Doa Menyembelih Hewan Aqiqah, Arab, Latin serta Artinya

Aqiqah merupakan bagian dari syariat Islam yang sekaligus menjadi ungkapan rasa syukur atas hadirnya anggota keluarga baru (kelahiran bayi). Dalam melaksanakan aqiqah, ada beberapa doa yang harus Anda hafal. Salah satunya doa menyembelih hewan aqiqah.

Doa Menyembelih Hewan Aqiqah

Aqiqah merupakan bentuk rasa syukur atas kelahiran manusia baru yang diwujudkan dengan menyembelih hewan ternak berupa kambing atau domba kemudian memasak daging tersebut lalu memberikanya kepada saudara dan tetangga. Biasanya, pelaksanaan aqiqah kerap diiringi dengan berbagai doa-doa.

Berikut beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menyembelih hewan aqiqah. Doa ini harus Anda hafal terlebih dahulu sebelum menyembelih hewan yang ingin Anda aqiqahkan tersebut. 

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ …

“Bismillahi Wallhu Akbar. Allahumma minka Walaka. Allahumma Taqabbal Minni. Hazihi ‘Aqiqatu (lalu menyebutkan nama bayi).

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (lalu sebutkan nama bayi).”

Melalui doa tersebut, Anda memohon bahwa aqiqah yang Anda lakukan tersebut menjadi amal yang diterima Allah. Kemudian Anda juga bisa memanjatkan doa lain sambil berharap bahwa kelak bayi Anda merupakan anak yang sholeh/sholehah.

Anda bisa menggabungkan beberapa doa dan membacanya sekaligus. Beberapa doa yang bisa Anda panjatkan antara lain:

1. Doa Meminta Anak yang Sholeh

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi seorang yang sholeh/sholehah. Sebenarnya ada banyak doa yang bisa Anda panjatkan untuk memohon agar Allah mengabulkan doa Anda. Salah satunya membaca doa dari Nabi Ibrahim.

Doa ini sangat terkenal dan bahkan tertulis di dalam Al-Quran. Adapun doa tersebut yaitu:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Rabbi hablii minash shaalihiin.”

Artinya: “Wahai Rabbku, berilah aku keturunan yang sholeh,” (QS. Ash-Shaffat: 100).

Selain itu, Anda juga bisa membaca doa Nabi Zakariyah. Doa ini dipanjatkan agar Allah memberikan keturunan yang baik. Doa tersebut juga tertulis di dalam kitab suci Al-Quran.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةًۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa.

Artinya:Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa(QS. Ali Imron: 38).

2. Doa Memohon Perlindungan untuk Bayi

Doa berikutnya yang juga bisa Anda panjatkan yaitu doa meminta perlindungan terhadap bayi Anda. Ini merupakan doa dari para salafus shaleh terdahulu. Di Al-Quran terdapat kisah dari istri Irman sekaligus merupakan ibu Maryam) seperti yang dikisahkan dalam Al-Quran.

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَى وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Tatkala istri ‘Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: ‘Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan.”

Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk” (QS Ali Imran: 36).

3. Doa Perlindungan dari Nabi

Di dalam hadis seperti yang diceritakan Ibnu Abbas bahwa Rasulullah pernah membacakan doa untuk cucu kesayangannya yaitu Al-Hasan dan Al-Husain. Doa tersebut isinya tentang perlindungan terhadap kedua cucu kesayangan Nabi.

Anda juga bisa membacanya untuk memberikan perlindungan terhadap buah hati. Berikut ini bacaannya:

 أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Artinya: “Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk,” (HR Abu Daud).

Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi

Seperti yang Anda ketahui, terdapat serangkaian pelaksanaan aqiqah. Bukan sekadar menyembelih hewan melainkan ada kegiatan lain yaitu mencukur rambut bayi. 

Biasanya sebelum para undangan membaca “ya nabi salam alaika…”, biasanya si kecil digendong. Lalu bayi tersebut dibawa berkeliling di antara keluarga serta saudara. Pada waktu itu, rambut bayi dipotong sedikit atau dicukur sambil memanjatkan doa. Terdapat doa yang disunnahkan untuk dibaca saat proses ini berlangsung.

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

“Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin. Allahumma Nurus Samawati Wa Nurus Syamsi Wal Qamar. Allahumma Sirrullahi Nurun Nubuwwati Rasulullahi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Walhamdulillahi Rabbil ‘Alamin”

Artinya “Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa Saat Meniup Ubun-ubun Bayi

Dalam melaksanakan aqiqah, memang bukan hanya sekadar membaca doa menyembelih hewan aqiqah. Anda juga harus membaca doa-doa lainnya. Termasuk doa ketika meniup ubun-ubun bayi.

Doa tersebut Anda baca ketika selesai membaca mencukur rambut bayi. Lalu doa apa yang harus Anda baca?

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Allahumma Inni U’izuha Bika Wadzurriyyatiha Minasy Syaithonir Raajiim”

Artinya:Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

Doa Walimah Aqiqah

Sebagai penutup dalam melakukan aqiqah, biasanya masih ada doa yang akan dibaca. Doa tersebut yaitu doa walimah aqiqah yang akan dibacakan oleh kyai/ustaz yang memimpin pelaksanaan walimah aqiqah tersebut.

Jika doa-doa sebelumnya biasanya dibaca serta diaminkan oleh Anda sendiri namun untuk doa yang satu ini diaminkan oleh banyak orang. Adapun doanya yaitu:

اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Allahummakh Fazhu Min Syarri Jinni Wal Insi Wa Ummih Shibyani Wamin Jami’ish Sayyiati Wal ‘Ishyani Wakhrishu Bikhadhonatika Wa Kafalatikal Makhmudati Wa Bidamawi ‘Inayatika Wa Ri’ayatika Annafidati Nuqaddimu Bihaa ‘Alal Qiyaami Bima Kllaftana Min Khuquuqi Rubuubiyyatikal Kariimati Nadabtanaa Ilaihi Fiima Baynana Wabaina Kholqika Min Makarimil Akhlaqi Wa Athyabu Ma Faddholna Minal Arzaaqi. Allhummaj ‘Alna Wa Iyyahum Min Ahlil ‘Ilmi Wa Ahlil Khori Wa Ahlil Qurani Wala Taj’alnaa Wa Iyyahum Min Ahlils Syirri Wadh dhoiri Wazulmi Wathughyani”

Artinya: “Ya Allah, jagalah (bayi tersebut) terhadap gangguan jin, manusia, ummi shibyan, berbagai macam kejelekan, serta perbuatan maksiat. Jagalah (bayi tersebut) dalam penjagaan serta tanggungan-Mu, Yang Maha Terpuji, dengan perawatan serta perlindungan-Mu yang lestari.

Hikmah dari Melaksanakan Aqiqah

Dalam Islam, apa yang sudah menjadi syariat tentu mengandung hikmah di dalamnya. Termasuk terkait pelaksanaan aqiqah ini yang mempunyai beberapa hikmah seperti berikut.

  • Bentuk rasa syukur kepada Allah.
  • Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad.
  • Aqiqah sebagai wasilah untuk berdoa terhadap perlindungan bayi dari gangguan jin dan setan.
  • Aqiqah juga sebagai wasilah untuk mengharapkan keturunan yang sholeh/sholehah.

Sudah Paham Doa Menyembelih Hewan Aqiqah?

Itulah beberapa bacaan doa menyembelih hewan aqiqah serta doa-doa lain yang terkait. Semoga siapa pun yang baru saja memiliki buah hati Allah Ta’ala mudahkan untuk melaksanakan aqiqah.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page