10 Manfaat Permainan Sepak Bola bagi Pertumbuhan Anak

Sepak bola merupakan olahraga populer yang banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, permainan sepak bola memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perkembangan anak. Lantas, apa saja manfaat permainan sepak bola bagi anak-anak?

Apa Saja Manfaat Permainan Sepak Bola Bagi Anak?

Penting sebagai orang tua untuk memberikan wadah bagi anak dalam menekuni olahraga atau hobi, misalnya sepak bola. Sepak bola merupakan olahraga yang dapat menyehatkan tubuh dan membentuk karakter anak. Berikut beberapa manfaat sepak bola untuk anak.

1. Membuat Tubuh Kuat

Anak-anak sedang bermain bola
Anak-anak sedang bermain bola | Sumber gambar: australiansportscamps.com.au

Manfaat permainan sepak bola pertama adalah membuat tubuh menjadi kuat dan bugar. Permainan sepak bola mengharuskan anak Anda untuk berlarian mengejar bola di lapangan yang cukup luas. Hal ini dapat membangun daya tahan tubuh anak secara alami.

Lebih lanjut, berlari dalam mengejar bola juga dapat memperkuat otot kaki anak. Hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Selain itu, gerakan menggiring bola hingga memasukkan bola ke dalam gawang dapat melatih ketangkasan anak.

Kemudian, aktivitas fisik dengan sepak bola memberikan manfaat sehat bagi anak Anda. Berlatih sepak bola secara rutin dapat membuat tulang dan otot anak menjadi kuat di masa pertumbuhan.

2. Melatih Kekuatan Otot dan Tulang

Penting bagi anak untuk melakukan aktivitas fisik pada masa pertumbuhan. Aktivitas fisik dapat melatih kekuatan otot dan tulang anak sehingga pertumbuhan anak lebih cepat. Hal ini merupakan salah satu manfaat permainan sepak bola.

Penelitian yang diterbitkan di Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports membuktikan bahwa bermain sepak bola secara rutin dapat meningkatkan massa tulang dan kepadatan tulang.

Selain itu, aktivitas fisik pada anak akan memicu peningkatan secara signifikan dalam keseimbangan postur berdiri anak. Hal ini juga bermanfaat dalam memperkuat otot tubuh. Meskipun sepak bola rentan terhadap benturan antar anak, tapi kekuatan otot yang terbentuk dapat mengurangi resiko cedera.

3. Melatih Kemampuan Bersosialisasi

Anak-anak sedang berkokunikasi saat bermain bola
Anak-anak sedang berkokunikasi saat bermain bola | Sumber gambar: skillshark.com

Manfaat permainan sepak bola selanjutnya adalah melatih kemampuan bersosialisasi. Sebenarnya, anak dapat bersosialisasi lewat kegiatan apapun. Namun, dengan hobi seperti sepak bola akan membuat anak lebih cepat bersosialisasi dengan teman lainnya.

Kesamaan hobi dan kesukaan membuat anak bersosialisasi dengan cepat. Selain itu, sepak bola mengandalkan kerja sama tim. Sehingga setiap anak harus saling bersosialisasi untuk saling mengenal dan bekerja sama dalam mencetak gol.

Sepak bola bisa membuat anak Anda mendapatkan lebih banyak teman. Semakin akrab anak Anda dengan yang lainnya, maka akan membuat permainan sepak bola lebih menyenangkan bagi mereka.

4. Membangun Kepekaan Sosial Anak

Manfaat permainan sepak bola selanjutnya adalah membangun kepekaan sosial anak. Permainan sepak bola membutuhkan kerja sama tim untuk mendapatkan gol dan kemenangan. Oleh karena itu, setiap anak harus berkomunikasi satu sama lain.

Pada permainan sepak bola, setiap anak akan mendapatkan posisi yang berbeda beda. Namun, semuanya harus membantu saat tim sedang menyerang atau bertahan, baik itu pemain belakang, pemain tengah, atau penyerang.

Pada saat mendapatkan serangan lawan, penyerang harus secara sadar membantu menjaga pertahanan agar tidak kebobolan. Begitu pula saat menyerang, pemain belakang dan pemain tengah harus bisa memberikan umpan yang baik kepada penyerang untuk mencetak gol.

Kerja sama tim yang baik dapat mengembangkan kemampuan sosial anak. Setiap anak tidak hanya memahami tugas pada setiap posisi, tapi ikut membantu pemain yang lain untuk kepentingan tim.

5. Menumbuhkan Kepribadian yang Baik

Pribadi anak yang baik dalam sepak bola
Pribadi anak yang baik dalam sepak bola | Sumber gambar: concussion.org

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya berkepribadian baik. Kepribadian yang baik tergantung pada pola asuh orang tua dan pengaruh lingkungan tempat anak bermain. Anda sebagai orang tua dapat menjadikan sepak bola sebagai media menumbuhkan kepribadian anak.

Ini merupakan salah satu manfaat permainan sepak bola pada usia perkembangan anak. Dalam olahraga, termasuk sepak bola, akan diajarkan mengenai nilai kebersamaan dan kerja sama tim yang kompak untuk mencapai kemenangan.

Selain itu, kemenangan yang didapatkan tetap harus menjunjung sportivitas. Ini merupakan poin utama dalam permainan sepak bola. Setiap anak sudah tertanam nilai bahwa dalam bersaing harus tetap sportif, tidak boleh menghalalkan segala cara.

Terlebih jika anak Anda memiliki jiwa kepemimpinan sejak dini sehingga menjadi kapten tim. Hal ini dapat menumbuhkan sikap bijaksana anak dalam menanggapi permasalahan dalam lingkup anak-anak.

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat permainan sepak bola berikutnya adalah baik untuk jantung. Bermain sepak bola merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh semua usia. Pada usia pertumbuhan, aktivitas fisik yang menuntut anak harus terus bergerak baik untuk kesehatan jantung. 

Selama bermain sepak bola, jantung anak akan berdetak lebih cepat. Hal ini berdampak pada meningkatnya kemampuan tubuh untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga jantung anak akan lebih sehat, terlebih pada fase pertumbuhan anak. Ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung di kemudian hari.

7. Mengontrol Berat Badan Anak

Pada masa pertumbuhan, nafsu makan anak Anda akan terus bertambah. Jika peningkatan nafsu makan tidak diimbangi dengan aktivitas fisik, maka anak dapat mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Kondisi ini tidak baik untuk kesehatan anak karena dapat meningkatkan resiko penyakit berbahaya, seperti obesitas, penyakit jantung, dan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengontrol berat badan anak. Di sisi lain, manfaat permainan sepak bola adalah menjaga berat badan tubuh.

Aktivitas fisik seperti sepak bola secara rutin, dapat mengontrol berat badan anak. Energi yang dikeluarkan anak melalui permainan sepak bola akan membakar kalori tubuh. Anak membutuhkan aktivitas fisik untuk menyalurkan energi dan hobi, sehingga menyeimbangkan postur tubuh.

8. Mengurangi Stres

Anak tersenyum bermain sepak bola
Anak tersenyum bermain sepak bola | Sumber gambar: pixabay.com

Manfaat permainan sepak bola lainnya adalah mengurangi stres. Seringkali anak tidak memiliki waktu untuk menyalurkan hobi atau berolahraga. Terkadang anak memiliki jadwal yang padat dengan bersekolah kemudian dilanjutkan dengan les pada sore hari. Sehingga, sebagian anak akan merasakan stres.

Hal ini dapat diatasi dengan berolahraga seperti bermain sepak bola. Aktivitas fisik dalam permainan sepak bola dapat meningkatkan produksi hormon endorfin pada tubuh. Endorfin atau hormon bahagia merupakan hormon yang dapat memicu perasaan senang pada anak.

Jadi, dengan aktivitas sepak bola yang rutin, anak Anda akan lebih rileks dan senang dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Anak Anda juga memiliki waktu untuk menyalurkan hobi, berolahraga, dan berinteraksi dengan temannya.

9. Mengembangkan Kemampuan Motorik

Manfaat permainan sepak bola juga dapat mengembakan kemampuan motorik anak. Permainan sepak bola membuat anak harus bisa mengkoordinasikan otak dan gerakan tubuh. Pada saat latihan, anak akan dilatih kombinasi gerakan seperti melompat, menggiring bola, menendang bola, dan menyundul bola.

Kombinasi gerakan ini akan melatih otot dan otak anak untuk bekerja secara bersamaan. Anak dapat menguasai kemampuan motoriknya dengan baik ketika rutin melakukan aktivitas fisik yang menggerakan tubuh.

10. Meningkatkan Koordinasi, Kelincahan, dan Refleks Anak

Anak-anak lincah menggerakan badan saat bermain sepak bola
Anak-anak lincah menggerakan badan saat bermain sepak bola | Sumber gambar: Pixabay.com 

Permainan sepak bola dapat meningkatkan kemampuan koordinasi anak. Selama permainan, setiap anak harus dapat memahami situasi dan memikirkan untuk mengumpan bola ke temannya. Hal ini menuntut koordinasi antara, mata, telinga dan anggota tubuh anak.

Selain itu, permainan sepak bola juga dapat membuat anak Anda lebih lincah. Anak Anda akan sering berlarian ke segala arah untuk mengejar bola selama pertandingan berlangsung. Aktivitas fisik ini dapat meningkatkan kelincahan dan memperkuat otot anak. 

Selain itu, permainan sepak bola akan banyak terjadi kontak fisik. Kontak fisik yang terjadi di lapangan merupakan hal wajar selama tidak ada unsur kesengajaan. Dalam situasi tertentu, kontak fisik yang akan terjadi membuat refleks anak bekerja agar tidak membahayakan diri dan menyebabkan cedera.

Refleks juga bekerja ketika anak Anda menjadi penjaga gawang. Penjaga gawang membutuhkan refleks yang baik untuk dapat menangkap bola dan menepis bola yang mengarah ke gawang.

Baca Juga : Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia serta Persebarannya

Sudah Tahu Manfaat Permainan Sepak Bola?

Penting bagi orang tua untuk menyediakan wadah untuk anak berolahraga dan menyalurkan hobinya. Hal ini berdampak baik terhadap pertumbuhan dan membentuk karakter anak. Anak juga mendapatkan aktivitas positif lainnya selain bersekolah dan belajar di rumah.

Sepak bola dapat menjadi alternatif pilihan bagi anak Anda sebagai olahraga yang ditekuni. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sepak bola juga dapat membentuk karakter anak melalui kerja sama tim dan interaksi sosial yang terbentuk.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page