7 Contoh Surat Serah Terima Barang Lengkap dengan Cara Pembuatan

Bicara soal inventaris perusahaan memang tidak terlepas dari surat-menyurat yang menjadi bagian dari proses administrasi. Adapun salah satunya adalah surat serah terima barang. Lantas, bagaimana contoh surat serah terima barang dengan format yang benar?

Nah, untukmu yang sedang mencari informasi perihal surat serah terima barang, simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini, ya!

Pengertian Surat Serah Terima Barang

Secara umum, surat serah terima barang atau yang sering disebut sebagai berita acara serah terima adalah jenis surat formal yang banyak digunakan dalam berbagai aktivitas. Mulai dari pengadaan barang, penyerahan inventaris, uang, dokumen, hingga jabatan.

Surat ini menjadi bentuk legalitas dokumen, sekaligus bukti resmi dari transaksi atau kejadian tertentu yang terjadi di suatu perusahaan. Oleh karena itulah, isi dari surat serah terima ini lebih kepada poin-poin pernyataan dan juga alasan terjadinya transaksi tersebut.

Akan tetapi, detail penulisannya tetap tergantung dari jenis serah terima yang akan dilakukan. Makanya, sangat penting bagimu untuk mengetahui berbagai contoh surat serah terima barang dengan struktur yang benar. Jadi, nantinya kamu tidak akan bingung lagi saat harus membuatnya untuk kepentingan tertentu.

Manfaat Surat Serah Terima Barang bagi Perusahaan

Keberadaan surat serah terima barang dalam administrasi perusahaan tentu bukanlah tanpa alasan. Sebab, ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan perusahaan yang senantiasa membuat surat formal tersebut dalam segala jenis transaksi. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang perlu kamu ketahui:

  • Menjadi lampiran yang disisipkan dalam laporan stok barang inventaris sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas.
  • Meminimalkan kemungkinan terjadinya selisih barang ketika mengadakan stock opname.
  • Menghindari adanya risiko kecurangan atas transaksi serah terima yang telah dilakukan. Contohnya seperti tidak mengaku jika sudah menerima barang ataupun menyerahkan barang dalam kondisi tidak sesuai dengan harapan.
  • Sebagai bukti tertulis yang bisa menjadi penengah, apabila nantinya terjadi perselisihan di suatu hari nanti.

Jadi, bisa kamu simpulkan bahwa contoh surat serah terima barang ini memang cenderung lebih fokus digunakan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi di kemudian.

Oleh karena itulah, perusahaan akan melakukan serah terima terhadap hal apapun secara tertulis dan bukan sekadar secara lisan saja. Bukti tertulis ini juga dibuat sesuai dengan format yang semestinya, agar tetap valid.

Biasanya, setiap perusahaan atau instansi sudah memiliki format surat serah terima barang sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini karena format surat serah terima tidak dipergunakan seperti halnya undangan resmi yang biasa dikirim ke instansi lain.

Makanya, tak heran jika dalam surat formal ini, terdapat isi yang detail dan terperinci serta disahkan langsung dengan tanda tangan dari kedua belah pihak yang bersangkutan. Sebagai bukti pertanggungjawaban di kemudian hari.

Cara Membuat Surat Serah Terima Barang yang Benar

Sebagai surat resmi, tentunya penulisan surat serah terima barang ini mempunyai format dan struktur yang harus kamu patuhi. Sebab, isi surat ini mengarah pada pernyataan, pengesahan, sekaligus menjadi dokumentasi pekerjaan yang telah diselesaikan.

Walaupun saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki format surat serah terima barang sendiri, kamu bisa mengikuti panduan ini dalam membuat surat formal tersebut. Berikut ini adalah tata cara membuat surat serah terima barang dengan format penulisan yang benar untuk disimak:

1. Pembukaan

Pada contoh surat serah terima barang, khususnya di bagian pembukaan, kamu perlu mencantumkan beberapa informasi penting, di antaranya kop perusahaan serta tempat dan tanggal pembuatan surat, termasuk juga nomor surat.

Bagian pembukaan ini bukan hanya sekedar menjadi identitas si penerbit surat saja, tetapi juga dapat berfungsi sebagai penanda bahwa surat tersebut merupakan dokumen yang legal.

2. Isi

Bagian selanjutnya yang sudah pasti harus ada dalam surat ini adalah isi. Bagian isi pada berita acara perlu kamu perhatikan, karena dokumen ini berfungsi untuk menerangkan penyerahan pekerjaan jasa atau barang yang telah selesai.

Jadi, dalam bagian ini harus mencantumkan dengan jelas objek yang menjadi bagian dari transaksi serah terima tersebut. Selain itu, biasanya dalam bagian ini juga akan tertulis dengan jelas mengenai nama, jabatan, atau identitas lainnya yang berkaitan dengan pihak terkait.

Oleh karena itu, pastikan kamu menulisnya secara rinci, khususnya pada objek-objek yang menjadi dasar jasa atau barang yang ditransaksikan, agar nantinya tidak akan menimbulkan salah persepsi.

3. Waktu

Dalam penulisan surat serah terima barang, kamu juga harus mencantumkan detail bulan, tanggal, dan tahun penyerahan pekerjaan barang atau jasa ke dalam berita acara. Contohnya adalah ‘Hari ini, Selasa, 2 Mei 2023, telah dilakukan serah terima pekerjaan’.

4. Para Pihak

Kemudian, format penulisan surat serah terima juga harus mencantumkan nama para pihak, yaitu pihak pertama yang merupakan pihak pemberi dan pihak kedua yang merupakan pihak penerima. Selain itu, kamu juga perlu menuliskan alamat dan jabatan dari masing-masing pihak.

Identitas dari nama kedua pihak ini harus ditulis dengan jelas dan benar, seperti nomor identitas. Misalnya, KTP, NIP, NIDN, SIM, NIM, dan juga NPWP lengkap dengan tanggal lahir, pekerjaan, hingga jabatannya. 

Hal ini menjadi penting, karena identitas tersebut berkaitan dengan validitas surat dan mempunyai kredibilitas sekaligus menjadi pertanggungjawaban.

5. Rincian Barang atau Jasa

Surat serah terima barang bisa menjadi tidak valid, jika tidak disertai dengan rincian jasa ataupun barang yang ditransaksikan. Oleh karena itulah, kamu harus mencantumkan dengan detail terkait dengan nilai barang atau jasa tersebut.

6. Penutup dan Tanda Tangan

Sama seperti jenis surat resmi lainnya, surat serah terima barang juga memiliki bagian penutup. Tak hanya itu saja, pada bagian ini, kamu juga harus membubuhkan nama lengkap, tanda tangan, dan juga materai apabila diperlukan, untuk kebutuhan legalitas tambahan.

Aspek yang Diperiksa saat Menerima Berita Acara Serah Terima Barang

Ketika membuat surat serah terima barang, tentu saja tim pemeriksa juga harus melakukan pemeriksaan terhadap barang atau jasa tersebut. Biasanya, pihak perusahaan akan dibantu oleh konsultan pengawas atau tim ahli dan tim teknis.

Nantinya, mereka akan melakukan pemeriksaan terhadap kesesuaian barang atau jasa terhadap kriteria atau spesifikasi yang tercantum di dalam perjanjian kontrak. Adapun kesesuaian spesifikasi barang atau jasa harus meliputi berbagai aspek berikut ini:

1. Aspek Mutu atau Kualitas

Pada aspek mutu dan kualitas ini, pihak pemeriksa harus memastikan bahwa barang atau jasa yang diberikan sesuai dengan spesifikasi barang atau jasa yang telah dijanjikan oleh penyedia barang.

Jadi, semua yang tertuang di dalam kontrak, termasuk juga perubahannya meliputi fungsi tertentu, desain, kapasitas, warna, keandalan, atau kuantitas barang atau jasa perlu dicek secara menyeluruh.

2. Aspek Jumlah

Pada bagian ini, pihak pemeriksa harus memastikan jika jumlah barang atau jasa yang diberikan telah sesuai dengan perjanjian kontrak yang sudah dibuat.

3. Aspek Waktu

Pihak pemeriksa harus memastikan apakah penyedia barang menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu? 

Oleh karena itulah, sudah menjadi keharusan bahwa orang yang memeriksa perlu mengetahui apakah barang atau jasa tersebut diserahkan tepat waktu atau malah melampaui waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian kerja.

4. Aspek Pelayanan

Terakhir, saat menyerahkan berita acara serah terima barang, pihak pemeriksa juga harus memastikan jika jenis pelayanan yang ditawarkan oleh penyedia barang telah sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Apabila ternyata ditemukan ketidaksesuaian dalam pemeriksaan barang atau jasa tersebut, maka pihak pemeriksa bisa memerintahkan penyedia barang atau jasa untuk memperbaiki dan/atau melengkapi kekurangan barang atau jasa tersebut.

Kumpulan Contoh Surat Serah Terima Barang

Berikut ini adalah kumpulan berbagai contoh surat serah terima barang dengan format dan struktur yang benar untuk kamu simak:

1. Contoh Surat Serah Terima Barang Non Resmi

BERITA ACARA SERAH TERIMA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Dra. Nurul Aryanti

NIP 132064906

Mantan Ka. PPPM Polsri, selanjutnya disebut Pihak Pertama

2. Dr. M. Syahirman Yusi, S.E., M.Si.

NIP 132055669

Ka. PPPM Polsri, selanjutnya disebut Pihak Kedua

Hari Sabtu, tanggal dua puluh enam bulan April tahun 2008, Pihak Kedua menerima kembali Laptop Merk Toshiba sebagai inventaris Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Sriwijaya dari Pihak Pertama dalam kondisi tidak layak pakai (rusak) setelah dilakukan pemeriksaan oleh Teknisi UPT. PP Polsri.

Demikian berita acara ini dibuat dengan sebenarnya untuk dimaklumi.

                                                                                     Palembang, 28 April 2008

Pihak kedua,                                                                  Pihak pertama,

Dr. M. Syahirman Yusi, S.E., M.Si.                                Dra. Nurul Aryanti

NIP 132055669                                                              NIP 132064906

Saksi,

Affandi, S.T

Teknisi UPT. PP Polsri

2. Contoh Surat Serah Terima Barang

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

Pada hari ini, Rabu tanggal 25 bulan Maret tahun 2015, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Jefri A. Nahak, S.Pd

Jabatan: Alumni Pendidikan Teknik Mesin Undana

Alamat: Jl. Sadar Bakti Nasipanaf Kupang

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama: Drs. Priyono, M.Si

Jabatan: Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin

Alamat: Jl. Adisucipto Penfui Kupang

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir:

Sepeda Motor Honda Astrea Prima Tahun 1991 berjumlah 1

Demikianlah berita acara serah terima barang ini diperbuat oleh kedua belah pihak. Adapun barang-barang tersebut dalam keadaan baik dan cukup. Sejak penandatanganan berita acara ini, maka barang tersebut menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, memelihara/merawat dengan baik serta dipergunakan untuk keperluan (tempat dimana barang itu dibutuhkan).

Yang Menerima,                                                            Yang Menyerahkan,

PIHAK KEDUA                                                               PIHAK PERTAMA

(Drs. Priyono, M.Si)                                                        (Jefri A. Nahak, S.Pd)

3. Contoh Surat Serah Terima Barang

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

Berita acara serah terima barang ini dibuat pada hari ini, Senin tanggal 9 November 2020 bertempat di PT. Sejahtera ABC, Jl. Jenderal Soedirman, Kel. Barurambat Timur, Jawa Timur, oleh dan di antara:

1. Nama: …

Tempat/Tanggal Lahir: …

Alamat: …

No. KTP: …

Selanjutnya disebut sebagai “Pihak Pertama”

2. Nama: …

Tempat/Tanggal Lahir: …

Alamat: …

No. KTP: …

Selanjutnya disebut sebagai “Pihak Kedua”

Keputusan para pihak dengan hal menerangkan hal-hal sebagai berikut:

1. Bahwa Pihak Pertama dan Pihak Kedua sebelumnya telah mengadakan suatu hubungan kerja sama jual beli barang berdasarkan Perjanjian … Nomor … Tanggal …, dan dalam perjanjian tersebut, Pihak Pertama adalah penjual, sedangkan Pihak kedua adalah pembeli.

2. Bahwa sebagai penjual, Pihak Pertama wajib untuk menyerahkan kepada Pihak Kedua sebagai pembeli, sebuah barang berupa … Merek … Jenis … Nomor … Warna … dengan jumlah … unit.

3. Bahwa untuk melaksanakan kewajiban tersebut seperti dimaksud dengan Butir 2 di atas, Pihak Pertama dengan ini menyerahkan barang kepada Pihak Kedua seperti Pihak Kedua menerima barang dari Pihak Pertama.

4. Kewajiban Pihak Pertama sebagai penjual adalah untuk menyerahkan barang tersebut kepada Pihak Kedua sebagai pembeli berdasarkan perjanjian yang telah dilaksanakan.

5. Berita acara ini merupakan wujud dan bagian dari pelaksanaan perjanjian dan sekaligus sebagai Tanda Terima Barang di antara para pihak. Oleh karenanya, merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan dari perjanjian tersebut.

Demikian berita acara tersebut dibuat dengan penuh tanggung jawab dan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Pihak Pertama,                                                                        Pihak Kedua,

Nama                                                                                       Nama

4. Contoh Surat Serah Terima Jabatan

BERITA ACARA SERAH TERIMA JABATAN

Nomor: 07/BA-STJ/2019

Pada hari Rabu tanggal dua puluh tujuh bulan Maret tahun 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama: WIWI FIANDA, SSTP, MPA. NIP. 198005121999122001. Pangkat Pembina – IV/a Jabatan Kasubag Umum & Kepegawaian Badan Keuangan Kota Bukittinggi disebut PIHAK PERTAMA.

2. Nama: RISMA NOVARINA, SE.Akt, M.SI. NIP. 197411071999032008. Pangkat Pembina Tk 1 – IV/b Jabatan Sekretaris Badan Keuangan Kota Bukittinggi disebut PIHAK KEDUA.

Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Bukittinggi Nomor: 821.20/03/II-BKPSDM-2019 tanggal 22 Maret 2019, tentang Rotasi, Mutasi, dan Promosi Jabatan Struktural di Lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi dengan disaksikan oleh Kepala Badan Keuangan Kota Bukittinggi melakukan serah terima jabatan sebagai berikut:

Pasal 1: Pihak Pertama menyerahkan kepada Pihak Kedua dan Pihak Kedua telah menerima dari Pihak Pertama Tugas, Wewenang, Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban Jabatan Kasubag Umum & Kepegawaian Badan Keuangan Kota Bukittinggi.

Pasal 2: Pihak Pertama menyerahkan kepada Pihak Kedua dan Pihak Kedua telah menerima dari Pihak Pertama Inventaris dan Personil pada Kasubag Umum & Kepegawaian Badan Keuangan Kota Bukittinggi.

Bukittinggi, tanggal sebagaimana tersebut di atas.

PIHAK KEDUA                                                              PIHAK PERTAMA

RISMA NOVARINA, SE.Akt, M.SI                                 WIWI FIANDA, SSTP, MPA

NIP. 197411071999032008                                           NIP. 198005121999122001

Disaksikan Oleh:

Kepala Badan Keuangan

Kota Bukittinggi

HERRIMAN, SH, M.Hum

NIP. 196805251993081001

5. Contoh Surat Serah Terima Barang Perusahaan Swasta

PT. SEGAR ALAM ABADI

Riko Edelweis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977

Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762 467925

Website: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com

SERAH TERIMA

No. 18/SAA/PSAB/XI/16

Pada hari Sabtu, tanggal 14 (empat belas) bulan November tahun 2016, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Deni Eko Hariawan

Jabatan: Manager Purchasing PT. Segar Alam Abadi

Alamat: Jl. Teratai No. 30 Bandung

No. KTP/SIM: 3173082810780016

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. Segar Alam Abadi yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama: Mieska Kariniah

Jabatan: Staff QC PT. Makmur Jaya Sentosa

Alamat: Jl. Jaringan 3 No. 109 Bandung

No. KTP/SIM: 3273145804956990

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. Makmur Jaya Sentosa yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Telah melakukan serah terima barang pinjaman dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA. PIHAK KEDUA telah menerima sejumlah barang dari PIHAK PERTAMA sebagai berikut:

1. 20 unit laptop merk Samsung

2. 4 unit proyektor merk Hitachi

3. 10 unit walkie talkie merk Samsung

Demikianlah surat serah terima barang ini dibuat oleh kedua belah pihak, keterangan barang-barang tersebut dalam kondisi baik dan cukup. Setelah penandatanganan surat serah terima ini, maka semua barang-barang yang telah dijelaskan di atas menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA. PIHAK KEDUA yang akan merawat atau memelihara barang tersebut dengan baik dan digunakan untuk keperluan atau sesuai dengan kebutuhan.

Yang menerima,                                                           Yang menyerahkan,

Pihak Kedua                                                                 Pihak Pertama

Mieska Kariniah                                                            Deni Eko Hariawan

6. Contoh Surat Serah Terima Barang Milik Instansi Pemerintah

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG MILIK NEGARA (BAST-BMN)

Nomor: Kw.02/5-d/BAST-BMN/2014

Pada hari ini Selasa tanggal tiga bulan Juni tahun dua ribu empat belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: BADARUL HAMZAH, S.Ag

NIP: 197110162009121001

Pangkat/ Golongan: Penata Muda Tk. I (III/b)

Jabatan: Staf

Seksi: Pendidikan Madrasah

Alamat: Padangsidimpuan

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama: SAYUTI HARAHAP, S.Ag

NIP: 197105041995031002

Jabatan: Penyelenggara Syariah

Alamat: Gunungtua

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Dengan ini menyatakan bahwa PIHAK PERTAMA telah menyerahkan kepada PIHAK KEDUA berupa 1 unit laptop merk ACER yang merupakan barang milik negara untuk diserahkan kepada seksi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara.

Demikian berita acara serah terima barang milik negara ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

PIHAK PERTAMA                                                          PIHAK KEDUA

BADARUL HAMZAH, S.Ag                                             SAYUTI HARAHAP, S.Ag

NIP. 197110162009121001                                            NIP. 197105041995031002

Mengetahui,

Kepala Sub. Bagian Tata Usaha

Drs. H. SARIPUDDIN SIREGAR

NIP. 19691111990031001

7. Contoh Surat Serah Terima Barang Inventaris

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG INVENTARIS

Nomor: 1016/BAST-LK/FKM/2012

Pada hari ini, Kamis tanggal enam belas bulan Agustus tahun dua ribu dua belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama: Arpentius, ST., MM
    NIP: 196907241989011001
    Jabatan: Kasubag Umum dan Keuangan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas  Andalas Padang

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

2. Nama: Ahmad Zaki, A.Md
    NIP: 197811022006041001
  Jabatan: BPP Belanja Gaji/Pegawai dan Barang dan Pembuat Daftar Gaji Dana Rupiah Murni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang

Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

PIHAK PERTAMA atas nama Kasubag Umum dan Keuangan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang menyerahkan 1 (satu) unit laptop dengan merek Lenovo IdeaPad Model 20063 dalam kondisi baru dan baik serta siap dipakai untuk keperluan pelaksanaan tugas-tugas di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang.

PIHAK KEDUA atas nama BPP Belanda Gaji/Pegawai dan Barang dan Pembuat Daftar Gaji Dana Rupiah Murni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang menerima 1 (satu) unit laptop dengan merek dan kondisi sebagaimana tersebut di atas dan PIHAK KEDUA akan menggunakan, merawat dengan baik, serta mengembalikannya setelah jabatan berakhir kepada PIHAK PERTAMA.

Demikian berita acara serah terima barang inventaris ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yang menyerahkan,                                                      Yang menerima,

PIHAK PERTAMA                                                          PIHAK KEDUA

Arpentius, ST., MM                                                        Ahmad Zaki, A.Md

NIP. 196907241989011001                                           NIP. 197811022006041001

Mengetahui,

Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Kesehatan Masyarakat

Wakil Dekan II Fakultas Kesehatan Masyarakat

Sudah Paham Contoh Surat Serah Terima Barang yang Benar?

Nah, itu dia ulasan singkat tentang pengertian, manfaat, cara membuat, hingga contoh surat serah terima barang yang benar. Dari penjelasan mengenai berita acara tersebut, tentunya kini kamu sudah paham betul tentang penulisan surat resmi yang satu ini, kan?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page