang kunjungan dari tamu potensial.

7. Pastikan Website Sudah Terkoneksi dengan Front Desk

Masalah yang sering muncul saat melakukan pemesanan online diantaranya reservasi tidak terbaca di informasi front desk hotel.

Padahal tamu sudah melakukan pemesanan dan pembayaran tetapi pihak hotel belum menerimanya hingga terjadi ketidaknyamanan dari sisi pelanggan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan website hotel sudah terkoneksi dengan front desk secara otomatis dan tamu yang datang hanya perlu melakukan konfirmasi nomor booking.

Meski terdengar sepele, tetapi layanan ini akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada website hotel hingga bersedia melakukan reservasi kembali dengan cara yang sama di lain waktu.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa tips meningkatkan penjualan kamar melalui website hotel yang sudah kami rangkum.

Melalui informasi di atas, pengelola hotel akan mampu meningkatkan penjualan kamar dengan tingkat okupansi tinggi.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste