canape-adalah
source picture : freepik.com

Canape adalah salah satu sajian yang biasanya digunakan dalam sesi welcoming tamu atau undangan dalam sebuah acara. Jika kamu pernah pergi sebuah acara dan disajikan makanan pembuka berupa kue dengan keju oles dan daging diatasnya, bisa saja itu adalah canape. Makanan kecil ini berasal dari negara Prancis.

Canape sering disajikan dengan tekstur dan ukuran mini yang menarik dan biasanya dipotong dalam ukuran kira-kira 3 atau 4 cm sama sisi (square).  Ukuran ini disesuaikan dengan ukuran mulut. Lebih dikenal sebagai open faced sandwich karena isiannya seperti keju oles, sayur serta daging seperti topping. 

Canape digunakan untuk memancing rasa lapar sehingga difungsikan sebagai appetizer. Nama canape biasanya juga disesuaikan dengan nama fillingnya atau makanan yang ditata di atas bread.

Sejarah Canape

Banyak yang mengatakan bahwa asal muasal kue kecil ini adalah dari Prancis. Canape yang artinya sofa, sejak akhir abad 18 istilah ini dipakai untuk irisan roti tipis yang biasanya dipanggang atau digoreng dengan beraneka topping dengan rasa yang cukup asin. 

Dalam perjalanannya, canape pun menjadi suguhan wajib tiap kali ada cocktail party. Sangat pas untuk sajian cocktail party, karena bentuknya mini dan tidak terlalu mengenyangkan. Selain itu juga mudah dipadu dengan aneka rasa topping.

Komponen Dasar Canape

canape-adalah
source picture : freepik.com

Dasar canape

Pada umumnya canape adalah makanan yang dibuat dari roti yang dibentuk seperti  segitiga, bisa juga bulat hati, bahkan persegi dan lain-lain. Dasar canape itu biasanya dari biscuit atau cracers, roti tawar yang digunakan berupa plain / toasted / fried, puff pastry, dan short pastry

Spread 

Spread adalah bahan yang lembek atau kental yang biasanya dioleskan pada permukaan roti atau biscuit yang berfungsi merekatkan isi serta menambah rasa dan

nilai gizi yang tinggi. Bentuk pemulas yang baik harus agak lunak dan tidak berair. Spread canape bisa menggunakan  butter, margarine,mayonaise dan cream cheese.

Topping

Merupakan makanan yang ditata dan disusun di atas roti yang sudah dipulas, seperti : keju yang sudah dipotong atau diparut, telur direbus, dipotong tipis, atau dicincang, ikan sardens, telur xavier, smoked salmon, dan udang rebus, sayuran dan buah

Garnish (Hiasan)

Seperti pada makanan umum lainnya, garnish berfungsi untuk mempercantik tampilan canape. Garnish untuk canape bisa dibuat dari kombinasi pengaturan topping yang berwarna-warni atau ditambah bahan lainnya sebagai garnish.

Beberapa syarat untuk membuat garnish untuk canape :

  • Edible, artinya dibuat dari bahan yang bisa dimakan
  • Suitable, artinya bahwa hiasan tersebut wajib serasi dengan makanan yang akan dihias.
  • Attractive, dalam hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu  : jenis bahan yang dipakai,warna, bentuk irisannya, kombinasi warna,serta penempatan pada hidangannya.
  • Simple, artinya menggunakan bahan-bahan sisa yang reusable, harga yang terjangkau, mudah dibuat dan tidak terlalu banyak warna.

Baca Juga : Appetizer : Pengertian, Jenis dan Contoh Makanannya

Tips Membuat Canape

  • Pastikan bahan-bahan  yang digunakan dalam keadaan baru dan fresh
  • Untuk membentuk roti gunakan pisau yang betul-betul tajam
  • Sebaiknya pilihlah kombinasi warna dan rasa dari topping dan bahannya yang seimbang
  • Sementara itu untuk proses menghidangkan canape bisa disusun di kaca atau tray dengan memperhatikan kombinasi bahan dan wama agar kelihatan indah serta menarik.
  • Pemilihan biscuit untuk bahan dasar canape harus mempunyai rasa yang gurih
  • Perhatikan potongan bahan dasar canape. Bisa disesuaikan bentuknya seperti, berbentuk bulat / segitiga /persegi dengan ketebalan max 0,5 cm dan panjang / diameter 3 – 4 cm
  • Untuk proses penyelesaian akhir bisa  menggunakan teknik glace yaitu memberikan lapisan mengkilat dari bahan zelatine
  • Sebelum disajikan, sebaiknya hidangan tersebut terlebih dahulu disimpan dalam lemari pendingin hingga suhu 5-7°C
  • Setelah itu gunakan kreativitas untuk ditata secara menarik diatas baki (tray) yang telah dialasi doily ( kertas hias sebagai alas baki)
  • Untuk mempercantik penampilan sebaiknya diberi centre piece yang menarik