Himpunan Mahasiswa: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Program Kerja

Mahasiswa lama pasti sudah familiar dengan organisasi intra kampus satu ini, himpunan mahasiswa (HIMA). Bagi kamu mahasiswa baru yang masih belum mengerti apa itu HIMA, apa saja tujuannya, tugas-tugasnya, dan program kerjanya, kamu perlu membaca artikel ini sampai tuntas. 

Apa itu Himpunan Mahasiswa? 

Rapat mahasiswa himpunan
Rapat mahasiswa himpunan | Image souce : pixabay.com

Memasuki dunia perkuliahan, tentu saja tidak hanya berbicara tentang aspek akademis. Kampus memiliki segudang ruang untuk mahasiswa berkreasi, bereksplorasi, dan berkarya dengan mengikuti berbagai organisasi, salah satunya himpunan mahasiswa (HIMA). 

HIMA adalah salah satu organisasi intra kampus di tingkat jurusan atau program studi (prodi). Biasanya, organisasi ini lebih familiar disebut dengan HMJ atau HMPS. 

Organisasi ini menjadi wadah mahasiswa satu jurusan untuk mengembangkan wawasan dan potensinya. Misalnya kepemimpinan, minat dan bakat, dan melatih mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat. 

Semua kegiatan dalam HIMA tentu saja tidak sembarangan. Sebab di sana kamu juga bisa memperdalam ilmu dan mengembangkan wawasan yang berkaitan dengan jurusanmu. 

Selain itu, kamu juga bisa memperluas relasi dengan teman-teman sejurusan, dan mengikuti berbagai program HIMA yang bersifat akademis. 

Perbedaan HMJ dan HMPS

Seringkali kedua istilah ini membuat bingung mahasiswa baru karena memang terlihat sama dan tingkatnya sama-sama di bawah fakultas. 

Sebelum memahami apa bedanya HMJ dan HMPS, kamu harus tahu dulu perbedaan jurusan dan program studi. 

Jurusan itu bagian dari fakultas yang bertanggung jawab untuk suatu bidang studi atau keilmuan. Contohnya seperti jurusan sejarah, hukum, akuntansi, manajemen, dan lain-lain. 

Sementara itu, program studi adalah bagian dari jurusan. Biasanya disebut sebagai peminatan. Jadi jurusan ini terdiri dari beberapa program studi yang bisa diikuti mahasiswa. Misalnya jurusan sejarah memiliki beberapa peminatan, seperti ilmu sejarah dan pendidikan sejarah. 

Begitu juga dengan organisasinya. HMJ ini mewakili mahasiswa jurusan di sebuah kampus. Sedangkan HMPS mewakili mahasiswa program studi tertentu. 

Selain itu, dari sisi kegiatannya juga berbeda. Kegiatan HMJ ini berfokus pada kegiatan jurusan seperti seminar, studi banding, dan lomba. Sementara itu, HMPS ini fokus kegiatannya di program studi, seperti penelitian, musyawarah, dan pengembangan program pengajaran. 

Tujuan dari Himpunan Mahasiswa

Terbentuknya organisasi intra kampus ini tentunya punya tujuan tersendiri. Selain sebagai wadah berkreasi dan mengembangkan potensi, ada juga beberapa tujuan lain seperti:

1. Sebagai Wadah Pemersatu

Ini adalah tujuan utama dari terbentuknya himpunan mahasiswa. Mahasiswa Indonesia ini terdiri dari beragam suku, daerah, budaya, latar belakang, bahkan ada juga yang berbeda negara. 

Adanya organisasi ini diharapkan bisa menyatukan keberagaman yang ada. Sehingga jalinan kedekatan antar mahasiswa satu dengan mahasiswa lain semakin dekat dan tidak terpecah belah. 

2. Memperluas Relasi 

Di organisasi ini, kamu bisa berkenalan dengan siapa saja, mulai dari teman seangkatan sendiri, senior hingga para alumni yang seringkali diundang saat ada acara-acara jurusan. 

Dengan begitu, ini bisa membantu kamu memperluas relasi yang nantinya dibutuhkan saat lulus kuliah. 

3. Menjaga Hubungan Baik antar Mahasiswa

HIMA juga berguna untuk menjaga hubungan baik dengan mahasiswa lain, terlebih dengan mahasiswa lama. Di sini, kamu juga akan diberi bimbingan dan arahan oleh mahasiswa lama bagaimana cara berorganisasi atau bahkan saling sharing tentang keilmuan yang sedang kamu geluti. 

4. Menampung Aspirasi Mahasiswa

Bagi kamu yang kesulitan untuk berpendapat dan mengungkapkan aspirasi, ini adalah wadah yang cocok. Himpunan mahasiswa akan memberikan ruang untuk kamu menyampaikan aspirasi dan pendapat. 

Kamu bisa berlatih berpendapat di depan umum tanpa merasa takut lagi. Jadi, ketika lulus kuliah, kamu lebih berani untuk berpendapat dan mengeluarkan ide yang bermanfaat serta membangun. 

5. Menjalankan Program Kerja

Mengikuti HIMA bisa melatih bagaimana cara menjalankan program kerja dengan baik. Kamu juga diajarkan bertanggung jawab pada tugas-tugas yang diemban dan bekerja secara tim maupun individu, sehingga nantinya sangat berguna ketika kamu memasuki dunia kerja. 

6. Membangun Kerjasama dengan Pihak Kampus

HIMA akan bekerjasama dengan pihak kampus untuk menjalankan kegiatan akademik dan non akademik. Tujuannya agar potensi mahasiswa bisa tersalurkan dengan baik dan kualitas keilmuannya semakin berkembang sehingga menghasilkan lulusan yang siap terjun di masyarakat. 

Tugas-Tugas Himpunan Mahasiswa

HIMA memiliki struktur kepengurusan inti yang terdiri dari ketua, bendahara, sekretaris, dan koordinator divisi. Semua pengurus HIMA tersebut bertanggung jawab melaksanakan tugas-tugas HIMA, seperti:

  • Melaksanakan semua ketetapan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM).
  • Membentuk suatu program kegiatan ekstrakurikuler pengembangan mahasiswa jurusan. Seperti pengembangan penalaran, keilmuan, hingga profesi sesuai bidang ilmu.
  • Melakukan laporan dan koordinasi kegiatan dengan BEM fakultas maupun BEM kampus.
  • Menyampaikan dan menyerap aspirasi mahasiswa kepada ketua program studi.
  • Bertanggung jawab kepada ketua program studi sesuai fakultas masing-masing. 

Contoh Program Kerja Himpunan Mahasiswa

Sebagai gambaran, ada beberapa contoh hasil program kerja yang bisa kamu pahami. Sumbernya berasal dari program kerja bidang olahraga yang sudah dibuat oleh HIMA Prodi Manajemen Universitas Airlangga tahun 2018. Berikut contoh programnya:

  • Menyelenggarakan Management Badminton Club (MBC), yang ditujukan kepada para mahasiswa pecinta badminton.
  • Membuat acara Management Basketball League (MBL), untuk mahasiswa pecinta bola basket.
  • Menyelenggarakan acara Management Soccer League (MSL), untuk mahasiswa yang berbakat olahraga futsal.

Ada juga beberapa program lain dari jurusan ini, misalnya:

  • Mengadakan kunjungan bisnis.
  • Menyelenggarakan lomba bagi mahasiswa berbakat.
  • Mengadakan studi banding.
  • Menyelenggarakan bakti sosial ke panti asuhan.
  • Menyelenggarakan talkshow untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa.
  • Mengadakan ospek jurusan.
  • Dan lain-lain. 

Itu sedikit gambaran yang bisa kamu pahami. Sebenarnya untuk program kerja ini bisa bervariasi tergantung pada setiap divisi yang ada. Misalnya divisi seni dan olahraga mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan kesenian dan olahraga. 

Ada juga divisi kewirausahaan, yang program kerjanya tentang pengembangan kemampuan wirausaha mahasiswa. Contoh lagi divisi pengabdian pada masyarakat, berarti program kerjanya juga tentang pengabdian pada masyarakat. 

Mengapa Harus Ikut Himpunan Mahasiswa?

Kelulusan
Foto Kelulusan | Image souce : pixabay.com

Dengan mengikuti HIMA, tentu saja kamu bisa mendapatkan banyak sekali benefit. Selain mendapatkan wadah untuk eksplorasi dan pengembangan diri, gabung dengan HIMA juga dapat memberikan benefit lainnya seperti:

1. Melatih Kedisiplinan

Kuliah sekaligus ikut organisasi bisa melatih disiplin waktu. Kamu bisa mengetahui bagaimana cara membagi waktu kapan fokus kuliah, mengerjakan tugas,  dan kapan waktunya organisasi. 

Kemampuan mengatur waktu ini nantinya akan bermanfaat bagi masa depan. Sebab siapapun yang disiplin dan bisa mengatur waktunya dengan baik, gerbang kesuksesan bisa mudah didapat. 

2. Menambah Pengalaman Baru

Meskipun mengikuti organisasi himpunan mahasiswa sifatnya tidak wajib, namun tidak ada salahnya kamu coba. Pasalnya, kamu akan mendapatkan segudang pengalaman baru yang tidak bisa didapatkan kalau tidak bergabung organisasi. 

Kamu juga bisa mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan kehidupan, skill, kepemimpinan, dan lain-lain. Sehingga kamu tidak jadi mahasiswa kupu-kupu yang selepas kuliah langsung pulang. 

3. Memperluas Relasi

Jangan berpikir bahwa memperluas relasi ini tidak ada gunanya. Justru ini sangat berguna dan sangat penting dimiliki seseorang untuk mencapai kesuksesan hidup ke depannya. 

Siapa tahu suatu saat nanti kenalanmu di HIMA adalah orang yang cocok untuk diajak kerjasama, entah itu membangun bisnis atau mengerjakan proyek. Bisa jadi juga relasimu di HIMA adalah orang yang membuka jalan untuk dapat pekerjaan. 

4. Mengasah Kemampuan Komunikasi

Organisasi himpunan mahasiswa akan memberikan wadah untukmu melatih komunikasi. Baik personal maupun interpersonal. Kamu juga bisa belajar bagaimana menyampaikan ide dan argumen dengan baik sehingga bermanfaat untuk kehidupanmu ke depannya. 

Baca Juga : Peran Mahasiswa Bagi Masyarakat dan Strategi Mengoptimalkannya

Tertarik Bergabung dengan Himpunan Mahasiswa?

Himpunan mahasiswa adalah wadah yang cocok untuk mengembangkan diri bagi mahasiswa. Oleh karena itu, manfaatkan masa mahasiswamu dengan ikut organisasi seperti HIMA untuk meningkatkan skill, membangun relasi, dan menambah pengalaman yang berguna bagi masa depan. 

Jangan sampai ketika lulus kamu menyesal karena tidak pernah ada pengalaman organisasi sebelumnya. Sebab nantinya, pengalaman ini juga akan membantumu saat memasuki dunia kerja.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page