10+ Jurusan yang Lulusannya Paling Dicari hingga 5 Tahun Mendatang

Jurusan yang lulusannya paling dicari memang silih berganti tahun demi tahun. Penyebabnya adalah perubahan kondisi masyarakat yang memicu pergeseran kebutuhan tenaga ahli. Oleh sebab itu, keahlian tertentu mungkin sudah tidak banyak permintaanya dalam beberapa tahun kedepan.

Walau demikian, kamu yang sedang mempertimbangkan jurusan kuliah, tidak perlu kuatir. Sebab, jurusan yang lulusannya ramai peminat pada dasarnya dapat diprediksi sesuai dengan trend kebutuhan masyarakat. Nah, di artikel ini kamu akan menemukan rekomendasi 10+ bidang kuliah terbaik yang dapat menjadi pilihan.

10+ Jurusan yang Lulusannya Paling Dicari

Memilih bidang kuliah yang tepat adalah keputusan besar yang dapat berdampak signifikan sepanjang masa hidup. Sebab, apa yang kamu pelajari selama kuliah akan menjadi bekal untuk menjalani kehidupan setelah lulus nanti. Jika kamu masih bingung mau kuliah di bidang apa, berikut beberapa rekomendasinya:

1. Digital Marketing

Dunia digital berkembang dengan sangat pesat dalam beberapa tahun belakangan. Kondisi ini masih akan terus terjadi. Bahkan, perkembangannya justru akan semakin masif. Oleh sebab itu, kebutuhan digital marketer masih akan terus ada.

Tak heran bahwa lulusan jurusan ini akan mudah untuk meresap ke pasar kerja nantinya. Bahkan, apabila tidak bekerja sebagai karyawan, ilmu dari jurusan ini juga dapat menjadi bekal bagimu yang ingin mendirikan bisnis secara mandiri.

Terlebih lagi pola dan strategi dalam memasarkan suatu produk secara digital berubah-ubah dan makin kreatif. Jadi, memahami ilmu dasar dari bangku kuliah akan membuatmu mampu melakukan analisa pasar dan menerapkan strategi terbaik yang akan membawa sebuah bisnis sukses besar dalam menggaet konsumen.

2. Data Science

Jurusan yang lulusannya paling dicari berikutnya adalah data science. Kehidupan masa kini yang serba digital semakin membutuhkan orang-orang yang yang memiliki keahlian dalam pengolahan data. Sebab, apapun yang saat ini ada di internet, pada dasarnya adalah data.

Data telah menjadi bagian dari sains yang mampu menggerakan kemajuan berbagai lini kehidupan. Contoh aplikasi dari ilmu ini adalah untuk mengumpulkan data kebutuhan atau keluhan pelanggan. Kemudian, secara sistematis merumuskan solusi yang tepat.

Hal menarik dari jurusan ini adalah bahwa data yang akan kamu olah adalah data yang ukurannya sangat besar dan kompleks. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan teknik dan pengetahuan khusus untuk melakukannya.

3. Akuntansi

Contoh Pekerjaan Akuntansi
Contoh Pekerjaan Akuntansi | Image source : Pexels.com

Selanjutnya adalah Jurusan Akuntansi. Bidang ini memang terbilang tidak ada matinya. Sebab, dari dulu sampai kapanpun, ilmu dari bidang kuliah ini akan tetap aplikatif. 

Selama bisnis berjalan masih menggunakan uang, ilmu akuntansi akan selalu memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Sebab, jurusan yang lulusannya paling dicari ini mempelajari beberapa hal penting terkait keuangan. Mulai dari pelaporan keuangan, penyusunan neraca, hingga pelaporan pajak. 

Sehingga, ilmu ini akan sangat membantu agar sebuah bisnis dapat berjalan dengan kondisi keuangan yang sehat. Oleh karena ini, ilmu ini sangat aplikatif pada semua bidang bisnis.

4. Teknik Informatika

Selanjutnya adalah bidang informatika. Jurusan yang satu ini memang naik daun dalam 10 tahun belakangan. Penyebabnya adalah dunia digital yang semakin lekat dengan kehidupan masyarakat, sehingga kebutuhan programer yang turut meningkat.

Bagi kamu yang memiliki minat pada bidang ini, tak perlu kuatir bahwa bidang ini akan meredup dalam beberapa tahun kedepan. Sebab, bidang ini nyatanya terus ikut berkembang dalam dunia yang semakin serba digital. 

Salah satu contohnya, yakni muncul makin banyak bahasa pemrograman baru yang tentunya akan terus up to date dengan kebutuhan pasar kerja. Sehingga, ilmu informatika akan membuat orang yang mempelajarinya mampu membuat banyak hal, hanya dari balik layar komputer.

5. Desain Komunikasi Visual

Jurusan yang lulusannya paling dicari selanjutnya adalah desain komunikasi visual, atau umum masyarakat menyebutnya DKV. Komunikasi dan visual adalah hal yang strategis dalam kehidupan sehari-hari.

Detik demi detik, segala bidang kehidupan, terjadi proses komunikasi antara satu orang dengan lainnya. Sedangkan visual menjadi lebih penting, karena hal yang menarik dari mata akan lebih mudah untuk dipahami.

Oleh sebab itu, membuat desain untuk mengkomunikasikan suatu hal secara visual adalah bidang ilmu yang akan masih terus menjadi kebutuhan. Kedepannya, pasar kerja akan membutuhkan orang-orang yang semakin kreatif serta memiliki latar belakang keilmuan ini.

6. Teknik Industri

Contoh Pekerjaan Teknik Industri
Contoh Pekerjaan Teknik Industri | Image source : Pexels.com

Tak kalah dari beberapa bidang pendidikan yang sudah dibahas, lulusan bidang kuliah ini juga masih akan ramai peminat dari pasar kerja. Sebab, jurusan ini mempelajari bagaimana sebuah industri dapat bekerja dengan optimal, sehingga menjawab kebutuhan masyarakat. Sekaligus, menciptakan keuntungan bisnis yang optimal.

Beberapa hal penting yang akan kamu dapatkan dari ilmu ini adalah terkait dengan produksi massal pada pabrik. Mulai dari perencanaan, strategi, hingga manajemen bisnis itu sendiri.

Lengkapnya, ilmu dari jurusan ini memang membuatnya jadi jurusan yang lulusannya banyak dicari. Karena, ilmu dari jurusan ini terbilang sebagai bidang ilmu yang integratif.

7. Kedokteran

Bidang berikutnya yang tak ada matinya adalah kedokteran. Kesehatan akan terus menjadi fokus dalam kehidupan masyarakat. Di sisi lain, penyakit juga terus berkembang, sehingga ilmu kedokteran akan terus menjadi kebutuhan.

Sebagai contoh adalah pandemi yang baru saja berakhir. Pada masa tersebut, kebutuhan akan tenaga kesehatan sangatlah tinggi. Sekarang, walaupun pandemi telah berubah menjadi endemi, kebutuhan akan tenaga dokter akan tetap ada.

Sebab, dokter tidak hanya menjalankan fungsinya untuk mengobati. Namun, dokter juga memiliki peran penting dalam mengkampanyekan kesehatan. Dengan demikian, kehidupan masyarakat akan lebih baik.

8. Bahasa Asing

Bidang kuliah favorit berikutnya adalah bahasa asing. Karena, kemajuan pada berbagai bidang, mendorong kita untuk terus mengembangkan kehidupan hingga ke mancanegara. Maka, kebutuhan penguasaan akan bahasa asing saat ini tidak hanya terpusat pada bahasa Inggris.

Menguasai bahasa Inggris saat ini bahkan sudah termasuk dalam kategori keharusan. Sebab, bekerja pada bidang apapun, sangat mungkin akan mengadakan kerjasama internasional.

Namun selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk berkuliah pada bidang bahasa asing lain yang potensial. Misalnya adalah bahasa Jepang dan Mandarin. Alasannya adalah karena kedua negara pemilik kedua bahasa ini memiliki pengaruh penting dalam pergerakan perekonomian dunia.

9. Psikologi

Contoh Pekerjaan Psikologi
Contoh Pekerjaan Psikologi | Image source : Pexels.com

Jurusan yang lulusannya paling dicari selanjutnya adalah psikologi. Karena, belakangan, kesadaran akan pentingnya kesehatan mental menjadi sorotan masyarakat. 

Sehingga, menyebabkan perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari pola parenting, pendidikan formal dan normal, bahkan bagaimana perilaku manusia dalam dunia kerja. 

Hal-hal semacam ini menjadi pokok bahasan dalam bidang ilmu psikologi. Maka dari itu, jurusan ini diprediksi masih akan menjadi favorit hingga beberapa tahun kedepan.

Bagi kamu yang tertarik dengan ilmu tentang manusia, modifikasi perilaku, dan kesehatan mental, pasti akan sangat cocok untuk belajar tentang bidang ini. 

Tambahan informasi, jurusan kuliah ini memiliki beberapa konsentrasi berbeda. Mulai dari psikologi klinis anak dan remaja, klinis dewasa, pendidikan, sosial, serta industri dan organisasi. Jadi, kamu dapat memilih konsentrasi jurusan sesuai dengan profesi yang kamu cita-citakan.

10. Manajemen Bisnis

Bidang kuliah yang penting berikutnya adalah manajemen bisnis. Bidang ini mempelajari beberapa materi strategis dalam jalannya sebuah bisnis. Mulai dari manajemen sumber daya manusia, produksi, keuangan, logistik, hingga pemasaran.

Dengan kata lain, sebagai salah satu jurusan yang lulusannya paling dicari ini, kamu akan mempelajari proses bisnis dari hulu hingga hilir. Maka tak heran, bila sebagian lulusan dari kuliah ini akan bekerja sebagai karyawan yang membantu para pengusaha menjalankan operasional bisnis.

Sedangkan sebagian yang lain pasti sudah cukup percaya diri untuk menjalankan bisnis sendiri. Sebab, tentu sudah menguasai ilmu dasar dalam mengelola sebuah perusahaan.

11. Keperawatan

Jurusan terakhir yang dapat kamu pertimbangkan adalah keperawatan. Seperti bidang kedokteran, bidang ini juga akan selalu menjadi kebutuhan utama masyarakat.

Ada banyak ilmu yang akan kamu dapatkan dari bidang ini. Mulai dari ilmu dasar keperawatan, sains kesehatan, hingga teknis perawatan pasien. Nantinya, saat bertugas sebagai perawat, kamu tidak hanya sekedar bekerja, tetapi juga membantu orang lain.

Namun, selain menjadi perawat yang berpraktik di klinik atau RS, kamu juga akan punya pilihan lain. Karena, sebagian lulusan bidang ini, ada yang kemudian memilih profesi menjadi pengajar maupun penyuluh bidang kesehatan.

Apapun profesi dari jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari ini, kamu akan merasakan nikmatnya berguna dan berperan penting bagi kemaslahatan masyarakat.

Pilih Jurusan Terbaik untuk Masa Depan yang Cemerlang!

Memilih bidang untuk melanjutkan kuliah pada dasarnya harus mempertimbangkan beberapa hal. Trend kebutuhan masyarakat hanyalah salah satu pertimbangan. Sebab, selain itu, kamu tentu harus punya alasan lain.

Misalnya adalah bakat dan minat. Ini penting, sebab akan mempengaruhi seberapa kamu menikmati masa belajar dan profesimu nantinya. Pertimbangan lainnya adalah mata pelajaran pendukung bidang kuliah yang ada selama masa SMA.Selain itu, beberapa jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari mungkin membutuhkan nilai yang tinggi pada mata pelajaran tertentu. Oleh sebab itu, pilihan jurusan terbaik adalah yang telah melalui proses pertimbangan yang matang.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page