Kenali Tujuan Iklan Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Dalam sebuah bisnis, iklan menjadi salah satu media paling ampuh untuk memperkenalkan brand maupun produk ke masyarakat. Oleh karena itu, pembuatannya pun harus menarik, informatif, jelas, dan unik. Sejauh ini apakah Anda mengetahui apa tujuan iklan tersebut dibuat?

Jika kita asumsikan sebagai media untuk perkenalan brand,rasanya beberapa informasi lainnya juga memilih iklan sebagai sarana menyampaikan pesan. Anda bisa menjumpainya di beberap tempat seperti poster, media sosial, televisi, radio, dan lain sebagainya.

Tujuan Iklan Secara Umum

Contoh Iklan
Contoh Iklan | Image source : Pexels

Iklan merupakan aktivitas untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu acara atau brand tertentu dengan tujuan khusus. Kebanyakan iklan mempunyai peran yang sangat penting dalam sektornya. Berikut adalah 2 tujuan pembuatan iklan secara umum, yaitu: 

1. Komersial

Iklan komersial merupakan jenis promosi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan produk, sehingga memperbesar keuntungan bisnis. Sementara tujuan yang lebih krusial adalah menyampaikan maksud dan pesan dari sebuah produk.

Dalam kata lain, iklan komersil juga memiliki nama lain sebagai promosi niaga. Jenis promosi ini terbagi menjadi 3 jenis yakni:

  1. Bisnis: Memiliki target pasar mitra distributor atau penyalur produk dengan tujuan mendapatkan relasi bisnis yang sesuai dengan target.
  2. Profesional:  Bertujuan untuk memperoleh keuntungan dengan jumlah yang lebih besar dan mempunyai target pasar beberapa kalangan profesional dalam bidang tertentu.
  3. Konsumen:  Promosi yang dibuat dengan tujuan menarik perhatian konsumen agar mau membeli produk. Dari tujuan tersebut, bisa dipastikan jika target utama periklanan adalah konsumen atau pembeli.

2. Non Komersial

Jika ada iklan komersial, ada pula sejenis promosi non komersial. Biasanya, pembuatannya bertujuan untuk menyampaikan informasi berupa edukasi. Dengan begitu, orang-orang bisa mengetahui sesuatu fakta atau informasi tertentu yang sebelumnya belum mereka ketahui.

Sementara itu, tujuan iklan non komersial adalah mendidik dan mengajak masyarakat agar mau melakukan tindakan yang baik. Bentuknya bisa berupa layanan masyarakat yang dibuat oleh pihak-pihak pemerintahan atau organisasi masyarakat.

4 Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Contoh Iklan pada koran
Contoh Iklan pada koran | Image source : Pexels

Setelah membahas tentang iklan berdasarkan tujuannya, Anda harus tahu jenis promosi yang lainnya. Berikut adalah 4 jenis iklan berdasarkan isinya, yaitu:

1. Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat berisi tentang beberapa informasi tertentu. Adapun tujuan iklan layanan masyarakat adalah meningkatkan kesadaran, memberikan edukasi, dan mendorong masyarakat untuk bertindak sesuai dengan informasi yang tertera dalam iklan.

Contohnya adalah iklan untuk menjaga kebersihan, iklan pembayaran pajak, iklan vaksin, iklan bahaya narkoba, dan lain sebagainya. 

2. Permintaan

Iklan permintaan memiliki isi yang lebih spesifik dan mengerucut. Isinya tidak terlalu panjang, namun penyebarannya luas. 

Pihak yang membuatnya biasanya perorangan maupun instansi tertentu dengan tujuan memberitahukan kepada seluruh masyarakat akan pengumuman tersebut.

Dengan begitu, targetnya adalah banyak orang sekaligus. Misalnya saja, iklan lowongan kerja, berita yang terjadi di masyarakat setempat, dan lain sebagainya.

3. Pengumuman

Iklan pengumuman adalah jenis promosi yang isinya berupa ajakan maupun himbauan kepada masyarakat. Anda dapat menemukan iklan ini di beberapa tempat yang ramai, seperti daerah kampus, mall, sekolah, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Contoh iklannya adalah pengumuman tentang seminar, acara HUT suatu daerah, dies natalis kampus, konser, dan lain-lain.

4. Penawaran

Membaca judul dan namanya Anda pasti sudah bisa menebak iklan penawaran memiliki tujuan yang seperti apa. Singkatnya, iklan ini berhubungan dengan perdagangan dan bisnis.

Jadi, tujuan iklan yang paling utama adalah mempromosikan suatu produk agar masyarakat bisa mengenalnya.

Dari pengenalan inilah perusahaan memiliki tujuan lain untuk memikat perhatian. Dengan begitu, mereka akan membeli produknya sehingga keuntungan perusahaan pun bisa meningkat.

Contoh iklan penawaran, seperti promosi barang elektronik hingga 50%, jasa ojek, pendidikan, jual produk makanan dan minuman, diskon produk fashion tertentu, dan masih banyak lagi lainnya.

Agar mendapatkan atensi dari masyarakat, iklan penawaran haruslah berbentuk menarik. Tidak hanya desain iklannya, namun juga isinya. 

Setidaknya, tidak boleh ada kalimat yang bertele-tele yang membuat masyarakat bingung. Singkat saja, yang penting orang paham maksudnya.

7 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Contoh Iklan pada aplikasi
Contoh Iklan pada aplikasi | Image source : Pexels

Jenis iklan yang berikutnya ini berdasarkan dengan media yang digunakannya. Ada 4 kategori yang dapat Anda pelajari melalui penjelasan berikut ini.

1. Media Cetak

Jenis yang pertama adalah iklan media cetak. Promosi ini terbagi menjadi 3 bagian yakni kolom, display, dan garis. 

Untuk membuatnya, Anda harus mengikuti aturannya seperti mempunyai 4 baris dan tidak lebih dari satu kolom. Sebab, tujuan Anda adalah membuat pembaca nyaman.

Melalui aturan ini mereka akan membaca iklan sampai akhir. Tujuan iklan media cetak adalah menyampaikan informasi tertentu, seperti adanya kasus yang sedang viral, brand yang naik daun, promosi besar-besaran, acara penting, dan lain-lain.

2. Film

Industri film saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat. Tak heran, jika iklan pun sudah menjadi bagian dari industri tersebut untuk menarik perhatian masyarakat secara luas.

Secara signifikan, iklan bisa saja terjadi dalam pertengahan film ataupun masuk ke dalam dialog para pemain.

Tujuan iklan film ini lebih banyak untuk sebuah brand atau produk. Mereka ingin produknya lebih terkenal dan laku di pasaran. Contohnya saja, promosi permen Kopiko di drama Korea Vincenzo.

Dalam proses promosinya, mereka sangat natural karena tidak terlalu hard selling. Alih-alih membicarakan tentang produk, para tokoh ikut mengkonsumsi permen untuk menunjukan bahwa brand tersebut memang berkualitas dan cocok menjadi teman bekerja atau bersantai. 

3. Internet

Contoh iklan di Internet
Contoh iklan di Internet | Image source : Pexels

Iklan internet merupakan sejenis promosi yang tampil dan tayang di beberapa tempat seperti website, blog, dan media sosial.

Tujuan iklan yang paling utama adalah menyampaikan informasi penting untuk khalayak umum. Dengan menempatkannya di internet, orang akan lebih mudah menjangkaunya.

Promosi di internet masuk ke dalam kategori elektronik. Sebab, semua hal yang berhubungan dengan iklan terjadi secara online. Contohnya seperti banner di website atau blog, iklan endorsement di media sosial, dan masih banyak lagi.

4. Elektronik

Jenis yang berikutnya adalah elektronik. Iklan ini menggunakan televisi maupun radio. Jika di televisi, akan menampilkan visual tertentu untuk menunjang promosi. Namun, apabila di radio cukup mengandalkan suara dari penyiarnya.

5. Digital Aplikasi

Selain internet, iklan pada digital aplikasi juga menjadi trend di era teknologi seperti sekarang ini. Untuk tampilannya, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan seperti video pendek, video cerita, hingga single image.

Para pengiklan bisa menggunakan beberapa jenis aplikasi untuk media promosi seperti Netflix, Vidio, Lazada, BliBli, Shopee, dan platform lainnya.

Selain itu, sesi penayangan iklan biasanya juga sesuai dengan kesepakatan antara pemilik iklan dengan pihak aplikasi.

Baca Juga : Tujuan Promosi Produk dan Fungsinya untuk Kelancaran Bisnis

Jadi Lebih Tahu Tujuan Iklan Sesuai Jenisnya?

Sekarang, Anda sudah mengetahui tujuan iklan berdasarkan jenisnya. Kini saatnya Anda membuat iklan sesuai dengan kebutuhan secara tepat. Sebab tanpa mengetahui jenis dan tipenya, bisa membuat iklan Anda sia-sia. Buatlah iklan secara menarik dan unik, baik dari segi pengemasan seperti visual design maupun isinya. Namun, pastikan untuk melakukan identifikasi terhadap target pasar agar tepat sasaran. Dengan begitu, Anda dapat meraih tujuan dari pembuatan promosi tersebut.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page