Sejuta Manfaat Oatmeal Bagi Tubuh Manusia serta Kandungannya

Oatmeal menjadi salah satu asupan gizi yang cukup baik untuk manusia. Banyaknya kandungan yang dimilikinya membuat manfaat oatmeal sangat banyak. Maka dari itu, tak heran apabila oatmeal sering menjadi rekomendasi makanan untuk orang-orang yang tengah melakukan program diet.

Oatmeal sendiri terbuat dari oat atau Avena Sativa. Oat yakni tanaman jenis serealia yang biasanya tumbuh di negara-negara subtropis. Dalam proses pengolahannya oat akan dibiarkan dalam bentuk utuh demi menjaga serat dan kulit arinya agar kandungan vitaminnya tetap ada.

8 Manfaat Oatmeal untuk Tubuh Manusia

Menurut beberapa penelitian, oatmeal terbukti mampu menjadi sumber energi yang bagus untuk menunjang kebutuhan sehari-hari manusia. Kondisi tersebut menunjukkan salah satu manfaat oatmeal yakni memberikan efek kenyang yang lebih lama daripada jenis makanan ringan lainnya. Berikut 8 manfaat lainnya, yaitu:

1. Mampu Menjaga Kadar Kolesterol 

Oatmeal merupakan sumber makanan yang banyak memiliki kandungan serat larut. Jika Anda konsumsi serat larut akan berperan untuk menghambat penyerapan kadar kolesterol jahat yang ada di tubuh. 

Nah, perlu Anda ketahui kolesterol jenis inilah yang paling banyak memicu penyakit serangan jantung.

Selain kandungan serat, ada zat beta glucan yang berfungsi menetralkan kadar kolesterol dalam darah. Zat tersebut akan bekerja secara maksimal ketika Anda mampu mengimbanginya dengan olahraga teratur dan menjaga pola hidup sehat.

2. Pencernaan Lebih Lancar

2. Pencernaan Lebih Lancar
Pexels.com

Gangguan pencernaan termasuk masalah yang paling sering terjadi pada manusia. Mungkin sekarang sudah ada banyak obat yang mampu mengatasinya.

Namun, bukankah ketergantungan obat juga tidak berdampak baik untuk kesehatan?. Oleh karena itu, Anda bisa mulai memperbaiki pola makan dengan lebih sehat.

Salah satunya mengkonsumsi oatmeal setiap hari. Sebab, manfaat oatmeal juga mampu membuat pencernaan menjadi lebih lancar karena memiliki kandungan seperti vitamin B-6, folat, dan vitamin B-12. Manfaat ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari University of Vienna dan hasilnya spesifik.

3. Menghilangkan Jerawat

Manfaat yang ketiga adalah menghilangkan jerawat. Manfaat ini berasal dari kandungan zinc yang ada di oatmeal. Kandungan tersebut mampu membunuh bakteri yang memicu pertumbuhan jerawat dan mengurangi efek peradangannya.

Meski demikian, masih ada beberapa isu terkait manfaat tersebut. Sebab, belum ada pembuktikan yang spesifik terutama pada jenis kulit sensitif yang kita ketahui memiliki tingkat rentan lebih tinggi daripada jenis kulit normal pada umumnya. 

4. Meminimalisir Risiko Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang sebisa mungkin harus Anda hindari karena mampu mendatangkan penyakit lain, seperti jantung dan stroke. Untuk meminimalisirkan penyakit tersebut, Anda bisa mengurangi makanan yang banyak mengandung sodium.

Terutama pada pemakaian garam dan penyedap rasa. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan oatmeal untuk menu sarapan karena makanan ini banyak mengandung serat dan antioksidan guna mencegah adanya hipertensi. 

5. Menurunkan Berat Badan

Karena memberikan efek kenyang yang lebih lama, maka manfaat oatmeal yang kelima adalah membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Bahkan sudah disinggung tadi bahwa oatmeal menjadi rekomendasi menu makanan yang paling banyak dipilih oleh orang-orang obesitas ketika menurunkan berat badannya.

Kandungan serat yang terdapat di oatmeal akan menyumbang energi yang cukup agar Anda mampu melakukan kegiatan sehari-hari meskipun tidak makan makanan berat lainnya.

Selain itu, ada beta glucan yang bisa memicu hormon kenyang sehingga porsi makan Anda bisa berkurang daripada biasanya.

6. Menyehatkan Jantung

6. Menyehatkan Jantung
Freepik

Dalam sebuah studi oleh ahli kardiologi di Taipei mendapatkan fakta baru terkait oatmeal yang menunjukkan bahwa makanan ini mampu membantu manusia mendapatkan jantung yang sehat. Tak hanya itu, bagi para penderita jantung juga bisa mengkonsumsinya setiap hari.

Sebab kandungan oatmeal mampu membantu proses pemulihan pasca serangan jantung dengan cepat. 

Kandungan ini disebut sebagai avenanthramide yakni suatu zat antioksidan yang dapat mencegah adanya penyumbatan pembuluh darah. Dengan begitu, risiko serangan jantung bisa lebih terminimalisir.

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengurangi risiko diabetes menjadi manfaat yang berikutnya. Oat terbukti mengandung beta glucan yang dapat mengurai gula agar tidak mudah terserap dalam tubuh manusia. Fakta ini tentu sangat baik untuk mereka yang mempunyai berat badan berlebih dan penderita diabetes.

Berdasarkan penelitian dari para ahli gizi di Perancis, oatmeal terbukti cukup ampuh dan efektif dalam menurunkan kadar glukosa dalam tubuh manusia. 

Dengan begitu kinerja insulin akan lebih terjaga agar tidak mudah meningkat yang membuat tubuh akhirnya tumbang karena lebih banyak menumpuk gula darah.

8. Merawat Kulit Agar Lebih Sehat dan Kinclong

8. Merawat Kulit Agar Lebih Sehat dan Kinclong
Pexels

Siapa sangka ada makanan yang bisa menjadi salah satu skincare untuk manusia?. memang rasanya cukup aneh namun hal ini ternyata nyata dan oatmeal adalah jenis makanan tersebut. 

Sudah bukan rahasia lagi apabila manfaat  yang satu ini dapat membantu perawatan kulit agar lebih sehat dan kinclong.

Mengingat ada begitu banyak kandungan didalamnya, tentu salah satunya bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kulit impian. 

Tidak hanya bisa Anda konsumsi secara langsung, namun oatmeal juga bisa Anda ubah menjadi lulur atau masker yang penggunaannya di luar tubuh.

Caranya adalah oatmeal dimasak hingga mendidih. Selama proses tersebut, jangan gunakan api besar karena bisa membuatnya menjadi gosong. Setelah itu aplikasikan ke permukaan kulit secara teratur dan merata. 

Kandungan Oatmeal

Setelah membahas tentang beberapa manfaat oatmeal, sekarang waktunya Anda mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Selain kaya akan serat, oat juga memiliki sejumlah nutrisi penting lainnya yang bisa mendatangkan manfaat besar untuk Anda. Berikut adalah nama-nama kandungan tersebut, yaitu:

  • Energi 379 kcal
  • Zat besi 4,25 mg
  • Asam lemak tak jenuh 2,3 gram
  • Natrium 6 mg
  • Zink 3,64 mg
  • Gula 0,99 gram
  • Lemak 6,52 gram
  • Protein 13,2 gram
  • Air 10,8 gram
  • Kalium 362 mg
  • Vitamin B-6 0,1 mg
  • Protein 13,2 gram
  • Karbohidrat 67,7 gram
  • Fossfor 332 mg
  • Magnesium 112 mg
  • Vitamin K 1,62 ug
  • Serat pangan 8,18 gram

2 Cara Mengolah Oatmeal yang Enak

Banyak yang bilang kalau oatmeal itu kurang enak dan terkesan hambar. Mungkin iya, karena Anda belum terbiasa dan baru pertama kali mencobanya. Meski begitu, Anda tetap bisa mengolahnya menjadi makanan yang enak namun tetap sehat. Berikut tipsnya, yaitu:

1. Mengolahnya Menjadi Roti

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat oatmeal adalah mengolahnya menjadi roti. 

Jadikan sumber makanan ini untuk menggantikan tepung terigu. Caranya haluskan dulu oatmeal kemudian tambahan bahan-bahan pendukung roti. 

Agar tidak menyumbang jumlah kalori yang berlebihan, Anda harus memperhitungkan apa saja yang perlu Anda gunakan. Dengan begitu oatmeal bisa Anda nikmati dengan cita rasa yang berbeda.

2. Mengolahnya Menjadi Bubur

Tips yang kedua yaitu olah menjadi bubur. Dengan begitu, oatmeal bisa Anda campurkan susu, air, dan garam agar lebih nikmat. 

Untuk cara memasaknya, sama dengan ketika Anda membuat bubur pada umumnya. Dengan mengolahnya menjadi bubur, dijamin oatmeal akan terasa sangat nikmat untuk Anda konsumsi.

Nikmati Manfaat Oatmeal untuk Penuhi Nutrisi dalam Tubuh!

Melihat banyaknya kandungan yang ada di oatmeal menjadi bukti bahwa sumber makanan ini memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Bisa dikatakan saat ini menemukan makanan sehat cukup sulit mengingat ada banyak bahan kimia yang dicampurkan dalam makanan.

Maka dari itu Anda bisa mulai memenuhi kebutuhan nutrisi dengan oatmeal. Jika belum terbiasa, tidak masalah membuatnya menjadi menu makanan yang lain. Namun akan lebih baik dan terasa khasiatnya apabila Anda mengkonsumsinya secara langsung tanpa bahan-bahan lainnya.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page