Cara mengatasai tungau (bed bugs)
source – freepik.com

Cara Mengatasi Tungau (Bed Bugs) – Sebagai seorang housekeeping tentunya salah satu masalah yang sering di hadapi di hotel adalah ketika tamu komplin karena badannya merah-merah, gatel nggak tau kenapa. Tapi setelah di cek ternyata ada tungau atau bed bugs di kasur yang ditempatinya.

Ini adalah sebuah keadaan yang sering banget terjadi di sebuah hotel. Padahal sebelum check in sudah di cek beberapa kali tidak ada masalah tapi hewan kecil ini tetap muncul juga saat tamu sudah in house.

Apa sih tungau (bed bugs) ini ?

Jadi menurut wikipedia, tungau ini adalah serangga berjenis cimcidae yang suka numpang hidup di rumah manusia terutama di kasur. Disebut juga kutu busuk, biasa tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya.

Tungau bisa menggigit tanpa disadari korbannya, namun gigitan kutu busuk akan terasa di pagi hari dan biasanya ia akan agresif pada malam hari. ia akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya.

Tungau juga suka dengan tempat yang gelap. Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung. Satu bed bugs betina biasanya menghasilkan 300-400 telur dalam hidupnya.

Tungau adalah binatang yang hidup atau beraktivitas pada malam hari, mulai dari kecil sampai besar dia sudah bisa mengkonsumsi darah. Terutama darah manusia. Tungau bisa hidup tanpa makan 80 sampai 140 hari dan setelah dapat makan dia bisa langsung membesar 7 kali.

Kondisi ini sering menyebabkan kita kesusahan untuk mencari nya pada siang hari dan tentunya setelah dia mendapatkan darah/makanan dia akan sembunyi. Artinya, saat tamu kena gigitan dan complaint ke lobby pas pagi atau siang hari biasanya anak Housekeeping dan pest control ya acting aja sebenarnya ke kamar karena ga akan ketemu.

Karena mereka hidup nya malam kalaupun ketemu artinya di kamar tersebut sudah banyak ada bed bugs nya.

Dimana biasanya kita temukan sarang tungau ( bed bugs ) ini?

Penting nih buat kamu anak-anak housekeeping untuk cek spot-spot ini kalau ada komplin tamu yang mengarah ke tungau. Ini dia area yang wajib di check :

  • Bed Frames
  • Jahitan kasur
  • Skirting boards
  • Karpet
  • Wallppaper

Penyebab Munculnya Tungau

Bed bugs bukan datang dari negara mana atau orang mana. Siapa saja bisa membawa bed bugs ke dalam hotel terutama : Barang tamu, biasanya back packer sering menginap di hotel yang kurang bersih atau lembab, tas tamu yang naik kereta karena tempat peletakan barangnya sering kurang bersih.

Baju atau barang bawaan tamu: karena travelling ke gunung atau menginap di suatu tempat yang kurang bersih dan baju atau pakaiannya belum di laundry jadi ini bisa mengakibatkan tempat yg nyaman buat si bed bugs.

Bahkan vacuum bisa jadi alat penyebaran jika vacuum tersebut sudah di gunakan di kamar yg terkena bed bugs. Akan tetapi tidak di bersihkan dan hanya di letakkan saja sehabis kerja oleh anak Housekeeping di store. Nah malamnya dia bisa keluar ke linen atau kamar dekat dengan store kita.

Penanganan kamar yang terkena tungau

Langkah pertama OOO kan kamar yg terkena bed bugs bersamaan dengan kamar kiri dan kanan serta depannya. Bila di perlukan semua kamar yg satu koridor, jika di perlukan. Setelah itu panggil segera pest control dan jangan menyentuh apapun dikamar sampai mereka datang. Tentunya pindahkan tamu ke kamar yang lain.

Ada 3 treatment atau cara mengatasi tungau yang biasanya di lakukan :

Cara mengatasi tungau (bed bugs)
source : freepik.com

1. Initial Treatment

  • Pest control akan mengecek kamar yang terindikasi dan kamar lain yang berdekatan
  • Penyemprotan insektisida penuh di area kamar
  • Pindahkan sementara kasur dan furniture setelah itu
  • Biasanya kamar akan dikosongkan selama 5 hari

2. Follow Up Setelah 5 hari

  • Pest control akan mengecek sekali lagi kamar yang terindikasi yang sudah di treatment
  • Ketika kamar sudah di asumsikan sudah bersih, selanjutnya bersihkan kembali area kamar dan buang vacuum bag. Serta perbaiki retakan dan wallpaper yang rusak
  • Siapkan kamar untuk bisa dijual kembali

3. Satu Bulan Setelahnya

  • Berikutnya sebulan setelah kamar tersebut di treatment, pest control akan melakukan pengecekan sekali lagi terhadap kamar tersebut dan kamar disekitarnya.
  • Jika semua sudah ok dan tidak ada indikasi tungau lagi berarti penanganannya berhasil

Itulah 3 prosedur atau cara mengatasi tungau (bed bugs) yang biasanya di terapkan oleh hotel pada umumnya. Semoga bermanfaat !

Baca Juga : Prosedur Penanganan Kamar DND (Do Not Disturb)